MEMPELAJARI MARKETING REVOLUTION

Tags


Tiga tipe dusta yang tdk berdosa:
•1.Bentuk dusta suami/istri dalam menjaga harmonisasi keluarga
•2.Bentuk dusta seorang muslim dalam rangka mendamaikan saudaranya sesama muslim yang bertikai.
•3.Bentuk dusta seseorang dalam tangka menyelamatkan nyawa sesama muslim.

Dua kenikmatan dari Allah yg ering kita lupakan :
•1.kesehatan
•2.Waktu luang

MARKETING REVOLUTION
•MARKETING Revolution
•: Ilmu menyampaikan penawaran kpd Target Market sehingga terjadi penjualan yg berkesinambungan scr cepat dan besar.

Tujuan Marketing:
•Menukarkan nilai tambah yang ada ke sebanyakmungkin pembeli,sehingga terjadi suasana antara penjual dan pembeli dalam kondisi untung/laba

Aliran dlm marketing ada dua :
•1.Aliran “mengingatkan”?Bran ding/Soft selling.
•Membuthkan biaya iklan tinggi,kadang tdk significant dgn penjualan.Contoh :iklan di media  massa berulang-ulang.
•2.Aliran Menawarkan/Hard selling.
•Biaya iklan terukur,karena setiap iklan selalu diukur dgn hasil penjualan.

Perbedaan marketing klasik vs marketing revolution
•Marketing klasik bersifat top down
•Strategi dahulu kemudian taktik (4 tahap:))
•A.Penetapan tujuan
•B.marketing Riset (Analisa SWOT)
•C.Perumusan strategi
•D.Alokasi Sumber Daya dan Pelaksanaan.

•Marketing Revolution,bersifat bottom up. Taktik dahulu baru strategi.
•Semua diukur berapa keuntungan yang bisa dihasilkan./didapatkan (Show me the money)

Mark Joyner :
•Pokok yg paling penting dalam bisnis bukan kantor,bukan IT,bukan produk atau jasa.Tetapi PENAWARAN….Bisnis belum ada sebelum ada Penawaran.

Fokus MR ;
•Bagaimana Menciptakan Penawaranyang begitu menarik dan bisa dipercaya oleh calon konsumen.
•Sehingga pembeli berkata dlm hati :Saya rugi kalau tidak membeli” atau “saya sungguh beruntung bisa membeli”….

Pertanyyan konsumen ketika dapat suatu penawaran:
•1.Apa yang Anda tawarkan?
•2.berapa harganya?
•Apa sich keuntungannya buat saya?
•4.kenapa saya harus percaya dgn Anda?
•5.Kenapa saya harus beli sekarang

Dua kondisi dambaan konsumen
•1.meningkatkan kenikmatan?perceived value
•2.menghindar dari kesengsaraan/kesusahan

Bagaimana cara meningkatkan kenikmatan:
•1.meningkatkan nilai tambah
•Contoh :program hadiah (HP berhadiah assesoris,dsb)
•2.Mengurangi kesengsaraan.
•Contoh :garansi ,dsb.

Macam-macam program hadiah:
•1.Aksesoris terkait dgn produk yg dijual
•Contoh:HP berhadiah casing,mobil hadia cover jok
•2.hadiah terkait dengan produk
•Contoh:Beli piring berhadiah mangkuk cantik,beli sepatu berhadiah sandal bayi.

•3.Hadiah tidak ada hubungannya dengan barang.
•Contoh: Beli sepeda  berhadiah jam tangan.buka ATM berhadiah mug cantik.
•4.Melakukan Undian Berhadiah.
•Beli mobil diundi mobil.

Tips memberi hadiah:
•1.Cari hadiah yg mahal/kesannya mahal
•2.Diberi syarat tertentu.(beli minimal Rp 500ribu dapat hadiah berupa X)
•3.Diberi batas waktu tertentu
•Contoh ; hanya berlaku dua hari (di Ramayana)

Macam2 Keraguan calon konsumen:
•1.jangan-jangan harganya terlalu mahal?
•2.Jangan-jangan nanti repot memakainya
•3.Apakah benar-benar bermanfaat buat saya?
•4.kalau nanti rusak,bisa minta ganti tidak ?

Solusi:
•1.Garansi/money back garansi
•Contoh: Jika adayg lebih murah,kami bayar selsisihnya,ganti oli gratis.
•2.Coba sebelium beli (beli kuda poni)
•3.Free sample (shampo botol berikan sachet)
•4.Tanamkan kepercayaan (penampilan sales)

•5.Tunjukkan hasil/testimoni
•(Sebelumnya gemuk,hasilnya langsing)
•6.tepat target konsumennya
•(wanita hamil ditawarkan alat2 perlengkpan bayi)
•7.Bayar berdasarkan hasil

3Fokus marketing revolution (USP):
•1.Ultimate advantage (Diubah & tambah)
•2.Sensational Offer
•3.Powerfull promise

Beberapa contoh jurus MR :
•1.Jurus KFC
•2.Jurus Narkoba
•3.Jurus anak kecil

•MEMANG BAIK UNTUK MENJADI ORANG YANG PENTING,TAPI JAUH LEBIH PENTING UNTUK MENJADI ORANG YANG BAIK……

•SELESAIKANLAH APA YANG TELAH KITA MULAI….

Artikel Terkait