Pada dunia bisnis computer berguna untuk kegiatan transaksi
baik rutin,periodic maupun insidentit dan menyediakan informasi dengan cepat
dan tepat tanpa harus menggunakan perhitungan ,annual. Sistem informasi
Manajemen (SIM) adalagh sesuatu in formasi yang telah banyak diterapkan di
perusahaan manapun yang bergerak di bidang Perdagangan barang dan jasa baik
pada Perusahaan besar, perusahaan Menengah atau perusahaan kecil, contohnya
pada Perusahaan Dagang seperti di Departement Store telah dipergunakan mesin
kasir yang dilengkapi dengan control computer sehingga mesin tersebut dapat
decontrol oleh pihak manajer hanya dari ruangan kerjanya secara cepat dan
tepat, untuk scanning barcode barang dagangan dan untuk menghitung rugi dan
labanya.
Komputer di dalam dunia bisnis juga sangat membantu di dalam
penyimpanan data, Tanpa sebuah Komputer, akan sangat sulit sekali untuk
memeriksa banyaknya stok barang yang dimiliki perusahaan retail, namun
dengan adanya computer dan aplikasinya ,
memeriksa kondisi stok barang dan juga keuangan perusahaan akan dapat mudah dan
praktis untuk dilikukan . di bidang bisnis baik perdagangan barang maupun jasa
computer akan sangat penting untuk kegiatan transaksi baik rutin,periodic
ataupun incidedntal dan banyak menyediakan informasi dengan cepat dan tepat ,
Pada perusahaan dagang seperti di department store telah dipergunakan mesin
kasir yang dilengkapi dengan kendali computer,
Dengan adanya Pemanfaatan computer dan system system yang
sangat canggih di dalamnya sangat mempermudah jalannya suatu bisnis serta
menjamin keamanan dan kerahasiaan dari setiap nasabah. Karena Komputer juga
berfungsi untuk menyimpan data dan mengolah berbagai data .
Komputer sanagt banyak di manfaatkan di dalam bidang bisnis
apa aja.
Komputer bisa digunakan untuk proses akutansi , analisis
keuangan, neraca, laba-rugi, dan sebagainya,. Di bidang perhotelan Computer
digunkan untuk menentukan jenis dan jumlah
kamar mana aja yang telah terisi dan kamar yang kosong,
Bahkan saat ini computer telah digunakan oleh masyarakat untuk penjualan
pertokoan kecil, Usaha kecil dan usaha menengah(UKM), di Apotek dan
berbagai-bagai macam usaha kecil lainnya,
dan computer yang digunakan itu bukan computer sembarang
computer omputer yang digunakan bukanlah sembarang komputer. Komputer yang
digunakan pada perusahaan telepon menggunakan komputer yang canggih. Sedangkan
untuk usaha kecil, seperti toko-toko rata-rata menggunakan komputer biasa.
Bank, toko eceran, penerbangan, kereta api, hotel, percetakan dan lain
sebagainya dalam hal melakukan segala jenis aktivitas juga masih bergantung
pada komputer.
Komputer memang sangat berperan penting dalam kemajuan suatu
bisnis. Tanpa adanya komputer, suatu bisnis tidak akan berkembang pesat. Selain
itu ada juga perusahaan-perusahaan bisnis yang menggunakan sistem
komputerisasi. Sistem komputerisasi adalah suatu sistem yang dibuat khusus
untuk membantu mengerjakan pekerjaan tertentu. Contohnya, perusahaan pabrik
otomatif menggunakan sistem komputerisasi untuk mengendalikan operasi jalur
produksi.
Manfaat computer sudah dirasakan oleh banyak orang, pada
umumnya computer digunakam untuk membantu aktifitas manusia seperti membuat
berbagai laporan perdagangan, presentasi perdagangan, membuat chart dan
diagram, computer dimanfaatkan untuk sarana mencari uang, dengan memanfaatkan
system informasi berbasis e-commerce, dapat mempermudah proses penjualan dan
pembelian barang , tak hanya di bidang perkantoran atau lembaga saja , di
bidang pemasaran dan penjualan pun telah memanfaatkannya selain mempermudah,
juga meneliti dari kesalahan serta meningkatkan keuntungan dibanding
perdagangan manual. Dengan sistem e-commerce, proses penjualan dan pembelian
barang lebih praktis, sehingga orang–orang yang akan melakukan transaksi dapat
lebih nyaman dan tidak perlu repot pergi ke tempat jauh hanya untuk membeli
keperluan pakaian. Hal ini juga bergantung pada pelayanan yang disediakan oleh
toko yang bersangkutan, bagaimana toko menjaga kepercayaan dan keamanan
bertransaksi pelanggan.
Masyarakat kini mudah dalam melakukan perdagangan atau
bisnis baik secara individu maupun perusahaan-perusahaan , tentunya melalui
penggunaan teknologi internet.Internet pada prinsipnya merupakan contoh sebuah
jaringan komputer. Jaringan ini menghubungkan jutaan computer yang tersebar di seluruh
dunia. Yang menarik, siapapun dapat terhubung ke dalam jaringan ini. Kehadiran
internet telah memberikan pengaruh yang cukup besar dalam berbagai aktifitas
manusia, terutama dalam hal kemudahan memperoleh informasi. Internet
memungkinkan siapapun mengakses berita-berita terkini melalui koran-koran
elektronis. Bahkan internet juga mampu mendukung aktifitas bisnis suatu
perusahaan. Aplikasi pendukung bisnis ini kemudian dikenal dengan sebutan
e-Business.
Internet dan E-business
Internet membawa perubahan cukup besar terhadap bisnis dan
melahirkan istilah yang disebut e-business. Kotler (2003) mendefinisikan
e-business sebagai “penggunaan alat dan platform elektronis untuk melaksanakan
bisnis perusahaan”. Secara lebih jelas, O’Brien (2001) mendefinisikannya
sebagai “penggunaan teknologi-teknologi Internet untuk menghubungkan dan
memberdayakan proses bisnis, perdagangan elektronis, dan komunikasi serta
kolaborasi di dalam sebuah perusahaan dan dengan para pelanggan, pemasok, dan
mitra bisnis yang lain”. Sebagaimana tersirat dalam definisi e-business di
depan, e-business mencakup tiga bagian yaitu sistem komunikasi dan kolaborasi,
perdagangan elektronis, dan sistem bisnis internal.
1. Sistem Komunikasi dan Kolaborasi
Di dalam sistem komunikasi dan kolaborasi perusahaan, para
anggota tim kerja dapat melakukan koordinasi, komunikasi, dan kolaborasi dengan
menggunakan telnologi seperti surat elektronis, sistem chat, dan bahkan video
konferensi. Perlu diketahui: koordinasi berarti menyelaraskan setiap usaha yang
dilakukan masing-masing individu dalam suatu kelompok kerja, komunikasi berarti
berbagi informasi. dan kolaborasi berarti bekerja sama dalam melaksanakan suatu
tugas atau proyek.
2. Sistem Bisnis Internal
Sistem bisnis internal digunakan untuk melayani proses dan
bisnis secara internal. Dengan menggunakan sistem seperti ini, seorang manajer
yang sedang bepergian dapat mengakses basis data perusahaan yang terdapat pada
server dengan mudah. Beberapa hal lain yang bisa ditangani melalui sistem
bisnis internal adalah sebagai berikut: Pemrosesan transaksi secara internal;
misalnya pesanan penjualan dapat dimasukkan oleh pemasar dari jarak jauh.
Portal perusahaan, yaitu sarana informasi berbasis Web yang ditujukan secara
khusus untuk pegawai perusahaan berangkutan. Pemantauan aktivitas dalam
perusahaan, Pengendalian proses, Sistem pendukung manajemen.
3. Perdagangan Elektronis
Perdagangan elektronis atau e-commerce adalah segala bentuk
kegiatan pembelian dan penjualan, pemasaran produk, jasa, dan informasi yang
dilakukan secara elektronis. Domain e-commerce berupa B2B, B2C, C2B, dan C2C.
a). Business-to-Business(B2B)
B2B menyatakan bentuk jual-beli produk atau jasa yang
melibatkan dua atau beberapa perusahaan dan dilakukan secara elektronis.
Umumnya perusahaan-perusahaan yang terlibata dalah pemasok, distributor,
pabrik, toko, dll. Kebanyakan transaksi berlangsung secara langsung antara dua
sistem. Model seperti ini telah banyak diterapkan. Misalnya, yang terjadi
antara Wal-Mart dan para pemasoknya.
Keuntungan B2B:
1. Mempercepat transaksi antara penjual dan pembeli.
2. Menurunkan biaya transaksi kedua belah pihak.
3. Menciptakan pasar baru tanpa dibatasi oleh wilayah
geografis.
4. Meningkatkan komunikasi dan kolaborasi antara penjual dan
pembeli.
b). Business-to-Consumer(B2C)
B2C adalah bentuk jual-beli produk yang melibatkan
perusahaan penjual dan konsumen akhir yang dilakukan secara elektronis.
Perusahaan-perusahaan terkenal yang melayani B2C antara lain adalah Dell
(www.dell.com), Cisco (www.cisco.com), Amazon (www.amazon.com) clip_21B2C
banyak diminati oleh para pemakai Internet karena pembelian produk dapat
dilakukan dengan mudah dan cepat. Selain itu, umumnya harga produk lebih murah
dan konsumen bisa membayar dengan kartu seperti Master Card atau Visa Card.
c.) Consumer-to-Consumer(C2C)
Consumer-to-Consumer (C2C) atau terkadang disebut
person-to-person (Ebert dan Griffin, 2003) menyatakan model perdagangan yang
terjadi antara konsumen dengan konsume, yangdilakukan secara elektronis. Situs
seperti eBay (www.ebay.com) menyediakan sarana yang memungkinkan orang-orang
dapat menjual atau membeli barang di antara mereka sendiri.
Jadi computer sangat banyak sekali dimanfaatkan di dalam
bdunia bisnis apa aja, baik dunia bisnis nasional maupun dunia bisnis
internasional
Disusun oleh:
Ermawati Windaningrum
15212087
Diploma III Ekonomi
Univesitas Islam Indonesia
Tahun Akademik 2015/2016
Referensi
https://asonbasoni.wordpress.com/2013/06/28/kegunaan-komputer-dalam-bidang-bisnis-dan-perbankan/
https://linadepooh.wordpress.com/2012/12/13/manfaat-komputer-dalam-dunia-bisnis/
http://dokumen.tips/search/?q=Manfaat+Komputer+Dalam+Dunia+Bisnis
Wikipedia