PRODUK DAN HARGA

Tags


PENGERTIAN DAN KATEGORI PRODUK
¢Produk adalah bentuk fisik barang yang ditawarkan dengan seperangkat citra (image) dan jasa (service) yang digunakan untuk memuaskan kebutuhan.
¢Produk adalah segala sesuatu yang memberikan nilai yang dapat memberikan manfaat bagi konsumen

Alasan utama konsumen membeli produk
¢Cirikhas(feature) yaitu ciriciri khusus yang terdapat dalam suatu produk yang membedakan dengan produk yang lain
¢Manfaat(benefit) yaitu manfaat yang ditawarkan oleh suatu produk yang dirasakan olehkonsumen.

Secara umum produk yang ditawarkan dibagi ke dalam dua kelompok utama yaitu produk yang memiliki fisik dan produk yang tidak memiliki fisik(jasa)
¢Produk fisik (tangible features) yaitu produk yang terlihat secara fisik dan dapat diketehui wujud dari produk tersebut.
¢Jasa atau nonfisik (intangible feature) yaitu produk yang tidak terlihat fisiknya sehingga orang tidak bisa mengetahui wujud produk tersebut namun dapat merasakan manfaat yang diberikan oleh produk tersebut. Produk jasa biasanya adalah suatu aktifitas atau proses yang manfaatnya dapat dirasakan oleh konsumen.

KATEGORIPRODUK
Produk Konsumen (Consumer Product) adalah barang atau jasa yang dikonsumsi rumah tangga atau individual.
¢Convenience good atau barang kenyamanan dan jasa kenyamanan. Merupakan produk yang relatif tidak mahal dan sering dibeli serta dengan sedikit waktu dan pertimbangan untuk melakukan  pembelian. 
¢Shopping goods, merupakan produk barang dan jasa yang lebih mahal dan lebih jarang dibeli oleh konsumen dibandingkan barang kenyamanan(convenience goods). Produkinimerupakanprodukyang memerlukan evaluasi dan pertimbangan yang lebih kompleks bagi konsumen dalam melakukan pembelian.

¢Specialty goods, berupa barang khusus(specialty goods) dan jasa khusus(specialty services) merupakan produk yang sangat penting dan mahal harganya. Konsumen dalam memilih kategori produk ini akan melakuan proses pengambilan keputusan pembelian yang relatif lama. Merupakan produk yang unik di mata konsumen tertentu.
¢Unsought Goods, merupakan barang-barang yang belum diinginkan oleh konsumen potensial atau konsumen belum tahu bahwa mereka dapat membelinya.

¢Produk industrial (Industrial Goods), yaitu barang atau jasa yang digunakan oleh perusahaan untuk memproduksi barang atau jasa lain, atau dibutuhkan untuk kegiatan operasional perusahaan tersebut. Contoh:
1.Instalasi(installations)
2.Peralatantambahan(accessory equipment)
3.Bahanbaku(raw materials)
4.Material dansukucadang(component parts and materials)
5.Persediaan(supplies)

PENGEMBANGANPRODUKBARU
Proses pengembangan produk baru:
¢Pengembangan gagasan, yaitu proses melakukan pencarian ide, gagasan bagi produk baru. Ide dan gagasan dapat berasal dari dalam perusahaan maupun dari luar perusahaan yaitu konsumen dan pesaing.
¢Penyaringan gagasan, merupakan usaha untuk mendapatkan ide dan gagasan produk yang sesuai dengan kemampuan, keahlian, sumberdaya, dan tujuan perusahaan.

¢Pengujian konsep, perusahaan menggunakan konsep yang sudah ada dengan melakukan riset pasar untuk mendapatkan input dari konsumen.
¢Analisis bisnis, Setelah memperoleh input dari konsumen, pemasar melakukan perbandingan biaya dan manfaat yang di tawarkan sehingga dapat diketahui apakah produk memenuhi kualifikasi produk yang layak bisnis atau tidak.

¢Pengembangan prototipe/ rancangan proses jasa, yaitu pengembangan produk sehingga produk sesuai dengan tuntutan pasar dan memiliki nilai jual dan daya saing dengan produk perusahaan lain.
¢Pengujian produk dan uji pemasaran, perusahaan melakukan produksi terbatas dan menyebarkan produk tersebut untuk digunakan langsung oleh konsumen
¢Komersialisasi, perusahaan melakukan produksi dan pemasaran secara penuh.

KLASIFIKAS IJASA
¢Berdasarkan tipe pasar: jasa untuk konsumen dan jasa untuk industri
¢Selain itu jasa bisa digolongkan:
1.Tingkat intensitas penggunaan tenaga kerja
2.Tingkat kontakyang dilakukan konsumen
3.Keahlian penyedia jasa
4.Tujuan penyedia jasa

LINI PRODUK DAN BAURAN PRODUK
¢Lini produk adalah kelompok produk yang saling berhubungan dan dipandang sebagai satu kesatuan karena kesamaan dalam hal pemasaran, spesifikasiteknis, saluran pemasaran, dan penggunaan.
¢Luas lini produk adalah jumlah lini produkyang berbeda-beda yang dipasarkan oleh satu perusahaan. Contoh: produk toilet ries dari unilever

MENCIPTAKAN IDENTIFIKASI PRODUK
¢Merek(Brand) adalahnama, simbol, tanda, desain ataukombinasinyayang digunakanperusahaan untuk memberi identitas pada barang atau jasanya.
¢Merek dapat dibedakan:
1.Brand name, bagian dari merek yang dapat dilafalkan
2.Brand mark, suatu simbol atau desain yang digunakan untuk memberi identitas produk
3.Trade character, brand mark yang mengambil bentuk atau sifat manusia

¢Tipe Merek:
1.Manufacturer brand adalah merekyang dimiliki pembuatnya(national brand).
contoh: Sony, Honda, BMW, Pantene, dll
1.Private brand adalah merek yang dimiliki oleh distributor atau pedagang.
contoh: produk2 Hero, Giant, Superindo,
dll

KESETIAAN TERHADAP MEREK (BRANDLOYALTY)
¢Brand loyalty adalahtingkatkefanatikan konsumenterhadapsuatumerektertentu karena merek tersebut memiliki posisi yang baik dalam benak konsumen
¢Ada tiga ukuran kesetiaan merek:
1.Pengenalan brand (brand recognition)
2.Pemilihan brand (brand preference)
3.Kepatuhan memilih brand (brand insistence)

EKUITAS MEREK(BRANDEQUITY)
¢Ekuitas mereka dalah kemampuan merek untuk membuat konsumen puas dan loyal karena merek tersebut memiliki kualitas yang tinggi dan dapat dibedakan dari merek lain.

Faktor yang menentukan besar kecilnya ekuitas merek:
1. Brand awareness
(pengenalan konsumen terhadap merek)
2. Strong brand association
(kuatnya asosiasi tertentu terhadap merek)
3. Perceived quality
(persepsi konsumen atas kualitas merek)
4. Brand loyalty
(kesetiaan terhadap merek)

STRATEGI MEREK(BRANDSTRATEGIES)
¢Individual Branding
Produkbarudiberimerekbarudanuntuk segmenyang berbeda.
Contoh: Acer Aspire, Acer Mate, Acer Power
¢Family Branding
Produkbarudiberimerekyang sama
Contoh: Pepsodent

PENGEMASAN DAN PELABELAN
¢Pengemasan (packaging) adalah pengembangan wadah (produk) dan desain grafis untuk suatu produk
¢Pelabelan(labelling) adalah pemberian informasi-informasi penting tentang suatu produk pada kemasannya

DAUR HIDUP PRODUK(PRODUKLIFE CYCLE)
Daur hidup produk(product life cycle) merupakan tahapan yang dilalui oleh suatu produk dalam perkembangan pemasarannya
¢Tahap perkenalan(introduction)
¢Tahap pertumbuhan(growth)
¢Tahap kedewasaaan(maturity)
¢Tahap penurunan(decline)

WAKTU
RP

BAGAIMANA MEMPER PANJANG DAUR HIDUP PRODUK?
¢Meningkatkan frekuensi penggunaan
¢Mengidentifikasi konsumenbaru
¢Menemukan penggunaan produk yang lain
¢Modifikasi produk

MENGELOLA BAURAN PRODUK
Pengembangan produk baru, produk baru diluncurkan untuk meningkatkan pendapatan, bisa produk baru atau modifikasi
Tahap pengembangan produk baru
¢Pencarianide
¢Menyaringide-ide
¢Analisisbisnis
¢Pengembangan produk
¢Tespemasaran
¢Komersialisasi

PENGERTIAN DAN TUJUAN PENETAPAN HARGA
Harga adalah nilai tukar suatu produk yang dinyatakan dalam satuan moneter
Tujuan penetapan harga:
¢Mempertahankan kelangsungan operasi perusahaan
¢Merebut pangsapasar(market share)
¢Mengejar keuntungan
¢Mendapatkan Return On Investment(ROI) atau pengembalian modal
¢Mempertahankan status quo

METODE PENETAPAN HARGA
¢Pendekatan penawaran permintaan (Supply-Demand Approach)
Permintaan(demand) adalah kuantitas produk tertentu yang mau dibayar konsumen dengan harga tertentu
Penawaran (supply) adalah kuantitas produk tertentu yang dapat dijual perusahaan dengan harga tertentu

¢Pendekatan biaya(Cost-Oriented Approach)
1.Markup Pricing, yaitu menjumlah seluruh biaya yang diperlukan dalam memproduksi produk kemudian menentukan persentase markup untuk menutup biaya dan memperoleh keuntungan yang diharapkan.
Hargajual - Total biaya
Persentase markup =  ----------------------------
Harga jual

2. Break - Even Analysis (analisis pulang pokok), suatu metode untuk menentukan  jumlah barang yang harus dijual dengan harga tertentu untuk menutupi biayai nvestasi dan memperoleh keuntungan.
Break-Even Point adalah suatu metode untuk menentukan jumlah barang yang harus dijual dengan harga tertentu untuk menutupi biaya investasi dan memperoleh keuntungan.

Total Fixed Cost
BEP  =   ---------------------------------------------------
Price per unit –Variable Cost per unit
Biaya tetap (fixed cost) adalah biaya yang jumlahnya relatif tetap tidak tergantung jumlah barang yang diproduksi
Biaya variabel(variable cost) adalah biaya yang muncul saat barang pertama diproduksi dan akan selalu bertambah setiap ada peningkatan produksi

¢Pendekatan Pasar(Market Approach)
Suatu metode penentuan harga dengan menggunakan berbagai variabel yang berpengaruhdi pasaryang mempengaruhi harga, meliputivariabelpersiangan, politik, sosialbudaya, persepsiindividual dantiming

STRATEGI HARGA PRODUK BARU
¢Skimming, adalah menetapkan harga yang relatif tinggi pada saat produk diluncurkan pertamakali di pasar
¢Penetration Pricing, adalah meluncurkan produk dengan harga yang murah untuk memperoleh pangsa pasaryang luas atas barang atau jasa

STRATEGI HARGA PSIKOLOGIS
¢Prestige Pricing
¢Odd Pricing
¢Multiple-Unit Pricing
¢Price Lining
¢Leader Pricing

STRATEGI HARGA DISKON
¢Harga diskon adalah semuapotongan dari harga yang sudah ditetapkan
Strategi Harga Kompetitif
•Relative Pricing

•Follow the Leader Pricing

Artikel Terkait