MENGAPA PLUTO BUKAN PLANET?

Tags

Sebenarnya  MENGAPA PLUTO TIDAK LAGI MASUK URUTAN TATA SURYA dan bukan menjadi sebuah planet lagi??

Berikut pembahasannya..

Sejarah Pluto

Pluto adalah sebuah planet ditemukan oleh Clyde William Tombaugh, seorang astronom muda di Observatorium Lowell, pada tanggal 18 Februari 1930. Sejak saat itu dia telah menjadi planet anggota Bimasakti yang paling jauh lokasinya. Jarak Pluto ke matahari adalah 5.900,1 juta Km. Pluto ber diameter mencapai 4.862 Km dan memiliki massa 0,002 massa Bumi. Periode rotasi Pluto itu adalah 6,39 hari, sedangkan untuk periode revolusi adalah 248,4 tahun. Bentuk Pluto hampir mirip dengan Bulan dengan atmosfer yang mengandung metan. Suhu permukaan Pluto berkisar -2330Celsius sampai sekitar -2230 Celsius, sehingga sebagian besar berwujud es.

Lalu, kenapa sih pluto kok bukan planet?

Alasan Kenapa Bukan Planet

1. pluto itu adalah termasuk benda angkasa, disebut sebagai planet jika memiliki bagian seperti bumi yaitu gas, batu dan air sedangkan neptunus terdiri atas gas dan batu. Tapi kalau pluto hanya terdiri atas batu dan es. Jadi, pluto bukan planet.

2. selanjutnya adalah masalah ukuran pluto yang kecil, tidak sampai setengah dari diameter merkurius, adalah planet yang sangat kecil.

3. padaOrbit Pluto yang kadang timpang tindih dengan orbit planet Neptunus. Jadi, membingungkan



4. Pluto itu berukuran hampir sama dengan satelit - satelitnyanya yang menjadikan pluto hanya di anggap sebagai benda langit yang bukan disebut  dengan planet


Nama RESMI Pluto

Selama 76 tahun sudah Pluto menyandang “gelar”planet, tapi setelah melalui mekanisme dan berbagai voting pada akhir sidang umum Perhimpunan Astronomi Internasional (International Astronomical Union, IAU) di Praha, Ceko, pada tanggal 24 Agustus 2006, para astronom sudah sepakat kalau pluto statusnya bukan planet lagi.

Terus namanya apa donk skarang kalau begitu? Pada 7 September 2006, nama Pluto kemudian diganti dengan nomor saja, yaitu nomor 134340. Nama ini diberikan oleh Minor Planet Center (MPC), adalah organisasi resmi yang bertanggung jawab dalam mengumpulkan data tentang asteroid dan komet yang ada dalam tata surya kita.

Artikel Terkait