Mendengarkan Informasi dalam Seminar
Anda akan mendengarkan seminar. Setelah itu, Anda akan
mencatat pokokpokok pembicaraan, merangkum isi pembicaraan, dan menanggapi
rangkuman.
Melestarikan
warisan budaya dapat dilakukan dengan menjaga dan merawat peninggalan tersebut.
Berbagai acara digelar untuk membangkitkan semangat agar tetap melestarikan
peninggalan nenek moyang. Kegiatan itu di antaranya diskusi, talkshow, dan seminar.
Seminar
Seminar merupakan satu bentuk diskusi yang digunakan
untuk mencari kesepakatan langkah atau pandangan dalam menghadapi persoalan.
Pernahkah Anda mengikuti atau melakukan seminar? Dalam seminar terdapat
beberapa unsur agar seminar dapat berjalan dengan baik. Unsur-unsur seminar
tersebut terdiri atas moderator, penyaji atau narasumber, notulis, dan peserta
seminar. Gagasan dan masalah dapat disajikan dalam bentuk makalah. Makalah merupakan karya ilmiah yang pada umumnya
berisi opini (pendapat). Makalah bersifat argumentatif. Makalah harus memenuhi
syarat-syarat umum sebuah karya ilmiah, yaitu objektif, faktual, logis,
sistematis, menggunakan metode ilmiah, dan menggunakan bahasa yang benar.
Sebuah seminar memiliki satu pokok bahasan masalah. Untuk
mendapatkan informasi yang tepat dalam seminar, Anda harus mencatat pokok-pokok
pembicaraan dalam seminar. Pokok-pokok pembicaraan terdiri atas siapa yang
berbicara dan apa isi pembicaraan. Isi pembicaraan dalam seminar meliputi:
a.
latar belakang
pembahasan masalah dalam seminar;
b.
masalah yang
dibahas;
c.
tujuan pembahasan
masalah dalam seminar;
d.
proses pembahasan
masalah dalam seminar; dan
e.
kesimpulan dari
pembahasan masalah dalam seminar.
Cara Menulis Notula Rapat
Anda akan mencatat perbedaan dan persamaan antara dua notula
rapat. Setelah itu, Anda akan menemukan pola penulisan notula rapat yang
lengkap dan menulis notula rapat.
Notula
adalah catatan singkat mengenai jalannya rapat. Unsur-unsur notula rapat
ditulis berdasarkan urutan materi dan tujuan rapat, waktu rapat, tempat rapat,
peserta, acara rapat atau pelaksanaan, jalannya rapat, dan keputusan rapat atau
hasil rapat. Selain itu, notula dapat digunakan dalam seminar atau diskusi.
Sebelum Anda menulis notula, baca dan pahami contoh-contoh notula rapat berikut
ini! Notula Rapat 1
Notula Rapat Pengamatan Benda-Benda Bersejarah
A.
Waktu
1. Hari, tanggal : Kamis,
14 Februari 2008
2. Tempat : Ruang OSIS SMA
Nasional, Yogyakarta
3. Waktu : Pukul
10.00–11.30
B.
Pelaksanaan
Acara rapat sebagai berikut.
1. Pembukaan
2. Pengarahan oleh guru
pembimbing
3. Membahas program kerja oleh
ketua OSIS SMA Nasional
4. Pemilihan
panitia pengamatan benda-benda bersejarah di Sangiran dipandu oleh ketua OSIS
SMA Nasional 5. Penutup
C. Hasil Pertemuan
Penyampaian
program oleh ketua OSIS SMA Nasional. Rapat kali ini membahas tentang
pengamatan benda-benda bersejarah di Sangiran. Berkaitan dengan kegiatan
tersebut, perlu dilakukan pembentukan panitia pengamatan.
Hasil
pembentukan panitia kegiatan pengamatan di Sangiran.
1.
Ketua :
Daniel Endra Wijaya
2.
Wakil :
Ridina Dewi
3.
Sekretaris : Septiana Utari 4. Bendahara : Monalisa Nugraheni
5. Seksi-seksi sebagai berikut.
a.
Seksi dana : Beni Setia
b.
Seksi akomodasi dan perizinan : Roy Mokoginta
c.
Seksi konsumsi : Eva Celia
Yogyakarta, 14
Februari 2008
Sekretaris
OSIS SMA Nasional Ketua OSIS
SMA Nasional
Septiana Utari Daniel Endra Wijaya
Notula Rapat 2
Notula Rapat
Pengamatan Benda-Benda Bersejarah
1. Materi dan Tujuan Rapat
Materi rapat
membahas program kerja OSIS SMA Nasional, Yogyakarta.
Tujuan rapat sebagai berikut.
a. Menampung pendapat tentang
program kerja OSIS SMA Nasional.
b. Membahas rencana pengamatan
benda-benda bersejarah.
c . Pembentukan panitia pengamatan
benda-benda bersejarah.
2. Waktu
Hari, tanggal : Kamis, 14 Februari 2008
Waktu : Pukul 10.00–11.30
3. Tempat
Ruang OSIS SMA
Nasional, Yogyakarta
4. Peserta
Rapat dihadiri
oleh guru pembimbing, pengurus OSIS, dan perwakilan siswa kelas dua.
5. Pelaksanaan
Acara rapat
sebagai berikut.
a. Pembukaan
b. Pengarahan oleh guru pembimbing
c. Membahas program kerja oleh ketua OSIS SMA
Nasional
d. Pemilihan panitia pengamatan benda-benda bersejarah di
Sangiran dipandu oleh ketua OSIS SMA Nasional
e. Penutup
Rapat dimulai
pada pukul 10.00. Rapat berjalan dengan tertib. Semua peserta mengikuti rapat
sampai selesai. Rapat diawali dengan pembukaan oleh Ketua
OSIS SMA Nasional. Dilanjutkan dengan pengarahan mengenai prosedur
pengamatan
oleh Bapak Joko, selaku guru pembimbing. Selanjutnya, rapat membahas program
kerja SMA Nasional Yogyakarta. Rapat juga memilih panitia pengamatan yang akan
diadakan di Sangiran. Rapat ditutup oleh saudara Daniel selaku Ketua OSIS SMA
Nasional. Rapat berakhir pada pukul 11.30.
6. Keputusan Rapat
Program
disampaikan oleh Ketua OSIS SMA Nasional. Rapat membahas pengamatan benda-benda
bersejarah di Sangiran. Oleh karena itu, perlu dilakukan pembentukan panitia
pengamatan.
Hasil
pembentukan panitia kegiatan pengamatan benda-benda bersejarah.
a.
Ketua :
Daniel Endra Wijaya
b.
Wakil :
Ridina Dewi
c.
Sekretaris : Septiana Utari
d.
Bendahara : Monalisa Nugraheni
e.
Seksi-seksi sebagai berikut.
1)
Seksi dana : Beni Setia
2)
Seksi akomodasi dan perizinan : Roy Mokoginta
3)
Seksi konsumsi : Eva Celia
Yogyakarta, 14
Februari 2008
Sekretaris
OSIS SMA Nasional Ketua OSIS
SMA Nasional
Septiana Utari Daniel Endra Wijaya
A.
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini!
1.
Apa judul notula
tersebut?
2.
Apa yang tertulis
dalam notula tersebut?
3.
Hal apa yang
disampaikan dalam notula?
4.
Siapa yang bertanda
tangan dalam notula?
5.
Apakah jabatan
mereka?
B.
Lakukan kegiatan berikut dengan teman sebangku!
1.
Bandingkan notula 1
dan notula 2!
2.
Catatlah perbedaan
dan persamaan dari kedua notula tersebut!
3.
Temukan pola
penulisan notula rapat yang lengkap dari kedua notula itu. Selanjutnya,
bandingkan pola penulisan notula rapat yang telah Anda temukan!
Lakukan kegiatan
berikut!
1.
Bentuklah kelompok.
Kemudian, adakan rapat yang membicarakan sesuatu dengan kelompok Anda di depan
kelas. Sebelumnya tentukan permasalahan yang akan Anda rapatkan!
2.
Kelompok lain yang
tidak mendapat giliran maju ke depan kelas membuat notula rapat sesuai
penjelasan yang telah Anda terima.
3.
Sampaikan notula
rapat yang dibuat kelompok Anda!
4.
Berikan tanggapan
mengenai kelengkapan notula rapat yang dibuat kelompok lain!
5.
Perbaikilah notula
rapat yang Anda tulis!