Hasil Penelitian dan cara mempresentasikan

cara mempresentasikan Hasil Penelitian

Anda akan mempresentasikan hasil penelitian secara runtut menggunakan bahasa yang baik dan benar.
Anda telah mengetahui informasi tentang manfaat air bagi kehidupan. Menurut Anda, bagaimana kondisi air yang baik? Untuk mendapatkan jawabannya, Anda dapat mengadakan sebuah penelitian. Kemudian, Anda dapat mempresentasikan hasil penelitian yang telah Anda lakukan.
A. Bagaimanakah cara mempresentasikan hasil penelitian? Ungkapkan pendapat Anda secara lisan. Kemudian, pahami penjelasan berikut dan bandingkan dengan pendapat Anda!


Tips presentasi adalah  sebagai berikut.
a.     Buat suasana yang santai dan rileks untuk pendengar, misalnya dengan humor yang sesuai atau ambil perhatian dengan bahasa tubuh atau peristiwa yang dramatik.
b.     Gunakan kata ganti ”personal” (misalnya kita) dalam memberikan presentasi.
c.      Lakukan kontak mata dengan pendengar.
d.     Presentasikan topik dengan menggunakan suara yang ramah/akrab, tetapi beri variasi sebagai penekanan pada beberapa kata.
e.     Gunakan kata/kalimat transisi yang memberitahukan pendengar bahwa Anda akan menuju pemikiran yang lain.
f.      Berilah pertanyaanpertanyaan kepada pendengar untuk melibatkan pendengar.
g.     Ambil kesimpulan sesuai dengan pemikiran atau argumentasi yang sudah dipresentasikan.
h.     Sisakan waktu untuk pertanyaan dan mintalah masukan terhadap presentasi.

Mempresentasikan Hasil Penelitian
Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut untuk mempresentasikan hasil penelitian dengan baik.
1.        Menuliskan pokok-pokok hasil penelitian.
a.        hal atau masalah yang diteliti;
b.       orang yang meneliti;
c.        waktu mengadakan penelitian;
d.       tempat penelitian dilakukan;
e.       sebab penelitian tersebut dilakukan;
f.         proses penelitian; dan
g.        hasil penelitian yang dilakukan.
2.        Meringkas hasil penelitian dengan kalimat yang runtut dan efektif. Anda dapat meringkas hasil penelitian dengan cara merangkaikan pokok-pokok hasil penelitian.
3.        Menjelaskan proses penelitian dengan kalimat yang mudah dipahami.
4.        Mempresentasikan ringkasan hasil penelitian dan proses penelitian dengan kalimat yang runtut, jelas, dan mudah dipahami.
Anda perlu memahami teknik presentasi. Pahami dan praktikkan teknik presentasi berikut.
1.        Penyajian makalah secara lisan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.
Makalah disajikan dengan baik. Makalah merupakan karya tulis atau dapat dibuat laporan hasil pelaksanaan tugas sekolah. Anda harus menguasai materi makalah. Penguasaan materi dapat meyakinkan pendengar/peserta. Makalah tersebut menjelaskan gagasan yang tepat. Anda harus mengatur suara sesuai dengan intonasi. Variasikan suara berdasarkan inti pembicaraan. Variasi suara dapat menarik perhatian pendengar.


2.        Peserta mengajukan pertanyaan setelah penyajian makalah selesai.
Peserta atau pendengar dapat mengajukan pertanyaan terhadap isi makalah. Pertanyaan-pertanyaan tersebut dapat dijawab langsung oleh penyaji atau menunggu beberapa pertanyaan dari peserta.
3.        Penyaji memberi jawaban dan tanggapan terhadap pertanyaan yang diajukan.
Penyaji memberi jawaban dan tanggapan peserta dengan santun. Jawaban yang diberikan sesuai dengan pertanyaan peserta. Jawaban dipaparkan secara terperinci dan jelas.
4.        Presentasi dipandu oleh moderator.
Moderator bertugas memimpin jalannya presentasi agar tertib dan lancar. Moderator juga menentukan waktu dan mengarahkan alur presentasi.

B. Bergabunglah dengan teman sebangku Anda. Kemudian, lakukan kegiatan berikut!
Kegiatan 1
1.        Bacalah laporan hasil penelitian di bawah ini!
2.        Analisislah struktur atau bentuk laporan hasil penelitian!

Laporan Hasil Penelitian
Hal yang diamati                      :               sungai.
Waktu pengamatan                               :               Jumat, 7 Maret 2008.
Tempat pengamatan             :               sungai-sungai di sekitar kota Klaten.
Tujuan pengamatan               :               meneliti kebersihan sungai.
Hasil pengamatan
Ada beberapa sungai yang masih jernih dan bersih. Namun, ada beberapa sungai yang sudah sangat kotor. Sungai yang masih jernih terdapat di sekitar mata air seperti di daerah Cokro Tulung, Klaten, Jawa Tengah. Sebaliknya, sungai-sungai yang terdapat di pusat kota sudah tercemar limbah sampah.
Kesimpulan
Sungai-sungai yang berada di sekitar kota Klaten ada yang masih bersih, ada juga yang sudah tercemar.

Kegiatan 2
1.        Sampaikan isi laporan hasil penelitian kepada teman sebangku Anda!
2.        Sampaikan pula penggunaan bahasa dalam laporan hasil penelitian! Kegiatan 3
1.        Ringkaslah laporan hasil penelitian di atas!
2.        Majulah ke depan kelas. Sampaikan laporan hasil penelitian sesuai dengan ringkasan yang Anda buat!
3.        Anda dan teman-teman Anda akan saling memberi tanggapan. Teman Anda akan menanggapi hal-hal berikut.
a.        Kelengkapan pokok-pokok laporan.
b.       Kelengkapan isi.
c.        Bahasa yang Anda gunakan.
4.        Tanggapilah teman Anda setelah selesai menyampaikan isi laporan hasil penelitian.
Lakukan kegiatan berikut!
1.        Buatlah kelompok yang beranggota empat siswa!
2.        Guru Anda akan memberikan tema penelitian kepada kelompok Anda. Tema yang akan diberikan guru Anda sebagai berikut. a. Kondisi air di lingkungan rumah.
b.       Penggunaan air di lingkungan rumah.
c.        Manfaat air bagi keluarga Anda.
3.        Bersepakatlah dengan anggota kelompok Anda tentang tempat penelitian yang akan Anda lakukan!
Tugas Rumah
Lakukan penelitian berikut!
1.        Bergabunglah dengan kelompok Anda!
2.        Lakukan penelitian sesuai tema yang telah ditentukan kelompok Anda!
3.        Tuliskan pokok-pokok hasil penelitian yang telah Anda lakukan!
4 Ringkaslah hasil penelitian berdasarkan pokok-pokok penelitian yang telah Anda tulis!
5.            Jelaskan proses penelitian yang telah Anda lakukan!

Anda akan mempresentasikan hasil penelitian.
1.        Presentasikan ringkasan hasil penelitian kelompok Anda!
2.        Jelaskan pula proses penelitian yang Anda lakukan secara lisan!
3.        Beri kesempatan kelompok lain untuk memberi tanggapan pada hasil penelitian Anda! Kelompok lain boleh setuju atau pun tidak setuju terhadap hasil penelitan kelompok Anda.
4.        Berikan pula tanggapan Anda terhadap hasil penelitian kelompok lain. Anda boleh setuju atau tidak setuju terhadap hasil penelitian kelompok lain. Sertai tanggapan Anda dengan argumen atau alasan yang dapat mendukung tanggapan Anda!

Artikel Terkait