Cara Menciptakan identifikasi produk

Tags

Lini Produk dan Bauran Produk
¢Lini produk adalah kelompok produk yang saling berhubungan dan dipandang sebagai satu kesatuan karena kesamaan dalam hal pemasaran, spesifikasi teknis, saluran pemasaran, dan penggunaan.

¢Luas lini produk adalah jumlah lini produk yang berbeda-beda yang dipasarkan oleh satu perusahaan. Contoh: produk toiletries dari unilever

¢Merek (Brand) adalah nama, simbol, tanda, desain atau kombinasinya yang digunakan perusahaan untuk memberi identitas pada barang atau jasanya.
¢Merek dapat dibedakan:
1.Brand name, bagian dari merek yang dapat dilafalkan
2.Brand mark, suatu simbol atau desain yang digunakan untuk memberi identitas produk
3.Trade character, brand mark yang mengambil bentuk atau sifat manusia

¢Tipe Merek:
1.Manufacturer brand adalah merek yang dimiliki pembuatnya (national brand).
  contoh: Sony, Honda, BMW, Pantene, dll
1.Private brand adalah merek yang dimiliki oleh distributor atau pedagang.
  contoh: produk2 Hero, Giant, Superindo,
  dll


Kesetiaan terhadap Merek
(
Brand Loyalty)
¢Brand loyalty adalah tingkat kefanatikan konsumen terhadap suatu merek tertentu karena merek tersebut memiliki posisi yang baik dalam benak konsumen
¢Ada tiga ukuran kesetiaan merek:
1.Pengenalan brand (brand recognition)
2.Pemilihan brand (brand preference)
3.Kepatuhan memilih brand (brand insistence)


Ekuitas Merek (Brand Equity)
¢Ekuitas merek adalah kemampuan merek untuk membuat konsumen puas dan loyal karena merek tersebut memiliki kualitas yang tinggi dan dapat dibedakan dari merek lain.
Faktor yang menentukan besar kecilnya ekuitas merek:
1. Brand awareness
  (pengenalan konsumen terhadap merek)
2. Strong brand association
  (kuatnya asosiasi tertentu terhadap   merek)
3. Perceived quality
  (persepsi konsumen atas kualitas merek)
4. Brand loyalty
  (kesetiaan terhadap merek)


Strategi Merek (Brand Strategies)
¢Individual Branding
Produk baru diberi merek baru dan untuk segmen yang berbeda.
Contoh: Acer Aspire, Acer Mate, Acer Power
¢Family Branding
Produk baru diberi merek yang sama
Contoh: Pepsodent

Artikel Terkait