¢Pengemasan (packaging)
adalah pengembangan wadah (produk) dan desain grafis untuk suatu produk
¢Pelabelan (labelling)
adalah pemberian informasi-informasi penting tentang suatu produk pada kemasannya
Daur Hidup Produk (Produk
Life Cycle)
Daur hidup produk (product life cycle) merupakan tahapan yang dilalui oleh suatu produk dalam perkembangan pemasarannya
¢Tahap perkenalan (introduction)
¢Tahap pertumbuhan (growth)
¢Tahap kedewasaaan (maturity)
¢Tahap penurunan (decline)
Bagaimana memperpanjang daur hidup produk?
¢Meningkatkan frekuensi penggunaan
¢Mengidentifikasi konsumen baru
¢Menemukan penggunaan produk yang lain
¢Modifikasi produk
Mengelola Bauran Produk
Pengembangan produk baru, produk baru diluncurkan untuk meningkatkan pendapatan, bisa produk baru atau modifikasi
Tahap pengembangan produk baru
¢Pencarian ide
¢Menyaring ide-ide
¢Analisis bisnis
¢Pengembangan produk
¢Tes pemasaran
¢Komersialisasi