DASAR-DASAR MANAJEMEN DAN KEWIRAUSAHAAN

Tags

DefinisiManajemen
•Manajemenadalahproses pencapaiantujuanorganisasimelalui tahapanperencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalianSDM dansumberdaya lainnyayang dimilikiorganisasi

FungsiManajemen
•Perencanaan(Planning)
•Pengorganisasian(Organizing) dan PembentukanStaff (Staffing)
•Pengarahan(Directing/Actuating)
•Pengendalian(Controlling)

Perencanaan(Planning)
•Perencanaanmerupakanfungsiawalmanajemen yang dimulaidaripenetapantujuandankemudian menetapkanperencanaanuntukmencapaitujuan tersebut
Berdasarrentangwaktupencapaiantujuan organisasidapatdikelompokkanmenjadi:
•Tujuanjangkapanjang
Tujuanyang dibuatuntukjangkawaktuyang cukup lama, biasanyalebihdari5 tahundanmerupakan panduansuatuorganisasiakanberkembangmenjadi perusahaansepertiapa.

•Tujuanjangkamenengah
Tujuanyang lebihcepatwaktu pencapaiannyadanbiasanyamerupakan penjabarandaritujuanjangkapanjangyang cobaakandicapaipadarentangwaktu yang lebihsingkat. Periodepelaksanaan biasanya1 –5 tahun.
•Tujuanjangkapendek
Tujuanyang disusununtukwaktukurangdari1 tahunyang berhubungandengan operasionalrutinorganisasi.

Adapuntingkatanrencanakegiatan organisasidapatdibagidalamtigatingkatan yaitu
•Rencanastrategik
•Rencanastrategikberisitentangalokasi sumberdayayang dimilikiorganisasi, dan langkah–langkahyang perludilakukan untukdapatmencapaitujuanjangka panjang(strategis) perusahaan. Rencanaini disusunolehdewandireksidanmanajemen puncak

•Rencanataktis
•Rencanataktislebihpendekrentang waktunyadanmerupakanpenerapandari rencanastrategikyang sudahdisusunoleh perusahaan. Melibatkanmanajemen menengahdanmanajementingkatbawah
•Rencanaoperasional
•Rencanaoperasionalberhubungan dengankegiatanoperasionalrutinsehari– hariyang ditujukanuntukmemenuhi kebutuhanjangkapendekorganisasi.

Pengorganisasian(Organizing) dan PembentukanStaff (Staffing)
•Pengorganisasianadalahsuatuproses memperolehdanmengatursumberdaya perusahaanbaikmanusia, modal, danteknologi untukdapatsecarabaikmenjalankanrencana yang sudahdibuatdanmencapaitujuan organisasi
•Pembentukanstaff merupakanpemilihandan penempatansumberdayamanusiayang akan melaksanakanrencanakegiatanyang telah disusunsehinggaakandapatberjalandengan baikdantepat.

Pengarahan (Directing/Actuating)
•Pengarahanadalahfungsimanajemen yang bertujuanuntukmemberikan panduandanpanutankepadakaryawan sehinggakegiatanoperasionalakan berjalansesuaidenganyang diinginkan olehorganisasi. Pengarahanberkaitan dengankepemimpinanseseorang terhadaporang lain danmembentuk suasanayang kondusifdandinamis sehinggakaryawantermotivasiuntuk bekerjadanmencapaitujuanorganisasi.

Pengendalian(Controlling)
•Pengendalianmerupakanbentuk pengawasandankontroldarimanajemen terhadapkegiatanoperasionalorganisasi apakahsudahsesuaidenganrencana yang ditetapkandansesuaidenganarah tujuanorganisasi

Proses pengendalian
•Menetapkanstandaruntukmengukur kemajuanpencapaiantujuan
•Mengukurdeviasikinerjaterhadapstandar
•Menganalisisdeviasiterhadapstandar
•Menetapkanlangkah2 yang diperlukan untukmengatasideviasiterhadapstandar

Level Manajemen
1. Manajerpuncak(Top manager)
•Manajerpuncakbertanggungjawabsecara keseluruhanterhadapkinerjadanarah perusahaan. Manajerpuncakbiasanya menentukantujuanstrategis(jangkapanjang) dan membuatrencanastrategisperusahaan.
2. Manajermenengah(Middle manager)
•Manajermenengahmewakilimanajerpuncak dalammengawasikegiatanoperasional perusahaandanmenyampaikantujuanstrategis danrencanastrategiskepadamanajeryang ada dibawahmereka

•Manajerlini(First line manager)
•Manajerinimemilikitanggungjawabuntuk mengawasikinerjakaryawanorganisasidan secaralangsungberhubungandengan karyawan.

Bidang-bidangmanajemen
•Manajersumberdayamanusia
•Manajeroperasi
•Manajerpemasaran
•Manajerinformasi
•Manajerkeuangan
•Manajerlainnya

PerananManajemen
•Peraninterpersonal
Peraninterpersonal dilakukanmanajerberhubungan dengankaryawandanorang –orang disekitarnya. Peraninterpersonal meliputi:
1.Figurehead yaitukewajibanpimpinanuntuk mengikutiacara–acarasebagaiwakil perusahaan
2.Leader, yaitumanajerberperansebagai pemimpinuntukmemacukinerjakaryawan
3.Liaison yaituperanmanajerdalamberhubungan denganpihaklain diluarhubunganatasandan bawahan

•Peraninformasi
Manajerberperandalammemperolehdan menyebarkaninfomasiyang berkaitandengan organisasi. Peraninimeliputi:
1.Monitor, manajerberperanmengawasikebutuhan informasiyang dimintaorganisasi
2.Disseminator, manajerberperanmenyebarkan informasiyang relevandandibutuhkanoleh bawahannya
3.Spokeperson, manajerberperansebagaijuru bicaraperusahaankepadapihaklain yang membutuhkaninformasi.

•Peranpengambilkeputusan
Sebagaipimpinanharusdapatmengambilkeputusan yang tepat. Peranmanajersebagaipengambil keputusanmeliputi:
1.Entrepreneur, yaitumanajerperlumemilikisikap kreatifdanberjiwakewirausahaandalam pengembanganorganisasi
2.Disturbance handler, manajerberperandalam menanganipermasalahanataupunkonflikyang timbuldalamorganisasi
3.Resource allocator, manajerberperandalam menentukanalokasisumberdayayang dimiliki sehinggadapatdigunakandenganoptimal

Peranmanajemenpuncak
•Manajemen puncak meletakkan tujuan dan kebijakan yang luas dari perusahaan.
•Instruksi yang diperlukan untuk penyusunan anggaran departemen,
•Mempersiapkan rencana strategis & kebijakan perusahaan.
•Menunjuk eksekutif bagi manajer tingkat menengah yaitu departemen.
•Mengontrol & mengkoordinasikan kegiatan semua departemen.
•Bertanggung jawab untuk menjaga kontak dengan dunia luar.
•Memberikan pedoman dan arahan.
•Manajemen puncak juga bertanggung jawab terhadap pemegang saham atas kinerja perusahaan

Peranmanajemenmenengah
•Melaksanakan rencana organisasi sesuai dengan kebijakan dan arahan dari manajemen puncak.
•Membuat rencana untuk sub-unit organisasi.
•Berpartisipasi dalam pekerjaan & pelatihan manajemen tingkat yang lebih rendah.
•Menafsirkan dan menjelaskan kebijakan dari manajemen tingkat atas ke tingkat yang lebih rendah.
•Bertanggung jawab untuk mengkoordinasikan kegiatan dalam divisi atau departemen.
•Mengirimkan laporan penting dan data penting lain untuk manajemen tingkat atas.
•Mengevaluasi kinerja manajer junior.
•Bertanggung jawab untuk manajer tingkat inspirasi lebih rendah terhadap kinerja yang lebih baik.

Peranmanajemenbawah
•Menetapkan pekerjaan dan tugas ke berbagai pekerja.
•Membimbing dan mengajar pekerja untuk setiap aktivitas.
•Bertanggung jawab atas kualitas maupun kuantitas produksi.
•Dipercayakan dengan tanggung jawab untuk memelihara hubungan baik dalam organisasi.
•Berkomunikasi masalah pekerja, saran, dan rekomendasi dll banding ke tingkat yang lebih tinggi dan tujuan yang lebih tinggi dan tujuan untuk para pekerja.
•Membantu untuk memecahkan keluhan para pekerja.

•Mengawasi & panduan sub-koordinat
•Bertanggung jawab untuk menyediakan pelatihan kepada para pekerja.
•Menyusun materi yang diperlukan, mesin, alat dll untuk mendapatkan sesuatu.
•Menyiapkan laporan secara berkala tentang kinerja pekerja.
•Memastikan disiplin dalam perusahaan.
•Memotivasi pekerja.
•Pembangun citra perusahaan karena mereka berada dalam kontak

KeterampilanManajemen
•Keterampilanteknis(technical skills)
•Keterampilanteknisberhubungandengan pengetahuandankemampuanmanajer memahamidanmenjalankanproses produksiataupunoperasisesuaituntutan tugasnya. Contohnya: manajerakuntansi perlumemahamikonsepdankemampuan tentangsistemakuntansidanlaporan keuangan.

•Keterampilaninterpersonal atauketerampilan hubunganmanusia(human relations skills)
•Keterampilaninterpersonal merupakan kemampuanmanajerdalammengeloladan membinahubungandenganpihaklain secara efektifsehinggaakansesuaidengantujuan organisasi. Contoh: kemampuanmanajeruntuk memotivasikaryawandalambekerjadan bersosialisasi.

•Keterampilankonseptual(conceptual skills)
•Keterampilaninimengacupadakemampuan manajeruntukdapatmenjabarkansituasi lingkunganorganisasidanmenjabarkannya kedalamide-ide yang dirangkumdalamsuatu solusiataupungambarankegiatanorganisasidi masadatang. Keterampilaninimenyangkut kemampuanmengidentifikasimasalah, mencari alternatifsolusi, danjugamampumemilihalternatif terbaikbagiorganisasi.

Proses Pengambilan Keputusan
•Pengambilankeputusanadalah pengidentifikasianmasalahdan kesempatan, pengembanganalternatif solusi, pemilihanalternatifterbaikdan pengimplementasiankeputusan

Tahapproses pengambilan keputusan
1.Identifikasimasalahdankesempatan
2.Identifikasifaktorpembatas
3.Menentukanalternatifpemecahanyang potensial
4.MenganalisisAlternatif
5.MenyeleksiAlternatif
6.Mengimplementasikansolusi
7.Menetapkansistempengendaliandanevaluasi

StrukturOrganisasi
•Strukturorganisasiadalahpengaturanpekerjaan untukdilaksanakandalamsuatubisnis
•Organisasiformal adalahstrukturorganisasiyang disusundandibentukolehmanajemenpuncak
•Baganorganisasiadalahgambaranstruktur organisasidanhubunganantarbagiandalam organisasi

Konsep-KonsepOrganisasi
Wewenangadalahhakyang dimilikiseorang karyawanpadaposisitertentuuntukmembuat keputusan, memberiperintah, danmengalokasikan sumberdaya
Ada 3 bentukwewenang:
1.WewenangLini
2.WewenangStaf
3.WewenangFungsional

•RentangKendali(Span of Control) adalahjumlah bawahanyang beradadi bawahkendaliseorang manajer
•Sentralisasimerupakansuatufilosofiorganisasidan manajemenyang memusatkanseluruhwewenang membuatkeputusanpadasekelompokkecil manajerdalamstrukturorganisasi
•Desentralisasimerupakansuatufilosofiorganisasi dam manajemenyang mendelegasikan wewenangmembuatkeputusankepadalevel di bawahnyadalamstrukturorganisasi

Kewirausaahaan
•Kewirausahaanadalahproses menciptakannilai denganmengumpulkanbeberapasumberdaya yang bersifatunikyang dimilikiolehseseorang untukdigunakansebagaimodal untukmengambil kesempatanbisnisyang ada
•Wirausahawan(Entrepreneur) adalahmerekayang selalumencariperubahanberusahamengikutidan menyesuaikanpadaperubahanitu, serta memanfaatkannyasebagaipeluang

KarakteristikWirausahawan (Peter Drucker, 1985)
•Doronganberprestasi
•Bekerjakeras
•Memperhatikankualitas
•Sangatbertanggungjawab
•Berorientasipadaimbalan
•Optimis
•Berorientasipadahasilyang baik
•Mampumengorganisasikanorang ataumasalah
•Berorientasipadauang

RisikoKewirausahaan
•Risikokegagalanindividu
•Risikokeuangan
•Risikokarir
•Risikososialdankeluarga

Sebabkegagalan
•Manajemenusahayang tidakkompetendan kurangberpengalaman
•Kealpaanyang disebabkanolehrendahnya komitmenmanajementerhadapwaktu
•Sistemkontrolyang lemah
•Modal danpendanaanyang tidakmencukupi

Sifat-sifatkewirausahaan
•Mau danmampubekerjakeras
•Kreatifitasyang cemerlang
•Beranimengambilresiko
•Berusahamengurangikelemahanyang adatanpa merasaputusasa

Faktoryang mengiringilangkahsukses wirausaha
•Usaha kerasmotivasidandedikasi
•Permintaanpasarterhadapprodukatau jasatersebuttelahada
•Kompetensimanajerial
•Kemujuran

Bisnis, usahakecildancara memulaibisnis
•Intrapreneuradalahseseorangyang memilikikarakteristikentrepreneur (wirausaha) yang dipekerjakandalam perusahaanberkapasitasbesar
•Usaha keciladalahbisnisyang dimilikisendiri olehseseorangtidaktergantungpemiliklain danmelakukanoperasionalbisnisnyapada daerahtertentudenganbersaingsecara adildantidakmendominasibisnisyang ada.

Memulaiusahakecildengan rencanausaha
•Perencanaanbisnisadalahdokumentertulis yang menggambarkanbisnisbarangatau jasa, prospekkonsumen, tingkatpersaingan, keuanganyang diperlukan, danaktivitas lain yang dirasapentinguntukmemasuki suatuusaha.

Jenisusahakecilyang adadi Indonesia
Beberapakategoriusaha:
•Manufaktur
•Jasa
•Distributor
•Retail
•Bisnisdalamusahadi rumahataudi luar rumah

Waralaba(Franchising)
•Waralabaataufranchisingadalahsuatu lisensi/ijinyang dijualolehpemilikusaha waralaba(franchisor) kepadapihakyang berminatdenganusahawaralabauntuk memproduksiataumenjualproduksesuai spesifikasibentukdankondisi.

Kewirausahaanglobal
WIRAUSAHAWA N GLOBAL
As Entrepreneur
As Manager
As Leader

Urutankualitas wirausahawanglobal
•Seseorangyang berusaha(baik, bersihdan memilikikemampuandalambisnis)
•Wirausahawanbiasa(memilikiinovasi, kreativitas, danmenerimarisiko)
•Intrapreneurship(wirausahawanyang dimilikidimanfaatkansebagaisumber internal perusahaanbesarsecaramaksimal danberjiwapemimpin

•Ultrapreneurship(wirausahawanplus yang menggunakanketerampilan, intelektual, dansumberdayasecarasekaligus)

•Ecopreneur(wirausahawanplus yang memandang/berwawasanlingkungan)

Artikel Terkait