perubahan sosial (sosiologi)

Dampak perubahan social
Dengan adanya perubahan, masyarakat akan mengalami kemajuan  di berbagai bidang kehidupan mulai dari teknoligi, pendidikan , ekonomi, maupun agama,. Dengan adanya kemajuan dibidang teknologi, akan, mempermudah transportasi dan komunikasi, dan akhirnya akan diikuti terjadinya globalisasi. Dengan kata lain perubahan yang cepat pada masyarakat akan berdampak positif, yaitu terjadinya proses modernisasi, demokratisasi, dan globalisasi.
1.       Modernisasi
Menurut Koentjoro ningrat, modernisasi adalah usaha untuk hidup sesuai dengan zaman dan keadaan sekarang . Gejala modernisasi ditandai dengan pendidikan yang tinggi, teknoligi yang maju, perekonomian yang maju, dan urbanisasi yang pesat.
2.       Demokratisasi
Demokratisasi merupakan proses demokrasikan semua aspek-aspek kehidupan berbangsa dan bernegara.
3.       Globalisasi
Adalah sebuah istilah yang memiliki hubungan dengan peningkatan keterkaitanantabangsa dan antarmanusia seluruh dunia melalui perdagangan investasi, perjalanan, budaya popular, dan bentuk2 interaksi yang lain globalisasi sebagai fenomena social, di sisi merupakan dampak positif adanya perubahan social tetapi disisi yang lain merupakan dampak negative apabila maasyarakat yang bersangkutan belum siap untuk menerima perubahan yang terjadi
Selain dampak ppositif, perubahan social juga akan mendatangkan dampak negative berupa westernisasi, sekularisme, konsumerisme, dan hedonisme.
1.       Westernisasi
Yaitu pengambilalihan unsur budaya barat sebagaimana adanya tanpa seleksi atau proses perilaku seperti yang dilakukan oleh orang-orang barat.
2.       Sekularisme
Yaitu proses pemisahan antara nilai-nilai keagamaan dengan nilai2 kepentingan duniawi, penenkanannya pada kepentingan duniawi.
3.       Konsumerisme
Yaitu paham atau gaya hidup yang menganggap barang-barang (mewwah)  sebagai ukuran kebahagiaan, kesenangan dan cenderung ke gaya hidup yang tidak hemat atau boros.
4.       Hedonisme
Pandangan yang menganggap kesenangan dan kenikmatan  materi sebagai tujuan utama dalam hidup.

Kelas 12
·    Perubahan social
perubahan yang terjadi dalam masyarakat disebut perubahan social. Perubahan social merupakan modifikasi stratifikasi social dan pola budaya dalam masyarakat

Unsur struktur social
1.       Stratifikasi social
Perubahan social dapat mengakibatkan Regres/kemunduran=con: karena globalisasi kita mengikuti budaya dari luar, lesbian/guy
·    Stratifikasi social dpt mengakibatkan Terbentuknya status dan peran social
-Peran yang melenceng Con: guru yg ditangkap polisi gara2 mencabuli 14 muridnya.
-Jk pengangguran yg melanggar mk orang menganggap wajar..




Sakniki tanggal 15 wulan agustus kalih ewu kawan welas.

Hal 5esis
Faktorrr
No
3..con:


Con no 3 uraian karakteristik
2.       Missal: perubahan di kurikulum 2013 mendidik siswa untuk berfikir cepat dan kreatif maka buku kurikulum lama harus diganti, perubahan lembaga politik akan memberi efek yang banyak.. spt org yg berkuasa dulu skrg gak dipake lagi trus kebijakannya ganti lagii :o :D
3.       Ee
4.       Con: spiritual dengan penguasaan teknologii spt alquran/injil  seluler.







Artikel Terkait