cara meningkatkan iq

Tags

Cara Meningkatkan IQ
IQ adalah ukuran kemampuan intelektual, analisis, logika, dan rasio seseorang. IQ merupakan kecerdasan otak untuk menerima, menyimpan, dan mengolah informasi menjadi fakta. IQ banyak dibutuhkan dalam berbagai jenjang pendidikan, misalnya untuk masuk SMA kita tercinta ini. Kalian ingat, kan? Tak hanya di SMA, perguruan tinggi sangat memperhitungkan calon mahasiswanya yang memiliki IQ diatas kriteria. Kalau IQ kalian dinilai kurang memenuhi, cobalah beberapa tips di bawah ini untuk meningkatkan IQ. Check it out!
1.    Mengambil risiko terhadap otak
Untuk meningkatkan IQ, kalian harus memberikan tantangan terhadap otak kalian. Cobalah bermain secara serius dalam permainan seperti catur, Sudoku, dan scrabble dan jadilah master dari salah satu permainan tersebut. Tantanglah otakmu, bung!
2.    Bermain Game Strategi
Game strategi mempunyai beragam masalah untuk dipecahkan sehingga menuntut pemikiran otak yang lebih keras. Game seperti Dota atau Empire adalah permainan yang cocok untuk meningkatkan kejeniusan berpikir. Kalian akan menemukan banyak masalah yang kompleks dan otak akan semakin terlatih untuk berpikir lebih hebat lagi.
3.    Latihan Fisik
Dengan berlari, jogging, atau menerapkan olahraga lainnya, maka kalian akan lebih cekatan, responsive, dan memiliki daya pikir yang luar biasa ketimbang orang-orang yang banyak diam. Buatlah jadwal olahraga terutama yang menuntut kerja sama dengan orang lain, seperti sepak bola, bulu tangkis, atau basket.
4.    Menulis
Luangkan waktu kalian untuk menulis, apapun itu. Dengan menulis, otak akan terangsang untuk terus selalu berpikir, memperbaiki visualisasi, dan membuat kalian berpikir lebih logis dari orang lain.
5.    Aktif di komunitas
Kalian perlu membaur melalui bertemu secara langsung atau terlibat dalam sebuah komunitas di jejaring sosial. Kalian akan mampu beradaptasi, meningkatkan kemampuan sosial, serta memperoleh banyak informasi yang akan meningkatkan kecerdasan.

Wah, banyak cara, ya, untuk memingkatkan IQ kita. Yang penting, manfaatkan IQ tinggi untuk berbuat kebaikan. Manakah cara yang kalian pilih? 

Artikel Terkait