jam kerja otak manusia

Tags

Selama ini kita hanya mempergunakan otak sesuai kegiatan kita tanpa mengetahui waktu yang tepat untuk kerja otak kita. Dikutip dari Health.MSN ada 8 waktu otak bisa maksimal sesuai tugasnya:
1.      Jam 7 – 9  pagi : Terbaik untuk meningkatkan semangat dan gairah
Hal ini disebabkan karena hormon cinta berlevel tinggi saat bangun tidur. Maka di waktu ini sangat cocok untuk memperkuatt hubungan dengan orang penting dalam hidup.
2.      Jan 9 – 11 siang           : Terbaik untuk kreativitas
Pada waktu ini hormon stes kita yang cukup sehingga dapat memfokuskan pikiran tanpa dipengaruhi usianya. Prima untuk belajar dan mengerjakan tugas yang butuh analisa dan konsentrasi.
3.      Jam 11 – 2 siang : Terbaik untuk melakukan tugas sulit
Saat ini hormon tidur telah menurun tajam yang berdampak tubuh lebih siap untuk melakukan pekerjaan sulit dan berat. Namun jangan secara bersamaan karena akan membuat seseorang kehilangan konsentrasi.
4.      Jam 2 – 3 siang : Terbaik untuk beristirahat
Setelah kita makan siang asupan darah atau oksigen ke otak sedikit makanya seseorang akan merasa mengantuk. Untuk itu cobalah beristirahat sebentar. Jika ingin terus bekerja lebih baik jalan-jalan terlebih dahulu atau meminum air putih untuk melancarkan peredaran darah ke otak.
5.      Jam 3 – 6 sore : Terbaik untuk kolaborasi
Pada saat ini otak kita merasa lelah. Karena itu sebaiknya meklakukan kolaborasi dengan teman kerja atau melakukan kegiatan berbeda dengan ini akan merasa santai dan tekanan lebih rendah.
6.      Jam 6 – 8 malam : Terbaik untuk melakukan tugas pribadi
Waktu ini otak kita dalam tahap pemeliharaan, yaitu ketika produksi melatolin (tidur) masih level rendah. Disarankan untuk berjalan – jalan, makan malam bersama keluarga, atau menikmati waktu bersama keluarga.
7.      Jam 8 – 10 malam : Terbaik untuk santai
Perpindahan terjaga menjadi mengantuk saat kadar hormon melatonin meningkat dan kadar serotonin ( semangat ) memudar. Saat ini otak lelah cara terbaik membuat tubuh santai dengan menonton film lucu, merajut atau melakukan hal0hal yang membuat tubuh santai dan rileks.
8.      Jam 10 malam keatas : Terbaik untuk tidur
Saat ini merupakan waktunya istirahat dan tidur, pengaturan cahaya akan membantu otak beristirahat. Usahakan tidurnya 7 – 8 jam sehingga mendapatkan kesehetan dab energi optimal pagi hari.

Artikel Terkait