isi penutup berita (cara menulis berita)

Dalam menulis berita sangatlah memerlukan keterampilan untuk membuat cerita itu semakin menarik dan enak untuk dibaca. Menulis suatu berita ada baiknya di berikan tambahan berupa gambar atau foto dan video agar para pembaca lebih tertarik dan percaya bahwa berita tersebut merupakan sebuah fakta. Dalam menulis berita juga perlu diimbuhi sebuah sumber yang jelas. Berikut ini adalah beberapa Tips sederhana cara Menulis berita dari pembuka hingga penutupnya agar baik untuk disajikan. Caranya adalah dengan menggunakan rumus 5W + 1H berikut ini adalah penjabarannya:




  • saat menulits berita biasanya what, when, who ditulis pada bagian awal atau sebagai pembuka isi berita.  

1. Who hampir semua berita pasti ada tokoh utama atau subyek yang berperan dalam peristiwa itu, Jangan sampai Anda menulis berita tanpa mencantumkan tokoh atau orang yang utama waktu kejadian. kalau anda ingin belajar menulis berita coba lihat beberapa contoh di Kompasiana disitus tersebut banyak artikel tentang beragam macam berita.

2. What adalah Konten yang berisikan materi tentang berita apa yang akan ditulis Misalnya berita kriminal, bisnis politik ataukah berita olah raga.

3. When merupakan bentuk keterangan waktu yang jelas tentang peristiwa yang terjadi dalam berita Misalnya, Hari senin 20 Nov 2014 pk 11.00 terjadi pertandingan sepak bola yang menghebohkan antara italia dan argentina Keterangan, hari tanggal dan jam peristiwa akan memperkuat isi berita yang akurat
contoh:
Kepala Polda Jawa Barat Inspektur Jenderal Moechgiyarto (who) mengatakan, jumlah kecelakaan yang terjadi di Tol Cipali (Cikampek-Palimanan) (what), sejak diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada Sabtu (13/6/2015) (when), sudah mencapai 30 kejadian. Akibat kecelakaan tersebut, sejumlah orang tewas dan luka-luka. 


  • selanjutnya where dan why biasanya merupakan bagian tengah atau bagian isi berita

4. Where menunjukkan keterangan sebuah lokasi atau tempat kejadian peristiwa itu terjadi. Misalnya: Hari ini di Jakarta sedang terjadi Demo di duga pelaku utama penyebab demo itu terjadi adalah seorang pemain sepak bola asing yang melakukan kecurangan dalam pertandingan olahraga tersebut.

5. Why atau Kenapa Sesuai peribahasa tak ada asap kalau tak ada api. Tak ada peristiwa kalau tak ada penyebabnya. Di sinilah seni membuat berita. Anda harus cermat dalam menyajikan berita. Carilah narasumber yang menulis berita lebih dari satu agar kualitas berita anda berimbang.


  • How biasanya merupakan kesimpulan dari berita tersebut dan sekaligus sebagai penutup berita. isi penutup berita biasanya berupa simpulan simpulan atau penyelesaian tentang masalah yang terjadi dalam berita tersebut 

6. How menceritakan tentang bagaimana berita yang diliput bisa terjadi apa saja dampak positif dan negatif setelah peristiwa itu terjadi. Selain itu juga menjelaskan penyelesain masalah dalam berita tersebut.

berikut contohnya:

"Ternyata sampai sekarang ini sudah ada 30 insiden kecelakaan di Tol Cipali sejak tol itu diresmikan Presiden (where)," kata Moechgiyarto kepada wartawan seusai bertemu dengan Ketua DPRD Jabar Ineu Purbawati di kantor DPRD Jabar, Jalan Diponegoro, Bandung, Jawa Barat, Selasa (23/6/2015). (kompas.com)

Kecelakaan tersebut, kata Moechgiyarto, disebabkan karena berbagai hal. Hal yang paling mendominasi, kata dia, adalah karena faktor human error (why).

"Mungkin itu karena faktor human (error), karena memang jalannya mulus, mulus sekali, panjang lurus sehingga mengantuk dan terjadilah," kata Moechgiyarto. (opini)

Moechgiyarto mengakui bahwa rest area memang masih kurang banyak di tol itu sehingga memungkinkan pengendara melaju terus-menerus tanpa beristirahat. Moechgiyarto mengatakan akan kembali menambah rest area yang dipastikan bisa digunakan saat musim mudik atau menjelang Lebaran (how).

"Rest area akan ditambah, empat di jalur balik dan empat di jalur mudik. Insya Allah H-7 rest area sudah selesai," katanya. 

Kemudian, lanjut dia, sebab lainnya dari kecelakaan itu karena diduga fasilitas penerangan jalan, seperti reflektor di sepanjang jalan tol yang belum terpasang (why). Hal ini seperti kecelakaan yang terjadi di Kilometer 94. Di Kilometer 94 ada dua kali kecelakaan yang terjadi pada malam hari (where. Hasil pemantauannya, kata Moechgiyarto, di Kilometer 94 memang penerangan jalan belum terpasang (how).

"Sudah saya cek, hasil pemantauan di Cipali persis di Kilometer 94 ada dua kejadian, kebetulan pas kejadiannya malam hari. Nah, kecelakaan di situ memang ada, di situ itu penerangan kurang, reflektornya belum terpasang," kata dia.

Moechgiyarto mengatakan, pihaknya sudah meminta instansi terkait untuk segera melengkapi fasilitas, rambu-rambu, termasuk penerangan (reflektor) di sepanjang jalan tol terpanjang di Indonesia itu (how).
"Kita sudah sampaikan kepada pengelola jalan tol untuk segera dilengkapi (rambu-rambunya)," pungkasnya.

________________________________________________________________________

jika anda masih bingung silahkan konsultasikan kepada guru atau teman anda.
diedit oleh: andi akhmad

Artikel Terkait