Membaca Cepat Teks dan Penjelasannya

Cara Membaca Cepat Teks

Anda akan mengungkapkan pokok-pokok isi teks dengan membaca cepat 300 kata per menit. Setelah itu, Anda akan mempelajari frasa nominal ini, itu, tersebut, dan tadi.
Tanpa disadari kita sering membuang-buang air. Padahal air mempunyai manfaat bagi kehidupan kita. Anda ingin tahu manfaat air? Bacalah dengan


cepat bacaan ”Seribu Manfaat Air”!
Teknik Membaca Cepat Teks
Teknik membaca cepat merupakan teknik membaca dengan cepat suatu teks. Teknik membaca cepat termasuk dalam teknik skimming. Skimming merupakan teknik membaca untuk mencari hal-hal penting dari bacaan. Teknik membaca cepat dapat digunakan untuk mencari ide pokok paragraf, menemukan informasi mencari topik bacaan, mengetahui pendapat orang (opini), mendapatkan bagian penting yang diperlukan tanpa membaca seluruhnya, dan untuk penyegaran apa yang pernah dibaca, misalnya mempersiapkan ujian atau sebelum menyampaikan ceramah. Teknik  membaca cepat juga dapat digunakan untuk menemukan pokok-pokok isi bacaan. Pokok-pokok bacaan antara lain:
1.        sesuatu atau hal yang dibicarakan;
2.        orang yang dibicarakan;
3.        waktu terjadinya hal yang dibicarakan;
4.        tempat terjadinya hal yang dibicarakan;
5.        sebab-sebab terjadinya hal yang dibicarakan; dan
6.        proses terjadinya hal yang dibicarakan.
Sebelum membaca cepat teks nonsastra, coba lakukan latihan di bawah ini!
Anda akan mengenali frasa dengan cepat. Bacalah ke bawah! Setiap kali Anda menemukan frasa suka sama suka, coret dengan pensil Anda, lakukan secepat-cepatnya. Usahakan dalam tempo kurang dari 30 detik. Frasa kunci: suka sama suka saya sama dia indra mahendra inilah air mata mata sapi bulat suka sama suka kabar baik dia sudah tiba di saat itu sedang suka sama suka berjuta-juta orang

Kiat cara  membaca cepat yang baik sebagai berikut.
1. Bacalah teks dalam hati.
2.       Berkonsentrasilah hanya pada bacaan yang akan Anda baca.
3.       Jangan menggerakkan bibir untuk melafalkan kata yang dibaca.
4.       Jangan menggunakan jari atau benda lain untuk menunjuk kata demi kata.
5.       Jangan menggerakkan kepala ke kiri dan ke kanan.
6.       Jangan mengulang kata atau kalimat yang sudah dibaca.
7.       Jangan mengeja huruf pada kata-kata yang dibaca dalam batin atau pikiran.


kecepatan 300 kata per menit!
2.        Sebelumnya, sediakanlah sebuah arloji. Kemudian, mintalah teman sebangku untuk mengukur kecepatan membaca Anda!
3.        Sambil membaca, tandailah pokok-pokok bacaan!
4.        Setiap satu menit, tandailah kata terakhir yang dibaca!
5.        Hitunglah jumlah kata yang berhasil kamu baca selama satu menit!
6.        Jika Anda berhasil membaca 300 kata per menit, Anda mampu membaca cepat. Namun, Anda harus banyak berlatih jika belum berhasil mencapai 300  kata per menit.
7.        Lakukan kegiatan membaca cepat ini secara bergantian dengan teman


Seribu Manfaat Air

Meskipun bergaul erat dengan air setiap hari, ternyata banyak rahasia keunggulan air yang kita lewatkan. Sobat lama kita ini mempunyai banyak khasiat. Ternyata pula, ketergantungan kita terhadap air tidak hanya sebatas pengusir rasa haus belaka. Air dapat membantu menjaga kesehatan kita. Air juga dapat menyegarkan kita.
Mandi dua kali sehari dan cuci rambut paling lama tiga hari sekali sangat dianjurkan pakar kesehatan dan kebugaran. Alasannya, sentuhan air bersih dengan tubuh membuat badan terasa segar dan bugar kembali. Untuk menjaga kecantikan pun, seseorang harus memerhatikan kebersihan tubuhnya. Ditambah lagi minum air putih 8–10 gelas sehari.
Sejak ratusan tahun sebelum Masehi bangsa Romawi sudah mengenal khasiat mandi, entah mandi susu atau berendam di kolam air bersih yang dilengkapi pancuran dan wewangian. Tujuannya agar tubuh bersih, sehat, dan wangi
Menurut para peneliti sebuah lembaga riset trombosis di London, Inggris, jika seseorang selalu mandi dengan air dingin, peredaran darahnya akan membaik sehingga tubuh terasa lebih bugar. Ditambahkan lagi mandi dengan air dingin akan meningkatkan produksi sel darah putih dalam tubuh serta meningkatkan kemampuan seseorang terhadap serangan virus. Bahkan, mandi dengan air dingin di waktu pagi menyebabkan jaringan kulit membaik, kuku lebih sehat dan kuat, tak mudah retak.
Air juga diyakini dapat menyembuhkan penyakit jantung, rematik, kerusakan kulit, penyakit saluran napas, usus, penyakit kewanitaan. Kini berbagai macam pengobatan alternatif ditawarkan dengan cara berendam di dalam air yang mengandung magnet, kadar garam tinggi, belerang atau zat kimia lain yang bisa meningkatkan kesehatan.
Para pakar pengobatan alternatif bahkan menyatakan, bersentuhan dengan air mancur, berjalan-jalan di sekitar air terjun, atau sungai dan taman dengan banyak pancuran, akan memperoleh khasiat ion-ion negatif. Ion-ion negatif tersebut timbul karena butiran-butiran air yang berbenturan. Butiranbutiran air itu bisa meredakan rasa sakit, menetralkan racun, memerangi penyakit, serta membantu menyerap dan memanfaatkan oksigen. Ion negatif dalam aliran darah akan mempercepat pengiriman paket oksigen ke dalam sel dan jaringan. Mandi menggunakan shower di rumah pun mempunyai efek menghasilkan ion negatif.
Khasiat air tidak berhenti pada soal mandi atau berendam saja. Tidak kalah penting khasiat air bila diminum. Selain makanan, air sangat diperlukan oleh tubuh kita. Seseorang yang kekurangan makan masih dapat bertahan sampai beberapa hari. Namun, kekurangan air bisa berakibat fatal karena air merupakan bagian terbesar dari komposisi tubuh manusia. Perlu diingat, air yang dapat diminum adalah air yang sehat dan bersih. Air yang sehat dan bersih dapat diperoleh dengan memasak air hingga mendidih.
Air merupakan bagian terbesar dari tubuh manusia. Di dalam tubuh manusia mempunyai mekanisme dalam mempertahankan keseimbangan asupan air yang masuk dan yang dikeluarkan. Rasa haus pada setiap orang merupakan mekanisme normal dalam mempertahankan asupan air dalam tubuh. Air yang dibutuhkan tubuh kira-kira 2–2,5 l  per hari. Jumlah kebutuhan air ini sudah termasuk asupan air dari makanan (seperti dari kuah sup, soto, dll.), minuman seperti susu, teh, kopi, sirop dll. Selain itu, asupan air juga diperoleh dari hasil metabolisme makanan yang dikonsumsi dan metabolisme jaringan di dalam tubuh.
Tubuh kita akan menurun kondisinya apabila kadar air menurun. Jelas, hal itu dikarenakan ada hubungan yang sangat erat antara kualitas dan kandungan air dalam tubuh dengan respons tubuh kita. Semakin banyak kita melakukan aktivitas, air akan lebih banyak terkuras dari tubuh. Apalagi orang yang tinggal di negara tropis di mana energi yang dikeluarkan lebih banyak. Oleh sebab itu, para pakar kesehatan mengingatkan agar jangan hanya minum bila terasa haus. Kebiasaan banyak minum, apakah sedang haus atau tidak, merupakan kebiasaan sehat. Itu artinya, bekerja di ruang berAC pun menuntut kita untuk minum lebih banyak, sekalipun tidak merasa haus. Di ruangan ber-AC kita akan lebih cepat mengalami dehidrasi. Banyak minum akan membantu kulit tidak cepat kering. Banyak minum penting diperhatikan tidak hanya oleh mereka yang sehari-hari bekerja di ruang ber-AC, namun juga oleh mereka yang bekerja dalam ruangan yang suhunya tidak tetap. Suhu naik turun menyebabkan kelembapan ruangan juga tidak menentu. Dengan minum air akan membantu menetralisasikan pengaruh perubahan tersebut.
Air putih juga bersifat ”menghanyutkan” kotorankotoran dalam tubuh yang akan lebih cepat keluar lewat urine. Bagi yang ingin menguruskan badan pun, minum air hangat sebelum makan (sehingga merasa agak kenyang) merupakan satu cara untuk mengurangi jumlah makanan yang masuk. Air tidak mengandung kalori, gula, ataupun lemak. Namun, yang terbaik adalah minum air putih pada suhu sedang; tidak terlalu panas, dan tidak terlalu dingin.
Menyadari betapa air amat menunjang kebugaran, kesehatan dan kecantikan tubuh, tidak ada salahnya kita memelihara persahabatan dengan sobat lama kita ini. Selama kita masih dapat menikmati khasiatnya, mari memanfaatkan air sebaik-baiknya.
Sumber: www.halalguide.info


Anda telah membaca cepat bacaan ”Seribu Manfaat Air”. Dapatkah Anda menemukan pokok-pokok bacaan tersebut?
A.       Untuk menguji pemahaman Anda terhadap bacaan ”Seribu Manfaat Air”, jawablah pertanyaan berikut!
1.        Apa saja manfaat air bagi kehidupan kita?
2.        Mengapa mandi dua kali sehari dan cuci rambut paling lambat tiga hari sekali sangat dianjurkan?
3.        Kapan khasiat mandi sudah dikenal?
4.        Siapa yang telah mengenal khasiat mandi?
5.        Bagaimana cara kita mendapatkan ion-ion negatif?
6.        Apa fungsi ion-ion negatif dalam aliran darah kita?
7.        Mengapa kondisi tubuh kita menurun jika kondisi air menurun?
8.        Apa yang dimaksud dengan kebiasaan sehat?
9.        Apa saja fungsi air putih bagi tubuh kita?
10.    Bagaimana  cara menguruskan tubuh dengan air putih?
B.       Lakukan kegiatan berikut!
1.        Tukarkan jawaban Anda dengan jawaban teman Anda!
2.        Guru Anda akan memberikan jawaban yang benar. Cocokkan jawaban Anda dan teman Anda dengan jawaban yang benar!
Bagaimana dengan jawaban Anda? Jika jawaban Anda yang benar ada lebih dari tujuh berarti Anda sudah dapat memahami bacaan dengan baik melalui membaca cepat.
C.       Ungkapkanlah pokok-pokok bacaan ”Seribu Manfaat Air”!
Kata Tugas ini, itu, tersebut, dan tadi
Perhatikan kalimat yang dikutip dari bacaan ”Seribu Manfaat Air” berikut!
1.        Ternyata sobat lama kita ini mempunyai banyak khasiat.
2.        Jelas, hal itu dikarenakan ada hubungan yang sangat erat antara kualitas dan kandungan air dalam tubuh dengan respons tubuh kita.
3.        Ion-ion negatif tersebut timbul karena butiran-butiran air yang berbenturan.
4.        Air yang telah dididihkan tadi dapat dimasukkan ke dalam wadah tertutup.
Kata ini dan itu merupakan kata tugas. Kata  ini dan itu pada kalimat 1  dan 2 berfungsi untuk memperjelas makna atau arti kalimat. Dengan demikian, kata tugas ini dan itu berfungsi sebagai penunjuk terhadap hal, peristiwa, atau sesuatu yang berkaitan dengan kata atau kalimat yang dilekatinya. Kata tugas ini memiliki makna menunjuk sesuatu, hal, peristiwa yang dekat dari makna kata yang dilekatinya. Sebaliknya, kata tugas itu menunjuk sesuatu, hal, atau peristiwa yang jauh dari makna kata yang dilekatinya.
Kalimat nomor 3 di atas menggunakan kata tersebut. Kata tersebut berarti sudah disebutkan, sudah diceritakan, atau sudah dikatakan. Kata tersebut digunakan untuk menggantikan kata, frasa, atau kalimat yang sudah disebutkan sebelumnya. Jadi, kata tersebut mengacu pada kata, frasa, atau kalimat yang telah disebutkan. Kata tersebut dapat diganti dengan kata tadi.
D.       Buatlah masing-masing dua kalimat menggunakan kata ini, itu, tersebut, dan tadi!
Lakukan kegiatan berikut!
1.        Pergilah ke perpustakaan!
2.        Carilah kalimat yang menggunakan kata ini, itu, tersebut, dan tadi dari bacaan!
3.        Kutiplah kalimat tersebut ke dalam selembar kertas!

4.        Catat pula judul bacaan yang memuat kalimat yang Anda kutip!

Artikel Terkait