Penggunaan Komputer Dalam Dunia Bisnis dan Manfaatnya

Tags

Sebagaimana kita ketahui bahwa zaman semakin maju dan itu tak akan bisa kita pungkiri, semakin maju maka semakin canggih alat alat yang diciptakan manusia, contohnya saja computer, nah disini saya akan menjelaskan atau menunjukan apa kegunaan computer dalam dunia bisnis, dalam dunia bisnis tentu saja ada transaks dan sebagainya,transaksi rutin ,periodic maupun insidentil. Dalam keadaan ini computer juga menyediakan informasi yang cepat dan tepat. Dalam sebuah perusahaan telah di terapkan mesin cas register atau mesin kasir yang dilengkapi dengan control computer sehingga mudah di control oleh pihak manajer nya secara cepat dan tepat, untuk scanning barcode dan menghitung laba ruginya.
                Kehadiran computer dalam dunia bisnis juga mempermudah dan membantu dalam penyimpanan data, tanpa computer akan sangat sulit melihat stok barang yang tersedia. Dan juga mempermudah dalam melihat keadaan keuangan suatu perusahaan.



                komputer juga dipergunakan untuk proses akuntansi, analisis, neraca, laba rugi, dan sebagainya.perkembangan ini telah mempengaruhi kebijakan strategi di dunia, dan akan mendorong persaingan dan inovasi di bidang terutama layanan pembayaran bank. Hampir semua jenis pekerjaan dalam dunia bisnis dilakukan dengan komputer. Namun, komputer yang digunakan bukanlah sembarang komputer. Komputer yang digunakan pada perusahaan telepon menggunakan komputer yang canggih. Sedangkan untuk usaha kecil, seperti toko-toko rata-rata menggunakan komputer biasa. Bank, toko eceran, penerbangan, kereta api, hotel, percetakan dan lain sebagainya dalam hal melakukan segala jenis aktivitas juga masih bergantung pada komputer. Tanpa adanya komputer bisnis tidak akan berkembang pesat. Oh iya, komputer juga bisa dipergunakan dalam mencari uang, berbisnis itu bisa dalam semua bidang, tidak mesti seperti pada umumnya, jika anda seorang gamers atau orang yang suka bermain games. Anda bisa menghasilkan uang melalui game yang anda mainkan di komputer. Bisnis online juga sekarang sedang hangat hangat nya dilakukan oleh kalangan remaja, seperti online shop yang menjual jaket,sepatu baju dan lain lain.
                Perdaganga elektronik adalah segala bentuk kegiatan pembelian dan penjualan, pemasaran produk, jasa,dan informasi yang dilakukan secara elektronis. Komputer juga meningkatkan system keamaan dalam dunia berbisnis, di sini juga kita dapat mempromosikan barang atau jasa, sebagai sumber informasi bisnis dan sebagai sarana
operasional.


                Peranan teknologi informasi komputer dalam dunia bisnis sangatlah besar karena tujuan dari bisnis ialah mencari keuntungan yang diperoleh dari hasil transaksi maupun jasa. Pada bidang bisnis komputer biasanya dipergunakan untuk memproses gaji, data statistic, keuangan atau akunting.banyak bisnis yang sudah menggunakan system komputer untuk melihat stok barang. Ini juga memilik dampak keuntungan dan kerugian.
Keuntungaannya ialah:
1. Semakin banyaknya penggunaan TI akan semakin membuka lapangan pekerjaan
2. Bisnis yang berbasis TI akanmempermudah transaksi dalam berbisnis.
3. Dengan memasang iklan dan promosi di internet akan mempermudah kegiatanpemasaran suatu produk
4.perusahaan tidak perlu membuka cabang industry
Kerugian nya ialah :
1. Dengan mudahnyamelakukan transaksidi internet menyebabkan semakin mudah pula transaksi yang dilarang seperti penyelundupan narkoba dan sebagainya.
2. Hal yang sering terjadi adalah pembobolan rekening suatu lembaga atau perorangan yang mengakibatkan kerugian besar.

DISUSUN OLEH:
REZA ENDRI
15212086


DIPLOMA III EKONOMI
UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA
TAHUN AKADEMIK 2015/2016
TUGAS LATIHAN


Daftar Pustaka
http://dedy9o.blogspot.co.id/2013/03/perkembangan-komputer-di-bidang.html
http://www.fadhly.biz/2013/10/kegunaan-komputer-di-dunia-bisnis.html
http://masteg03.blogspot.co.id/2011/03/peranan-komputer-dalam-dunia-usaha.html
https://asonbasoni.wordpress.com/2013/06/28/kegunaan-komputer-dalam-bidang-bisnis-dan-perbankan/
http://pisscor.blogspot.co.id/2011/10/manfaat-komputer-di-bidang-bisnis.html


Artikel Terkait