Hubungan Komputer Dalam Dunia Bisnis

Tags

KEGUNAAN KOMPUTER DALAM DUNIA BISNIS
                Pada saat ini, manfaat komputer sudah dirasakan oleh banyak orang. Komputer pada umumnya digunakan untuk membantu aktifitas manusia. Misalnya, membuat berbagai laporan, presentasi, membuat chart dan diagram, membuat berbagai macam animasi, berkomunikasi, sharing data, dan sebagainya. Sejalan dengan berkembangnya Teknologi Informasi, penggunaan dan pemanfaatan teknologi informasi merupakan indikator kemajuan teknologi sekaligus pertumbuhan Negara.
                Salah satunya adalah komputer bisa dimanfaatkan sebagai sarana untuk mencari uang. Dengan pemanfaatan sistem informasi dapat mempermudah proses penjualan dan pembelian barang. Tak hanya dibidang perkantoran atau lembaga saja, di bidang pemasaran dan penjualan telah memanfaatkannya. Selain mempermudah, juga meneliti dari kesalahan serta meningkatkan keuntungan dibidang perdagangan manual.
                Komputer dan internet merupakan dua hal yang tidak dipisahkan dalam menjalankan usaha, karena dengan menggunakan komputer semua kegiatan operasional dapat dilakukan dengan mudah, cepat, dan akurat. Kompuer dan internet ibarat darah yang mengalir di dalam tubuh sebuah usaha, keduanya tersebut terhenti atau terhambat, maka sistem perusahaan akan menjadi lusuh.
                Dengan adanya komputer yang tersambung dengan internet kita di permudahkan untuk melakukan bisnis online di dunia maya. Keuntungan yang di dapat adalah kita tak perlu lagi ke pasar untuk membeli makanan, baju, celana, dan keperluan lainnya. Kita hanya perlu menggunakan komputer yang tersambung di internet dan mencari hal yang kita suka dan langsung membelinya.
                Kemudahan inilah yang sangat berpengaruh juga di dunia bisnis, keuntungannya kita dapatkan adalah tak perlu membuka lapak di jalanan, pasar, dan sebagainya cukup meng-upload gambar yang kita jual ke internet, lalu mencantumkan nama, nomor telpon, dan sebagainya, lalu tinggal menunggu pembeli menghubungi kita.
                Karena itu komputer sangat berpengaruh dalam usaha di dunia nyata. Karena sekarang ini komputer sudah menjadi kebutuhan untuk menunjang kelancaran dalam menjalankan suatu usaha, walau itu hanya usaha kecil.
                Kehadiran komputer di dalam dunia bisnis juga sangat membantu di dalam penyimpanan data. Data komputer, akan sangat sulit sekali untuk memeriksa banyak stok barang yang dimiliki perusahaan retail. Namun dengan adanya komputer dan aplikasinya, memeriksa kondisi stok barang dan juga keuangan perusahaan akan dapat mudah dan praktis untuk dilakukan.
                Komputer berguna untuk kegiatan transaksi baik rutin, periodic, maupun insidentil dan menyediakan informasi dengan cepat dan tepat tanpa harus menggunakan perhitungan manual. Sistem Informasi Manajemen (SIM) / Manajemen Informasi Sistem (MIS), merupakan sistem informasi yang sudah banayak di terapkan pada peusahaan yang bergerak dibidang perdaganngan barang dan jasa baik pada perusahaan besar, menengah, bahkan perusahaan kecil.
                Di perusahaan dagang seperti depertement store, telah dipergunakan mesin cash register (mesin kasir) yang dilengkapi dengan control komputer sehingga mesin tersebut dapat dikontrol oleh pihak manajer hanya di ruangan kerjanya secara cepat dan tepat, untuk scanning berkode barang dagangan dan menghitung rugi labanya.
                Informasi dalam berbagai hal menjadi sangat penting bagi semua bentuk perusahaan atau perkantoran. Kegagalan sebuah perusahaan atau perkantoran untuk mencerna informasi akan berakibat kepada lemahnya daya saing perusahaan tersebut terhadap perusahaan lain yang sejenis. Kecepatan dunia usaha  beradaptasi dnegan teknologi komputer, khususnya di Amerika berjalan sesuai dengan perkembangan komputer itu sendiri. Karena bagi perusahaan pengaruh komputer disuatu perkantoran diharapkan dapat meningkatkan mutu pelayanan efisiensi kerja mereka.
                Dasar pemikiran timbulnya gagasan otomatis perkantoran  karena sebagian dari waktu kerja pegawai habis untuk melakukan hal-hal yang tidak produktif. Mengenai hal-hal tersebut ternyata dari sudut efisiensi kerja sangat merugikan. Tanggapan mengenai masalah tersebut adalah dengan memanfaatkan Komputer untuk melakukan beberapa pekerjaan kantor.       Diantaranya adanya masalah pengaturan arsip yang disimpan secara elektronis. Manfaat Komputer juga bisa untuk mengingatkan para pengelola tentang jadwal-jadwal penugasan dan dapat juga digunakan untuk menyimpan informasi / data di dalam komputer.

Disusun oleh
Anni Muthmainnah Amaliyah
15212102


Diploma III Ekonomi
Universitas Islam Indonesia
Tahun Akademik 2015/2016



DAFTAR PUSTAKA
http://www.anekamesinkasir.com/
http://dokumen.tips/documents/manfaat-komputer-di-bidang-bisnis-dan-perbankan.html
http://chalouiss.blogspot.co.id/2012/09/manfaat-komputer-dalam-bidang-lain.html

http://mail-chaozkhakycostikcomunity.blogspot.co.id/2014/08/makalah-manfaat-komputer-dalam-bidang.html

Artikel Terkait