Penggunaan Komputer Dalam Dunia Bisnis dan Usaha

Tags

Penggunaan Komputer Dalam Dunia Bisnis
Di dalam perkembangan teknologi jaman sekarang hampir seluruh kegiatan maupun aktifitas mengunakan media elektronik baik dalam kehidupan sehari-hari, sekolah, maupun bekerja, tidak pernah lepas dari yang namanya elektronik.
Penggunaan media elektronik sangat bermanfaat bagi aktifitas manusia salah satunya dalam perkerjaan maupun bisnis adapun perngertian bisnis ialah suatu organisasi yang menjual barang dan jasa kepada konsumen atau bisnis lainya, yaitu untuk mendapatkan laba. Dengan pergertian di atas dapat di simpulkan bahwa bisnis harus cepat dan tepat tanpa harus menggunakan perhitungan manual, karna dalam perbisnisan harus dapat bersaing dengan cepat sehinga dalam perbisnisan sangat memerlukan median elektronik agar cepat dan tepat.
Sebelum lebih lanjut membahas pengunaan komputer dalam dunia bisnis perlu di ketahui apa pengertian komputer maupun manfaatnya. Ada pun pengertian Komputer sanders (1985) adalah Computer adalah system elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan agar secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya dan menghasilkan output berdasarkan instruksi-instruksi yang telah tersimpan dalam memori. dan salah satu manfaat dari komputer ialah Komputer sebagai sarana Untuk komunikasi, Komputer sebagai sarana informasi, Komputer sebagai sarana usaha, dan Komputer sebagai sarana pengontrolan.
 
Komputer

Adapun dalam perbisnisan komputer digunakan dalam hal :
1.            kegiatan transaksi baik rutin, periodik, maupun insidentil.
2.            menyediakan informasi dengan cepat dan tepat.
Yang mana dalam sitem informasi manajemen atau yang biasa di singkat (SIM)/ management information system (MIS), merupakan sistem informasi yang sudah banyak diterapkan pada perusahaan yang bergerak bidang perdagangan barang dan jasa baik pada perusahaan besar, menengah, bahkan perusahaan kecil.

department store
Di perusahaan dagang seperti department store, telah dipergunakan mesin cash register atau biasa di sebut mesin kasir, yang dilengkapi dengan kontrol komputer sehingga mesin tersebut dapat dikontrol oleh pihak manajer hanya dari ruangan kerjanya secara cepat dan tepat, untuk scanning barcode kode barang dagangan dan menghitung rugi labanya.
 
cash register
Kemudian dalam penyimpanan data kehadiran komputer dalam dunia perbisnisan sangat membantu karena jika tanpa komputer, maka akan sangat sulit untuk memeriksa banyaknya stok yang masuk maupun keluar ataupun data nama-nama stok beserta barcode kode yang banyak, sehinga dengan kehadiran komputersendiri sangan perperanpenting dalam dunia bisnis, yang mana keuangan perusahaan akan sangat mudah dan prakris dalam pengelolaannya.
Dalam perkembanganya, komputer tidak jauh juga pengunaanya dengan internet. Dalam pengunaan komputer dalam bisnis pengunaan internet merupakan salah satu solusi yang baik dala perbisnisan karna dengan pengunaan internet pengunaan komputer akan lebih capat dalam mengaplikasiakan data yang harus di kirim dengan cepat kemudian juga bisa digunakan untuk penyimpanan data.
Kesimpulan penggunaan komputer dala dunia perbisnisan adalah sebagai penyimpanan data, pengolahan data, pemindahan data, dan pengkontrol segala aktifitas dalam dunia bisnis.

Disusun Oleh :
St. Mariam Ulfa
15212072

Diploma III Ekonomi
Universitas Inslam Indonesia
Tahun Akademik 2015/2016


Referensi :
https://artikelterkait.com/pengertian-komputer-fungsi-komputer.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Bisnis
https://asonbasoni.wordpress.com/2013/06/28/kegunaan-komputer-dalam-bidang-bisnis-dan-perbankan/
http://danang-leo-handoko.blogspot.co.id/2012/07/jenis-jenis-peralatan-yang-digunakan.html


Artikel Terkait