PENTINGNYA KOMPUTER DALAM BISNIS

Tags

Pada dunia bisnis computer berguna untuk kegiatan transaksi baik rutin,periodic maupun insidentit dan menyediakan informasi dengan cepat dan tepat tanpa harus menggunakan perhitungan ,annual. Sistem informasi Manajemen (SIM) adalagh sesuatu in formasi yang telah banyak diterapkan di perusahaan manapun yang bergerak di bidang Perdagangan barang dan jasa baik pada Perusahaan besar, perusahaan Menengah atau perusahaan kecil, contohnya pada Perusahaan Dagang seperti di Departement Store telah dipergunakan mesin kasir yang dilengkapi dengan control computer sehingga mesin tersebut dapat decontrol oleh pihak manajer hanya dari ruangan kerjanya secara cepat dan tepat, untuk scanning barcode barang dagangan dan untuk menghitung rugi dan labanya.
Komputer di dalam dunia bisnis juga sangat membantu di dalam penyimpanan data, Tanpa sebuah Komputer, akan sangat sulit sekali untuk memeriksa banyaknya stok barang yang dimiliki perusahaan retail, namun dengan  adanya computer dan aplikasinya , memeriksa kondisi stok barang dan juga keuangan perusahaan akan dapat mudah dan praktis untuk dilikukan . di bidang bisnis baik perdagangan barang maupun jasa computer akan sangat penting untuk kegiatan transaksi baik rutin,periodic ataupun incidedntal dan banyak menyediakan informasi dengan cepat dan tepat , Pada perusahaan dagang seperti di department store telah dipergunakan mesin kasir yang dilengkapi dengan kendali computer,
Dengan adanya Pemanfaatan computer dan system system yang sangat canggih di dalamnya sangat mempermudah jalannya suatu bisnis serta menjamin keamanan dan kerahasiaan dari setiap nasabah. Karena Komputer juga berfungsi untuk menyimpan data dan mengolah berbagai data .
Komputer sanagt banyak di manfaatkan di dalam bidang bisnis apa aja.
Komputer bisa digunakan untuk proses akutansi , analisis keuangan, neraca, laba-rugi, dan sebagainya,. Di bidang perhotelan Computer digunkan untuk menentukan jenis dan jumlah
kamar mana aja yang telah terisi dan kamar yang kosong, Bahkan saat ini computer telah digunakan oleh masyarakat untuk penjualan pertokoan kecil, Usaha kecil dan usaha menengah(UKM), di Apotek dan berbagai-bagai macam usaha kecil lainnya,
dan computer yang digunakan itu bukan computer sembarang computer omputer yang digunakan bukanlah sembarang komputer. Komputer yang digunakan pada perusahaan telepon menggunakan komputer yang canggih. Sedangkan untuk usaha kecil, seperti toko-toko rata-rata menggunakan komputer biasa. Bank, toko eceran, penerbangan, kereta api, hotel, percetakan dan lain sebagainya dalam hal melakukan segala jenis aktivitas juga masih bergantung pada komputer.
Komputer memang sangat berperan penting dalam kemajuan suatu bisnis. Tanpa adanya komputer, suatu bisnis tidak akan berkembang pesat. Selain itu ada juga perusahaan-perusahaan bisnis yang menggunakan sistem komputerisasi. Sistem komputerisasi adalah suatu sistem yang dibuat khusus untuk membantu mengerjakan pekerjaan tertentu. Contohnya, perusahaan pabrik otomatif menggunakan sistem komputerisasi untuk mengendalikan operasi jalur produksi.
Manfaat computer sudah dirasakan oleh banyak orang, pada umumnya computer digunakam untuk membantu aktifitas manusia seperti membuat berbagai laporan perdagangan, presentasi perdagangan, membuat chart dan diagram, computer dimanfaatkan untuk sarana mencari uang, dengan memanfaatkan system informasi berbasis e-commerce, dapat mempermudah proses penjualan dan pembelian barang , tak hanya di bidang perkantoran atau lembaga saja , di bidang pemasaran dan penjualan pun telah memanfaatkannya selain mempermudah, juga meneliti dari kesalahan serta meningkatkan keuntungan dibanding perdagangan manual. Dengan sistem e-commerce, proses penjualan dan pembelian barang lebih praktis, sehingga orang–orang yang akan melakukan transaksi dapat lebih nyaman dan tidak perlu repot pergi ke tempat jauh hanya untuk membeli keperluan pakaian. Hal ini juga bergantung pada pelayanan yang disediakan oleh toko yang bersangkutan, bagaimana toko menjaga kepercayaan dan keamanan bertransaksi pelanggan.
Masyarakat kini mudah dalam melakukan perdagangan atau bisnis baik secara individu maupun perusahaan-perusahaan , tentunya melalui penggunaan teknologi internet.Internet pada prinsipnya merupakan contoh sebuah jaringan komputer. Jaringan ini menghubungkan jutaan computer yang tersebar di seluruh dunia. Yang menarik, siapapun dapat terhubung ke dalam jaringan ini. Kehadiran internet telah memberikan pengaruh yang cukup besar dalam berbagai aktifitas manusia, terutama dalam hal kemudahan memperoleh informasi. Internet memungkinkan siapapun mengakses berita-berita terkini melalui koran-koran elektronis. Bahkan internet juga mampu mendukung aktifitas bisnis suatu perusahaan. Aplikasi pendukung bisnis ini kemudian dikenal dengan sebutan e-Business.

Internet dan E-business
Internet membawa perubahan cukup besar terhadap bisnis dan melahirkan istilah yang disebut e-business. Kotler (2003) mendefinisikan e-business sebagai “penggunaan alat dan platform elektronis untuk melaksanakan bisnis perusahaan”. Secara lebih jelas, O’Brien (2001) mendefinisikannya sebagai “penggunaan teknologi-teknologi Internet untuk menghubungkan dan memberdayakan proses bisnis, perdagangan elektronis, dan komunikasi serta kolaborasi di dalam sebuah perusahaan dan dengan para pelanggan, pemasok, dan mitra bisnis yang lain”. Sebagaimana tersirat dalam definisi e-business di depan, e-business mencakup tiga bagian yaitu sistem komunikasi dan kolaborasi, perdagangan elektronis, dan sistem bisnis internal.

1. Sistem Komunikasi dan Kolaborasi
Di dalam sistem komunikasi dan kolaborasi perusahaan, para anggota tim kerja dapat melakukan koordinasi, komunikasi, dan kolaborasi dengan menggunakan telnologi seperti surat elektronis, sistem chat, dan bahkan video konferensi. Perlu diketahui: koordinasi berarti menyelaraskan setiap usaha yang dilakukan masing-masing individu dalam suatu kelompok kerja, komunikasi berarti berbagi informasi. dan kolaborasi berarti bekerja sama dalam melaksanakan suatu tugas atau proyek.

2. Sistem Bisnis Internal
Sistem bisnis internal digunakan untuk melayani proses dan bisnis secara internal. Dengan menggunakan sistem seperti ini, seorang manajer yang sedang bepergian dapat mengakses basis data perusahaan yang terdapat pada server dengan mudah. Beberapa hal lain yang bisa ditangani melalui sistem bisnis internal adalah sebagai berikut: Pemrosesan transaksi secara internal; misalnya pesanan penjualan dapat dimasukkan oleh pemasar dari jarak jauh. Portal perusahaan, yaitu sarana informasi berbasis Web yang ditujukan secara khusus untuk pegawai perusahaan berangkutan. Pemantauan aktivitas dalam perusahaan, Pengendalian proses, Sistem pendukung manajemen.

3. Perdagangan Elektronis
Perdagangan elektronis atau e-commerce adalah segala bentuk kegiatan pembelian dan penjualan, pemasaran produk, jasa, dan informasi yang dilakukan secara elektronis. Domain e-commerce berupa B2B, B2C, C2B, dan C2C.
a). Business-to-Business(B2B)
B2B menyatakan bentuk jual-beli produk atau jasa yang melibatkan dua atau beberapa perusahaan dan dilakukan secara elektronis. Umumnya perusahaan-perusahaan yang terlibata dalah pemasok, distributor, pabrik, toko, dll. Kebanyakan transaksi berlangsung secara langsung antara dua sistem. Model seperti ini telah banyak diterapkan. Misalnya, yang terjadi antara Wal-Mart dan para pemasoknya.
Keuntungan B2B:
1. Mempercepat transaksi antara penjual dan pembeli.
2. Menurunkan biaya transaksi kedua belah pihak.
3. Menciptakan pasar baru tanpa dibatasi oleh wilayah geografis.
4. Meningkatkan komunikasi dan kolaborasi antara penjual dan pembeli.
b). Business-to-Consumer(B2C)
B2C adalah bentuk jual-beli produk yang melibatkan perusahaan penjual dan konsumen akhir yang dilakukan secara elektronis. Perusahaan-perusahaan terkenal yang melayani B2C antara lain adalah Dell (www.dell.com), Cisco (www.cisco.com), Amazon (www.amazon.com) clip_21B2C banyak diminati oleh para pemakai Internet karena pembelian produk dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. Selain itu, umumnya harga produk lebih murah dan konsumen bisa membayar dengan kartu seperti Master Card atau Visa Card.
c.) Consumer-to-Consumer(C2C)
Consumer-to-Consumer (C2C) atau terkadang disebut person-to-person (Ebert dan Griffin, 2003) menyatakan model perdagangan yang terjadi antara konsumen dengan konsume, yangdilakukan secara elektronis. Situs seperti eBay (www.ebay.com) menyediakan sarana yang memungkinkan orang-orang dapat menjual atau membeli barang di antara mereka sendiri.


Jadi computer sangat banyak sekali dimanfaatkan di dalam bdunia bisnis apa aja, baik dunia bisnis nasional maupun dunia bisnis internasional

Disusun oleh:
Ermawati Windaningrum
15212087

Diploma III Ekonomi
Univesitas Islam Indonesia
Tahun Akademik 2015/2016



Referensi
https://asonbasoni.wordpress.com/2013/06/28/kegunaan-komputer-dalam-bidang-bisnis-dan-perbankan/
https://linadepooh.wordpress.com/2012/12/13/manfaat-komputer-dalam-dunia-bisnis/
http://dokumen.tips/search/?q=Manfaat+Komputer+Dalam+Dunia+Bisnis

Wikipedia

Artikel Terkait