Komputer dan Manfaatnya dalam Bisnis

Tags

Dalam bidang bisnis computer berguna untuk kegiatan transaksi rutin , transaksi periodik maupun transaksi insidentil dan menyediakan informasi dengan cepat dan tepat tanpa harus menggunakan perhitungan manual.Jadi komputer sangat penting dalam bidang bisnis. Komputer juga digunakn untuk proses akuntansi , analis keuangan , neraca , laba rugi dan sebagainya.Pada bidang bisnis computer tidak hanya digunakan untu7k meneyelesaikan tugas-tugas harian , seperti memonitor persediaan stok barang , tetapi computer juga dapat digunakan untuk operasi yang lebih kompleks , seperti penganggaran, penelitian, pengembangan, dan perencanaan.
Dalam dunia bisnis, komputer memang sangat membantu sekali. Hampir semua jenis pekerjaan dalam dunia bisnis dilakukan dengan komputer. Namun, komputer yang digunakan bukanlah sembarang komputer. Komputer yang digunakan pada perusahaan telepon menggunakan komputer yang canggih. Sedangkan untuk usaha kecil, seperti toko-toko rata-rata menggunakan komputer biasa. Bank, toko eceran, penerbangan, kereta api, hotel, percetakan dan lain sebagainya dalam hal melakukan segala jenis aktivitas juga masih bergantung pada komputer.
                Computer memang sangat berperan penting dalam kemajuan suatu bisnis. Tanpa adanya computer , suatu bisnis tidak akan berkembang pesat. Selain itu ada juga perusahaan-perusahaan bisnis yang menggunakan system komputrisasi. System komputerisasi adalah suatu system yang dibuat khusus untuk membantu mengerjakan pekerjaan tertentu . contohnya , perusahaan pabrik otomotif menggunakan system komputerisasi untuk mengendalikan operasi jalur produksi.
                Kehadiran computer di dalam dunia bisnis juga sangat membantu di dalam penyimpanan data. Tanpa komputer, akan sangat sulit sekali untuk memeriksa banyaknya stok barang yang dimiliki perusahaan retail. Namun dengan adanya komputer dan aplikasinya, memeriksa kondisi stok barang dan juga keuangan perusahaan akan dapat mudah dan praktis untuk dilakukan.
Manfaat computer dibidang bisnis :
•             Pendukung operasional bisnis
•             Pendukung pengambilan keputusan manajerial
•             Pendukung strategi keunggulan kompetitif
•             Computer dalam dunia bisnis mendukung :
             Penyiapan data
             Pemasukan data
             Perhitungan
             Pengawasan perhitungan
             Penyimpanan
             Pengeluaran
Dengan adanya computer , segala urusan administrasi yang biasanya harus dilakukan secara manual dapat dipermudah dengan menggunakan lomputer. Berbagai aplikasi pengelolaan kata dan data sangat membantu di dalam urusan administrasi ini dan berbagai pengelolaan data lainnya. Selain itu , kehadiran computer di dalam bisnis juga sangat membantu di dalam penyimpanan data , tanpa computer mungkin akan sangat sulit sekali untuk memeriksa banyaknya stok barang yang dimiliki perusahaan retail . namun dengan adanya computer dan aplikasi , memeriksa kondisi stok barang dan juga keuangan perusahaan akan dapat mudah dilakuakan . hal ini akan menjadi modal didalam pengambilan keputusan dan langkah yang akan diambil selanjutnya.
Pada saat ini, manfaat computer sudah dirasakan oleh banyak orang . computer pada umumnya digunakan untuk membantu aktifitas manusia . misalnya ; membuat berbagai laporan , presentasi , membuat chart dan diagram, membuat berbagai animasi berkomunikasi , sharing data dan sebagainya . sejalan dengan berkembangnya teknologi informasi , penggunaan dan pemanfaatan teknologi informasi merupakan indicator kemajuan teknologi sekaligus pertumbuhan suatu Negara.

DISUSUN OLEH :
NAMA  : RIZKA TRIARISANDY
NIM: 15212024
KELAS    : AKUNTANSI A

Diploma III EKONOMI
UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA
TAHUN AKADEMIK 2015/2016


Referensi :
http://masteg03.blogspot.co.id/2011/03/peranan-komputer-dalam-dunia-usaha.html
http://kingpediaa.blogspot.co.id/2015/09/fungsi-dan-manfaat-komputer.html
http://wwwmaterimahasiswa.blogspot.co.id/2011/12/pemanfaatan-komputer-di-bidang.html
http://www.fadhly.biz/2013/10/kegunaan-komputer-di-dunia-bisnis.html
https://linadepooh.wordpress.com/2012/12/13/manfaat-komputer-dalam-dunia-bisnis/
https://asonbasoni.wordpress.com/2013/06/28/kegunaan-komputer-dalam-bidang-bisnis-dan-perbankan/
http://firmansyah215.blogspot.co.id/2013/04/pemanfaataan-komputer-di-bidang-bisnis.html



Artikel Terkait