Manfaat Komputer Untuk Strategi Bisnis

Tags

Semakin majunya teknologi di dunia transaksi perbankanpun mulai menggunakan teknologi berbasis komputer untuk mempermudah transaksi dengan nasabah tanpa harus bertemu dan dating ke cabang-cabang bank yang telah disediakan oleh bank . Menabung menjadi lebih mudah karena bank telah menggunakan teknologi berbasis komputer dan sekarang dapat pula di akses menggunakan internet bahkandengan menggunakan mobile “HP” dengan sms sudah diterapkan oleh beberapa bank .
Dalam dunia perbankan , perkembangan teknologi yang sudah semakin canggih membuat para perusahaan mengubah strategi bisnis dengan menempatkan teknologi sebagai unsur yang utama dalam proses inovasi produk dan jasa seperti di bawah ini :
             Dapat dilakukan transaksi berupa “ Transfer Uang” menggunakan via mobile atau via teller.
             Dengan adanya “ATM” ( Auto Teller Machine) pengambilan uang secara cash dapat dilakukan 24jam.
             Penggunaan Database di berbagai bank
             Dapat mensinkronkan data-data pada Kantor Cabang dengan Kantor Pusat Bank.
Dengan adanya jaringan internet pada komputer kita dapat berhubungan dengan klien dapat lebih hemat , efisien , dan cepat .
Contohnya :
1.            E-mail




2.            Teleconference

Sedangkan dirumah kita dapat berkomunikasi dengan pengguna lain untuk menjalin silaturahmi atau chatting dan dapat pula sebagai hiburan digunakan untuk bermain game online , sharing file .
Dalam dunia perbankan , perkembangan teknologi informasi membuat bentuk-bentuk baru dari pelayanan bank seperti pelayanan transaction (e-banking) melalui ATM , Phone banking , dan Internet Banking itu adalah pelayanan transaksi manual menjadi pelayanan transaksi yang berdasarkan teknologi .
Berikut beberapa kriteria pemilihan software komputer perbankan yang baik sesuai dengan kebutuhan bank secara umum sebagai berikut :
             Kemampuan Dokumentasi atau Penyimpanan Data
Jenis dan klasifikasi data bank yang relative cukup banyak harus dapat ditampung menggunakan software yang tepat , termasuk dari segi keamanan datanya . Jumlah nasabah serta transaksi harian yang cukup besar memerlukan memory komputer yang besar . Selain itu memerlukan kecepatan proses yang cukup tinggi juga . Contohnya : BPR kurang efisien jika menggunakan mesin besar , misalnya AS/400 dalam operasionalnya karena kapasitas dan cakupan geografis BPR biasanya relatic kecil .



             Keluwesan (Flexibility)
Setiap bank mempunyai system dan prosedur yang mungkin berbeda dengan bank yang lian meskipun data atau informasi dasar yang diolahnya sama . Perangkat komputer yang fleksibel dapat digunakan oleh dua bank yang kapasitasnya sama tetapi system dan prosedurnya berbeda .
             Sistem Keamanan
Sebagai lembaga atau tempat kepercayaan masyarakat (agen of trusth) , bank harus memerlukan system keamanan yang handal agar dapat menjaga kerahasiaan data atau keuangan nasabah , dan dapat mencegah penyalahgunaan data atau keuangan oleh pihak lain yang tidak bertanggung jawab . Software komputer perbankan yang tepat dan baik harus menyediakan fasilitas pengendalian dan pengamanan tersebut .
             Kemudahan Penggunaan ( User Friendly)
Mudah dioperasikan bukan berarti setiap pemakai (user) bias mengakses ke software tersebut tetapi petugas yang memang mempunyai kewenangan untuk mengoperasikan proses yang menjadi tanggung jawabnya . Tahap input , proses , dan output yang dilakukan pada software tersebut tidak menjadi penghambat dalam kegiatan perbankan baik secara keseluruhan . System aplikasi komputer yang baik dapat mendeteksi kesalahan pengoperasian seperti memberikan deteksi error message dan memberikan petunjuk pemecahan masalahnya .
             Sistem Pelaporan (Reporting system)
Data atau informasi yang dibutuhkan harus bisa disajikan dalam bentuk yang jelas dan mudah dimengerti setiap orang. Bank memerlukan laporan-laporan yang lengkap dan jelas terutama dalam proses pemeriksaan atau proses pengauditan atau penyajian laporan yang dapat dimengerti oleh pihak-pihak yang berkepentingan dengan harapan keuangan setiap bank dapat menjadi lebih transparan dan bisa dipertanggung jawabkan.

Disusun oleh :
Nama    : Anggita Gayuh Novi Zuharroh
(15212005)
Diploma III Ekonomi
Universitas Islam Indonesia
Tahun Akademik 2015/2016



Referensi :

http://firmansyah215.blogspot.co.id/2013/04/pemanfaataan-komputer-di-bidang-bisnis.html

http://chalouiss.blogspot.com/2012/09/manfaat-komputer-dalam-bidang-lain.html

http://blog.pasca.gunadarma.ac.id/2012/05/04/perkembangan-teknologi-komputer-di-perbankan/

http://id.shvoong.com/social-sciences/communication-media-studies/2065846-manfaat-komputer-bagi-bidang-bisnis/


Artikel Terkait