Bayi Baru Lahir

Tags

Dada
Bayi baru lahir mempunyai ukuran lingkar dada antara 32 – 34 cm. (Jumiarni dkk, 2005: 56)
Payudara pada bayi laki – laki maupun perempuan mungkin terlihat membesar karena banyaknya hormon wanita dari darah ibu. Payudara tersebut mensekresi substansi seperti kolostrum, tetapi kelanjutannya rangsangan hormon respon tersebut menghilang dengan segera setelah lahir.

Abdomen
Hepar biasanya teraba kadang – kadang, lien dan ginjal dapat diraba. Gerakan abdomen bergerak ke atas dan bawah bersamaan dengan respirasi. Pada tali pusat terdapat 2 arteri dan 1 vena umbilikalis. Keadaan tali pusat harus kering, tidak ada perdarahan, tidak ada kemerahan di sekitarnya. (Jumiarni dkk, 2005: 55)

Genetalia
Pada bayi laki – laki testis sudah turun dan telah berada dalam / pada kantung skrotum. Pada saat lahir, pengumpulan cairan di sekitar salah satu atau kedua testis dapat terjadi dan dapat diserap dalam beberapa bulan. Sedangkan pada bayi perempuan, labia mayora sudah menutupi labia minora dan mungkin membengkak saat lahir sebagai akibat tingginya hormon wanita dalam darah ibu. (Hamilton, 2005: 221)

Anus
Adanya lubang terbuka, termometerdapat dimasukkan dan telah mengeluarkan mekonium atau cairan 24 jam pertama.
 (Pusdiknakes, 2003: 16)

Ekstremitas
Lengannya membuka sempurna ketika relaksasi dan akan menutup secara rileks ketika telapak tangannya disentuh. Tangannya berisi dan relatif pendek, telapak kakinya terlihat datar dan tungkainya berisi, kecil dan pendek. (Hamilton, 2005: 233)


Artikel Terkait