Rahasia Berdagang di Ebay Yang Disukai Pelanggan

Tags

Ebay banyak direkomendasikan oleh para pedagang online karena potensi untuk mendapatkan keuntungan yang sangat besar. Selain itu ia sangat cocok untuk mereka yang menggeluti bisnis online. Kelebihan ebay adalah siapa saja dapat masuk dan berpeluang menjual produk kepada jutaan pembeli tanpa perlu membuat situs e-Commerce dan membangun traffic. Berikut adalah tujuh tips penjualan yang akan membantu Anda memulai bisnis dan mulai menghasilkan keuntungan.

1. Sebuah gambar memberi seribu makna

Ini bukan ungkapan kosong semata-mata, karena setiap orang ingin mendapatkan sebanyak mungkin informasi sebelum berbelanja. Untuk berhasil sebagai seorang penjual, Anda harus memastikan produk yang dijual dilengkapi dengan gambar yang profesional dan memberi sebanyak detail yang mungkin. Gambar yang kurang memuaskan akan berdampak negatif secara langsung terhadap penjualan.

2. Lakukan analisis

Sebelum Anda menjual sesuatu, lakukan penelitian untuk produk yang sejenis. Sangat penting bagi Anda memperkirakan sebanyak mana permintaan produk yang akan dijual. Harga permintaan yang tinggi, sudah semestinya menunjukkan ada potensi yang baik untuk penjualan Anda ..

3. Komunikasi yang Baik

Sebagian besar pembeli adalah pembeli baru. Dekati mereka karena ini akan membuat mereka lebih nyaman. Ketika mereka melakukan pembelian, ucapkan terima kasih. Setelah Anda mengirim barang, beritahu mereka dan berikan perkiraan waktu bila barang tersebut akan sampai ke tangan pembeli. Apabila pembeli mengeluh, kendalikan dengan baik dan berikan jawaban yang membuat mereka merasa dihargai. Komunikasi sangat penting untuk memastikan keberkekalan akun bisnis Anda.

4. Pastikan Anda mengirim barang dengan cepat

Tidak ada yang ingin menunggu barang mereka terlalu lama setelah membayar. Lebih-lebih lagi jika mereka tidak mengenali Anda. Perasaan curiga akan berubah menjadi marah ketika terlalu lama menunggu tanpa kepastian. Sebaliknya perasaan curiga akan berubah menjadi perasaan berterima kasih jika barang diterima dalam waktu yang singkat. Pengiriman yang memakan waktu lebih dari 1 bulan tidak dapat dimaafkan. Carilah cara untuk mengirim barang dengan lebih cepat.

5. Berikan perhatian terhadap TITLE dan DESCRIPTION

Dua komponen ini akan masuk dalam mesin pencari, tidak kiralah mesin pencari  Ebay, maupun yang lain seperti Google, Yahoo, Bing dan sebagainya. Penulisan mesin pencari yang baik akan menarik traffic yang lebih besar. Penjualan yang berhasil, sebagian karena traffic.

6. Berkonsentrasi dalam mendapatkan umpan balik positif

Ini sangat penting terutama bagi seller baru. Tanggapan positif dan kesaksian (testimoni) sangat penting karena dengan adanya umpan balik positif yang konsisten, calon pembeli akan cenderung memilih Anda, bahkan mungkin bersedia membayar Anda lebih tinggi dibandingkan seller lain yang menjual produk yang sama.

7. Bertindak seperti seorang pengusaha (businessman), bukan seperti pencari untung semata-mata

Berikan layanan yang baik, dan binalah reputasi Anda. Berbisnis di Ebay sama seperti berdagang di tempat lain. Semuanya tergantung pada kepuasan pelanggan. Hindari membuat keputusan berdasarkan "janji bisa jual" karena ini tidak akan menjamin bahwa bisnis Anda akan tahan lama.

Artikel Terkait