5 Tips Bisnis Gaya Albert Einstein

Tags

Mungkin ada di antara Anda yang sering melihat rumusan Fisika E = mc². Ya, rumus ini adalah penemuan terbesar seorang ilmuwan abad ke-20, Albert Einstein. Fisikawan kelahiran Jerman tersebut adalah seorang ilmuwan yang paling dikenal masyarakat dunia. Bahkan Einstein sering dikaitkan dengan kata pintar atau jenius, dan seringkali kita men dengar ungkapan sehari-hari "otak Einstein" yang merujuk seorang siswa yang berpikiran cerdas.

Meskipun Albert Einstein lebih dikenal sebagai seorang ilmuwan yang berbakat luar biasa, namun ia juga memiliki keahlian dalam banyak bidang dan mampu memberi inspirasi dari berbagai teori atau pernyataan yang pernah ia lontarkan, termasuk menginspirasi para pengusaha, khususnya yang berfokus pada bisnis.

Berikut adalah lima tips bisnis penjualan (sales) yang terinspirasi dari Albert Einstein:

1. Gunakan Rasa Ingin Tahu Sebagai Energi Bisnis Anda

ingintahu

Banyak yang menganggap bahwa Albert Einstein adalah seorang ilmuwan yang dilahirkan dengan bakat besar. Namun dengan rendah hati Albert Einstein menyatakan bahwa dirinya berhasil menghasilkan teori yang bijak bukan karena bakat yang ada di dalam dirinya, tetapi lebih atas rasa ingin tahu dan keinginan yang besar untuk mempelajari hal-hal yang belum dipahami.

Hal tersebut tidak jauh berbeda dalam menyukseskan bisnis atau pekerjaan sebagai ahli penjualan (sales). Banyak yang memiliki persepsi bahwa orang yang berhasil dalam bidang penjualan merupakan orang-orang yang dikaruniai bakat sejak lahir.

Padahal ilmu bisnis penjualan dapat dipelajari dan dikembangkan dari pengamatan, penelitian sederhana, dan pengalaman langsung. Jadi dengan memiliki rasa ingin tahu (passion) yang besar dalam strategi penjualan, maka keberhasilan dalam penjualan pasti dapat kita dicapai.

2. Ketekunan dan Fokus

Ketekunan merupakan salah satu kunci penting dalam mencapai kesuksesan, termasuk dalam penjualan. Albert Einstein adalah seorang yang rajin dan fokus untuk mencari solusi suatu masalah (problem) yang sedang dihadapi.

Dia tidak membiarkan sesuatu masalah berlarut tanpa ada jawaban yang pasti, kemudian beralih ke masalah yang lain tetapi selesaikanlah masalah tersebut dengan penyelesain yang jelas. Hal seperti itu juga harus Anda praktikkan dalam penjualan. Tekunlah dan fokus dalam menghadapi tantangan penjualan yang Anda hadapi.

3. Jangan Takut Melakukan Kesalahan

kesalahan

Meskipun Albert Einstein adalah orang cerdas dalam ilmu sains, bukan berarti ia tidak pernah melakukan kesalahan dalam teori dan prinsipnya. Satu kesalahan yang paling disesalkan seumur hidupnya adalah ketika Einstein membantu Amerika menciptakan bom nuklir yang telah mengorbankan ratusan ribu penduduk Jepang.

Ilmuan yang lahir tahun 1879 tersebut mengatakan, jangan takut melakukan kesalahan asalkan Anda ingin memperbaikinya. Dalam dunia bisnis penjualan, kesalahan adalah cara kita belajar untuk menemukan formula dan strategi bisnis yang lebih baik dan benar sesuai target.

4. Ciptakan Nilai yang Tinggi

Albert Einstein adalah orang tidak terdorong meraih kesuksesan dalam pandangan yang konvensional (biasa). Fisikawan yang pernah menikah dua kali tersebut lebih beranggapan bahwa kesuksesan adalah menciptakan sesuatu yang bermanfaat bagi orang banyak dan yakin bahwa itu adalah sesuatu yang bernilai.

Dalam bisnis penjualan, jangan hanya menilai keuntungan yang dikumpulkan, tetapi bagaimana mempengaruhi pelanggan sehingga menganggap apa yang dibelinya adalah benar-benar berguna. Dalam memilih bisnis penjualan suatu produk, yakinkan bahwa apa yang Anda usahakan memiliki prospek yang bagus dalam jangka panjang, serta visi dan misi bisnis Anda tetap bernilai (value).

5. Jika Suatu Cara Tidak Berhasil, Ubahlah!

plan a -plan b, plan c

Albert Einstein adalah salah satu ilmuwan yang mendukung pepatah "Adalah satu kegilaan ketika melakukan hal yang sama secara berulang-ulang dengan mengharapkan hasil yang berbeda". Bila cara yang selalu Anda lakukan tidak juga mendapatkan hasil yang diharapkan, maka lakukan perubahan. Gantilah cara lama anda dengan mencoba berinovasi dengan menggunakan cara lain.

Dalam berbisnis, Anda harus melakukan eksperimen dan berinovasi untuk menemukan cara dan jalan terbaik dalam meraih hasil yang paling optimal.

Artikel Terkait