Persiapan Kuliah ke Amerika

Tags


Pelajar Indonesia perlu bersaing ketat bila ingin melanjutkan pendidikan di Amerika Serikat (AS). Urusan biaya juga harus ada strategi mulai siapkan jauh-jauh hari, perlu dipersiapkan sejak berencana belajar ke sana.

Institute of International Education AS mencatat ada 7.920 pelajar Indonesia yang melanjutkan  pendidikan tinggi ke negara itu pada tahun ajaran 2013/2014. Angka ini kemudian naik menjadi menjadi 8.188 pada tahun ajaran berikutnya, menurut Times Higher Education World University 2016, tujuh dari sepuluh perguruan tinggi terbaik dunia adalah ada di AS.

Walau jumlah tersebut terlihat besar, proses seleksi agar bisa belajar ke AS sebenarnya sangat ketat. Secara nasional, persentase jumlah pelajar internasional yang ada di AS pada 2015 hanyalah lima persen saja.

Mayoritas perguruan tinggi di AS membatasi populasi pelajar internasional tidak lebih dari 10 persen. Para pelajar itu juga harus bersaing dengan peminat dari banyak negara, untuk kursi yang terbatas itu. Apabila 300 pelamar dari Indonesia, misalnya, kemungkinan hanyalah dua orang sampai tiga orang yang diterima universitas di AS.

Bukan hanya persaingan, para calon mahasiswa internasional juga perlu mempersiapkan biaya lebih mahal untuk belajar di AS dibandingkan negara-negara lain yang ada di kawasan Eropa, Australia, atau Asia.

Di tahun ajaran 2014/2015 saja, biaya kuliah di AS rata-rata bisa  mencapai 42.419 dollar AS per tahun atau sama dengan sekitar Rp 563 juta memakai kurs rupiah dollar saat ini. Nominal itu belum juga termasuk biaya kebutuhan pangan, tempat tinggal, dan transportasi sehari-hari. Wahhh..

Tetapi, kamu jangan berkecil hati. Masih ada banyak jalan menuju AS. Persiapan dengan modal kerja yang sangat keras dan kemauan tinggi, itu bisa menjadi penentu lolos melanjutkan sekolah ke sana. Biaya pun dapat ditekan seminimal mungkin dengan jurus yang sama.



Hemat dan pangkas waktu

Perguruan tinggi yang ada di AS menerapkan sebuah sistem kredit atau Satuan Kredit Semester (SKS) sifatnya fleksibel atau istilahnya adalah bisa "ditransfer" ke institusi pendidikan lain. Pada awal perkuliahan biasanya mahasiswa akan disuguhkan mata kuliah umum terlebih dulu.

Nah, mata kuliah itu sebenarnya bisa "dicicil" di community college selama dua tahun sebelum melanjutkan ke universitas yang dipilih. Cara inilah yang bisa menghemat dana karena biaya kuliah di community college tak semahal perguruan tinggi.

Contohnya, menamatkan program S-1 biasanya butuh 120 sampai 128 SKS dan sekitar 60 SKS dapat diambil di community college. Setelah ada 60 SKS terkumpul, mahasiswa bisa mendapatkan gelar Associate Degree dan bisa melanjutkan studi ke universitas di AS selama dua tahun agar meraih gelar sarjana (S-1).

Sebagai gambaran, menyelesaikan 24 SKS di perguruan tinggi rata-rata akan memakan biaya hingga 16.500 dollar AS. Jumlah SKS yang sama bila ditempuh di community college hanyalah butuh dana sekitar 6.000 dollar AS. Karena itu, strategi di atas cukup umum dilakukan di AS.

Data American Association of Community College di 2012 menunjukkan, hampir ada setengah dari 12,4 juta mahasiswa yang terdaftar di 1.167 community college dan melanjutkan ke jenjang S-1 di perguruan tinggi AS.

Selain untuk menghemat uang, memulai kuliah dari community college juga memangkas waktu studi. Ada salah satu program di Sampoerna Academy yang merupakan bagian dari Sampoerna Schools System di Indonesia, contohnya.

Para siswa yang ada di Sampoerna Academy yang telah menyelesaikan kelas X bisa mendaftar ke sebuah community college asal AS, yaitu Lone Star dan Broward college. Namun, tenang saja, perkuliahan tetap dilakukan di Indonesia di bawah pengawasan dua community college itu. Jelas, biaya kuliah pun jadi lebih hemat.

Untuk informasi lebih lengkap tentang peluang tersebut, kamu bisa mengunjungi Sampoerna Academy and Sampoerna University Education Expo 2016 yang akan berlangsung mulai 26 September 2016 sampai 2 Oktober 2016 di Main Atrium, Gandaria City Mall, Jakarta. Dan untuk tahun selanjutnya, kamu bisa cari tahu sendiri :p

Sebelum kamu mengunjungi pameran, lihatlah informasi yang ada di situs berikut ini mungkin bisa membantu kamu untuk mengenal lebih dalam lagi tentang program tersebut:
http://sampoernauniversity.ac.id/5-alur-dapatkan-gelar-sarjana-amerika/.

Artikel Terkait