soal soal biologi semester 2 kelas sepuluh
1. Pengklasifikasian
jamur dilakukan berdasarkan reproduksi seksualnya. Beberapa jamur yang belum
diketahui fase reproduksi seksualnya dikelompokkan dalam....
a. Zygomycota d. Deuteromycota
b. Ascomycota e. Oomycota
c. Basidiomycota
2. Kita
sering memakan jamur merang yang telah dimasak. Bagian jamur yang kita makan adalah...
a. Miselium d. Batang jamur
b. Hifa e. Basidium
c. Tubuh buah
3. Perhatikan
gambar jamur berikut!
Jamur tersebut merupakan
jamur...., bagian yang berfungsi sebagai hifa penyerap nutrien ditunjukkan oleh nomor...
a. Penicillium,
3 d. Rhizopus,
4
b. Penicillium,
4 e. Neurospora,
3
c. Rhizopus,
3
4. Seorang
siswa mengamati organisme bersel satu melalui mikroskop dengan ciri: bergerak aktif,
bentuk bulat, banyak mengandung rambut getar. Organisme tersebut tergolong....
a. Mastigophora c. Ciliata e. Euglenophyta
b. Sarcodina d.
Sporozoa
5. Pada waktu Paramecium berkonjugasi, yang saling
ditukarkan adalah…
a. Makronukleus
b. Mikronukleus
c. Makronukleus
dan Mikronukleus
d. kerongkongan
sel
e. Vakuola
kontraktil
6. Filum alga yang
digunakan sebagai penghasil agar-agar adalah…
a. Rhodophyta d.
Pyrophyta
b. Chlorophyta e.
Euglenophyta
c. Chrysophya
7. Perhatikan
table berikut.
No
|
Ciri-ciri
|
Jenis Jamur
|
||
A
|
B
|
C
|
||
1.
|
Hifa tidak bersekat
|
+
|
-
|
-
|
2.
|
Hifa bersekat
|
-
|
+
|
+
|
3.
|
Spora dibentuk di dalam askus
|
-
|
+
|
-
|
4.
|
Spora dibentuk di dalam basidium
|
-
|
-
|
+
|
Berdasarkan
tabel tersebut, jenis jamur A, B dan C berturut-turut termasuk…
a. Ascomycota – Basidiomycota – Zygomycota
b. Zygomycota – Ascomycota – Basidiomycota
c. Ascomycota – Deuteromycota – Basidiomycota
d. Basidiomycota – Zygomycota – Deuteromycota
e. Zygomycota – Deuteromycota – Ascomycota
8. Jamur tidak
dapat digolongkan ke dalam tumbuhan karena…
a.
Dinding selnya dari kritin atau selulosa
b. Hifanya
ada yang tidak bersekat melintang
c. Membentuk
spora
d. Tidak
memiliki klorofil
e. Bersifat
autotrof
9. Oleh karena
tidak memiliki klorofil, jamur hidup secara…
a. Autotrof d.
Fotoautotrof
b. Heterotrof e.
Simbiosis
c. Kemoautotrof
10. Saccharomyces memiliki kemampuan untuk…
a. Mengubah gula menjadi alcohol
b. Mengubah tepung menjadi asam cuka
c. Mengubah
alcohol menjadi asam cuka
d. Mengubah
asam cuka menjadi alcohol
e. Mengubah
asam cuka menjadi karbondioksida
11. Mengapa Euglena
tidak termasuk tumbuhan?..Karena………
a. Reproduksi secara pembelahan biner.
b. Tidak berdinding sel ,bergerak bebas,berbintik
mata
c. Memiliki vakuola
d. Memiliki membrane sel
e. Bersifat autotrof
12. Penyebab
penyakit malaria tertiana adalah…….dengan ciri demam timbul pada hari ke…
a. Plasmodium vivax, 2 d. Plasmodium malariae, 3
b. Plasmodium vivax, 3 e. Pasmodium falcifarum, 2
c. Plasmodium malariae, 2
Untuk soal no 13 ,14 perhatikan gambar
berikut !
13. Yang tergolong kelas Rhizopoda adalah organisme
bernomor…
a. 1 dan 2
d. 4 dan 5
b. 2 dan 3
e. 5 dan 6
c. 3 dan 4
14. Organisme yang
bergerak menggunakan bulu getar adalah yang bernomor….
a. 1 dan 2
d. 2 dan 6
b. 2 dan 3
e. 5 dan 6
c. 3 dan 4
15. Dibawah ini tertulis nama –nama organisme :
1. Fasciola
hepatica 3. Canis Familiaris
5. columba Livia
2. Carica
papaya 4. oryza sativa
Cara penulisan nama ilmiah spesies yang benar adalah……..
a. 1 dan 2 d. 3 dan 5
b. 1 dan 4
e. 4 dan 5
c. 2 dan 3
Untuk menjawab soal nomor 16 dan 17 perhatikan gambar berikut !.
16. Jamur yang biasa digunakan untuk membuat tempe ataupun antibiotic
adalah yang bernomor…
a. 1 dan 3 d. 4 dan 6
b. 2 dan 4 e. 3 dan 6
c. 3 dan 5
17. Jamur yang termasuk berkembang biak secara generatif
dengan basidium adalah nomor….
a. 1 dan 2 d. 3 dan 5
b. 2 dan 3 e.
5 dan 6
c. 3 dan 4
18. Salah satu dasar pengelompokkan makhluk hidup adalah
sejarah perkembangan evolu
sinya, ini
berarti bahwa….
a. Makin dekat kekerabatannya, makin banyak
persamaan sifat.
b. Makhluk hidup sejenis mempunyai sedikit
persamaan sifat
c. Semua makhluk hidup mempunyai moyang yang
sama
d. Makhluk sesuku mempunyai lebih banyak
persamaan dari pada makhluk sejenis
e. Organisme sebangsa memiliki banyak persamaan
struktur
19. Sistem pemberian nama yang dipakai saat ini adalah
bahwa nama jenis terdiri dari dua nama / kata (binominal). Orang yang paling
banyak berjasa dalam bidang taksonomi dengan system seoerti di atas adalah….
a. Ernest Haeckel d. John Ray
b. Carolus Linnaeus e. Whittaker
c. Aristoteles
20. Urutan tahap daur litik yang benar adalah…
a. Eklifase-pembentukan virus
baru-lisis-adsorpsi-penetrasi
b. Eklifase-adsorpsi-penetrasi-pembentukan virus
baru-lisis
c. Adsorpsi-penetrasi-eklifase-pembentukan virus
baru-lisis
d. Adsorpsi-penetrasi-eklifase-lisis-pembentukan
virus baru
e. Penetrasi-adsorpsi-eklifase-pembentukan virus
baru
21. Di bawah ini adalah penyakit yang disebabkan oleh
virus:
1. New Castle Disease (NCD)
2. Citrus
Vein Phloem Degeneration (CVPD)
3. Foot and
Mouth Disease (FMD)
4. Tobacco
Mosaik Virus (TMV)
5. Tungro
Penyakit yang
menyerang tumbuhan adalah….
a. 1, 4 dan 5 d.
3, 4 dan 5
b. 2, 4 dan 5 e. 1, 2 dan 3
c. 2, 3 dan 4
22. Medium untuk menumbuhkan virus adalah…
a. Embrio yang hidup di dalam telur
b. Air gula yang telah disterilkan
c. Selai steril yang dibuat dengan tepung
agar-agar
d. Selai
steril yang dibuat dengan mineral, vitamin dan agar-agar
e. Air yang didihkan dan didinginkan dengan
vitamin dan mineral
23. Pengertian prokariotik pada bakteri adalah…
a. Selnya tidak berklorofil d.
Reproduksi dengan membelah diri
b. Hidupnya saprofit maupun parasit e. Selnya tidak berdinding
c. Inti selnya tidak berselaput inti
24. Bakteri Rhizobium yang hidup bersimbiosis dengan
tanaman polong-polongan berma
nfaat karena…
.
a. Menghaluskan partikel-partikel tanah
b. Memecah senyawa anorganik menjadi senyawa
organic
c. Memecah senyawa organic menjadi senyawa
anorganik
d. Mengikat nitrogen bebas menjadi nitrat yang
digunakan untuk pertumbuhan tanaman inangnya
e. Mengikat nitrat menjadi nitrogen bebas yang
digunakan untuk menggemburkan tanah
25. Pigmen yang terdapat pada ganggang biru adalah…
a. Fikosianin d.
Xantofil
b. Fukosantin e.
Karoten
c. Fikoeritrin
26. Di antara pernyataan mengenai simbion pembentuk
likenes yang benar adalah bahwa
likenes
merupakan….
a. Golongan lumut yang tidak berklorofil
b. Lumut yabg hidup saprofit pada kayu mati
c. Lumut penyebab lapuknya kayu dan batuan
d. Simbiosis antara alga dan fungi tertentu
e. Simbiosis antara lumut tak berklorofil dengan
alga
27. Klasifikasi ganggang didasarkan atas…
a. Ada
atau tidaknya klorofil
b. Klorofil dan pigmen yang dominant
c. Cara dan macam alat berkembang biak
d. Bentuk dan macan selnya
e. Tempat hidupnya
28. Ganggang yang digunakan untuk membuat agar-agar
adalah…
a. Phaeophyta c.
Rhodophyta e.
Chlorophyta
b. Cyanophyta d.
Chrysophyta
29. Warna merah pada Rhodophyta disebabkan karena pigmen…
a. Fikosianin c.
Guanin e.
Fikoeritrin
b. Melanin d.
Fukosantin
30. Ganggang mempunyai klorofil sehingga dapat
berfotosintesis. Dalam ekosistem air
ganggang
berperan sebagai…
a. Pengurai c.
Mikrokonsumen e.
Saprofor
b. Produsen d.
Konsumen
31. Dasar klasifikasi dari protozoa adalah…
a. Tempat hidupnya d. Bentuk
tubuhnya
b. Macam alat geraknya e. Alat
reproduksinya
c. Macam pigmen yang dimiliki
32. Ganggang merupakan golongan tumbuhan yang semua
anggotanya telah mempunyai
klorofil, sehingga ganggang bersifat…
a. Parasit c.
Autotrof e.
Heterotrof
b. Saprofit d.
Epifit
33. Ganggang mempunyai klorofil sehingga dapat
fotosintesis. Dalam ekosistem perairan
ganggang
berperan sebagai…
a. Dekomposer c.
Konsumen e.
Pengurai
b. Produsen d.
Saprofor
34. Semua jenis alga dikelompokkan ke dalam eukarita,
karena…
a. Tidak memiliki inti sel hanya kloroplas
b. Memiliki inti sel dan kloroplas
c. Memiliki inti sel berbiak dengan spora
d. Inti
sel berupa membrane
e. Memiliki inti sel dan dinding inti
35. Alga hijau (chlorophyta) yang dimanfaatkan sebagai
sumber protein sel tunggal (PST) adalah…
a. Spirogyra c.
Gracillaria e.
Eucheuma
b. Turbinaria d.
Chlorella
36. Perbedaan antara bakteri dan jamur adalah…
a. Susunan dinding sel d. Susunan membrane sel
b. Inti sel e.
Tidak adanya cadangan makanan
c. Susunan plasma
37. Berikut ini adalah ciri-ciri jamur, kecuali…
a. Eukariotik d.
Memiliki dinding sel
b. Heterotrof e.
Ada yang
memiliki zat warna
c. Memiliki klorofil
38. Hifa jamur yang bercabang-cabang membentuk…
a. Septum d.
Hifa senositik
b. Spora e.
Haustarium
c. Miselium
39. Jika p =
populasi bakteri dan s = kadar
oksigen pada mediumnya maka grafik yang menunjukkan hubungan antara populasi
bakteri dengan kadar oksigen di udara adalah…
1.
p 2. p
s
s
3.
p 4.
p
s s
5.
p
S
a. 1 d. 4
b. 2 e. 5
c. 3
40. Bakteri
Nitrosomonas adalah contoh bakteri kemoautotrof, karena dapat menyintesis
makanan dengan menggunakan….
a. Energi cahaya matahari d.
Bahan organik
b. Energi fisika e. Makhluk hidup lain
c. Energi kimia
41. Perhatikan gambar daur hidup
basidiomycota di bawah ini:
Basidiopra
ditunjukkan pada nomor…
a. 1 c.
3 e. 5
b. 2 d. 4
42. Perhatikan gambar berikut:
Peristiwa di atas menunjukkan…
a. Konjugasi bakteri
b. Konjugasi Paramecium
c. Reproduksi Aseksual pada Paramecium
d. Reproduksi Aseksual pada
bakteri
e. Reproduksi Aseksual Euglena
43. Vakuola kontraktil pada Amoeba dan
paramaccium berfungsi sebagai alat…
a. Respirasi c.
Pencernaan e. Ekskresi
b. Reproduksi d. Peredaran makanan
44. Urutan tingkatan takson yang benar
dari tingkat rendah ke tingkat tinggi adalah…
a. Spesies-genus-famili-ordo-kelas-filum
b. Spesies-genus-ordo-famili-kelas-filum
c. Spesies-genus-kelas-ordo-famili-filum
d. Spesies-genus-kelas-famili-ordo-filum
e. Spesies-filum-genus-ordo-familia-kelas
45. Ilmu yang mempelajari sifat menurun
pada manusia disebut…
a. Sitologi
b. Patologi c. Genetika
d. Biologi e. Embriologi
46. Perkembangan bioteknologi banyak
memanfaatkan bagian bakteri, yaitu…
a. Kromosom d.
Spora
b. Plasmid e.
Mesosom
c. Enzim
47. Penyakit berikut yang tidak
disebabkan oleh virus adalah…
a. AIDS d.
Tipus
b. Herpes e. Flu
burung
c. Cacar
48. Protista mirip jamur berbeda
dengan jamur sejati, karena…
a. Memiliki klorofil
b. Cara reproduksinya mirip fungi
c. Cara bergeraknya pada fase
vegetatifnya mirip Amoeba
d. Tidak memiliki klorofil
e. Tidak memiliki dinding sel
49. Penyakit berikut yang disebabkan
oleh Protista adalah…
a. Sifilis d.
Influenza
b. Gonorhoe e.
Demam berdarah
c. Malaria
50. Cara hidup bakteri sebagaian besar
bersifat heterotrof yang berarti…
a. Dapat berfotosintesa d. Dapat
membuat makanan sendiri
b. Hidup dari zar anorganik e. Dapat
mengubah anorganik menja jadi organik
c. Tergantung makhluk lain
soal soal biologi kelas sepuluh semester satu
1. Pelopor sistem
klasifikasi mahluk hidup adalah ..........
a.
Charles Darwin
b.
Gregor Mendel
c.
Carolus Linnaeus
d.
Anthony van Leuwenhoek
e.
Lamarck
2. Nama ilmiah
kentang adalah Solanum tuberosum dan nama ilmiah leunca (sering
digunakan untuk lalap) adalah solanum nigrum. Kedua tumbuhan ini .......
a.
Spesiesnya sama, genusnya berbeda
b.
Genusnya sama, spesiesnya berbeda
c.
Familinya sama, genusnya berbeda
d.
Berbeda spesies maupun genus
e.
Varietasnya sama
3. Urutan tingkat
takson dari yang tertinggi sampai terendah
adalah
........
a.
Kingdom – filum / divisi – kelas – ordo – genus – famili
– spesies
b.
Kingdom – filum / divisi – kelas – famili – ordo - genus – spesies
c.
Kingdom – filum / divisi – ordo – famili – genus –
spesies
d.
Kingdom, filum / divisi – ordo – kelas – genus – famili –
spesies
e.
Kingdom, filum / divisi, ordo – kelas – genus spesies
4. Alasan
pemisahan jamur / Fungsi menjadi kingdom tersendiri adalah karena jamur
............
a.
Tidak memiliki dinding sel
b.
Melakukan gerak aktif
c.
Bersifat heterotrof
d.
Tidak memiliki membran inti
e.
Berkembang biak dengan spora
5. Sistem
klasifikasi lima kingdom dikembangkan oleh ........
a.
Aristoteles
b.
Carolus Linnaeus
c.
Charles Darwin
d.
Robert Hooke
e.
Robert Whittaker
6. Dilihat dari
struktur tubuh yang dimiliki oleh virus maka virus termasuk makhluk ...........
a.
Uniseluler
b.
Multiseluler
c.
Sel sederhan
d.
Ada yang uniseluler tetapi ada pula yang multiseluler
e.
Belum termasuk sel
7. Virus dapat
dianggap makhluk hidup karena memiliki ciri-ciri hidup. Ciri / gejala hidup
yang terdapat pada virus adalah .........
a.
Gerak
b.
Reproduksi
c.
Metabolisme
d.
Gerak dan reproduksi
e.
Reproduksi dan metabolisme
8. Salah satu ilmuan yang mendorong penemuan
virus adalah A. Meyer (1883). Salah satu masalah yanga mendorong A. Meyer melakukan
penelitian adalah ....
a.
Adanya tanaman tembakau yang terserang penyakit mosaik
sehingga merugikan petani
b.
Apa penyebab penyakit mosaik tembakau ?
c.
Apa ciri-ciri tanaman tembakau yang terserang penyakit
mosaik ?
d.
Bagaimana cara mengobati tanaman yang terserang mosaik ?
e.
Penyakit mosaik tembakau akan menurunkan kualitas
tembakau
9. Contoh virus
yang menaglami fase litik dan lisogenik adalah ...............
a.
Fage
b.
Ebola virus
c.
HIV
d.
Hepatitis virus
e.
Polio virus
10. Virus hanya
dapat berkembang biak pada jaringan sel makhluk hidup dengan ...........
a.
Menggunakan asam nukleat sel inangnya
b.
Menggunakan mitokondria sel inangnya
c.
Mengubah inti sel inangnya
d.
Mengabsorpasi sel inangnya
e.
Menggunakan membran sel inangnya
11. Perhatikan
gambar siklus reproduksi virus dibawah ini. Tahap replikasi ditunjukan oleh
nomor ................
a.
1 d. 4
b.
2 e 5
c.
3
12. Reproduksi
virus terdiri dari rangkaian tahap .............
a.
Pelekatan, penetrasi, replikasi dan sintesis, pematangan,
pelepasan
b.
Pelekatan, penetrasi, pematangan, replikasi dan sintesis,
pelepasan
c.
Pelekatan, penetrasi, pematangan, pelepasan, replikasi
dan sintesis
d.
Pelekatan, penetrasi, replikasi dan sintesis, pelepasan,
pematangan
e.
Pelekatan, replikasi dan sintesis, penetrasi, pematangan,
pelepasan
13. HIV merupakan
jenis virus yang sangat membahayakan kesehatan manusia. Virus ini menyerang
......
a.
Sistem saraf dan kulit
b.
Sistem kekebalan tubuh
c.
Sistem peredaran darah
d.
Sistem peredaran darah dan pernapasan
e.
Sistem pencernaan dan peredaran darah
14. Perhatikan gambar
Bakteriofage di
samping.
Bagian yang
mengandung
materi genetik
ditunjukan oleh .....
a. 1 d. 4
b. 2 e. 5
c. 3
15. Cara pemberian
nama virus berbeda dengan pemberian nama spesies makhluk hidup lainnya. Virus
diberi nama dalam bahasa Inggris dan nama virus menunjukan gangnguan yang
ditimbulkannya. Berikut ini adalah virus yang tidak menyerang manusia
............
a.
tobacco mozaik virus
b.
influenza virus
c.
mumps virus
d.
herpes simpleks virus
e.
poliovirus
16. Sel bakteri sama
seperti sel tumbuhan karena memiliki dinding sel. Akan tetapi struktur dinding
sel bakteri berbeda dengan struktur dinding sel tumbuhan karena struktur sel
bakteri tersusun atas ...........
a.
lignin
b.
peptidoglikan
c.
selulosa
d.
hemiselulosa
e.
lipid
17. Perhartkan bentuk bakteri berikut.
Bakteri yang
berbentuk sarkina ditunjukkan oleh ................
a.
1 d. 4
b.
2. e. 5
c.
3
18. Bacillus
anthracis adalah penyebab penyakit antraks pada hewan ternak. Dari namanya
dapat dipastikan bakteri tersebut berbentuk ..............
a.
bulat d. koma
b.
kotak e. spiral
c.
batang
19. bakteri ada yang
memiliki kemampuan lokomosi / melakukan gerakan. Struktur sel bakteri yang
menunjang kemampuan tersebut adalah ...........
a.
fimbria d. kapsul
b.
pilus e. klorosom
c.
flagelum
20. Ada beberapa
bakteri yang bersifat fotoautotrof. Bakteri dengan sifat ini memiliki organel
yang
disebut
.............
a.
kloroplas d. fimbria
b.
kloroson e. vakuola gas
c.
kapsul
21. Escherichia coli
yang dapat hidup dengan atau tanpa adanya oksigen disebut bakteri .........
a.
anaerob obligat
b.
anaerob fakultatif
c.
aerob
d.
heterotrof
e.
autrotrof
22. Sel bakteri
untuk memperbanyak diri memiliki kemampuan melakukan pembelahan biner. Apabila
sel bakteri membelah setiap 10 menit sekali, pembiakan satu sel bakteri setelah
3 jam akan menghasilkan sel sejumlah ..........
a.
32 d. 218
b.
182 e. 23
c.
2180
23. Bakteri memiliki
kemampuan untuk melakukan reproduksi secara seksual. Reproduksi seksual pada
bakteri terjadi melalui ..................
a.
Perkawinan antara bakteri jantan dan betina
b.
Perkawinan yang bersifat hemafrodit
c.
Pertukaran materi
genetik / rekombinasi ...
d.
Fragmentaasi
e.
Pembelahan sel
24. Beberapa jenis
Cyanobacteria dapat dianggap sebagai pupuk alam bagi tumbuhan karena dapat
mengikat
..........
a.
Nitrogen d. Oksigen
b.
Karbon e. Sulfur
c.
Hidrogen
25. Contoh bakteri yang menyebabkan
penyakit pada manusia
adalah ...........
a.
Sulfolobus
b.
Lactobatillus bulgaricus
c.
Mycobacterium tuberculosis
d.
Nitrosomonas
e.
Pseudomonas solanacearum
26. Bakteri yang
memilki flagela diseluruh permukaan selny disebut bakteri ................
a.
monotrika d. politrika
b.
amfitrika e. peritrika
c.
lofotrika
27. Bakteri yang
mempunyai bentuk bulat dan memiliki susunan seperti sekelompok buah anggur
disebut
..........
a.
diplokokus d. strepokokus
b.
sarkina e. monokokus
c.
stafilokokus
28. Salah satu jenis
bakteri yang memiliki bentuk batang adalah ........
a.
Clostridium tetani
b.
Treponema pollidium
c.
Vibrio coma
d.
Nitrosococcus sp.
e.
Streptococcus lactis
29. Organisme
fotoautotrof mendapatkan sumber karbon organic yang berasal dari...............
a.
CO2
b.
Cahaya matahari
c.
Senyawa organic
d.
senyawa organic
e.
proses oksidasi
30. Methanobacterium akan hidup baik
pada lingkungan yang anaerob dan akan mati jika terdapat O2 pada
habitatnya. Hal tersebut memperlihatkan bahwa organisme tersebut bersifat
...............
a.
aerob abligat
b.
aerob fakultatif
c.
anaerob obligat
d.
aerob fakultatif
e.
tripoblstik
31. Nitrosomonas merupakan organisme
kemoorganotrof yang mampu mengoksidasi amoniak (NH3) menjadi .......
a.
nitrat d. nitrioksida
b.
nitrit e. amonium
c.
amida
32. Nitrobacter merupakan bakteri
kemoautotrof yang dapat mengoksidasi .........
a.
nitrat menjadi nitrit
b.
nitrit menjadi nitrat
c.
amonia menajadi nitrit
d.
nitrit menjadi amonia
33. Acetobacter xylinum adalah bakteri
yang digunakan untuk ............
a.
penghasilan antibiotik
b.
pembuatan yakult
c.
pembuatan nata de-coco
d.
pembuatan kecap
e.
penghasil protein sel tunggal
34. Bakteri eschericia coli yang hidup bersimbiosis
pada usus tebal manusia berperan dalam pembentukan vitamin ……
a.
vitamin A d. vitamin B
b.
vitamin C e. vitamin D
c.
vitamin K
35. Kelompok penyakit yang disebabkan
oleh bakteri pada manusia
dalah ..........
a.
tetanus, campak, disentri, cacar
b.
sifilis, lepra, pes, kolera
c.
TBC, antrax, influenza, tifus
d.
Malaria, gonorhoe, morbili, pneuumonia
e.
Rabies, difteri, hondong, trakhom
36.
Mikologi
merupakan cabang biologi yang mengkaji …….
a.
virus
d. sel
b.
jaringan e.
protista
c.
jamur
37. Cabang-cabang
Biologi berikut ini berkaitan dengan dunia kedokteran, kecuali ........
a.
ekologi d. mikrobiologi
b.
genetika e. fisiologi
c.
virologi
38. Cabang biologi
yang memegang peranan penting dalam penelitian mengenai cacat lahir pada bayi
adalah .......
a.
genetika d. patologi
b.
sitologi e. sanitasi
c.
embriologi
39. Suatu daerah
terserang wabah muntaber, Penyebab penyakit ini dipelajari dalam cabang biologi
yang disebut ...........
a.
virologi d. patologi
b.
bakteriologi e. sanitasi
c.
parasitologi
40. Seorang siswa
sangat tertarik pada pelajaran biologi. Dia berharap dimasa depan akan dapat
mengembangkan tanaman nanas sehingga menghasilkan nanas jenis baru dengan
berbagai rasa.
Untuk
mewujudkan cita-cita tersebut sebaiknya masuk ke jurusan ............
a.
biologi
b.
pertanian
c.
teknologi pangan
d.
botani
e.
bioteknologi
41. Biologi sebagai
ilmu memiliki objek kajian berupa berbagai permasalahan mahluk hidup dalam
berbagai tingkat organisasi. Fenomena / kejadian berikut ini yang bukan
merupakan objek kajian biologi adalah .........
a.
mangga mentah menjadi manis dan berwarna merah ketika
masak
b.
bangkai tikus berbau busuk setelah beberapa hari
c.
kandaungan mineral dalam batuan
d.
ada berbagai benda kecil yang bergerak aktif pada
pengamatan air kolam dengan menggunakan mikroskop
e.
pembuatan bir
42. Sel-sel yang
serupa dan memiliki fungsi yang khusus membentuk .......
a.
jaringan d. komunikasi
b.
organ e. bioma
c.
individu
43. Berikut ini
tabel hasil panen kacang tanah dari hasil penelitian :
Hasil
Panen Kacang Tanah (kg)
|
||
Petak
I
(diberi
pupuk kandung)
|
Petak
II
(diberi
pupuk NPK)
|
Petak
III
(tidak
diberi pupuk)
|
38,5
|
42,3
|
20,4
|
Dari hasil
panen tersebut kesimpulan yang tidak sesuai adalah ........
a. pemberian
pupuk meningkatkan hasil panen
b. penggunaan
pupuk NPK memberikan hasil panen yang lebih banyak daripada pupuk kandang
c. ukuran
biji kacang pada tanaman yang dipupuk lebih besar daripada yang tidak dipupuk
d.
penggunaan pupuk kandang memberikan hasil panen lebih
baik daripada tanpa pemupukan
e.
untuk meningkatkan hasil panen perlu dilakukan pemupukan
44. Berikut ini
adalah sikap ilmiah yang harus diterapkan oleh setiap ilmuan, kecuali
..........
a.
jujur terhadap fakta
b.
bertanggung jawab
c.
disiplin dan tekun]
d.
melakukan penelitian untuk kepentingan sendiri
e.
peduli terhadap lingkungan
45. Cara
pengelompokan nerdasarkan ciri morfologi disebut .......
a.
klasifikasi sistem alami
b.
klasifikasi sistem buatan
c.
klasifikasi sistem filogeni
d.
klasifikasi sistem evolusi
e.
taksonomi
46. Seorang peneliti
tumbuhan melakukan survey lapangan untuk mengenali berbagai tumbuhan
yang hidup disuatu tempat. Ia mengumpulkan spesimen tumbuhan yang ada dan
memasukannya kedalam empat kantung yang diberi nama pohon, semak, perdu dan
herb. Kegiatan ini dapat dianggap klasifikasi .............
a.
buatan
b.
alami
c.
filogeni
d.
buatan dan alami
e.
alami dan filogeni
47. Penamaan suatu
mahlik hidup dengan menggunakan dua kata disebut ......
a.
sistem tata nama ganda
b.
takson
c.
dikotomi
d.
taksonomi
e.
nama genus
48. Nama ilmiah
pisang adalah Musaparadisiaca L. Hurf L artinya adalah .........
a.
nama genus
b.
nama spesies
c.
penunjuk spesies
d.
singkatan nama orang yang pertama mengidentifikasi
e.
nama famili
soal soal biologi kelas x semseter dua
1 . Makhluk hidup dan faktor abiotik pada suatu
lingkungan merupakan suatu kesatuan yang saling berinteraksi, disebut .....
a. komunites c. habitat e. populasi
b. ekosistem d. biomassa
2 Berikut ini adalah faktor‑faktor lingkungan
1. Salinitas 3. Predator 5. Detritivor
2. PH 4. Topografi 6. Decomposer
Yang termasuk kedalam faktor biotik adalah....
a. 1
– 2 ‑ 4 c. 2 – 5 ‑ 6 e.
4 – 5 ‑ 6
b, 2
– 3 ‑ 5 d. 3 – 5 ‑ 6
3 Semua macam spesies yang terdapat dalam
suatu habitat disebut...
a. populasi c. komunitas e.
ekosistem
b. bioster d. bioma
4. Di bawah ini adalah macam‑macam bioma
1. Hutan
hujan tropis 3. Gurun 5. Tundra
2. Taiga 4. Padang
rumput 6. Hutan gugur
Urutan bioma mulai dari katulistiwa
menuju kutub adalah...
a. 1
– 2 – 3 – 4 – 5 – 6 c. 2
– 3 – 4 – 1 – 6 – 5 e. 4 – 3 – 1 – 2 - 5 – 6
b. 1
– 4 – 3 – 5 – 6 – 2 d. 3 – 4 – 1 – 6 – 2 – 5
5. Dalam suatu ekosistem kolam terdapat :
1. Hewan
karnivora 3. Plankton 5. Herbivora
2. Bakterj
pengurai 4. Zat organik
Dan komponen ekosistem tersebut dapat
disusun suatu mata rantai makanan yang susunannya sebagai berikut :
a. 4
– 2 – 3 – 5 – 1 c. 5 – 3 – 1 – 2 – 4 e. 5 – 2 – 1
– 4 – 3
b. 4
– 3 – 5 – 1 – 2 d. 4 – 5 – 1 – 2 – 3
6. Dari suatu ekosistem kolam, terdapat sejenis
Alga yang berwarna biru, menempel pada batu, bersel satu, klorofilnya tersebar.
Berdasarkan ciri‑cirinya, Alga tersebut berperan sebagai ....
a. konsumen
I c. pupuk dalam air e. perlindungan
organisme lain.
b. konsumen
II d. tumbuhan perintis
7. Pada sebidang ladang terdapat komponen‑komponen
sebagai berikut :
I. Tanaman
jagung III. Ulat V.
Ayam
II. Burung
kecil IV. Tikus VI.
Ular
Komponen‑komponen ini akan merupakan
kehidupan saling ketergantungan bila tersusun dalam rantai makanah, yakni
......
a. I
– II – III – IV – V c. I – III – II – IV – VI e. I – IV – VI
b. I
– III – V – IV d. I – II – IV – V
8. Hubungan antara nyamuk dan cecak termasuk
hubungan .....
a. mutualisme c. antiblosis e.
preclasi
b. komensalisme
d. kompetisi
9. Dalam hal manakah manusia hidupnya tergantung
pada tumbuhan?
a. sumber
mineral c. menceqah polusi e. sumber
O2
b. sumber
industri d. pengikat CO2
10. Perhatikan diagram berikut !
Dari bagian jaring‑jaring makanan di
atas, burung merupakan.....
a. konsumen
1 c. konsumen 3 e.
bukan konsumen 2 dan 3
b. konsumen
2 d. konsumen 2 dan 3
11. Suatu tipe interaksi, yang mana dari interaksi
tersebut yang satu memperoleh keuntungan dan yang satu hilang dinamakan ....
a. mutualisme c.
kompetisi e. parasitisme.
b. komensalisme d. predasi
12 Dalam ekosistem air, terdapat interaksi antara
hiu dan ikan remora yang dikenal dengan tipe komensalisme, yaitu ....
a. hiu
dan remora saling menguntungkan
b. remora
mendapatkan keuntungan dan hiu tidak dirugikan
c. hiu
sebagai pemakan remora yang bertubuh kecil
d. torjadi
perebutan makanan antara hiu dan remora
e. remora
memperoleh makanan dari dalam tubuh hiu
13. Suatu tipe interaksi, yang mana dari interaksi
tersebut kedua spesies memperoleh keuntungan dinamakan ....
a. mutualisme c. kompetisi e.
Parasitisme.
b. komerisalisme d. predasi
14. Peranan dekomposer bagi kesuburan tanah ialah
....
a. mengikat
N2 dari tanah dan udara
b. mengurai
zat organic menjadi anorganik
c. mengikat
N2 dan merubahnya menjadi N dalam senyawa anorganik
d. mengikat
N menjadi zat anorganik
e. mengurai
zat organic menjadi N dalam senyawa anorganik
15. Pembasmian burung‑burung pengganggu pertanian
ternyata menimbulkan masalah baru bagi
petani, karena ....
a. hilangnya
kicau burung yang merdu
b. berkurang
pupuk dari kotoran burung
c. populasi
ulat pengganggu meningkat
d. sumber protein hewani berkurang
e. produksi
menurun karena penyerbukan kurang.
|
16.
Berdasarkan skema jaring‑jaring makanan
ini, apabila populasi udang berkurang atau punah, akan mengakibatkan
a. fitoplankton
berkurang d. bakteri saprofit bertambah
b. zooplankton
berkurang e. ikan besar bertambah.
c. ikan
kecil berkurang
|
17.
Hutan yang dijadikan area permukiman akan
menimbulkan suatu dampak, seperti yang terlihat pada gambar di atas.
Kemungkinan besar dampak yang tinggi adalah ....
a. keseimbangan
air terganggu d. kelestarian
spesies terganggu
b. sumber
perekonomian kurang e. hutan menjadi gundul.
c. erosi
mudah terjadi
18. Permukaan danau yang tertutup oleh eceng gondok
akan menyebabkan biota yang dibawahnya tidak dapat hidup, karena .......
a. penetrasi
cahaya matahari ke dalam air kurang
b. kandunganCO2
di dalam air banyak
c. kandungan
O2 dalam air banyak
d. kandungan
CO2 di dalam air sedikit
e. kandungan
O2 dalam pir kurang
19. Berikut ini adalah perubahan lingkungan akibat
campur tangah manusia, kecuali .....
a. menangkap
ikan dengan pukat harimau
b. penebangan
pohon secara liar
c. kemarau
panjang yang mengakibatkan kebakaran
d. pengeringan
rawa‑rawa untuk lahan pertanian
e. mendirikan
industri
20. Penebangan hutan yang tidak terencana dengan
tepat menyebabkan makhluk hidup menderita sebab ....
a. kayu
untuk bahan bangunan akan berkurang
b. makhluk
hidup sangat tergantung kepada hutan
c. saat
hujan turun, air tak dapat menahan lapisan tanah
d. sumber
devisa bagi Negara akan berkurang
e. semua
hewan/tumbuhan langka akan musnah
21. Pembuangan sampah organik kedalam bahan‑bahan
yang seperti sungai atau danau dapat mengakibatkan pertumbuhan alga tak
terkendali (blooming). HaL ini disebabkan penumpukan mineral yang disebut .....
a. nitrifiakasi c. desimilasi e.
mineralisasi
b. eutrofikasi d. amonifikasi
|
22.
Meningkatnya kerusakan hutan akibat
penebangan secara liar tanpa penanaman kembali mengakibatkan menurunnya
produktivitas hutan. Hal ini dapat terlihat pada grafik ....
a. (1) c. (3) e. (5)
b. (2) d. (4)
|
23.
Berdasarkan gambar tersebut di atas,
aliran energi terjadi dari ….
a. diatomae
‑‑‑ krustacea ‑‑‑ kamivora
‑‑‑ zooplankton
b . diatomae ‑‑‑ ikan‑ikan
kccil ‑‑‑ ikan‑ikan besar ‑‑‑ burung
laut
c. krustacea
‑‑‑ diatomae
‑‑- zooplankton ‑-‑ kamivora
d. saprofit
‑‑‑ cumi‑cumi ‑‑‑ ikan‑ikanlecil
‑‑‑ burunglaut
e. zooplankton
‑‑‑ paus biru ‑‑‑ krustacea
‑‑‑ paus pembunuh.
|
24. Perhatikan gambar piramIda di samping!
Piramida
di‑samping merupakan ….
a. piramida
jumlah
b. piramida
energi
c. piramida,
blomassa
d. piramida
berat
e. piramida
ekologi
25. Dalam suatu piramida ekologi, kedudukan paling
bawah ditempati oleh ….
a. karnivora c. produsen e. omnivore
b. konsumen d. herbivore
|
26.
Berdasarkan bagan ekosistem air laut di
atas, macam biota yang sesuai menempati daerah D adalah ....
a. konsumen
ll, konsumen I d. konsumen
I, produsen
b.
konsumen II, dekomposer e. konsumen I, dekomposer. (EBTANAS 92)
c. konumen II, produsen
27. Perhatikan bagan suksesi khas darat ini.
Urutan suksesi komunitas. yang benar
adalah
a. 1,
2, 3, 4, 5, c. 2, 3, 49 2, 1 e. 3,2,4,2,1
b. 2,
3,1, 4, 5 d. 3,2,1,4,5
28. Ekosistem alami dapat mengalami kerusak,an dan
membentuk ekosistem suksesi primer. Salah satu penyebab kerusakan tersebut adalah ….
a. penebangan
habis hutan d. timbunan dan lahar gunung berapi
b. pembakaran
hutan berulang-ulang e. penebangan dan pembakaran hutan
c. perladangan
berpindah-pindah
|
29. Bagian yang berlabel x dan y adalah ….
a. ekskresi
dan pembusukan
b. nitrifikasi
dan denitrifikasi
c. amonifikasi
dan nitrifikasi
d. fotosintesis
dan respirasi
e. respirasi
dan fotosintesis
30. Perhatikan skema jaring‑jaring makanan di
bawah ini !
Jika
populasi zooplankton berkurang, akan diikuti
|
penurunan populasi ....
a. ikan besar
b. lkan
kecil
c. udang
d. pengurai
e. fitoplankton
31. Peruhahan lingkungan dapat terjadi karena
perbuatan manusi, seperti yang terjadi di Pantai Kampung Laut Cilacap dengan membabat
hutan bakau untuk tambak ikan. Sebagai akibat pembabatan hutan bakau adalah …..
a. populasi
ikan besar meningkat karena arealnya lebih luas
b. populasi
ikan besar menurun, karena kehilangan tempat berteduh
c. populasi
udang besar meningkat, karena leblh leluasa mencari tempat tinggal
d. populasi
udang kecil menurun, karena tidak bisa mencari makanan yang menempel pada akar
bakau
e. penduduk
Kampung Laut Cilacap secara m.endadak terserang wabah muntaber
32. Gas CFC
masuk ke stratosfir dan merusak lapisan ozon yang berfungsi sebagai penyaring
radiasi ultraviolet dari cahaya matahari. Jika intensitas radiasi ultraviolet
bertambah, Maka dapat menyebabkan ....
a. kanker kulit c.
penyakit pernapasan e. logam
muclah berkarat
b. kerusakan hb d.
kenaikan suhu
33. Efek
rumah kaca merupakan masalah lingkungan yang berbahaya karena dapat menaikan
......
a. kadar C02 atmosfer c. kadar bahan
pencemaran e. kadar partikel udara
b. suhu lingkungan d. kelembaban
udara
34. Aktivitas
manusia ygng dapat menimbulkan gangguan keseimbangan lingkungan adalah...
a. lading berpindah dan pertanian monokultur.
b. portanian organik dan hidroponik
c. kultur jaringan dan radiasi induksi
d. rotasi tanaman dan pembakaran hutan
e. menjaring ikan dengan sistem pukat harimau
35. Dalarn
ekosistem air tawar terjadi pencemaran DDT, maka urutan kandungan DDT. dari
yang terkecil sampai yang terbesar adalah .....
a. fitoplankton ‑ zooplankton ‑ ikan kecil ‑ ikan
besar
b. zooplankton ‑ fitoplankton ‑ ikan kecil - ikan
besar
c. ikan kecil ‑ fitoplankton ‑ zooplankton ‑ ikan,
besar
d .
ikan kecil ‑ ikan beser – zooplankton - fitoplankton
e. ikan besar – ikan kecil – zooplankton -
fitoplankton
36. Contoh
penerapan yang benar dalam kehidupan seharl‑hari menurut prinsip etika lingkungan
manusia sebagai bagian dari lingkungan adalah.....
a. menghemat penggunaan bahan baker
b. mengolah sumber daya alam semaksimal mungkin
c. memelihara burung peliharaan dalam sangkar
yang indah
d. mengolah.limbah sebelum dibuang ke lingkungan
e. menghemat penggunaan air minum dan listrik di
rumah
37. Dewasa ini banyak dijumpai tanah kritis, karena
banyak menebang kayu sccara liar untuk perluasan areal pertanian. Oleh karena
itu pemerintah mengadakan peraturan tentang penebangan kayu. Yang boleh
ditebang hanya pohon‑pohon yang mempunyai ketinggian tertentu. Tujuannya adalah
agar ....
a. kayu yang ditebang cukup umur
b. melindungi butan
c. mendapatkan kayu yang berukuran sama
d. tinggi kayu di hutan dapat rata
e. penebang kayu puas dengan kayu‑kayu yang
ditebangnya.
38. Manakah
di antara bentuk grafik di bawah ini yang menunjukkan akibat eksploitasi secara
tak terkendali terhadap sumber daya alam vang tak terbarukan?
a
b c d e
Keterangan :
Sumbu x = exploitasi
Sumbu y = sumber daya alam
39. Penggunaan DDT yang berlebihan dapat menyebabkan
pencemaran air atau tanah. Berikut ini merupakan
sifat DDT dalem pencemaran, Kecuali...
a. sukar diuraikan
b. larut dalam lemak
c. dapat merusak jaringan tubuh
d. tidak dapat masuk pada plankton
e. dapat pindah ke dalam tubuh organisme lain
40. Komponen‑komponen yang terdapat dalam suatu
ekosistem terdiri atas: senyawa anorganik, plankton, ikan, burung pemakan ikan,
dan guano.
Jika
terjadi pengambilan ikan secara besar‑besaran, akibat yang timbul adalah ....
a. penurunan kadar senyawa anorganik penaikan populasi
burung
b. penaikan populasi plankton, kenaikan kadar
senyawa anorganik
c. penaikan popolasi burung, penaikan populasi
plankton
d. penaikan populasi burung, penaikan populasi
plankton
e. penurunan populasi burung, penaikan populasi
plankton
41. Suatu zat atau benda dikatakan polutan apabila
......
a. jumlahnya melebihi normal dan berada pada
waktu yang tidak tepat
b. berada pada tempat yang tidak semestinya
c. jumlahnya
melebihi normal, berada pada waktu yang tidak tepat, dan berada pada tempat yang
tidak semestinya
d. jumlahnya melebihi normal
e. berada pada tempat yang tidak semestinya,
jumlahnya kurang dari normal
42. Dibawah ini terdapat macam‑macam bahan :
1. CFC
2. uap
air hasil pembakaran
3. SO2
4. kulit
pisang yang dibuang di jalan raya
5. pembusukan
daun yang gugur
6. Kaleng
kosong yang dibuang di tempat terpencil
Bahan yang menyebabkan polusi ......
a. 1 – 2 – 3 c. 1
– 3 – 6 e. 4 – 5 – 6
b. 1 – 3 – 5 d. 2
– 4 – 5
43. Tragedi Minamata di Jepang disebabkan
pencem'aean logam berat....
a. Pb c. CN e.
Zn
b. Hg d. Cu
44. Jika suatu kawasan telah mengalami polusi udara
yang parah maka pada kawasan tersebut tidak akan dijumpai ......
a. alga c.
paku‑pakuan e. bakteri
b. lichenes d.
rumput
45. Polusi air dapat diidentifikasi dengan cara
sebagai berikut, kecuali ….
a. mengukur
populasi bakteri d. menguji kahdungan oksigen
b. menguji
kecepatan allran sungai e. menguji kandungen bahan organik
c. menguji
tingkat kekeruhan air
46. Tujuan penghijauan yang dilakukan di kota‑kota
besar adalah .....
a. mempertinggi
suhu udara d. mempertinggi kadar oksigen di udara
b. mempertinggi
kadar CO2 di udara e.
mempertinggi penghasilan penduduk
c mempertinggi
kadar kelembaban udara
47. Sampah
plastik tidak dapat diuraikan oleh mikroorganisme. Untuk memperkecil kadar
polusinya dapat dilakukan dengan cara.....
a. menghindari
produksi bahan jadi dari bahan baku
plastik
b. sampah
plastik didaur ulang
c. melarang
masyarakat menggunakan plastik
d. mengumpulkan
sampah plastik dan ditempatkan di lokasi yang aman
e. membakar
sampah, plastik
48. Salah satu cara yanq termasuk perlindungan
terhadap margasatwa langka adalah ....
a. mengadakan perburuan hewan langka di hutan
b. meningkatkan pendapatan penduduk setempat
c. memberikan penyuluhan kepada masyarakat
d. memelihara hewan piaraan di rumah
e. mengadakan lomba kicau burung
49. Salah
satu cara penanggulangan pencemaran air yang merupakan dampak kemajuan IPTEK
adalah....
a. membatasi
penggunaan bahan‑bahan kimla
b. mengolah
limbah sebelum dibuang ke sungai
c. menutup
industri‑industri bahan kimia
d. memberi
sanksi kepada pengusaha industri
e. membuang
limbah sedikit demi sedikit
50. Perhatikanlah tindakan di bawah ini :
1. Perlengkapan di hutan 4. Pembatasan
penebang
2. Tebang
pilih 5. Mengekspor kayu glondongan
3. Reboisasi
Langkah-langkah
pengawetan hutan yang dilakukan bila hutan dibudidayakan hasilnya adalah ….
a. 1,3,5 c. 2,3,4 e. 1,4,5
b. 1,2,3 d. 1,3,5
soal soal biologi kelas x semester 1 lengkap
1.
Histologi
merupakan cabang biologi yang mengkaji …….
a.
Kehidupan
pada tingkat sel
b.
Kehidupan
pada tingkat jaringan
c.
Kehidupan
pada tingkat organ
d.
Kehidupan
pada tingkat system organ
e.
Kehidupan
pada tingkat tingkat individu.
2.
Mikologi
merupakan cabang biologi yang mengkaji …….
a.
virus
d. sel
b.
jaringan e.
protista
c.
jamur
3. Cabang-cabang
Biologi berikut ini berkaitan dengan dunia kedokteran, kecuali ........
a.
ekologi d. mikrobiologi
b.
genetika e. fisiologi
c.
virologi
4. Cabang biologi
yang memegang peranan penting dalam penelitian mengenai cacat lahir pada bayi
adalah .......
a.
genetika d. patologi
b.
sitologi e. sanitasi
c.
embriologi
5. Suatu daerah
terserang wabah muntaber, Penyebab penyakit ini dipelajari dalam cabang biologi
yang disebut ...........
a.
virologi d. patologi
b.
bakteriologi e. sanitasi
c.
parasitologi
6. Seorang siswa
sangat tertarik pada pelajaran biologi. Dia berharap dimasa depan akan dapat
mengembangkan tanaman nanas sehingga menghasilkan nanas jenis baru dengan
berbagai rasa.
Untuk
mewujudkan cita-cita tersebut sebaiknya masuk ke jurusan ............
a.
biologi
b.
pertanian
c.
teknologi pangan
d.
botani
e.
bioteknologi
7. Biologi sebagai
ilmu memiliki objek kajian berupa berbagai permasalahan mahluk hidup dalam
berbagai tingkat organisasi. Fenomena / kejadian berikut ini yang bukan
merupakan objek kajian biologi adalah .........
a.
mangga mentah menjadi manis dan berwarna merah ketika
masak
b.
bangkai tikus berbau busuk setelah beberapa hari
c.
kandaungan mineral dalam batuan
d.
ada berbagai benda kecil yang bergerak aktif pada
pengamatan air kolam dengan menggunakan mikroskop
e.
pembuatan bir
8. Sel-sel yang
serupa dan memiliki fungsi yang khusus membentuk .......
a.
jaringan d. komunikasi
b.
organ e. bioma
c.
individu
9. Berikut ini
tabel hasil panen kacang tanah dari hasil penelitian :
Hasil
Panen Kacang Tanah (kg)
|
||
Petak
I
(diberi
pupuk kandung)
|
Petak
II
(diberi
pupuk NPK)
|
Petak
III
(tidak
diberi pupuk)
|
38,5
|
42,3
|
20,4
|
Dari hasil
panen tersebut kesimpulan yang tidak sesuai adalah ........
a. pemberian
pupuk meningkatkan hasil panen
b. penggunaan
pupuk NPK memberikan hasil panen yang lebih banyak daripada pupuk kandang
c. ukuran
biji kacang pada tanaman yang dipupuk lebih besar daripada yang tidak dipupuk
d.
penggunaan pupuk kandang memberikan hasil panen lebih
baik daripada tanpa pemupukan
e.
untuk meningkatkan hasil panen perlu dilakukan pemupukan
10. Berikut ini
adalah sikap ilmiah yang harus diterapkan oleh setiap ilmuan, kecuali
..........
a.
jujur terhadap fakta
b.
bertanggung jawab
c.
disiplin dan tekun]
d.
melakukan penelitian untuk kepentingan sendiri
e.
peduli terhadap lingkungan
11. Cara
pengelompokan nerdasarkan ciri morfologi disebut .......
a.
klasifikasi sistem alami
b.
klasifikasi sistem buatan
c.
klasifikasi sistem filogeni
d.
klasifikasi sistem evolusi
e.
taksonomi
12. Seorang peneliti
tumbuhan melakukan survey lapangan untuk mengenali berbagai tumbuhan
yang hidup disuatu tempat. Ia mengumpulkan spesimen tumbuhan yang ada dan
memasukannya kedalam empat kantung yang diberi nama pohon, semak, perdu dan
herb. Kegiatan ini dapat dianggap klasifikasi .............
a.
buatan
b.
alami
c.
filogeni
d.
buatan dan alami
e.
alami dan filogeni
13. Penamaan suatu
mahlik hidup dengan menggunakan dua kata disebut ......
a.
sistem tata nama ganda
b.
takson
c.
dikotomi
d.
taksonomi
e.
nama genus
14. Nama ilmiah
pisang adalah Musaparadisiaca L. Hurf L artinya adalah .........
a.
nama genus
b.
nama spesies
c.
penunjuk spesies
d.
singkatan nama orang yang pertama mengidentifikasi
e.
nama famili
15. berdasarkan
sistem tata nam ganda, cara penulisan yang benar untuk nama jenis kelapa adalah
............
a.
Cocos nucifera L.
b.
Cocos Nucifera L.
c.
Cocos N.L.
d.
cocos Nucifera L.
e.
cocos nucifera L.
16. Pelopor sistem
klasifikasi mahluk hidup adalah ..........
a.
Charles Darwin
b.
Gregor Mendel
c.
Carolus Linnaeus
d.
Anthony van Leuwenhoek
e.
Lamarck
17. Nama ilmiah
kentang adalah Solanum tuberosum dan nama ilmiah leunca (sering
digunakan untuk lalap) adalah solanum nigrum. Kedua tumbuhan ini .......
a.
Spesiesnya sama, genusnya berbeda
b.
Genusnya sama, spesiesnya berbeda
c.
Familinya sama, genusnya berbeda
d.
Berbeda spesies maupun genus
e.
Varietasnya sama
18. Urutan tingkat
takson dari yang tertinggi sampai terendah
adalah
........
a.
Kingdom – filum / divisi – kelas – ordo – genus – famili
– spesies
b.
Kingdom – filum / divisi – kelas – famili – ordo - genus – spesies
c.
Kingdom – filum / divisi – ordo – famili – genus –
spesies
d.
Kingdom, filum / divisi – ordo – kelas – genus – famili –
spesies
e.
Kingdom, filum / divisi, ordo – kelas – genus spesies
19. Alasan pemisahan
jamur / Fungsi menjadi kingdom tersendiri adalah karena jamur ............
a.
Tidak memiliki dinding sel
b.
Melakukan gerak aktif
c.
Bersifat heterotrof
d.
Tidak memiliki membran inti
e.
Berkembang biak dengan spora
20. Sistem
klasifikasi lima kingdom dikembangkan oleh ........
a.
Aristoteles
b.
Carolus Linnaeus
c.
Charles Darwin
d.
Robert Hooke
e.
Robert Whittaker
21. Dilihat dari
struktur tubuh yang dimiliki oleh virus maka virus termasuk makhluk ...........
a.
Uniseluler
b.
Multiseluler
c.
Sel sederhan
d.
Ada yang uniseluler tetapi ada pula yang multiseluler
e.
Belum termasuk sel
22. Virus dapat
dianggap makhluk hidup karena memiliki ciri-ciri hidup. Ciri / gejala hidup
yang terdapat pada virus adalah .........
a.
Gerak
b.
Reproduksi
c.
Metabolisme
d.
Gerak dan reproduksi
e.
Reproduksi dan metabolisme
23. Salah satu ilmuan yang mendorong penemuan virus
adalah A. Meyer (1883). Salah satu masalah yanga mendorong A. Meyer melakukan
penelitian adalah ....
a.
Adanya tanaman tembakau yang terserang penyakit mosaik
sehingga merugikan petani
b.
Apa penyebab penyakit mosaik tembakau ?
c.
Apa ciri-ciri tanaman tembakau yang terserang penyakit
mosaik ?
d.
Bagaimana cara mengobati tanaman yang terserang mosaik ?
e.
Penyakit mosaik tembakau akan menurunkan kualitas tembakau
24. Contoh virus
yang menaglami fase litik dan lisogenik adalah ...............
a.
Fage
b.
Ebola virus
c.
HIV
d.
Hepatitis virus
e.
Polio virus
25. Virus hanya
dapat berkembang biak pada jaringan sel makhluk hidup dengan ...........
a.
Menggunakan asam nukleat sel inangnya
b.
Menggunakan mitokondria sel inangnya
c.
Mengubah inti sel inangnya
d.
Mengabsorpasi sel inangnya
e.
Menggunakan membran sel inangnya
26. Perhatikan
gambar siklus reproduksi virus dibawah ini. Tahap replikasi ditunjukan oleh
nomor ................
a.
1 d. 4
b.
2 e 5
c.
3
27. Reproduksi
virus terdiri dari rangkaian tahap .............
a.
Pelekatan, penetrasi, replikasi dan sintesis, pematangan,
pelepasan
b.
Pelekatan, penetrasi, pematangan, replikasi dan sintesis,
pelepasan
c.
Pelekatan, penetrasi, pematangan, pelepasan, replikasi
dan sintesis
d.
Pelekatan, penetrasi, replikasi dan sintesis, pelepasan,
pematangan
e.
Pelekatan, replikasi dan sintesis, penetrasi, pematangan,
pelepasan
28. HIV merupakan
jenis virus yang sangat membahayakan kesehatan manusia. Virus ini menyerang
......
a.
Sistem saraf dan kulit
b.
Sistem kekebalan tubuh
c.
Sistem peredaran darah
d.
Sistem peredaran darah dan pernapasan
e.
Sistem pencernaan dan peredaran darah
f.
29. Perhatikan gambar
Bakteriofage di
samping.
Bagian yang
mengandung
materi genetik
ditunjukan oleh .....
30. Cara pemberian
nama virus berbeda dengan pemberian nama spesies makhluk hidup lainnya. Virus
diberi nama dalam bahasa Inggris dan nama virus menunjukan gangnguan yang
ditimbulkannya. Berikut ini adalah virus yang tidak menyerang manusia
............
a.
tobacco mozaik virus
b.
influenza virus
c.
mumps virus
d.
herpes simpleks virus
e.
poliovirus
31. Sel bakteri sama
seperti sel tumbuhan karena memiliki dinding sel. Akan tetapi struktur dinding
sel bakteri berbeda dengan struktur dinding sel tumbuhan karena struktur sel
bakteri tersusun atas ...........
a.
lignin
b.
peptidoglikan
c.
selulosa
d.
hemiselulosa
e.
lipid
32. Perhartkan bentuk bakteri berikut.
Bakteri yang
berbentuk sarkina ditunjukkan oleh ................
a.
1 d. 4
b.
2. e. 5
c.
3
33. Bacillus
anthracis adalah penyebab penyakit antraks pada hewan ternak. Dari namanya
dapat dipastikan bakteri tersebut berbentuk ..............
a.
bulat d. koma
b.
kotak e. spiral
c.
batang
34. bakteri ada yang
memiliki kemampuan lokomosi / melakukan gerakan. Struktur sel bakteri yang
menunjang kemampuan tersebut adalah ...........
a.
fimbria d. kapsul
b.
pilus e. klorosom
c.
flagelum
35. Ada beberapa
bakteri yang bersifat fotoautotrof. Bakteri dengan sifat ini memiliki organel
yang
disebut
.............
a.
kloroplas d. fimbria
b.
kloroson e. vakuola gas
c.
kapsul
36. Escherichia coli
yang dapat hidup dengan atau tanpa adanya oksigen disebut bakteri .........
a.
anaerob obligat
b.
anaerob fakultatif
c.
aerob
d.
heterotrof
e.
autrotrof
37. Sel bakteri
untuk memperbanyak diri memiliki kemampuan melakukan pembelahan biner. Apabila
sel bakteri membelah setiap 10 menit sekali, pembiakan satu sel bakteri setelah
3 jam akan menghasilkan sel sejumlah ..........
a.
32 d. 218
b.
182 e. 23
c.
2180
38. Bakteri memiliki
kemampuan untuk melakukan reproduksi secara seksual. Reproduksi seksual pada
bakteri terjadi melalui ..................
a.
Perkawinan antara bakteri jantan dan betina
b.
Perkawinan yang bersifat hemafrodit
c.
Pertukaran materi
genetik / rekombinasi ...
d.
Fragmentaasi
e.
Pembelahan sel
39. Beberapa jenis
Cyanobacteria dapat dianggap sebagai pupuk alam bagi tumbuhan karena dapat
mengikat
..........
a.
Nitrogen d. Oksigen
b.
Karbon e. Sulfur
c.
Hidrogen
40. Contoh bakteri yang menyebabkan
penyakit pada manusia
adalah ...........
a.
Sulfolobus
b.
Lactobatillus bulgaricus
c.
Mycobacterium tuberculosis
d.
Nitrosomonas
e.
Pseudomonas solanacearum
41. Bakteri yang
memilki flagela diseluruh permukaan selny disebut bakteri ................
a.
monotrika d. politrika
b.
amfitrika e. peritrika
c.
lofotrika
42. Bakteri yang
mempunyai bentuk bulat dan memiliki susunan seperti sekelompok buah anggur
disebut
..........
a.
diplokokus d. strepokokus
b.
sarkina e. monokokus
c.
stafilokokus
43. Salah satu jenis
bakteri yang memiliki bentuk batang adalah ........
a.
Clostridium tetani
b.
Treponema pollidium
c.
Vibrio coma
d.
Nitrosococcus sp.
e.
Streptococcus lactis
44. Organisme
fotoautotrof mendapatkan sumber karbon organic yang berasal dari...............
a.
CO2
b.
Cahaya matahari
c.
Senyawa organic
d.
senyawa organic
e.
proses oksidasi
45. Methanobacterium akan hidup baik
pada lingkungan yang anaerob dan akan mati jika terdapat O2 pada
habitatnya. Hal tersebut memperlihatkan bahwa organisme tersebut bersifat
...............
a.
aerob abligat
b.
aerob fakultatif
c.
anaerob obligat
d.
aerob fakultatif
e.
tripoblstik
46. Nitrosomonas merupakan organisme
kemoorganotrof yang mampu mengoksidasi amoniak (NH3) menjadi .......
a.
nitrat d. nitrioksida
b.
nitrit e. amonium
c.
amida
47. Nitrobacter merupakan bakteri
kemoautotrof yang dapat mengoksidasi .........
a.
nitrat menjadi nitrit
b.
nitrit menjadi nitrat
c.
amonia menajadi nitrit
d.
nitrit menjadi amonia
48. Acetobacter xylinum adalah bakteri
yang digunakan untuk ............
a.
penghasilan antibiotik
b.
pembuatan yakult
c.
pembuatan nata de-coco
d.
pembuatan kecap
e.
penghasil protein sel tunggal
49. Bakteri eschericia coli yang hidup bersimbiosis
pada usus tebal manusia berperan dalam pembentukan vitamin ……
a.
vitamin A d. vitamin B
kumpulan lengkap soal soal biologi semester 2 kelas sepuluh
soal soal biologi semester dua kelas sepuluh
semua soal soal biologi semester satu kelas sepuluh
kumpulan soal soal biologi semester satu kelas sepuluh
soal soal biologi kelas X semester 2
soal soal biologi kelas sepuluh semester dua
soal soal biologi kelas X semester 1
soal soal biologi kelas sepuluh semester satu