latihan soal soal biologi kelas X semester 1 dan 2

Tags

soal soal biologi semester 2 kelas sepuluh
1.   Pengklasifikasian jamur dilakukan berdasarkan reproduksi seksualnya. Beberapa jamur yang belum diketahui fase reproduksi seksualnya dikelompokkan dalam....
      a.   Zygomycota                                        d.  Deuteromycota
      b.   Ascomycota                                        e.  Oomycota
      c.   Basidiomycota

2.   Kita sering memakan jamur merang yang telah dimasak. Bagian jamur yang kita  makan     adalah...
      a.   Miselium                                              d.  Batang jamur
      b.   Hifa                                                     e.  Basidium
      c.   Tubuh buah

3.   Perhatikan gambar jamur berikut!



    







      Jamur tersebut merupakan jamur...., bagian yang berfungsi sebagai hifa penyerap nutrien   ditunjukkan oleh nomor...
      a.   Penicillium, 3                                       d.  Rhizopus, 4
      b.   Penicillium, 4                                       e.  Neurospora, 3
      c.   Rhizopus, 3

4.   Seorang siswa mengamati organisme bersel satu melalui mikroskop dengan ciri: bergerak aktif, bentuk bulat, banyak mengandung rambut getar. Organisme tersebut tergolong....
      a.   Mastigophora                          c.  Ciliata                                   e. Euglenophyta
      b.   Sarcodina                                d.  Sporozoa

5.   Pada waktu Paramecium berkonjugasi, yang saling ditukarkan adalah…
      a.   Makronukleus
      b.   Mikronukleus
      c.   Makronukleus dan Mikronukleus
      d.   kerongkongan sel
      e.   Vakuola kontraktil

6.   Filum alga yang digunakan sebagai penghasil agar-agar adalah…
      a.   Rhodophyta                                        d. Pyrophyta
      b.   Chlorophyta                                        e. Euglenophyta
      c.   Chrysophya

7.   Perhatikan table berikut.
                                                           

No
Ciri-ciri
Jenis Jamur
A
B
C
1.
Hifa tidak bersekat
+
-
-
2.
Hifa bersekat
-
+
+
3.
Spora dibentuk di dalam askus
-
+
-
4.
Spora dibentuk di dalam basidium
-
-
+

      Berdasarkan tabel tersebut, jenis jamur A, B dan C berturut-turut termasuk…
      a.   Ascomycota – Basidiomycota – Zygomycota
      b.   Zygomycota – Ascomycota – Basidiomycota
      c.   Ascomycota – Deuteromycota – Basidiomycota
      d.   Basidiomycota – Zygomycota – Deuteromycota
      e.   Zygomycota – Deuteromycota – Ascomycota

8.   Jamur tidak dapat digolongkan ke dalam tumbuhan karena…
      a.   Dinding selnya dari kritin atau selulosa
      b.   Hifanya ada yang tidak bersekat melintang
      c.   Membentuk spora
      d.   Tidak memiliki klorofil
      e.   Bersifat autotrof

9.   Oleh karena tidak memiliki klorofil, jamur hidup secara…
      a.   Autotrof                                               d. Fotoautotrof
      b.   Heterotrof                                            e. Simbiosis
      c.   Kemoautotrof

10. Saccharomyces memiliki kemampuan untuk…
      a.   Mengubah gula menjadi alcohol
      b.   Mengubah tepung menjadi asam cuka
      c.   Mengubah alcohol menjadi asam cuka
      d.   Mengubah asam cuka menjadi alcohol
      e.   Mengubah asam cuka menjadi karbondioksida

11. Mengapa Euglena tidak termasuk tumbuhan?..Karena………
      a.   Reproduksi  secara pembelahan biner.
      b.   Tidak berdinding sel ,bergerak bebas,berbintik mata
      c.   Memiliki vakuola
      d.   Memiliki membrane sel
      e.   Bersifat autotrof

12. Penyebab penyakit malaria tertiana adalah…….dengan ciri demam timbul pada hari  ke…
      a.   Plasmodium vivax, 2                               d.  Plasmodium malariae, 3
      b.   Plasmodium vivax, 3                               e.  Pasmodium falcifarum, 2
      c.   Plasmodium malariae, 2



     Untuk soal no 13 ,14 perhatikan gambar berikut !  
    










13. Yang tergolong kelas Rhizopoda adalah organisme bernomor…
      a.   1 dan 2                                                          d. 4 dan 5
      b.   2 dan 3                                                          e. 5 dan 6
      c.   3 dan 4

14. Organisme yang bergerak menggunakan bulu getar adalah yang bernomor….
      a.   1 dan 2                                                         d.  2 dan  6
      b.   2 dan 3                                                         e.  5 dan  6
      c.   3 dan 4

15. Dibawah ini tertulis nama –nama organisme :
      1.   Fasciola hepatica                   3. Canis Familiaris               5. columba Livia
      2.   Carica papaya                        4. oryza  sativa                                  
      Cara penulisan  nama ilmiah spesies yang benar adalah……..
      a.   1 dan 2                                                           d. 3 dan 5
      b.   1 dan 4                                                           e. 4 dan 5
      c.   2 dan 3

 Untuk menjawab soal nomor 16  dan 17 perhatikan gambar berikut !.











16. Jamur yang biasa digunakan untuk membuat tempe ataupun antibiotic adalah yang bernomor…
      a.   1 dan 3                                                            d.  4 dan 6
      b.   2 dan 4                                                            e.  3 dan 6
      c.   3 dan 5    

17. Jamur yang termasuk berkembang biak secara generatif dengan basidium adalah nomor….
      a.   1 dan 2                                                            d.  3 dan 5
      b.   2 dan 3                                                            e.  5 dan 6
      c.   3 dan 4

18. Salah satu dasar pengelompokkan makhluk hidup adalah sejarah perkembangan evolu
      sinya, ini berarti bahwa….
      a.   Makin dekat kekerabatannya, makin banyak persamaan sifat.
      b.   Makhluk hidup sejenis mempunyai sedikit persamaan sifat
      c.   Semua makhluk hidup mempunyai moyang yang sama
      d.   Makhluk sesuku mempunyai lebih banyak persamaan dari pada makhluk sejenis
      e.   Organisme sebangsa memiliki banyak persamaan struktur



19. Sistem pemberian nama yang dipakai saat ini adalah bahwa nama jenis terdiri dari dua nama / kata (binominal). Orang yang paling banyak berjasa dalam bidang taksonomi dengan system seoerti di atas adalah….
      a.   Ernest Haeckel                                   d. John Ray
      b.   Carolus Linnaeus                                e. Whittaker
      c.   Aristoteles

20. Urutan tahap daur litik yang benar adalah…
      a.   Eklifase-pembentukan virus baru-lisis-adsorpsi-penetrasi
      b.   Eklifase-adsorpsi-penetrasi-pembentukan virus baru-lisis
      c.   Adsorpsi-penetrasi-eklifase-pembentukan virus baru-lisis
      d.   Adsorpsi-penetrasi-eklifase-lisis-pembentukan virus baru
      e.   Penetrasi-adsorpsi-eklifase-pembentukan virus baru

21. Di bawah ini adalah penyakit yang disebabkan oleh virus:
      1.   New Castle Disease (NCD)
      2.   Citrus Vein Phloem Degeneration (CVPD)
      3.   Foot and Mouth Disease (FMD)
      4.   Tobacco Mosaik Virus (TMV)
      5.   Tungro
      Penyakit yang menyerang tumbuhan adalah….
      a.   1, 4 dan 5                                            d.  3, 4 dan 5
      b.   2, 4 dan 5                                            e.  1, 2 dan 3
      c.   2, 3 dan 4

22. Medium untuk menumbuhkan virus adalah…
      a.   Embrio yang hidup di dalam telur
      b.   Air gula yang telah disterilkan
      c.   Selai steril yang dibuat dengan tepung agar-agar
      d.   Selai steril yang dibuat dengan mineral, vitamin dan agar-agar
      e.   Air yang didihkan dan didinginkan dengan vitamin dan mineral

23. Pengertian prokariotik pada bakteri adalah…
      a.   Selnya tidak berklorofil                                               d. Reproduksi dengan membelah diri
      b.   Hidupnya saprofit maupun parasit                  e. Selnya tidak berdinding
      c.   Inti selnya tidak berselaput inti

24. Bakteri Rhizobium yang hidup bersimbiosis dengan tanaman polong-polongan berma
      nfaat karena… .
      a.   Menghaluskan partikel-partikel tanah
      b.   Memecah senyawa anorganik menjadi senyawa organic
      c.   Memecah senyawa organic menjadi senyawa anorganik
      d.   Mengikat nitrogen bebas menjadi nitrat yang digunakan untuk pertumbuhan tanaman inangnya
      e.   Mengikat nitrat menjadi nitrogen bebas yang digunakan untuk menggemburkan tanah

25. Pigmen yang terdapat pada ganggang biru adalah…
      a.   Fikosianin                                                        d. Xantofil
      b.   Fukosantin                                                      e. Karoten
      c.   Fikoeritrin

26. Di antara pernyataan mengenai simbion pembentuk likenes yang benar adalah bahwa
      likenes merupakan….
      a.   Golongan lumut yang tidak berklorofil
      b.   Lumut yabg hidup saprofit pada kayu mati
      c.   Lumut penyebab lapuknya kayu dan batuan
      d.   Simbiosis antara alga dan fungi tertentu
      e.   Simbiosis antara lumut tak berklorofil dengan alga

27. Klasifikasi ganggang didasarkan atas…
      a.   Ada atau tidaknya klorofil
      b.   Klorofil dan pigmen yang dominant
      c.   Cara dan macam alat berkembang biak
      d.   Bentuk dan macan selnya
      e.   Tempat hidupnya
28. Ganggang yang digunakan untuk membuat agar-agar adalah…
      a.   Phaeophyta                             c. Rhodophyta                                    e. Chlorophyta
      b.   Cyanophyta                            d. Chrysophyta

29. Warna merah pada Rhodophyta disebabkan karena pigmen…
      a.   Fikosianin                                c. Guanin                                            e. Fikoeritrin
      b.   Melanin                                               d. Fukosantin

30. Ganggang mempunyai klorofil sehingga dapat berfotosintesis. Dalam ekosistem air
      ganggang berperan sebagai…
      a.   Pengurai                                              c. Mikrokonsumen                              e. Saprofor
      b.   Produsen                                 d. Konsumen

31. Dasar klasifikasi dari protozoa adalah…
      a.   Tempat hidupnya                                                        d. Bentuk tubuhnya
      b.   Macam alat geraknya                                                 e. Alat reproduksinya
      c.   Macam pigmen yang dimiliki

32. Ganggang merupakan golongan tumbuhan yang semua anggotanya telah mempunyai
      klorofil, sehingga ganggang bersifat…
      a.   Parasit                                     c. Autotrof                                           e. Heterotrof
      b.   Saprofit                                               d. Epifit

33. Ganggang mempunyai klorofil sehingga dapat fotosintesis. Dalam ekosistem perairan
      ganggang berperan sebagai…
      a.   Dekomposer                           c. Konsumen                                       e. Pengurai
      b.   Produsen                                 d. Saprofor

34. Semua jenis alga dikelompokkan ke dalam eukarita, karena…
      a.   Tidak memiliki inti sel hanya kloroplas
      b.   Memiliki inti sel dan kloroplas
      c.   Memiliki inti sel berbiak dengan spora
      d.   Inti sel berupa membrane
      e.   Memiliki inti sel dan dinding inti

35. Alga hijau (chlorophyta) yang dimanfaatkan sebagai sumber protein sel tunggal (PST) adalah…
      a.   Spirogyra                                c. Gracillaria                                        e. Eucheuma
      b.   Turbinaria                                d. Chlorella

36. Perbedaan antara bakteri dan jamur adalah…
      a.   Susunan dinding sel                                        d. Susunan membrane sel
      b.   Inti sel                                                              e. Tidak adanya cadangan makanan
      c.   Susunan plasma

37. Berikut ini adalah ciri-ciri jamur, kecuali…
      a.   Eukariotik                                                        d. Memiliki dinding sel
      b.   Heterotrof                                                        e. Ada yang memiliki zat warna
      c.   Memiliki klorofil

38. Hifa jamur yang bercabang-cabang membentuk…
      a.   Septum                                                                       d. Hifa senositik
      b.   Spora                                                              e. Haustarium
      c.   Miselium











39. Jika p = populasi bakteri dan s = kadar oksigen pada mediumnya maka grafik yang menunjukkan hubungan antara populasi bakteri dengan kadar oksigen di udara adalah…
                    
      1.         p                                                       2.       p
 





                                                  s                                                                     s

      3.        p                                                      4.       p
                                     



                                                  s                                                                s   

      5.        p    



                                                   
                                                 S
     
      a.   1                                                          d.   4
      b.   2                                                          e.   5
      c.   3

40. Bakteri Nitrosomonas adalah contoh bakteri kemoautotrof, karena dapat menyintesis makanan dengan menggunakan….
      a.   Energi cahaya matahari                                 d.  Bahan organik       
      b.   Energi fisika                                                    e.  Makhluk hidup lain
      c.   Energi kimia

41. Perhatikan gambar daur hidup basidiomycota di bawah ini:
      







     


     
   


   
      


      Basidiopra ditunjukkan pada nomor…
      a. 1                                                c. 3                                          e. 5
      b. 2                                                d. 4





42. Perhatikan gambar berikut:
     







   





      Peristiwa di atas menunjukkan…
      a.   Konjugasi bakteri
      b.   Konjugasi Paramecium
      c.   Reproduksi Aseksual pada Paramecium
      d.   Reproduksi Aseksual pada bakteri
      e.   Reproduksi Aseksual Euglena

43. Vakuola kontraktil pada Amoeba dan paramaccium berfungsi sebagai alat…
      a.   Respirasi                          c. Pencernaan                                   e. Ekskresi             
      b.   Reproduksi                       d. Peredaran makanan                             

44. Urutan tingkatan takson yang benar dari tingkat rendah ke tingkat tinggi adalah…
      a.   Spesies-genus-famili-ordo-kelas-filum
      b.   Spesies-genus-ordo-famili-kelas-filum
      c.   Spesies-genus-kelas-ordo-famili-filum
      d.   Spesies-genus-kelas-famili-ordo-filum
      e.   Spesies-filum-genus-ordo-familia-kelas

45. Ilmu yang mempelajari sifat menurun pada manusia disebut…
      a.   Sitologi         b. Patologi           c. Genetika         d. Biologi            e. Embriologi

46. Perkembangan bioteknologi banyak memanfaatkan bagian bakteri, yaitu…
      a.   Kromosom                                                      d. Spora
      b.   Plasmid                                                                       e. Mesosom
      c.   Enzim

47. Penyakit berikut yang tidak disebabkan oleh virus adalah…
      a.   AIDS                                                               d. Tipus
      b.   Herpes                                                            e. Flu burung
      c.   Cacar

48. Protista mirip jamur berbeda dengan jamur sejati, karena…
      a.   Memiliki klorofil
      b.   Cara reproduksinya mirip fungi
      c.   Cara bergeraknya pada fase vegetatifnya mirip Amoeba
      d.   Tidak memiliki klorofil
      e.   Tidak memiliki dinding sel

49. Penyakit berikut yang disebabkan oleh Protista adalah…
      a.   Sifilis                                                                d. Influenza
      b.   Gonorhoe                                                        e. Demam berdarah
      c.   Malaria

50. Cara hidup bakteri sebagaian besar bersifat heterotrof yang berarti…
      a.   Dapat berfotosintesa                                       d. Dapat membuat makanan sendiri
      b.   Hidup dari zar anorganik                                 e. Dapat mengubah anorganik menja jadi organik
      c.   Tergantung makhluk lain               





soal soal biologi kelas sepuluh semester satu

1.   Pelopor sistem klasifikasi mahluk hidup adalah ..........
a.    Charles Darwin
b.    Gregor Mendel
c.    Carolus Linnaeus
d.    Anthony van Leuwenhoek
e.    Lamarck

2.   Nama ilmiah kentang adalah Solanum tuberosum dan nama ilmiah leunca (sering digunakan untuk lalap) adalah solanum nigrum. Kedua tumbuhan ini .......
a.    Spesiesnya sama, genusnya berbeda
b.    Genusnya sama, spesiesnya berbeda
c.    Familinya sama, genusnya berbeda
d.    Berbeda spesies maupun genus
e.    Varietasnya sama

3.   Urutan tingkat takson dari yang tertinggi sampai terendah
      adalah ........
a.    Kingdom – filum / divisi – kelas – ordo – genus – famili – spesies
b.    Kingdom – filum / divisi – kelas  – famili – ordo - genus – spesies
c.    Kingdom – filum / divisi – ordo – famili – genus – spesies
d.    Kingdom, filum / divisi – ordo – kelas – genus – famili – spesies
e.    Kingdom, filum / divisi, ordo – kelas – genus spesies

4.   Alasan pemisahan jamur / Fungsi menjadi kingdom tersendiri adalah karena jamur ............
a.    Tidak memiliki dinding sel
b.    Melakukan gerak aktif
c.    Bersifat heterotrof
d.    Tidak memiliki membran inti
e.    Berkembang biak dengan spora

5.   Sistem klasifikasi lima kingdom dikembangkan oleh ........
a.    Aristoteles
b.    Carolus Linnaeus
c.    Charles Darwin
d.    Robert Hooke
e.    Robert Whittaker

6.   Dilihat dari struktur tubuh yang dimiliki oleh virus maka virus termasuk makhluk ...........
a.    Uniseluler
b.    Multiseluler
c.    Sel sederhan
d.    Ada yang uniseluler tetapi ada pula yang multiseluler
e.    Belum termasuk sel

7.   Virus dapat dianggap makhluk hidup karena memiliki ciri-ciri hidup. Ciri / gejala hidup yang terdapat pada virus adalah .........
a.    Gerak
b.    Reproduksi
c.    Metabolisme
d.    Gerak dan reproduksi
e.    Reproduksi dan metabolisme

8.   Salah satu ilmuan yang mendorong penemuan virus adalah A. Meyer (1883). Salah satu masalah yanga mendorong A. Meyer melakukan penelitian adalah .... 
a.    Adanya tanaman tembakau yang terserang penyakit mosaik sehingga merugikan petani
b.    Apa penyebab penyakit mosaik tembakau ?
c.    Apa ciri-ciri tanaman tembakau yang terserang penyakit mosaik ?
d.    Bagaimana cara mengobati tanaman yang terserang mosaik ?
e.    Penyakit mosaik tembakau akan menurunkan kualitas tembakau

9.   Contoh virus yang menaglami fase litik dan lisogenik adalah ...............
a.    Fage
b.    Ebola virus
c.    HIV
d.    Hepatitis virus
e.    Polio virus

10. Virus hanya dapat berkembang biak pada jaringan sel makhluk hidup dengan ...........
a.    Menggunakan asam nukleat sel inangnya
b.    Menggunakan mitokondria sel inangnya
c.    Mengubah inti sel inangnya
d.    Mengabsorpasi sel inangnya
e.    Menggunakan membran sel inangnya

11. Perhatikan gambar siklus reproduksi virus dibawah ini. Tahap replikasi ditunjukan oleh nomor ................
 











a.    1                      d.   4
b.    2                      e    5
c.    3

12. Reproduksi virus terdiri dari rangkaian tahap .............
a.    Pelekatan, penetrasi, replikasi dan sintesis, pematangan, pelepasan
b.    Pelekatan, penetrasi, pematangan, replikasi dan sintesis, pelepasan
c.    Pelekatan, penetrasi, pematangan, pelepasan, replikasi dan sintesis
d.    Pelekatan, penetrasi, replikasi dan sintesis, pelepasan, pematangan
e.    Pelekatan, replikasi dan sintesis, penetrasi, pematangan, pelepasan

13. HIV merupakan jenis virus yang sangat membahayakan kesehatan manusia. Virus ini menyerang ......
a.    Sistem saraf dan kulit
b.    Sistem kekebalan tubuh
c.    Sistem peredaran darah
d.    Sistem peredaran darah dan pernapasan
e.    Sistem pencernaan dan peredaran darah
 

14. Perhatikan gambar
      Bakteriofage di
      samping.
      Bagian yang
      mengandung
      materi genetik
      ditunjukan oleh .....
     
      a.   1                      d.   4
      b.   2                      e.   5
      c.   3






15. Cara pemberian nama virus berbeda dengan pemberian nama spesies makhluk hidup lainnya. Virus diberi nama dalam bahasa Inggris dan nama virus menunjukan gangnguan yang ditimbulkannya. Berikut ini adalah virus yang tidak menyerang manusia ............
a.    tobacco mozaik virus
b.    influenza virus
c.    mumps virus
d.    herpes simpleks virus
e.    poliovirus

16. Sel bakteri sama seperti sel tumbuhan karena memiliki dinding sel. Akan tetapi struktur dinding sel bakteri berbeda dengan struktur dinding sel tumbuhan karena struktur sel bakteri tersusun atas ...........
a.    lignin
b.    peptidoglikan
c.    selulosa
d.    hemiselulosa
e.    lipid

17. Perhartkan bentuk bakteri berikut.
 





      Bakteri yang berbentuk sarkina ditunjukkan oleh ................
a.    1                      d.   4
b.    2.                     e.   5
c.    3                     

18. Bacillus anthracis adalah penyebab penyakit antraks pada hewan ternak. Dari namanya dapat dipastikan bakteri tersebut berbentuk ..............
a.    bulat               d.   koma
b.    kotak               e.   spiral
c.    batang

19. bakteri ada yang memiliki kemampuan lokomosi / melakukan gerakan. Struktur sel bakteri yang menunjang kemampuan tersebut adalah ...........
a.    fimbria            d.   kapsul
b.    pilus               e.   klorosom
c.    flagelum

20. Ada beberapa bakteri yang bersifat fotoautotrof. Bakteri dengan sifat ini memiliki organel yang
      disebut .............
a.    kloroplas        d.   fimbria
b.    kloroson         e.   vakuola gas
c.    kapsul

21. Escherichia coli yang dapat hidup dengan atau tanpa adanya oksigen disebut bakteri .........
a.    anaerob obligat
b.    anaerob fakultatif
c.    aerob
d.    heterotrof
e.    autrotrof

22. Sel bakteri untuk memperbanyak diri memiliki kemampuan melakukan pembelahan biner. Apabila sel bakteri membelah setiap 10 menit sekali, pembiakan satu sel bakteri setelah 3 jam akan menghasilkan sel sejumlah ..........
a.    32                    d.   218
b.    182                  e.   23
c.    2180

23. Bakteri memiliki kemampuan untuk melakukan reproduksi secara seksual. Reproduksi seksual pada bakteri terjadi melalui ..................
a.    Perkawinan antara bakteri jantan dan betina
b.    Perkawinan yang bersifat hemafrodit
c.    Pertukaran materi  genetik / rekombinasi ...
d.    Fragmentaasi
e.    Pembelahan sel

24. Beberapa jenis Cyanobacteria dapat dianggap sebagai pupuk alam bagi tumbuhan karena dapat
      mengikat ..........
a.    Nitrogen         d.   Oksigen
b.    Karbon           e.   Sulfur
c.    Hidrogen

25. Contoh bakteri yang menyebabkan penyakit pada manusia
      adalah ...........
a.    Sulfolobus
b.    Lactobatillus bulgaricus
c.    Mycobacterium tuberculosis
d.    Nitrosomonas
e.    Pseudomonas solanacearum

26. Bakteri yang memilki flagela diseluruh permukaan selny disebut bakteri ................
a.    monotrika      d.   politrika
b.    amfitrika         e.   peritrika
c.    lofotrika

27. Bakteri yang mempunyai bentuk bulat dan memiliki susunan seperti sekelompok buah anggur
      disebut ..........
a.    diplokokus     d.   strepokokus
b.    sarkina           e.   monokokus
c.    stafilokokus

28. Salah satu jenis bakteri yang memiliki bentuk batang adalah ........
a.    Clostridium tetani
b.    Treponema pollidium
c.    Vibrio coma
d.    Nitrosococcus sp.
e.    Streptococcus lactis

29. Organisme fotoautotrof mendapatkan sumber karbon organic yang berasal dari...............
a.    CO2               
b.    Cahaya matahari
c.    Senyawa organic
d.    senyawa organic
e.    proses oksidasi

30. Methanobacterium akan hidup baik pada lingkungan yang anaerob dan akan mati jika terdapat O2 pada habitatnya. Hal tersebut memperlihatkan bahwa organisme tersebut bersifat ...............
a.    aerob abligat
b.    aerob fakultatif
c.    anaerob obligat
d.    aerob fakultatif
e.    tripoblstik

31. Nitrosomonas merupakan organisme kemoorganotrof yang mampu mengoksidasi amoniak (NH3) menjadi .......
a.    nitrat               d.   nitrioksida
b.    nitrit                e.   amonium
c.    amida

32. Nitrobacter merupakan bakteri kemoautotrof yang dapat mengoksidasi .........
a.    nitrat menjadi nitrit
b.    nitrit menjadi nitrat
c.    amonia menajadi nitrit
d.    nitrit menjadi amonia

33. Acetobacter xylinum adalah bakteri yang digunakan untuk ............
a.    penghasilan antibiotik
b.    pembuatan yakult
c.    pembuatan nata de-coco
d.    pembuatan kecap
e.    penghasil protein sel tunggal
34. Bakteri eschericia coli yang hidup bersimbiosis pada usus tebal manusia berperan dalam pembentukan vitamin ……
a.    vitamin A       d.   vitamin B
b.    vitamin C       e.   vitamin D
c.    vitamin K

35. Kelompok penyakit yang disebabkan oleh bakteri pada manusia
      dalah ..........
a.    tetanus, campak, disentri, cacar
b.    sifilis, lepra, pes, kolera
c.    TBC, antrax, influenza, tifus
d.    Malaria, gonorhoe, morbili, pneuumonia
e.    Rabies, difteri, hondong, trakhom

36. Mikologi merupakan cabang biologi yang mengkaji …….
a.    virus               d.   sel
b.    jaringan         e.   protista
c.    jamur

37. Cabang-cabang Biologi berikut ini berkaitan dengan dunia kedokteran, kecuali ........
a.    ekologi           d.   mikrobiologi
b.    genetika         e.   fisiologi
c.    virologi

38. Cabang biologi yang memegang peranan penting dalam penelitian mengenai cacat lahir pada bayi adalah .......
a.    genetika         d.   patologi
b.    sitologi           e.   sanitasi
c.    embriologi

39. Suatu daerah terserang wabah muntaber, Penyebab penyakit ini dipelajari dalam cabang biologi yang disebut ...........
a.    virologi           d.   patologi
b.    bakteriologi   e.   sanitasi
c.    parasitologi

40. Seorang siswa sangat tertarik pada pelajaran biologi. Dia berharap dimasa depan akan dapat mengembangkan tanaman nanas sehingga menghasilkan nanas jenis baru dengan berbagai rasa.
      Untuk mewujudkan cita-cita tersebut sebaiknya masuk ke jurusan ............
a.    biologi
b.    pertanian
c.    teknologi pangan
d.    botani
e.    bioteknologi
41. Biologi sebagai ilmu memiliki objek kajian berupa berbagai permasalahan mahluk hidup dalam berbagai tingkat organisasi. Fenomena / kejadian berikut ini yang bukan merupakan objek kajian biologi adalah .........
a.    mangga mentah menjadi manis dan berwarna merah ketika masak
b.    bangkai tikus berbau busuk setelah beberapa hari
c.    kandaungan mineral dalam batuan
d.    ada berbagai benda kecil yang bergerak aktif pada pengamatan air kolam dengan menggunakan mikroskop
e.    pembuatan bir

42. Sel-sel yang serupa dan memiliki fungsi yang khusus membentuk .......
a.    jaringan         d.   komunikasi
b.    organ              e.   bioma
c.    individu

43. Berikut ini tabel hasil panen kacang tanah dari hasil penelitian :          
Hasil Panen Kacang Tanah (kg)
Petak I
(diberi pupuk kandung)
Petak II
(diberi pupuk NPK)
Petak III
(tidak diberi pupuk)
38,5
42,3
20,4
      Dari hasil panen tersebut kesimpulan yang tidak sesuai adalah ........
a.    pemberian pupuk meningkatkan hasil panen
b.    penggunaan pupuk NPK memberikan hasil panen yang lebih banyak daripada pupuk kandang
c.    ukuran biji kacang pada tanaman yang dipupuk lebih besar daripada yang tidak dipupuk
d.    penggunaan pupuk kandang memberikan hasil panen lebih baik daripada tanpa pemupukan
e.    untuk meningkatkan hasil panen perlu dilakukan pemupukan

44. Berikut ini adalah sikap ilmiah yang harus diterapkan oleh setiap ilmuan, kecuali ..........
a.    jujur terhadap fakta
b.    bertanggung jawab
c.    disiplin dan tekun]
d.    melakukan penelitian untuk kepentingan sendiri
e.    peduli terhadap lingkungan

45. Cara pengelompokan nerdasarkan ciri morfologi disebut .......
a.    klasifikasi sistem alami
b.    klasifikasi sistem buatan
c.    klasifikasi sistem filogeni
d.    klasifikasi sistem evolusi
e.    taksonomi

46. Seorang peneliti tumbuhan melakukan survey lapangan untuk mengenali berbagai tumbuhan yang hidup disuatu tempat. Ia mengumpulkan spesimen tumbuhan yang ada dan memasukannya kedalam empat kantung yang diberi nama pohon, semak, perdu dan herb. Kegiatan ini dapat dianggap klasifikasi .............
a.    buatan
b.    alami
c.    filogeni
d.    buatan dan alami
e.    alami dan filogeni

47. Penamaan suatu mahlik hidup dengan menggunakan dua kata disebut ......
a.    sistem tata nama ganda
b.    takson
c.    dikotomi
d.    taksonomi
e.    nama genus

48. Nama ilmiah pisang adalah Musaparadisiaca L. Hurf L artinya adalah .........
a.    nama genus
b.    nama spesies
c.    penunjuk spesies
d.    singkatan nama orang yang pertama mengidentifikasi
e.    nama famili                 



soal soal biologi kelas x semseter dua
1 .   Makhluk hidup dan faktor abiotik pada suatu lingkungan merupakan suatu kesatuan yang saling berinteraksi, disebut .....
       a. komunites                         c.   habitat                                  e.   populasi
       b. ekosistem                          d.   biomassa     
      
2     Berikut ini adalah faktor‑faktor lingkungan
       1. Salinitas                             3.   Predator                               5.   Detritivor
       2. PH                                     4.   Topografi                              6.   Decomposer
       Yang termasuk kedalam faktor biotik adalah....
       a. 1 – 2 ‑ 4                             c.   2 – 5 ‑ 6                                e.   4 – 5 ‑ 6
       b, 2 – 3 ‑ 5                             d.   3 – 5 ‑ 6

3     Semua macam spesies yang terdapat dalam suatu habitat disebut...
       a. populasi                             c.   komunitas                            e.   ekosistem
       b. bioster                               d.   bioma          
      
4.    Di bawah ini adalah macam‑macam bioma
       1. Hutan hujan tropis             3.   Gurun                                   5.   Tundra
       2. Taiga                                 4.   Padang rumput                    6.   Hutan gugur
       Urutan bioma mulai dari katulistiwa menuju kutub adalah...
       a. 1 – 2 – 3 – 4 – 5 – 6           c.   2 – 3 – 4 – 1 – 6 – 5             e.   4 – 3 – 1 – 2  -  5 – 6
       b. 1 – 4 – 3 – 5 – 6 – 2          d.   3 – 4 – 1 – 6 – 2 – 5
      
5.    Dalam suatu ekosistem kolam terdapat :
       1.  Hewan karnivora              3.   Plankton                               5.   Herbivora
       2. Bakterj pengurai                4.   Zat organik
       Dan komponen ekosistem tersebut dapat disusun suatu mata rantai makanan yang susunannya sebagai berikut :
       a. 4 – 2 – 3 – 5 – 1                c.   5 – 3 – 1 – 2 – 4                   e.   5 – 2 – 1 – 4 – 3
       b. 4 – 3 – 5 – 1 – 2                d.   4 – 5 – 1 – 2 – 3  
        
6.    Dari suatu ekosistem kolam, terdapat sejenis Alga yang berwarna biru, menempel pada batu, bersel satu, klorofilnya tersebar. Berdasarkan ciri‑cirinya, Alga tersebut berperan sebagai ....
       a. konsumen I                       c.   pupuk dalam air                   e.   perlindungan organisme lain.
       b. konsumen II                      d.   tumbuhan perintis

7.    Pada sebidang ladang terdapat komponen‑komponen sebagai berikut :
       I.   Tanaman jagung               III. Ulat                                       V.   Ayam
       II. Burung kecil                      IV. Tikus                                    VI. Ular
       Komponen‑komponen ini akan merupakan kehidupan saling ketergantungan bila tersusun dalam rantai makanah, yakni ......
       a. I – II – III – IV – V              c.   I – III – II – IV – VI                e.   I – IV – VI
       b. I – III – V – IV                    d.   I – II – IV – V
        
8.    Hubungan antara nyamuk dan cecak termasuk hubungan .....
       a.  mutualisme                       c.   antiblosis                              e.   preclasi
       b. komensalisme                   d.   kompetisi

9.    Dalam hal manakah manusia hidupnya tergantung pada tumbuhan?
       a. sumber mineral                 c.   menceqah polusi                       e.   sumber O2
       b. sumber industri                 d.   pengikat CO2    

10.  Perhatikan diagram berikut !
      
       Dari bagian jaring‑jaring makanan di atas, burung merupakan.....
       a. konsumen 1                      c.   konsumen 3                         e.   bukan konsumen 2 dan 3
       b. konsumen 2                      d.   konsumen 2 dan 3              

11.  Suatu tipe interaksi, yang mana dari interaksi tersebut yang satu memperoleh keuntungan dan yang satu hilang dinamakan ....
       a. mutualisme                       c.   kompetisi                              e.   parasitisme.
       b. komensalisme                   d.   predasi
      
12   Dalam ekosistem air, terdapat interaksi antara hiu dan ikan remora yang dikenal dengan tipe komensalisme, yaitu ....
       a. hiu dan remora saling menguntungkan                              
       b.  remora mendapatkan keuntungan dan hiu tidak dirugikan      
       c. hiu sebagai pemakan remora yang bertubuh kecil
       d. torjadi perebutan makanan antara hiu dan remora
       e. remora memperoleh makanan dari dalam tubuh hiu

13.  Suatu tipe interaksi, yang mana dari interaksi tersebut kedua spesies memperoleh keuntungan dinamakan ....
       a. mutualisme                       c.   kompetisi                              e.   Parasitisme.
       b. komerisalisme                   d.   predasi

14.  Peranan dekomposer bagi kesuburan tanah ialah ....
       a. mengikat N2 dari tanah dan udara              
       b.  mengurai zat organic menjadi anorganik   
       c.  mengikat N2 dan merubahnya menjadi N dalam senyawa anorganik
       d.  mengikat N menjadi zat anorganik
       e.  mengurai zat organic menjadi N dalam senyawa anorganik


15.  Pembasmian burung‑burung pengganggu pertanian ternyata menimbulkan masalah baru bagi petani, karena ....
       a. hilangnya kicau burung yang merdu
       b. berkurang pupuk dari kotoran burung
       c. populasi ulat pengganggu meningkat
       d. sumber protein hewani berkurang
       e. produksi menurun karena penyerbukan kurang.
 
 

16. 








      
      


       Berdasarkan skema jaring‑jaring makanan ini, apabila populasi udang berkurang atau punah, akan mengakibatkan
       a. fitoplankton berkurang      d.   bakteri saprofit bertambah
       b. zooplankton berkurang     e.   ikan besar bertambah.
       c. ikan kecil berkurang

 
17. 









       Hutan yang dijadikan area permukiman akan menimbulkan suatu dampak, seperti yang terlihat pada gambar di atas. Kemungkinan besar dampak yang tinggi adalah ....
       a. keseimbangan air terganggu                       d.   kelestarian spesies terganggu
       b. sumber perekonomian kurang                    e.   hutan menjadi gundul.
       c. erosi mudah terjadi

18.  Permukaan danau yang tertutup oleh eceng gondok akan menyebabkan biota yang dibawahnya tidak dapat hidup, karena .......
       a. penetrasi cahaya matahari ke dalam air kurang
       b. kandunganCO2 di dalam air banyak
       c. kandungan O2 dalam air banyak
       d. kandungan CO2 di dalam air sedikit
       e. kandungan O2 dalam pir kurang

19.  Berikut ini adalah perubahan lingkungan akibat campur tangah manusia, kecuali .....
       a. menangkap ikan dengan pukat harimau
       b. penebangan pohon secara liar
       c. kemarau panjang yang mengakibatkan kebakaran
       d. pengeringan rawa‑rawa untuk lahan pertanian
       e. mendirikan industri

20. Penebangan hutan yang tidak terencana dengan tepat menyebabkan makhluk hidup menderita sebab ....
       a. kayu untuk bahan bangunan akan berkurang
       b. makhluk hidup sangat tergantung kepada hutan
       c.  saat hujan turun, air tak dapat menahan lapisan tanah
       d.  sumber devisa bagi Negara akan berkurang
       e.  semua hewan/tumbuhan langka akan musnah
21.  Pembuangan sampah organik kedalam bahan‑bahan yang seperti sungai atau danau dapat mengakibatkan pertumbuhan alga tak terkendali (blooming). HaL ini disebabkan penumpukan mineral yang disebut .....
       a. nitrifiakasi                          c.   desimilasi                             e.   mineralisasi
       b. eutrofikasi                         d.   amonifikasi

 
22. 





      
           
           



      




       Meningkatnya kerusakan hutan akibat penebangan secara liar tanpa penanaman kembali mengakibatkan menurunnya produktivitas hutan. Hal ini dapat terlihat pada grafik ....
       a.  (1)                                      c.   (3)                                         e.   (5)
       b.  (2)                                      d.   (4)

 
23. 
















       Berdasarkan gambar tersebut di atas, aliran energi terjadi dari ….
       a. diatomae  ‑‑‑  krustacea  ‑‑‑  kamivora  ‑‑‑  zooplankton
       b . diatomae  ‑‑‑  ikan‑ikan kccil  ‑‑‑  ikan‑ikan besar  ‑‑‑  burung laut
       c.  krustacea  ‑‑‑  diatomae  ‑‑-  zooplankton  ‑-‑  kamivora
       d.  saprofit  ‑‑‑  cumi‑cumi  ‑‑‑  ikan‑ikanlecil  ‑‑‑  burunglaut
       e.  zooplankton  ‑‑‑  paus biru  ‑‑‑  krustacea  ‑‑‑  paus pembunuh.
 
 

24.  Perhatikan gambar piramIda di samping!
       Piramida di‑samping merupakan ….

       a. piramida jumlah               
       b. piramida energi
       c. piramida, blomassa                
       d. piramida berat
       e. piramida ekologi            



25.  Dalam suatu piramida ekologi, kedudukan paling bawah ditempati oleh ….
       a.  karnivora                           c.   produsen                              e.   omnivore
       b.  konsumen                         d.   herbivore

 
26. 










       Berdasarkan bagan ekosistem air laut di atas, macam biota yang sesuai menempati daerah D adalah ....
       a.  konsumen ll, konsumen I                             d.   konsumen I, produsen
       b. konsumen II, dekomposer                            e.   konsumen I, dekomposer. (EBTANAS 92)
       c. konumen II, produsen

27.  Perhatikan bagan suksesi khas darat ini.       
       Urutan suksesi komunitas. yang benar adalah
       a.  1, 2, 3, 4, 5,                       c.   2, 3, 49 2, 1                          e.   3,2,4,2,1
       b. 2, 3,1, 4, 5                         d.   3,2,1,4,5
      

28. Ekosistem alami dapat mengalami kerusak,an dan membentuk ekosistem suksesi primer. Salah satu penyebab kerusakan  tersebut adalah ….
       a. penebangan habis hutan                              d.   timbunan dan lahar gunung berapi
       b.  pembakaran hutan berulang-ulang              e.   penebangan dan pembakaran hutan
       c.  perladangan berpindah-pindah
 
 


29. Bagian yang berlabel x dan y adalah  ….

       a. ekskresi dan pembusukan
       b. nitrifikasi dan denitrifikasi 
       c. amonifikasi dan nitrifikasi
       d. fotosintesis dan respirasi                        ­
       e. respirasi dan fotosintesis
      


30.  Perhatikan skema jaring‑jaring makanan di bawah ini !
       Jika populasi zooplankton berkurang, akan diikuti
 
       penurunan populasi ....

       a. ikan besar
       b.  lkan kecil
       c.  udang
       d.  pengurai
       e.  fitoplankton
           





31.  Peruhahan lingkungan dapat terjadi karena perbuatan manusi, seperti yang terjadi di Pantai Kampung Laut Cilacap dengan membabat hutan bakau untuk tambak ikan. Sebagai akibat pembabatan hutan bakau adalah …..
       a. populasi ikan besar meningkat karena arealnya lebih luas
       b. populasi ikan besar menurun, karena kehilangan tempat berteduh
       c.  populasi udang besar meningkat, karena leblh leluasa mencari tempat tinggal
       d. populasi udang kecil menurun, karena tidak bisa mencari makanan yang menempel pada akar bakau
       e. penduduk Kampung Laut Cilacap secara m.endadak terserang wabah muntaber

32. Gas CFC masuk ke stratosfir dan merusak lapisan ozon yang berfungsi sebagai penyaring radiasi ultraviolet dari cahaya matahari. Jika intensitas radiasi ultraviolet bertambah, Maka dapat menyebabkan ....
      a. kanker kulit                       c.   penyakit pernapasan        e.   logam muclah berkarat
      b. kerusakan hb                    d.   kenaikan suhu

33. Efek rumah kaca merupakan masalah lingkungan yang berbahaya karena dapat menaikan ......
      a. kadar C02 atmosfer          c.   kadar bahan pencemaran e. kadar partikel udara
      b. suhu lingkungan                d.   kelembaban udara                 
     

34. Aktivitas manusia ygng dapat menimbulkan gangguan keseimbangan lingkungan adalah...
      a. lading berpindah dan pertanian monokultur.
      b. portanian organik dan hidroponik                                    
      c. kultur jaringan dan radiasi induksi
      d. rotasi tanaman dan pembakaran hutan
      e. menjaring ikan dengan sistem pukat  harimau

35. Dalarn ekosistem air tawar terjadi pencemaran DDT, maka urutan kandungan DDT. dari yang terkecil sampai yang terbesar adalah .....
      a. fitoplankton ‑ zooplankton ‑ ikan kecil ‑ ikan besar
      b. zooplankton ‑ fitoplankton ‑ ikan kecil - ikan besar
      c. ikan kecil ‑ fitoplankton ‑ zooplankton ‑ ikan, besar
      d . ikan kecil ‑ ikan beser – zooplankton - fitoplankton
      e. ikan besar – ikan kecil – zooplankton - fitoplankton
     
36. Contoh penerapan yang benar dalam kehidupan seharl‑hari menurut prinsip etika lingkungan manusia sebagai bagian dari lingkungan adalah.....
      a. menghemat penggunaan bahan baker
      b.  mengolah sumber daya alam semaksimal mungkin
      c.  memelihara burung peliharaan dalam sangkar yang indah
      d. mengolah.limbah sebelum dibuang ke lingkungan
      e. menghemat penggunaan air minum dan listrik di rumah

37. Dewasa ini banyak dijumpai tanah kritis, karena banyak menebang kayu sccara liar untuk perluasan areal pertanian. Oleh karena itu pemerintah mengadakan peraturan tentang penebangan kayu. Yang boleh ditebang hanya pohon‑pohon yang mempunyai ketinggian tertentu. Tujuannya adalah agar ....
      a. kayu yang ditebang cukup umur                                           
      b. melindungi butan
      c. mendapatkan kayu yang berukuran sama
      d. tinggi kayu di hutan dapat rata
      e. penebang kayu puas dengan kayu‑kayu yang ditebangnya.









38. Manakah di antara bentuk grafik di bawah ini yang menunjukkan akibat eksploitasi secara tak terkendali terhadap sumber daya alam vang tak terbarukan?
     
                  a                             b                           c                          d                            e
            Keterangan :
            Sumbu x = exploitasi
            Sumbu y = sumber daya alam

39. Penggunaan DDT yang berlebihan dapat menyebabkan pencemaran air atau tanah. Berikut ini      merupakan sifat DDT dalem pencemaran, Kecuali...
      a. sukar diuraikan
      b.  larut dalam lemak
      c. dapat merusak jaringan tubuh
      d. tidak dapat masuk pada plankton­
      e. dapat pindah ke dalam tubuh organisme lain

40.  Komponen‑komponen yang terdapat dalam suatu ekosistem terdiri atas: senyawa anorganik, plankton, ikan, burung pemakan ikan, dan guano.
      Jika terjadi pengambilan ikan secara besar‑besaran, akibat yang timbul adalah ....
      a. penurunan kadar senyawa anorganik penaikan populasi burung
      b.  penaikan populasi plankton, kenaikan kadar senyawa anorganik
      c.  penaikan popolasi burung, penaikan populasi plankton
      d.  penaikan populasi burung, penaikan populasi plankton
      e.  penurunan populasi burung, penaikan populasi plankton

41. Suatu zat atau benda dikatakan polutan apabila ......
       a.  jumlahnya melebihi normal dan berada pada waktu yang tidak tepat
       b.  berada pada tempat yang tidak semestinya
       c.  jumlahnya melebihi normal, berada pada waktu yang tidak tepat, dan berada pada tempat yang tidak semestinya
       d.  jumlahnya melebihi normal
       e.  berada pada tempat yang tidak semestinya, jumlahnya kurang dari normal

42. Dibawah ini terdapat macam‑macam bahan :
       1.  CFC
       2. uap air hasil pembakaran
       3. SO2
       4. kulit pisang yang dibuang di jalan raya
       5. pembusukan daun yang gugur
       6. Kaleng kosong yang dibuang di tempat terpencil
       Bahan yang menyebabkan polusi ......
       a. 1 – 2 – 3                             c.   1 – 3 – 6                            e.   4 – 5 – 6
       b. 1 – 3 – 5                             d.   2 – 4 – 5

43. Tragedi Minamata di Jepang disebabkan pencem'aean logam berat....
       a. Pb                                      c.   CN                                     e. Zn
       b. Hg                                     d.   Cu
     
44. Jika suatu kawasan telah mengalami polusi udara yang parah maka pada kawasan tersebut tidak akan dijumpai ......
      a. alga                                   c.   paku‑pakuan                     e.   bakteri
      b. lichenes                             d.   rumput                              
     
45. Polusi air dapat diidentifikasi dengan cara sebagai berikut, kecuali ….
       a. mengukur populasi bakteri                       d.   menguji kahdungan oksigen
       b. menguji kecepatan allran sungai              e.   menguji kandungen bahan organik
       c. menguji tingkat kekeruhan air



46. Tujuan penghijauan yang dilakukan di kota‑kota besar adalah .....
       a. mempertinggi suhu udara                         d.   mempertinggi kadar oksigen di udara
       b.  mempertinggi kadar CO2 di udara           e.   mempertinggi penghasilan penduduk
       c   mempertinggi kadar kelembaban udara

47. Sampah plastik tidak dapat diuraikan oleh mikroorganisme. Untuk memperkecil kadar polusinya dapat dilakukan dengan cara.....
       a. menghindari produksi bahan jadi dari bahan baku plastik
       b. sampah plastik didaur ulang
       c. melarang masyarakat menggunakan plastik
       d. mengumpulkan sampah plastik dan ditempatkan di lokasi yang aman
       e. membakar sampah, plastik
     
48. Salah satu cara yanq termasuk perlindungan terhadap margasatwa langka adalah ....
      a. mengadakan perburuan hewan langka di hutan
      b.  meningkatkan pendapatan penduduk setempat
      c.  memberikan penyuluhan kepada masyarakat
      d.  memelihara hewan piaraan di rumah
      e.  mengadakan lomba kicau burung

49. Salah satu cara penanggulangan pencemaran air yang merupakan dampak kemajuan IPTEK adalah....
       a. membatasi penggunaan bahan‑bahan kimla
       b. mengolah limbah sebelum dibuang ke sungai
       c. menutup industri‑industri bahan kimia
       d. memberi sanksi kepada pengusaha industri
       e. membuang limbah sedikit demi sedikit
     
50.  Perhatikanlah tindakan di bawah ini :
       1.  Perlengkapan di hutan                              4.   Pembatasan penebang
       2.  Tebang pilih                                               5.   Mengekspor kayu glondongan
       3.  Reboisasi
      Langkah-langkah pengawetan hutan yang dilakukan bila hutan dibudidayakan hasilnya adalah ….
       a.  1,3,5                                  c.   2,3,4                                  e.   1,4,5
       b.  1,2,3                                  d.   1,3,5





soal soal biologi kelas x semester 1 lengkap
1.    Histologi merupakan cabang biologi yang mengkaji …….
a.    Kehidupan pada tingkat sel
b.    Kehidupan pada tingkat jaringan
c.    Kehidupan pada tingkat organ
d.    Kehidupan pada tingkat system organ
e.    Kehidupan pada tingkat tingkat individu.

2.    Mikologi merupakan cabang biologi yang mengkaji …….
a.    virus               d.   sel
b.    jaringan         e.   protista
c.    jamur

3.   Cabang-cabang Biologi berikut ini berkaitan dengan dunia kedokteran, kecuali ........
a.    ekologi           d.   mikrobiologi
b.    genetika         e.   fisiologi
c.    virologi

4.   Cabang biologi yang memegang peranan penting dalam penelitian mengenai cacat lahir pada bayi adalah .......
a.    genetika         d.   patologi
b.    sitologi           e.   sanitasi
c.    embriologi
5.   Suatu daerah terserang wabah muntaber, Penyebab penyakit ini dipelajari dalam cabang biologi yang disebut ...........
a.    virologi           d.   patologi
b.    bakteriologi   e.   sanitasi
c.    parasitologi

6.   Seorang siswa sangat tertarik pada pelajaran biologi. Dia berharap dimasa depan akan dapat mengembangkan tanaman nanas sehingga menghasilkan nanas jenis baru dengan berbagai rasa.
      Untuk mewujudkan cita-cita tersebut sebaiknya masuk ke jurusan ............
a.    biologi
b.    pertanian
c.    teknologi pangan
d.    botani
e.    bioteknologi

7.   Biologi sebagai ilmu memiliki objek kajian berupa berbagai permasalahan mahluk hidup dalam berbagai tingkat organisasi. Fenomena / kejadian berikut ini yang bukan merupakan objek kajian biologi adalah .........

a.    mangga mentah menjadi manis dan berwarna merah ketika masak
b.    bangkai tikus berbau busuk setelah beberapa hari
c.    kandaungan mineral dalam batuan
d.    ada berbagai benda kecil yang bergerak aktif pada pengamatan air kolam dengan menggunakan mikroskop
e.    pembuatan bir

8.   Sel-sel yang serupa dan memiliki fungsi yang khusus membentuk .......
a.    jaringan         d.   komunikasi
b.    organ              e.   bioma
c.    individu

9.   Berikut ini tabel hasil panen kacang tanah dari hasil penelitian :
     
Hasil Panen Kacang Tanah (kg)
Petak I
(diberi pupuk kandung)
Petak II
(diberi pupuk NPK)
Petak III
(tidak diberi pupuk)
38,5
42,3
20,4
     
      Dari hasil panen tersebut kesimpulan yang tidak sesuai adalah ........
a.    pemberian pupuk meningkatkan hasil panen
b.    penggunaan pupuk NPK memberikan hasil panen yang lebih banyak daripada pupuk kandang
c.    ukuran biji kacang pada tanaman yang dipupuk lebih besar daripada yang tidak dipupuk
d.    penggunaan pupuk kandang memberikan hasil panen lebih baik daripada tanpa pemupukan
e.    untuk meningkatkan hasil panen perlu dilakukan pemupukan

10. Berikut ini adalah sikap ilmiah yang harus diterapkan oleh setiap ilmuan, kecuali ..........
a.    jujur terhadap fakta
b.    bertanggung jawab
c.    disiplin dan tekun]
d.    melakukan penelitian untuk kepentingan sendiri
e.    peduli terhadap lingkungan




11. Cara pengelompokan nerdasarkan ciri morfologi disebut .......
a.    klasifikasi sistem alami
b.    klasifikasi sistem buatan
c.    klasifikasi sistem filogeni
d.    klasifikasi sistem evolusi
e.    taksonomi

12. Seorang peneliti tumbuhan melakukan survey lapangan untuk mengenali berbagai tumbuhan yang hidup disuatu tempat. Ia mengumpulkan spesimen tumbuhan yang ada dan memasukannya kedalam empat kantung yang diberi nama pohon, semak, perdu dan herb. Kegiatan ini dapat dianggap klasifikasi .............
a.    buatan
b.    alami
c.    filogeni
d.    buatan dan alami
e.    alami dan filogeni

13. Penamaan suatu mahlik hidup dengan menggunakan dua kata disebut ......
a.    sistem tata nama ganda
b.    takson
c.    dikotomi
d.    taksonomi
e.    nama genus

14. Nama ilmiah pisang adalah Musaparadisiaca L. Hurf L artinya adalah .........
a.    nama genus
b.    nama spesies
c.    penunjuk spesies
d.    singkatan nama orang yang pertama mengidentifikasi
e.    nama famili

15. berdasarkan sistem tata nam ganda, cara penulisan yang benar untuk nama jenis kelapa adalah ............
a.    Cocos nucifera L.
b.    Cocos Nucifera L.
c.    Cocos N.L.
d.    cocos Nucifera L.
e.    cocos nucifera L.

16. Pelopor sistem klasifikasi mahluk hidup adalah ..........
a.    Charles Darwin
b.    Gregor Mendel
c.    Carolus Linnaeus
d.    Anthony van Leuwenhoek
e.    Lamarck


17. Nama ilmiah kentang adalah Solanum tuberosum dan nama ilmiah leunca (sering digunakan untuk lalap) adalah solanum nigrum. Kedua tumbuhan ini .......
a.    Spesiesnya sama, genusnya berbeda
b.    Genusnya sama, spesiesnya berbeda
c.    Familinya sama, genusnya berbeda
d.    Berbeda spesies maupun genus
e.    Varietasnya sama

18. Urutan tingkat takson dari yang tertinggi sampai terendah
      adalah ........
a.    Kingdom – filum / divisi – kelas – ordo – genus – famili – spesies
b.    Kingdom – filum / divisi – kelas  – famili – ordo - genus – spesies
c.    Kingdom – filum / divisi – ordo – famili – genus – spesies
d.    Kingdom, filum / divisi – ordo – kelas – genus – famili – spesies
e.    Kingdom, filum / divisi, ordo – kelas – genus spesies

19. Alasan pemisahan jamur / Fungsi menjadi kingdom tersendiri adalah karena jamur ............
a.    Tidak memiliki dinding sel
b.    Melakukan gerak aktif
c.    Bersifat heterotrof
d.    Tidak memiliki membran inti
e.    Berkembang biak dengan spora

20. Sistem klasifikasi lima kingdom dikembangkan oleh ........
a.    Aristoteles
b.    Carolus Linnaeus
c.    Charles Darwin
d.    Robert Hooke
e.    Robert Whittaker

21. Dilihat dari struktur tubuh yang dimiliki oleh virus maka virus termasuk makhluk ...........
a.    Uniseluler
b.    Multiseluler
c.    Sel sederhan
d.    Ada yang uniseluler tetapi ada pula yang multiseluler
e.    Belum termasuk sel

22. Virus dapat dianggap makhluk hidup karena memiliki ciri-ciri hidup. Ciri / gejala hidup yang terdapat pada virus adalah .........

a.    Gerak
b.    Reproduksi
c.    Metabolisme
d.    Gerak dan reproduksi
e.    Reproduksi dan metabolisme

23. Salah satu ilmuan yang mendorong penemuan virus adalah A. Meyer (1883). Salah satu masalah yanga mendorong A. Meyer melakukan penelitian adalah .... 
a.    Adanya tanaman tembakau yang terserang penyakit mosaik sehingga merugikan petani
b.    Apa penyebab penyakit mosaik tembakau ?
c.    Apa ciri-ciri tanaman tembakau yang terserang penyakit mosaik ?
d.    Bagaimana cara mengobati tanaman yang terserang mosaik ?
e.    Penyakit mosaik tembakau akan menurunkan kualitas tembakau

24. Contoh virus yang menaglami fase litik dan lisogenik adalah ...............
a.    Fage
b.    Ebola virus
c.    HIV
d.    Hepatitis virus
e.    Polio virus

25. Virus hanya dapat berkembang biak pada jaringan sel makhluk hidup dengan ...........
a.    Menggunakan asam nukleat sel inangnya
b.    Menggunakan mitokondria sel inangnya
c.    Mengubah inti sel inangnya
d.    Mengabsorpasi sel inangnya
e.    Menggunakan membran sel inangnya

26. Perhatikan gambar siklus reproduksi virus dibawah ini. Tahap replikasi ditunjukan oleh nomor ................
 











a.    1                      d.   4
b.    2                      e    5
c.    3
27. Reproduksi virus terdiri dari rangkaian tahap .............
a.    Pelekatan, penetrasi, replikasi dan sintesis, pematangan, pelepasan
b.    Pelekatan, penetrasi, pematangan, replikasi dan sintesis, pelepasan
c.    Pelekatan, penetrasi, pematangan, pelepasan, replikasi dan sintesis
d.    Pelekatan, penetrasi, replikasi dan sintesis, pelepasan, pematangan
e.    Pelekatan, replikasi dan sintesis, penetrasi, pematangan, pelepasan

28. HIV merupakan jenis virus yang sangat membahayakan kesehatan manusia. Virus ini menyerang ......
a.    Sistem saraf dan kulit
b.    Sistem kekebalan tubuh
c.    Sistem peredaran darah
d.    Sistem peredaran darah dan pernapasan
e.    Sistem pencernaan dan peredaran darah
f.    
 

29. Perhatikan gambar
      Bakteriofage di
      samping.
      Bagian yang
      mengandung
      materi genetik
      ditunjukan oleh .....

30. Cara pemberian nama virus berbeda dengan pemberian nama spesies makhluk hidup lainnya. Virus diberi nama dalam bahasa Inggris dan nama virus menunjukan gangnguan yang ditimbulkannya. Berikut ini adalah virus yang tidak menyerang manusia ............
a.    tobacco mozaik virus
b.    influenza virus
c.    mumps virus
d.    herpes simpleks virus
e.    poliovirus

31. Sel bakteri sama seperti sel tumbuhan karena memiliki dinding sel. Akan tetapi struktur dinding sel bakteri berbeda dengan struktur dinding sel tumbuhan karena struktur sel bakteri tersusun atas ...........
a.    lignin
b.    peptidoglikan
c.    selulosa
d.    hemiselulosa
e.    lipid

32. Perhartkan bentuk bakteri berikut.
 





      Bakteri yang berbentuk sarkina ditunjukkan oleh ................
a.    1                      d.   4
b.    2.                     e.   5
c.    3                     

33. Bacillus anthracis adalah penyebab penyakit antraks pada hewan ternak. Dari namanya dapat dipastikan bakteri tersebut berbentuk ..............
a.    bulat               d.   koma
b.    kotak               e.   spiral
c.    batang

34. bakteri ada yang memiliki kemampuan lokomosi / melakukan gerakan. Struktur sel bakteri yang menunjang kemampuan tersebut adalah ...........
a.    fimbria            d.   kapsul
b.    pilus               e.   klorosom
c.    flagelum

35. Ada beberapa bakteri yang bersifat fotoautotrof. Bakteri dengan sifat ini memiliki organel yang
      disebut .............
a.    kloroplas        d.   fimbria
b.    kloroson         e.   vakuola gas
c.    kapsul

36. Escherichia coli yang dapat hidup dengan atau tanpa adanya oksigen disebut bakteri .........
a.    anaerob obligat
b.    anaerob fakultatif
c.    aerob
d.    heterotrof
e.    autrotrof

37. Sel bakteri untuk memperbanyak diri memiliki kemampuan melakukan pembelahan biner. Apabila sel bakteri membelah setiap 10 menit sekali, pembiakan satu sel bakteri setelah 3 jam akan menghasilkan sel sejumlah ..........
a.    32                    d.   218
b.    182                  e.   23
c.    2180

38. Bakteri memiliki kemampuan untuk melakukan reproduksi secara seksual. Reproduksi seksual pada bakteri terjadi melalui ..................
a.    Perkawinan antara bakteri jantan dan betina
b.    Perkawinan yang bersifat hemafrodit
c.    Pertukaran materi  genetik / rekombinasi ...
d.    Fragmentaasi
e.    Pembelahan sel

39. Beberapa jenis Cyanobacteria dapat dianggap sebagai pupuk alam bagi tumbuhan karena dapat
      mengikat ..........
a.    Nitrogen         d.   Oksigen
b.    Karbon           e.   Sulfur
c.    Hidrogen

40. Contoh bakteri yang menyebabkan penyakit pada manusia
      adalah ...........
a.    Sulfolobus
b.    Lactobatillus bulgaricus
c.    Mycobacterium tuberculosis
d.    Nitrosomonas
e.    Pseudomonas solanacearum

41. Bakteri yang memilki flagela diseluruh permukaan selny disebut bakteri ................
a.    monotrika      d.   politrika
b.    amfitrika         e.   peritrika
c.    lofotrika

42. Bakteri yang mempunyai bentuk bulat dan memiliki susunan seperti sekelompok buah anggur
      disebut ..........
a.    diplokokus     d.   strepokokus
b.    sarkina           e.   monokokus
c.    stafilokokus

43. Salah satu jenis bakteri yang memiliki bentuk batang adalah ........
a.    Clostridium tetani
b.    Treponema pollidium
c.    Vibrio coma
d.    Nitrosococcus sp.
e.    Streptococcus lactis

44. Organisme fotoautotrof mendapatkan sumber karbon organic yang berasal dari...............
a.    CO2               
b.    Cahaya matahari


c.    Senyawa organic
d.    senyawa organic
e.    proses oksidasi

45. Methanobacterium akan hidup baik pada lingkungan yang anaerob dan akan mati jika terdapat O2 pada habitatnya. Hal tersebut memperlihatkan bahwa organisme tersebut bersifat ...............
a.    aerob abligat
b.    aerob fakultatif
c.    anaerob obligat
d.    aerob fakultatif
e.    tripoblstik

46. Nitrosomonas merupakan organisme kemoorganotrof yang mampu mengoksidasi amoniak (NH3) menjadi .......
a.    nitrat               d.   nitrioksida
b.    nitrit                e.   amonium
c.    amida

47. Nitrobacter merupakan bakteri kemoautotrof yang dapat mengoksidasi .........
a.    nitrat menjadi nitrit
b.    nitrit menjadi nitrat
c.    amonia menajadi nitrit
d.    nitrit menjadi amonia

48. Acetobacter xylinum adalah bakteri yang digunakan untuk ............
a.    penghasilan antibiotik
b.    pembuatan yakult
c.    pembuatan nata de-coco
d.    pembuatan kecap
e.    penghasil protein sel tunggal

49. Bakteri eschericia coli yang hidup bersimbiosis pada usus tebal manusia berperan dalam pembentukan vitamin ……
a.    vitamin A       d.   vitamin B












kumpulan lengkap soal soal biologi semester 2 kelas sepuluh
soal soal biologi semester dua kelas sepuluh
semua soal soal biologi semester satu kelas sepuluh
kumpulan soal soal biologi semester satu kelas sepuluh
soal soal biologi kelas X semester 2 
soal soal biologi kelas sepuluh semester dua 
soal soal biologi kelas X semester 1 
soal soal biologi kelas sepuluh semester satu


Artikel Terkait