PEMBELAJARAN ETIKA DALAM BISNIS

Tags


ETIKA BISNIS ISLAMI
ANALISIS DAN IMPLIKASI ETIKA

EBI BAGIAN II
2. TUJUAN PEMBELAJARAN ETIKA DALAM BISNIS
ÚETIKA adalah suatu cabang ilmu filsafat yang bertujuan mempelajari perilaku baik moral maupun immoral, dnegan maksud membuat pertimbangan yang cukup beralasan dan akhirnya sampai pada rekomendasi yang memadai.
ÚTUJUAN GANDA:
                1.Menilai praktik-praktik manusiawi dengan menggunakan standar moral.
                2.Memberikan nasihat/petunjuk yang jelas tentang bagaimana bertindak secara moral pada situasi tertentu.

EBI BAGIAN II
3 KLASIFIKASI ETIKA
ETIKA DISKRIPTIF
Melukiskan keadaan berbagai kejadian berupa rumusan infromasi yang faktual.
Tidak membicarakan norma-norma dan nilai-nilai

ETIKA NORMATIF
Memberikan petunjuk yang mengandung suatua penilaian.
Menyatakan pendapat atau sikap

EBI BAGIAN II
4 SILOGISME MORAL
1.Pertimbangan normatif harus membedakan: Fakta, Standar, Pertimbangan.
2.Pertimbangan moral adalah tidak benar dalam arti jika membicarakan kebenaran penjelasan yang berdasarkan pada fakta saja tetapi harus didasarkan pada validitas standar.
3.Silogisme moral: fakta-fakta harus dinilai dengan standar moral untuk sampai kepada pertimbangan moral normatif.

EBI BAGIAN II
5 KLASIFIKASI ETIKA NORMATIF
NORMATIF LEGAL
Menggunakan norma-norma legal yang diterima dalam situasi khusus

NORMATIF MORAL
Menggunakan standar-standar moral yang diterima masyarakat, kelompok atau perorangan

                Pernyataan Fakta             Standar Moral   Pertimbangan Moral
                Jamur itu beracun            Saya ingin tetap sehat    Saya tidak makan jamur itu
                Jamur itu beracun            Saya ingin bunuh diri      Saya makan jamur itu
                Jamur itu beracun            Saya ingin menghukum bekas istri saya  Saya memasukkan jamur itu ke dalam supnya

EBI BAGIAN II
6 Tiga Silogisme berdasarkan Fakta Tunggal

EBI BAGIAN II
7 HUBUNGAN MORAL DAN BISNIS Pandangan Unitarianism
BISNIS
MASYARAKAT MORAL

EBI BAGIAN II
8 HUBUNGAN MORAL DAN BISNIS Pandangan Separatism
MASYARAKAT MORAL
PERMINTAAN
PASAR
HUKUM
BISNIS
BIROKRASI
LINGKUNGAN FUNGSIONAL

EBI BAGIAN II
9 HUBUNGAN MORAL DAN BISNIS Pandangan Integrasi
MASYARAKAT MORAL
PERMINTAAN
PASAR
HUKUM
BISNIS
BIROKRASI
LINGKUNGAN FUNGSIONAL
INTEGRASI

EBI BAGIAN II
10 PEMIKIRAN TEORI EKONOMI DAN KECENDERUNGAN THD MORAL
KLASIK
NEO-KLASIK
MODERN
Positive Economics
Individualisme
Naturalisme 
Utilitarianisme
Maximisasi Laba dan Kepuasan
Mekanisme Pasar sebagai
Invisible hand
Model Utilitas
Bebas Nilai dan Amoral

EBI BAGIAN II
11 PEMIKIRAN EKONOMI ISLAM DAN KECENDERUNGAN THD MORAL Keadilan sosial dan ekonomi sebagai tujuan utama (QS 57:25)
KESEIMBANGAN
MATERIAL     &      SPIRITUAL
POSITIVE            NORMATIVE
YANG TERJADI         YANG SEHARUSNYA
AKTUAL                     IDEAL
RASIONALISME:
1. Konsep sukses2. Konsep Skala Waktu      3. Konsep Kekayaan
4. Konsep barang        5. Konsep Konsumsi dan Distribusi

EBI BAGIAN II
12 IMPLIKASI MORAL DALAM BISNIS
GOAL
ORIENTED
PROFITABILITY
SUSTAINABILITY
MAXIMIZATION
VISION & MISSION
•Memenangkan
Pelanggan
•Integritas thd Moral
yang tinggi
•Integritas thd
Lingkungan hidup

EBI BAGIAN II
13 PROSES MEMBANGUN KOMITMEN
RELIGION
PERSONAL
VALUES
ETHICAL BEHAVIOR
OF
ORGANIZATION
CORPORATE

VALUES

Artikel Terkait