Proses
pengembangan produk baru:
¢
Pengembangan
gagasan, yaitu proses melakukan pencarian ide, gagasan bagi produk baru. Ide
dan gagasan dapat berasal dari dalam perusahaan maupun dari luar perusahaan
yaitu konsumen dan pesaing.
¢
Penyaringan
gagasan, merupakan usaha untuk mendapatkan ide dan gagasan produk yang sesuai
dengan kemampuan, keahlian, sumber daya , dan tujuan perusahaan.
¢
Pengujian
konsep, perusahaan menggunakan konsep yang sudah ada dengan melakukan riset
pasar untuk mendapatkan input dari konsumen.
¢
Analisis
bisnis, Setelah memperoleh input dari konsumen , pemasar malkuan perbandingan
biaya dan manfaat yang ditawarkan sehingga dapat diketahui apakah produk
memenuhi kualifikasi produk yang layak bisnis atau tidak.
¢
Pengujian
konsep, perusahaan menggunakan konsep yang sudah ada dengan melakukan riset
pasar untuk mendapatkan input dari konsumen.
¢
Analisis
bisnis, Setelah memperoleh input dari konsumen , pemasar malkuan perbandingan
biaya dan manfaat yang ditawarkan sehingga dapat diketahui apakah produk
memenuhi kualifikasi produk yang layak bisnis atau tidak.
¢
Pengembangan
prototipe / rancangan proses jasa, yaitu pengembangan produk sehingga produk
sesuai dengan tuntutan pasar dan memilik nilai jual dan daya saing dengan
produk perusahaan lain.
¢
Pengujian
produk dan uji pemasaran, perusahaan melakukan produksi terbatas dan
menyebarkan produk tersebut untuk digunakan langsung oleh konsumen
¢
Komersialisasi,
perusahaan melakukan produksi dan pemasaran secara penuh.