KOMUNIKASI AGRIBISNIS

DEFINISI
TUJUAN
PERKEMBANGAN AGRIBISNIS DI INDONESIA
SASARAN
AGRIBISNIS DAN PEMBANGUNAN PERTANIAN
Sosialisasi Agribisnis

Komunikasi adalah suatu pernyataan antar manusia, baik secara perorangan atau kelompok yang bersifat umum dengan menggunakan lambang-lambang yang berarti.

Komunikasi Agribisnis adalah suatu pernyataan antar manusia  yang berkaitan dengan kegiatan Agribisnis baik secara kelompok yang sifatnya umum dengan menggunakan lambang2 tertentu maupun secara indifidu.

Proses Komunikasi
Komunikasiadalahprosesseseoranginsan (komunikator)menyampaikanpesan,biasanya berupalambang-lambangberbentukkata-kata ataukalimatuntukmengubahsikapatautingkah lakuinsanlainnya.
Konsep Komunikasi menurut Berlo; Rogersand Shoemaker(1971) adalahS-M-C-R,yang berarti :“A source (S) send a message (M) via certain channel (C) to the receiving individual(R)”.

Proses Komunikasi
Komunikator Pesan Komunikan
Komunikator
Pesan
Komunikan

Tiga Pihak yang Saling Berkomunikasi
#Peneliti
sumber penemuan dan teknologi baru
# Penyuluh Pertanian perantara ilmu pengetahuan atau teknologi pertanian baru, yang dihasilkan oleh balai-balai penelitian, dan juga sebagai penerima pesan dari petani untuk mencari ilmu pengetahuan dan teknologi baru
# Petani
sasaran oleh penyuluh pertanian untuk diberi motivasi, pengetahuan dan pendidikan tentang pertanian.

TEKNIK-TEKNIK BERKOMUNIKASI
1.Berdasarkanmetodenya:
a.secaralisan
b.secaratercetak
c.secaraterproyeksi
2.Berdasarkanjumlahorangyangdituju
a.secaraperorangan
b.secarakelompok
c.secaramassal

Komunikator adalah orang atau petugas yang tugasnya menyampaikan pesan, apakah itu pesan pembangunan dalam artian yang lebih umum atau pesan pembangunan pertanian, kepada komunikan agar pesan tersebut dapat diterima dan dilaksanakan oleh komunikan dalam melaksanakan tugasnya sehari-hari.

SASARAN = KOMUNIKAN
Sasaran Utama Petani dan seluruh keluarganya.
Sasaran Penentu Pejabat Pemerintah, Peneliti, Lembaga Perkreditan, Produsen, Industriawan, Distributor, Periklanan.
Sasaran Pendukung Anggota organisasi massa, seniman, tokoh agama & masyarakat konsumen hasil pertanian.

•Komunikanadalah orang yang menerima pesan. Pada komunikasi pertanian, komunikan biasanya adalah petani.
•Pesan dalam komunikasi pertanianadalah semua informasi yang berkaitan dengan bidang pertanian.

•PERUBAHAN SOSIAL
•PROSES DIFUSI
•PROSES KOMUNIKASI
•TAHAP-TAHAP KOMUNIKASI
•PROSES ADOPSI
•PENGGOLONGAN ADOPTER
•DASAR-DASAR PENYULUHAN PERTANIAN

DASAR-DASAR PENYULUHAN PERTANIAN
•Dalam pelaksanaannya, penyuluhan hendaknya disesuaikan dengan keadaan dan situasi yang nyata.
•Ditujukan kepada kebutuhan & kepentingan sasaran, terutama sasaran pokok, yaitu petani & keluarganya.
•Melibatkan petani dalam setiap kegiatan penyuluhan.
•Bekerjasama dengan pendidikan dan penelitian.
•Luwes, dapat menyesuaikan dengan perubahan.
•Menggunakan metode demonstrasi.
•Evaluasi perubahan perilaku sasaran penyuluhan.
•Usaha agar petani, sebagai subyek, dapat terus menerima pengetahuan sehingga tujuan penyuluhan (peningkatan produktivitas dan kesejahteraan petani) dapat tercapai.  

Definisi
Penyuluhan pertanian adalah suatu sistem pendidikan non-formal di luar bangku sekolah, dan berfungsi untuk menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi pertanian, dengan tujuan agar petani dan nelayan dapat bertani lebih baik (better farming), berusaha tani lebih lebih menguntungkan (better business), dan hidup lebih sejahtera (better living).

Ilmu Penyuluhan Pertanian
Ilmu Penyuluhan Pertanian Pertanian merupakan  gabungan penerapan Ilmu Sosial dan Ilmu Pertanian.Ilmu-ilmu sosial, seperi: Sosiologi, Psikologi, Edukasi, Psikologi Sosial, Pedagogi, Komunikasi, Management, Leadership dan lainnya, melainkan harus pula didasari dan didukung oleh ilmu pertanian, baik mengenai ilmu teknik pertanian seperti: ilmu tanah, ilmu hama dan penyakit pertanian, dan juga akan terkait ilmu pengelolaan usahatani, pemasaran dan lain-lainnya.

Perkembangan Penyuluhan Pertanian Di Indonesia
•1905 : Departement of Landbouw
•1921 : Landbouw Voorlichtings Dienst (LVD)
•1947 : Balai Pendidikan Masyarakat Desa
•1960 : ”Padi Sentra”
•1961 : “Demonstrasi Massal” (DEMAS)
•1965 : “Bimbingan Massal” (BIMAS)
•1978 : “Intensifikasi Khusus” (INSUS)

Faktor-faktor yang  dapat menentukan kredibilitas seorang komunikator sering ditentukan oleh: a.Titel yang dipunyai b.Pangkat/jenjang kepegawaian c.Status sosial d.Penampilan dalam melakukan        komunikasi

Penyuluhan & Pembangunan Pertanian
Pembangunan pertanian : usaha untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi serta menciptakan  perubahan sosial, baik secara langsung maupun tidak tidak langsung yang berhubungan di bidang pertanian.

5 syarat pokok pembangunan pertanian
Teknologi yang selaluberkembang
Pemasaran hasil
Tersedianya sarana produksi
Pengangkutan , dan
Perangsang produksi pertanian

PERUBAHAN SOSIAL
Perubahan sosial adalah suatu proses terjadinya perubahan strukturdanfungsi-fungsisuatusistemsosial yang mencakup unsur-unsur kebudayaan baik yang materiil maupaun spiritual.

Invensi     yaitu suatu proses pada waktu ide-ide, pengetahuan teknologi baru diciptakan atau diketemukan dan dikembangkan.
Difusi     ialah suatu proses yang berhubungan dengan ide-ide baru tersebut dikomunikasikan dengan anggota masyarakat.
Dampak atau konsekuensi dari akibat pengadopsian atau penolakan ide-ide baru yang disebar luaskan ke dalam masyarakat tersebut.

PERUBAHAN SOSIALBERDASARKAN SUMBER TERJADINYA
Perubahan Imanen yaitu perubahan sosial akibat penemuan baru yang berasal dari penemuan masyarakat itu sendiri.
Perubahan Kontak yaitu penemuan baru yang menyebabkan perubahan sosial bersumber dari luar masyarakat.                     * Perubahan Kontak Selektif                                     * Perubahan Kontak Terencana

FAKTOR PENDORONG LANCARNYA PROSES PERUBAHAN SOSIAL
Kontak dengan kebudayaan lain
Sistem pendidikan yang maju
Sikap masyarakat yang menghargai hasil karya seseorang dan keinginan untuk maju
Adanya toleransi sebaagian masyarakat terhadap perubahan-perubahan yang menyimpang
Adanya sistem yang terbuka dalam lapisan masyarakat
Adanya penduduk yang heterogen
Adanya ketidakpuasan masyarakat terhadap bidang-bidang kehidupan tertentu.

PROSES DIFUSI
Difusiadalahsuatuprosespenyebarunsur-unsur kebudayaandariorangperorang,darikelompok kekelompoklaindandarimasyarakatkepada masyarakatlain.
MenurutSoerjonoSoekamto(1986)terdapatdua tipedifusi,yaitu:
1.Difusiintramasyarakat(intra-societydiffusion)
2.Difusiantarmasyarakat(inter-societydiffusion)

Difusiadalah proses penyebaran ide baru pada individu atau kelompok dalam suatu sistem sosial tertentu.
Empat elemen penting dalam proses difusi inovasi:
                §Inovasi
                §Komunikasi
                §Sistem sosial
                §Waktu

UNSUR-UNSUR DIFUSI IDE-IDE BARU
§Inovasiadalahgagasan,tindakanataubenda yangdianggapbaruolehseseorang.
§Proseskomunikasimelaluisaluran(channel) tertentu.Komunikasiinimerupakanproses penerusanidebarudarisumberkepada penerima.
§Unsurwaktuyangbertahapdanmerupakan suatuprosespertimbangandalamproses difusi.

§Faktor yang mempengaruhi proses difusi inovasi:
                §Faktor sosial
                §Faktor kebudayaan
                §Faktor personal dalam difusi inovasi
                §Faktor situasional dalam difusi inovasi

Model adopsi teknologi baru bagi petani kecil terdiri dari tahapan-tahapan:
a.Tahap tergugah kesadaran.
b.Tahap menaruh perhatian.
c.Tahap evaluasi.
d.Tahap mencoba.
e.Tahap adopsi.

Penggolongan Adopter
§Pelopor (inovator)
§Pengetrap dini
§Pengetrap awal (early majority)
§Pengetrap akhir (late majority)
§Penolak (laggard)

wPERENCANAAN
wORGANISASI
wPELAKSANAAN
wEVALUASI

TRI DHARMA DEPARTEMEN PERTANIAN
Menyangkut bidang-bidang:
1.Penelitian
2.Pendidikan
3.Penyuluhan                                                       
Semua kegiatan tersebut sangat memerlukan administrasi dengan pengelolaan yang akan melibatkan aparatur dari Departemen Pertanian dan Departemen terkait.

Administrasi Penyuluhan: adalah kegiatan untuk mencapai tujuan-tujuan pokok dari pemberdayaan masyarakat dan anggota-anggotanya.
3 Aspek Administrasi:
# Formulasi Kebijaksanaan
# Pengelolaan (Management)
# Pelaksanaan (Operational)
Fungsi Manajemen:
# Planning
# Organizing
# Actuating
# Controlling

Perencanaan (planning)adalah suatu kegiatan yang memberikan pedoman garis-garis besar mengenai apa yang akan dituju, sehingga perencanaan merupakan persiapan-persiapan dari pelaksanaan suatu tujuan.
Unsur-unsur penting dalam perencanaan program penyuluhan:
# Keadaan daerah
# Masalah
# Tujuan dan cara mencapai tujuan

Organisasi adalah suatu sistem mengenai usaha-usaha kerjasama untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan.
Unsur-unsur organisasi :
# Himpunan orang-orang
# Bekerjasama
# Mencapai tujuan bersama
Dalam kegiatan penyuluhan pertaian juga diperlukan suatu organisasi dari tingkat pusat sampai ke daerah-daerah agar kegiatan mengubah perilaku petani dapat dilakukan dengan sempurna.

Pelaksanaan (actuating)adalah suatu fungsi pembimbingan serta menggerakkan orang-orang atau kelompok agar suka dan mau bekerja.Meliputi :
Kepemimpinan
Sifat-sifat kepemimpinan
Penyuluhan pertanian sebagai pemimpin
Materi, metode dan penggunaan alat peraga.                                                                                                         

Kepemimpinan adalah kemampuan seseorang dalam membimbing atau menggerakkan orang-orang lain untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
Sifat-sifat kepemimpinan :
# Sifat-sifat pokok 
yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin
(adil, suka melindungi, penuh inisiatif, penuh
daya tarik, mempunyai kepercayaan diri sendiri
yang kuat)
# Sifat-sifat khusus karena pengaruh tempat
# Sifat-sifat khusus karena pengaruh dari
macam-macam golongan kerja atau petugas

Sifat-sifat yang perlu dimiliki seorang penyuluh di antaranya adalah : # Berbudi pekerti tinggi dan luhur # Sederhana # Memiliki kesabaran dan keuletan # Penuh tanggung jawab # Cinta terhadap pekerjaan dan berpengabdian yang tinggi        # Dapat menyelaraskan diri dalam lingkungan pedesaan
Saran-saran untuk petugas penyuluhan pertanian :
# bersedia belajar dari petani dan siapapun
# selalu meningkatkan pengetahuan
# cobalah inovasi-inovasi baru yang bermanfaat bagi petani

Materi penyuluhan pertanian adalah beberapa pesan (massage) yang akan disuluhkan kepada petani yang diharapkan akan dapat memecahkan masalah yang dihadapi petani.
Syarat pokok materi penyuluhan pertanian :
# secara teknis dapat dilaksanakan oleh petani
# dapat dipertanggungjawabkan secara ekonomis
# diinginkan secara sosiologis oleh masyarakat

Isi pesan berkaitan dengan informasi di bidang pertanian, antara lain:
a.Bagaimana meningkatkan produksi pertanian
b.Bagaimana memelihara lahan agar kondisi    lahan tetap subur dan terhindar dari  bahaya erosi
c.Bagaimana perlakuan pascapanen yang baik
d.Bagaimana adopsi teknologi baru harus dilakukan
e.Bagaimana melaksanakan kerjasama kelompok
f.Bagaimana meningkatkan pendapatan rumahtangga tani
g.Bagaimana berpartisipasi dalam kegiatan pedesaan, dan sebagainya.

Metode penyuluhan adalah suatu cara penyampaian materi penyuluhan secara sistematis hingga materi mudah dimengerti dan diterima oleh sasaran.
Syarat-syarat metode penyuluhan yang baik :
# Sesuai dengan keadaan sasaran
# Cukup dalam kualitas dan kuantitas
# Tepat mengenai sasaran dan waktunya
# Materi akan lebuh mudah diterima dan dimengerti
# Mudah pembiayaannya

3 Macam Penyuluhan :
# Penyuluhan secara Massal
* Siaran lewat radio dan TV
* Pertunjukan film
* Bahan cetakan
* Kampanye
# Penyuluhan secara Kelompok
* Pertemuan Berkala
* Pertemuan Kuliah
*  Pertemuan Diskusi
* Kursus
* Widyawisata
# Penyuluhan secara Perorangan

Alat peraga adalah alat bantu menyuluh yang dapat dilihat, didengar, diraba dan dicium untuk memperlancar komunikasi.
Persyaratan alat peraga yang efektif :
# Sederhana, mudah dimengerti dan dikenal
# Dapat mengemukakan ide-ide baru
# Menarik
# Mengesankan dan menunjukkan ketelitian
# Menggunakan bahasa yang mudah dimengerti
oleh sasaran
# Mengajak sasaran untuk memperhatikan,
mencoba dan menerima ide-ide yang dikemukakan

Evaluasi adalahproses yang melukiskan, memperoleh dan menyediakan informasi yang berguna untuk menentukan alternatif keputusan.
Tujuan evaluasi penyuluhan dilaksanakan untuk :
# Mengetahui apakah pelaksanaan penyuluhan sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan
# Mengetahui kesulitan-kesulitan dan kelemahan-kelemahan dalam menjalankan penyuluhan
# Mengetahui apakah pelaksanaan dapat berjalan secara efisien

# Mencari jalan keluar bila terjadi kesulitan, kelemahan atau kegagalan ke arah perbaikan

Artikel Terkait