Pengertian dan Tujuan Penetapan Harga Produk

Tags

Pengertian dan tujuan penetapan harga
Harga adalah nilai tukar suatu produk yang dinyatakan dalam satuan moneter
Tujuan penetapan harga:
¢  Mempertahankan kelangsungan operasi perusahaan
¢  Merebut pangsa pasar (market share)
¢  Mengejar keuntungan
¢  Mendapatkan Return On Investment (ROI) atau pengembalian modal
¢  Mempertahankan status quo


Metode penetapan harga
¢  Pendekatan penawaran permintaan (Supply-Demand Approach)
Permintaan (demand) adalah kuantitas produk tertentu yang mau dibayar konsumen dengan harga tertentu
Penawaran (supply) adalah kuantitas produk tertentu yang dapat dijual perusahaan dengan harga tertentu


¢  Pendekatan biaya (Cost-Oriented Approach)
  1. Markup Pricing, yaitu menjumlah seluruh biaya yang diperlukan dalam memproduksi produk kemudian menentukan persentase markup untuk menutup biaya dan memperoleh keuntungan yang diharapkan.
                                                    Harga jual-Total biaya
Persentase markup =  -------------------------------------
                                                                Harga jual


2. Break-Even Analysis (analisis pulang pokok), suatu metode untuk menentukan jumlah barang yang harus dijual dengan harga tertentu untuk menutupi biaya investasi dan memperoleh keuntungan.
Break-Even Point adalah suatu metode untuk menentukan jumlah barang yang harus dijual dengan harga tertentu untuk menutupi biaya investasi dan memperoleh keuntungan.


Biaya tetap (fixed cost) adalah biaya yang jumlahnya relatif tetap tidak tergantung jumlah barang yang diproduksi
Biaya variabel (variable cost) adalah biaya yang muncul saat barang pertama diproduksi dan akan selalu bertambah setiap ada peningkatan produksi


¢  Pendekatan Pasar (Market Approach)
Suatu metode penentuan harga dengan menggunakan berbagai variabel yang berpengaruh di pasar yang mempengaruhi harga, meliputi variabel persiangan, politik, sosial budaya, persepsi individual dan timing


Strategi Harga Produk Baru
¢  Skimming, adalah menetapkan harga yang relatif tinggi pada saat produk diluncurkan pertama kali di pasar
¢  Penetration Pricing, adalah meluncurkan produk dengan harga yang murah untuk memperoleh pangsa pasar yang luas atas barang atau jasa


Strategi Harga Psikologis
¢  Prestige Pricing
¢  Odd Pricing
¢  Multiple-Unit Pricing
¢  Price Lining
¢  Leader Pricing


Strategi Harga Diskon
¢  Harga diskon adalah semua potongan dari harga yang sudah ditetapkan


Strategi Harga Kompetitif
Relative Pricing
Follow the Leader Pricing




Artikel Terkait