Pengertian
dan tujuan penetapan harga
Harga
adalah nilai tukar suatu produk yang dinyatakan dalam satuan moneter
Tujuan
penetapan harga:
¢ Mempertahankan kelangsungan operasi
perusahaan
¢ Merebut pangsa pasar (market
share)
¢ Mengejar keuntungan
¢ Mendapatkan Return On Investment
(ROI) atau pengembalian modal
¢ Mempertahankan status quo
Metode
penetapan harga
¢ Pendekatan penawaran permintaan (Supply-Demand
Approach)
Permintaan
(demand) adalah kuantitas produk tertentu yang mau dibayar konsumen
dengan harga tertentu
Penawaran (supply)
adalah kuantitas produk tertentu yang dapat dijual perusahaan dengan harga
tertentu
¢ Pendekatan biaya (Cost-Oriented
Approach)
- Markup Pricing, yaitu menjumlah seluruh biaya
yang diperlukan dalam memproduksi produk kemudian menentukan persentase
markup untuk menutup biaya dan memperoleh keuntungan yang diharapkan.
Harga jual-Total biaya
Persentase
markup = -------------------------------------
Harga
jual
2. Break-Even
Analysis (analisis pulang pokok), suatu metode untuk menentukan jumlah
barang yang harus dijual dengan harga tertentu untuk menutupi biaya investasi
dan memperoleh keuntungan.
Break-Even
Point adalah suatu
metode untuk menentukan jumlah barang yang harus dijual dengan harga tertentu
untuk menutupi biaya investasi dan memperoleh keuntungan.
Biaya tetap
(fixed cost) adalah biaya yang jumlahnya relatif tetap tidak tergantung
jumlah barang yang diproduksi
Biaya
variabel (variable cost) adalah biaya yang muncul saat barang pertama
diproduksi dan akan selalu bertambah setiap ada peningkatan produksi
¢ Pendekatan Pasar (Market Approach)
Suatu
metode penentuan harga dengan menggunakan berbagai variabel yang berpengaruh di
pasar yang mempengaruhi harga, meliputi variabel persiangan, politik, sosial
budaya, persepsi individual dan timing
Strategi
Harga Produk Baru
¢ Skimming, adalah menetapkan harga yang relatif tinggi
pada saat produk diluncurkan pertama kali di pasar
¢ Penetration Pricing, adalah meluncurkan produk dengan
harga yang murah untuk memperoleh pangsa pasar yang luas atas barang atau jasa
Strategi
Harga Psikologis
¢ Prestige Pricing
¢ Odd Pricing
¢ Multiple-Unit Pricing
¢ Price Lining
¢ Leader Pricing
Strategi
Harga Diskon
¢ Harga diskon adalah semua potongan
dari harga yang sudah ditetapkan
Strategi
Harga Kompetitif
Relative
Pricing
Follow
the Leader Pricing