pendidikan karakter

Tags

Benar, pendidikan karakter sekarang tengah digencar- gencarkan. Pendidikan karakter adalah pemberian pandangan mengenai berbagai jenis nilai hidup, seperti kejujuran, kecerdasan, kepedulian, dan lain- lainnya. Dan itu adalah pilihan dari masing- masing individu yang perlu dikembangkan dan perlu dibina sejak usia dini.
Karakter tidak bisa diwariskan, karakter tidak bisa dibeli, dan karakter tidak bisa ditukar. Karakter harus dibangun dan dikembangkan secara sadar hari demi hari dengan melalui suatu proses yang tidak instan. Karakter bukanlah sesuatuyang terbawa sejak lahir yang tidak dapat diubah lagi seperti sidik jari.
Apalagi, situasi global sekarang, pengaruh western (budaya barat) semakin mewarnai kehidupan para pemuda Indonesia. Hal ini tentu sangat mudah menjadi pengaruh yang sangat besar untuk para pemuda seperti kita. Padahal, nilai- nilai yang terkandung di dalamnya sangat berbeda dan sangat menyimpang dengan nilai- nilai budaya kita, yaitu budaya timur. Bahkan, saat ini para pemuda pun sudah mulai lupa dengan budaya mereka sendiri sebagai bagian dari bangsa Indonesia. Padahal, negaran kita mempunyai banyak sekali budaya- budaya yang bisa dibilang tidak kalah dengan budaya luar. Hal tersebut seperti petikan lagu ciptaan Presiden kita yang berjudul “Aku Bangga Jadi Anak Indonesia.”
”Negriku besar”
“Tanah airku indah”
“Aku sungguh bangga”
“Jadi anak Indonesia...”
Seharusnya, kita bangga bisa menjadi bagian dari bangsa ini yang memiliki budaya di luar kata biasa. Dengan cara melestarikan budaya- budaya tersebut dan mengisi kemerdekaan ini dengan terus belajar secara giat. Bukan malah sebaliknya, kita sebagai pelajar malah senang untuk hura- hura, berperilaku boros, tidak belajar secara tekun, dan lain- lainnya. Kita sebagai pemuda jaman modern ini untuk melakukan sesuatu sudah gampang, semuanya serba ada dan serba cukup. Malahan, yang lebih parah lagi banyak pemuda zaman sekarang yang sudah tidak hormat dan malah menyepelekan orang yang lebih tua. Padahal dulu mereka berjuang mati- matian untuk membebaskan negeri ini dari kolonialisme yang sangat kejam. Kita tinggal melewati zaman yang sudah enak ini tanpa memikirkan bagaimana dulu negara ini dibebaskan oleh pendahulu- pendahulu kita.
Sebagai pemuda yang hidup pada masa yang bebas seperti sekarang, hendaknya para pelajar mengisi kemerdekaan dengan dengan cara belajar giat dan sungguh- sungguh untuk memaksimalkan pembangunan nasional. Dengan belajar secara giat dan sungguh- sungguh, para pemuda akan mampu menjadi generasi unggul yang dapat dibanggakan oleh Indonesia di kemudian hari. Hal ini sejalan dengan salah satu cita- cita bangsa Indonesia yang tercantum dalam Pembukaan UUD 1945, yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa. 
Generasi muda yang unggul tentunya menjadi harapan dan dambaan bagi suatu negara. Bisa dipastikan bahwa penerus Negara ini adalah para pemuda, generasi muda yang akan menggantikan pendahulunya. Dalam hal ini, para pemuda harus mengerti apa yang harus mereka lakukan agar dapat menjadi pemuda yang baik dan bertanggung jawab. Untuk itu, pendidikan karakter harus ditanamkan kepada para pemuda sejak dini karena mereka akan menjadi pemimpin yang berkarakter di masa mendatang. Sehingga mereka siap menerima warisan negeri ini dan akan menjadikan Negara Indonesia ini menjadi lebih sejahtera, adil, dan makmur.
Jadi dari uraian di atas dapat ditarik kesimpulan, “JADILAH PEMUDA YANG UTAMA!!!” 

Artikel Terkait