Menulis Surat Kuasa lengkap

Cara Menulis Surat Kuasa









contoh surat kuasa

Lembaga Pendidikan Anak dan Taman Bermain

NIRMALA BUNDA

Jalan Jendral Sudirman 50, Banjarmasin

SURAT KUASA

Saya yang bertanda tangan di bawah ini nama : Ardian Kusdiati, jabatan : Pemilik Yayasan Nirmala Bunda, alamat : Jalan Jendral Sudirman 50, Banjarmasin, Memberikan kuasa penuh kepada:
nama : Dian Asriati, jabatan : Ketua Yayasan Nirmala Bunda, alamat : Jalan Jendral Sudirman 50, Banjarmasin, untuk mengatur dan melakukan kebijakan di  Lembaga Pendidikan Anak dan Taman Bermain Nirmala Bunda. Semua yang ditetapkan oleh Dian Asriati sama artinya dengan ketetapan yang saya buat. Semua guru dan karyawan diharap dapat memenuhi ketetapan yang dibuat oleh Dian Asriati. Surat kuasa ini berlaku sampai  dengan tanggal 7 Maret 2008.
Surat kuasa ini saya buat dengan maksud agar semua pihak yang berkepentingan menjadi maklum adanya.
Banjarmasin, 30 Agustus 2007
                                          Yang diberi kuasa,            Yang memberi kuasa,
Dian Asriati                     Ardian Kusdiati

Penjelasan Surat Kuasa

Surat kuasa adalah surat resmi. Surat kuasa dibuat untuk menyatakan pengalihan atau pelimpahan kepada seseorang untuk bertindak atas nama pemberi hak kuasa tersebut. Bagian-bagian surat kuasa sebagai berikut.
1.        Kepala surat (kop surat)
2.        Perihal atau hal surat
3.        Tanggal pembuatan surat (bisa di atas dan bisa di bawah)
4.        Nama dan alamat tujuan surat
5.        Isi surat
6.        Tanda tangan dan nama pembuat surat
Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat surat kuasa sebagai berikut.
1.        Ditulis di atas kertas segel atau kertas bermeterai yang cukup.
2.        Baik pemberi kuasa maupun yang mendapat pelimpahan kuasa berada dalam kondisi jiwa maupun tubuh yang sehat dan tidak berada dalam satu tekanan atau paksaan pada salah satu dan atau di antara mereka.
3.        Isi surat kuasa harus menjelaskan secara tegas perihal kedua belah pihak, baik yang memberi kuasa maupun yang mendapat pelimpahan kuasa, seperti:
a.        nama,
b.       usia,
d.       alamat,
e.       tanda tangan,  dan
c.        pekerjaan.
4.        Surat kuasa harus ditegaskan perihal:
a.        hal atau masalah yang dikuasakan,
b.       tanggal pembuatan, dan
c.        masa berlaku surat kuasa.
A.       Perhatikan kembali surat kuasa di depan. Catatlah bagian-bagian surat yang terdapat dalam surat kuasa di depan!
B.       Buatlah dua surat kuasa dengan ketentuan sebagai berikut!
1.        Andaikan Anda pemilik sebuah yayasan dan teman sebangku Anda sebagai ketua yayasan. Anda akan memberi kuasa kepada ketua yayasan untuk mengambilkan uang di Bank Buana Asia. Uang yang akan diambil senilai Rp25.000.000,00. Buatlah surat kuasa yang akan Anda berikan kepada ketua yayasan!
2.        Anda pemilik sebuah taman bermain dan teman sebangku Anda sebagai kepala taman bermain. Anda akan memberi kuasa untuk menggantikan tugas Anda dalam waktu satu tahun.
Lakukan bersama empat orang teman Anda!
1.        Tukarkan kedua surat kuasa yang telah Anda tulis dengan surat kuasa yang ditulis teman Anda!
2.        Suntinglah kedua surat kuasa teman Anda. Hal-hal yang harus disunting:
a.        ketepatan bahasa yang digunakan,
b.       kesesuaian isi dengan ketentuan.
3.        Perbaikilah surat kuasa Anda sesuai dengan suntingan teman Anda!

Rangkuman
Informasi mengenai cara mendidik anak dapat Anda peroleh dari berbagai sumber. Televisi, radio, diskusi, seminar, talkshow, ataupun wawancara. Pernahkah Anda melakukan atau menyimak wawancara? Dari hasil wawancara tersebut, Anda akan memperoleh informasi. Misalnya informasi tentang cara mendidik anak. Informasi tersebut dapat Anda rangkum. Caranya cukup mudah, Anda harus mendengarkan wawancara secara utuh. Sambil mendengarkan, catatlah pokok-pokok isi wawancara tersebut. Pokok-pokok isi wawancara dapat Anda rangkum menjadi beberapa kalimat.
Mendidik anak bukanlah hal yang mudah. Musuh utama para orang tua adalah siaran televisi. Banyak anak yang terpengaruh oleh siaran televisi, khususnya sinetron. Berbagai sinetron yang berbau mistik, kekerasan, dan kekejaman banyak ditayangkan. Sinetron hampir sama dengan drama. Keduanya memerlukan dialog yang disertai mimik, ekspresi sesuai tokoh yang diperankan. Pernahkah Anda bermimpi menjadi artis sinetron atau pemain drama? Beberapa hal yang harus diperhatikan ketika Anda memainkan sebuah peran sebagai berikut.
1.        Membaca dan menghafal naskah.
2.        Mengamati orang-orang yang memiliki watak yang mirip dengan tokoh yang akan Anda perankan.
3.        Berlatih memerankan tokoh sesuai dengan karakter. Anda harus menggunakan lafal, intonasi, dan volume suara yang jelas dalam memerankan tokoh dalam sebuah naskah drama.
Selain mendengarkan wawancara, informasi mengenai cara mendidik anak dapat Anda peroleh dengan membaca berita. Baik berita dari media cetak maupun elektronik. Apakah Anda pernah memerhatikan pembaca berita di radio atau televisi? Bagaimana suara pembaca berita itu? Pembaca berita tidak sekadar membacakan berita saja, melainkan menyampaikan informasi secara tepat. Dalam menyampaikan informasi, pembaca berita harus memerhatikan intonasi, lafal, dan sikap membaca yang baik. Sikap, pandangan mata, dan ekspresi sangat penting diperhatikan oleh seorang pembaca berita.

Hidup hemat dan rajin menabung merupakan cara mendidik anak agar tidak boros. Menabung yang aman adalah menabung di bank. Jika saudara Anda tidak bisa mengambil uang di bank karena ada kepentingan, Anda diberi kuasa untuk mengambil uang tersebut. Kuasa saudara Anda tersebut dapat ditulis dalam surat kuasa. Apakah Anda mengetahui bagian-bagian surat kuasa? Bagian-bagian surat kuasa meliputi kepala surat, hal surat, tanggal pembuatan surat, nama dan tujuan surat, isi surat, tanda tangan dan nama pembuat surat.

Artikel Terkait