Panduan Menulis Proposal Lengkap

Cara Menulis Proposal

simpulan sederhana yang menyatakan bahwa penulisan kreatif menjadi prospek yang menjanjikan sekaligus tantangan bagi para remaja. Apakah Anda tertarik menjadi penulis kreatif? Bagaimana caranya? Salah satu cara yang baik dan ilmiah yaitu mengadakan seminar atau pelatihan tentang proses kreatif. Demi pelaksanaan acara seminar atau pelatihan tersebut, Anda harus membentuk panitia dan membuat proposal (usulan kegiatan).
Apa dan bagaimana proposal itu? Anda pernah mempelajari dan membuat proposal. Masih ingatkah Anda akan hal-ihwal proposal?
Bukalah Pelajaran II yang memuat contoh proposal. Kemudian, kerjakan latihan berikut!
1.        Apakah judul proposal tersebut?
2.        Sebutkanlah prinsip-prinsip proposal.
3.        Kegiatan apakah yang diusulkan pada proposal tersebut?
Lakukan kegiatan berikut ini!
A. Kerjakan secara berpasangan!
1.                 Kerjakan dengan teman sebangku Anda!
Buatlah proposal kegiatan untuk kegiatan penulisan kreatif di sekolah Anda. Topiknya ”Menulis Kreatif untuk Penulis Pemula: Orientasi Buku, Media Massa Cetak, dan Internet”.
2.                 Tentukan sistematika proposal berdasarkan topik tersebut!
3.                 Susunlah sebuah proposal sesuai dengan topik dan sistematika tersebut! B. Kerjakan secara berkelompok!
1.        Bentuklah kelompok kecil yang beranggotakan empat orang!
2.        Tukarkan proposal pasangan Anda dengan proposal pasangan lain dalam kelompok kecil tadi!
3.        Bahaslah proposal tersebut!
Anda dapat membenahi dari segi bahasa, isi, ataupun teknik penyajian. Komentar, koreksi, atau tanggapan ini diharapkan menjadi saran dan masukan demi perbaikan.
4.        Tukarkan kembali proposal tersebut!
5.        Benahi atau susun kembali proposal Anda sehingga menjadi layaknya proposal yang siap saji!
6.        Kumpulkan proposal tersebut kepada guru Anda!
Preposisi kecuali dan selain
Anda sudah membuat proposal tentang pelatihan di sekolah. Apakah Anda menggunakan preposisi kecuali atau selain dalam beberapa kalimat? Coba, cermati kembali!
Preposisi atau kata depan kecuali dan selain termasuk kata penghubung tunggal. Dalam pemakaiannya, kecuali dapat digantikan dengan selain. Contoh:
1.        Ada beberapa guru yang tampak begitu tidak acuh terhadap acara pelatihan penulisan kreatif, kecuali guru pembina OSIS dan KIR.
2.        Selain guru pembina OSIS dan KIR, ada beberapa guru yang tampak begitu tidak acuh terhadap acara pelatihan penulisan kreatif.
Sumber: Kelas Kata dalam Bahasa Indonesia, Harimurti Kridalaksana, Jakarta, 1986
C.            Buatlah kalimat dengan ketentuan berikut ini!
1.        Tiga kalimat menggunakan preposisi kecuali.
2.        Tiga kalimat menggunakan preposisi selain.
Setelah selesai, gantilah preposisi kecuali dengan preposisi selain


atau sebaliknya.

Rangkuman
Dalam kegiatan kerohanian diperlukan pengisi acara yang harus dicantumkan dalam proposal. Pengisi acara tersebut disebut pengkhotbah. Pengkhotbah akan memberikan khotbah pada acara kerohanian. Jadi khotbah selalu berhubungan dengan kerohanian. Tujuan khotbah yaitu mengajak dan mengingatkan umat untuk selalu taat pada Tuhan serta menjalankan dan menjauhi larangan-Nya.
Berpikir kreatif untuk mewujudkan karya yang kreatif merupakan dambaan setiap orang. Karya yang kreatif dapat dilakukan di segala bidang kehidupan misalnya, dunia sastra. Sekarang ini banyak penciptaan karya sastra baru yang ditulis wanita. Karya sastra baru tersebut berwujud novel yang bertema feminis. Informasi ini dapat Anda ketahui dari wawancara yang dilakukan seorang wartawan dengan Melani Budianta. Setelah memahami wawancara tersebut, dapatkah Anda menjelaskan hasil wawancaranya? Hasil wawancaranya dapat Anda jelaskan dengan terlebih dahulu menentukan pokok-pokok isi wawancara. Kemudian, pokok-pokok isi wawancara tersebut Anda rangkum dalam beberapa kalimat. Hasil rangkuman tersebut dapat Anda sampaikan kepada orang lain. Sampaikan secara jelas isi dari wawancara tersebut.
Karya sastra hasil penulisan kreatif antara lain cerpen, novel, esai, puisi, dan lain sebagainya. Novel merupakan wujud karya kreatif yang berkembang dengan pesat. Banyak novelis-novelis baru yang berpikir kreatif untuk menghasilkan karya yang kreatif. Novel-novel tersebut merupakan karya  novelis Indonesia dan novelis asing. Novel dibangun oleh unsur intrinsik dan ekstrinsik, unsur intrinsik meliputi tema, latar, tokoh, dan penokohan, alur, amanat, dan sudut pandang. Sementara itu, unsur ekstrinsik meliputi biografi/autobiografi, aspek sosial budaya, nilai etika, nilai moral, nilai religi, nilai edukasi ataupun nilai historis.

Menulis di bidang sastra merupakan sarana pelatihan menulis kreatif bentuk fiksi. Sarana pelatihan menulis kreatif bentuk nonfiksi dapat Anda lakukan dengan belajar menulis proposal. Anda harus memerhatikan unsur-unsur proposal pada saat berlatih menulis proposal. Unsur-unsur proposal meliputi pendahuluan (latar belakang masalah), masalah (perumusan masalah), tujuan, sasaran, pelaksanaan, jadwal pelaksanaan, anggaran, dan penutup. Anda harus menggunakan bahasa baku dalam penulisan proposal. Karena proposal merupakan salah satu bentuk karya ilmiah. Anda harus mampu menulis proposal untuk berbagai kegiatan. Baik kegiatan sosial, kemanusiaan, maupun olahraga. Kegiatan kerohanian juga memerlukan sebuah proposal kegiatan. Misalnya peringatan Maulid Nabi, Kenaikan Isa Almasih, Nyepi, ataupun yang lain.

Artikel Terkait