Penjelasan Mendalam tentang Ekstasi

Tags

Apakah itu Ekstasi?
ekstasi adalah sejenis obat dari kelompok Amphetamine-Type stimulant (ATS). Secara kimianya, ekstasi dikenal sebagai 3,4 Methylenedioxymethamphetamine (MDMA) Seperti lain-lain obat terlarang, tidak ada kontrol terhadap faktor seperti efektivitas dan kebersihan selama proses pembuatan ekstasi yang dilakukan secara ilegal. Penipuan sering terjadi dengan penambahan bahan lain yang lebih murah.

Obat seprti ini memiliki jumlah MDMA yang berbeda. Oleh itu, ia dapat meningkatkan risiko untuk mengambil dosis yang berlebihan, mengalami keracunan atau mengalami efek samping setelah mengambilnya.

Apakah nama lain untuk Ekstasi?

Ekstasi juga dikenal sebagai 'love drug', 'yuppie drug', 'pink lady' dan 'playboy'.

Apakah Ekstasi berbahaya bagi kesehatan?

Ya. Ekstasi memiliki banyak dampak yang buruk bagi kesehatan.

Ekstasi Menyebabkan Ketagihan Secara Psikologi
Penagihnya akan tergantung pada obat ini secara psikologis. Mengambil obat ini menjadi lebih utama dari segala aktivitas lain dalam kehidupan penagihnya. Ini akan menjadi semakin sulit untuk pecandu berhenti atau mengurangi penggunaan Ekstasi.
Ekstasi Menyebabkan Masalah Psikiatri

Perilaku yang aneh, paranoia (perasaan kecurigaan yang ekstrim tanpa alasan yang kuat), depresi dan berhalusinasi (melihat atau mendengar sesuatu yang tidak ada).

Efek Ekstasi Pada Sistem Saraf Pusat
Efek obat ini ke sistem saraf pusat tubuh adalah dengan meningkatkan suhu tubuh, peningkatan denyut jantung dan tekanan darah. Ini ditambah dengan terlalu panas dan meminum air yang banyak yang akan menyebabkan otak menjadi bengkak, pendarahan dalam otak, kerusakan otak dan kematian.

Efek jangka panjang obat ini adalah kerusakan yang permanen pada urat saraf dan bagian dari otak
Ekstasi merusak Jantung

  • ekstasi menyebabkan jantung berdenyut lebih cepat dari biasa
  • ekstasi juga meningkatkan tekanan darah
  • ekstasi akan menyebabkan denyut jantung yang tidak menentu, gagal jantung dan berikutnya kematian

Ekstasi merusak Otot, Sendi dan Tulang

  • Menari atau berjoget terlalu lama yang dipengaruhi oleh ekstasi dapat melukai otot, sendi-sendi dan tulang.
  • Ekstasi Menganggu Kemampuan Darah Untuk Membeku
  • Ekstasi mungkin akan memberhentikan kemampuan darah untuk membeku yang menyebabkan pendarahan internal dan kematian kepada penagihnya
  • Ekstasi bagi Kehamilan
  • Ekstasi mungkin dapat melewati plasenta dan membahayakan janin dalam kandungan. Keguguran bisa terjadi.

Ekstasi Membahayakan Pengguna Jalan Raya
Risiko untuk terjadinya kecelakaan lalulintas bertambah ketika pengemudi kendaraan berada di bawah pengaruh ekstasi karena gangguan penglihatan, halusinasi dan manajemen yang lemah
Ekstasi Mengungkapkan Penagihnya Kepada Eksploitasi Seksual dan Seks Yang Tidak Aman

Remaja, terutama sekali gadis yang berada di bawah pengaruh Ekstasi, akan rentan eksploitasi seksual, seperti seks yang tidak aman, kemungkinan untuk mendapatkan infeksi HIV, Hepatitis dan lain-lain sakit kelamin.
Siapa saja yang menderita penyakit tekanan darah tinggi, sakit jantung, diabetes, penyakit hati, kejang (epilepsy) dan sejarah penyakit mental atau mudah panik menghadapi bahaya secara fisik dan psikologis ketika mengambil Ekstasi.

Bagaimana kematian dapat terjadi pada pecandu Ekstasi?

Tidak ada kaitan antara dosis yang diambil dengan risiko efek samping yang serius atau kematian. Seseorang itu bisa mati hanya dengan mengambil cuma sebiji saja pil ekstasi. Kebanyakkan kasus kematian akibat ekstasi terjadi pada pecandu yang biasa mengambilnya tanpa efek samping yang berbahaya.

Tidak ada yang tahu mengapa setengah orang memiliki efek samping yang buruk pada obat ini.

Efek rangsangan obat ini menyebabkan tekanan darah terlalu tinggi, suhu badan naik terlalu tinggi dan detak jantung yang terlalu cepat. Ini akan mengakibatkan serangan jantung dan pendarahan dalam otak

Panas yang ekstrim dan kekeringan
Berkeringat yang berlebihan yang disebabkan oleh panas dan kegagalan untuk menggantikan garam dan air yang hilang melalui keringat yang berlebihan menyebabkan kekeringan. Tubuh akan mencoba mempertahankan air didalam tubuh dengan menghentikan fungsi keringat dan ginjal
Overheating menyebabkan terjadinya kejang, koma gagal ginjal yang akut dan kematian

Minum terlalu banyak air
Beberapa kasus kematian telah terjadi akibat dari meminum air yang terlalu berlebihan dalam waktu singkat karena terlalu haus
Di bawah pengaruh ekstasi, pernah terjadi penagihnya meminum air sebanyak 20 liter dalam waktu 3 jam. Efeknya darah menjadi cair dan sel-sel tubuh mengembang yang mana dapat membawa kematian terutama di otak karena sel-sel otak mengembang dan akhirnya tertekan oleh tulang tengkorak.

Bagian otak yang mengontrol jantung dan pernapasan akan mengalami kerusakan permanen dan orang itu akan mati
Obat ini menyebabkan tubuh mengeluarkan hormon yaitu hormon antidiuretic yang mencegah ginjal membuang air yang berlebihan yang menyebabkan kondisi ini menjadi semakin parah


Penulis: Dr. Rosnah Ramly
Peramban: Dato 'Dr. Hj. Md hanip b. Rafia

artikel telah diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia
sumber: http://www.myhealth.gov.my

Artikel Terkait