Penggunaan Komputer dan Internet Dalam Bisnis

Tags


Kegunaan koomputer dalam dunia bisnis itu sangat penting dalam suatu perusahaan, karena komputer dapat digunakan untuk transaksi rutin, dan menyediakan informasi dengan cepat dan tepat. Komputer juga dapat digunakan untuk mesin kasir, untuk membuat laporan keuangan, juga dapat digunakan untuk scanning barcode barang dagangan, inventaris, dan menghitung laba rugi.
Di dalam perbankan, komputer dapat digunakan untuk jasa pelayanan bank, untuk menghitung bunga secara otomatis, transaksi on-line, ATM, dan untuk pengecekan keluar masuknya biaya. komputer untuk mempermudah transaksi dengan nasabah. yang tadinya melayani nasabah dengan harus bertemu / nasabah datang ke cabang2 bank yang disediakan oleh bank yang digunakan untuk menabung/infertasi menjadi lebih mudah karena bank mulai mengunakan teknologi berbasis komputer dan sekarang sudah bisa mengakses lewat internet sudah banyak diterapkan bank.Komputer dapat juga digunakan untuk proses akuntansi, analisis keuangan, neraca, laba rugi, dan sebagainya. Komputer juga dapat sebagai alat pendukug untuk meringankan pekerjaan dalam proses pemecahan berbagai masalah karena  memiliki kecepatan operasionalnya, kemampuan menyimpan memori, dapat dipercaya dan menghemat biaya. Komputer dapat membantu pekerjaan manusia dalam kegiatan seperti : Penanganan data dalam jumlah yang besar, seperti penghitungan sensus dan laporan lain dalam suatu negara. Menghitung laporan bulanan suatu perusahaan. Operasional ditempat yang jauh misalnya sepeti CEO yang tidak dapat menjangkau ke perusahaan lainnya., Perhitungan dengan kecepatan yang tinggi, seperti perhitungan matematika yang rumit.
Namun di dalam bidang perhotelan, komputer juga dapat digunakan untuk melihat desain hotel, jumlah kamar, peralatan yang dibutuhkan, dan jumlah kamar yang masih kosong, berapa pendapatan perhari, pengecekkan tamu yang datang.

Di bisnis kita juga harus tau informasi harga atau kualitas yang sangat jadi trending topic di kalangan masyarakat, maka dari komputer kita bisa mendapatkan informasi yang akurat mengenai apa yang sedang disenangi oleh konsumen dan standar harga yang bisa dijual oleh kita. Kita juga bisa mengontrol bagaimana proses kerja karyawan melalui cctv, tanpa kita harus terjun ke lapangan, kita juga bisa mengecek barang yang dikirim oleh staf gudang kita, mengatur kinerja karawan kita.
Jika kita membuka usaha baru salah satu usaha, melalui internet kita dapat mempromosikan produk atau jasa yang ingin kita jual. Selain mempromosikan barang atau jasa di internet, Komputer juga sangat berpengaruh dalam  usaha di dunia nyata. Karena sekarang ini Komputer sudah menjadi kebutuhan untuk menunjang kelancaran dalam menjalankan suatu usaha, walaupun itu hanya usaha kecil.

 Komputer di dalam dunia bisnis juga sangat membantu di dalam penyimpanan data. Tanpa komputer, akan sangat sulit sekali untuk memeriksa banyaknya stok barang yang dimiliki perusahaan retail. Namun dengan adanya komputer dan aplikasinya, memeriksa kondisi stok barang dan juga keuangan perusahaan akan dapat mudah dan praktis untuk dilakukan.  Dengan adanya pemanfaatan komputer dan sistem sistem yang canggih di dalamnya sangat mempermudah jalannya suatu usaha karena komputer juga untuk menyimpan dan mengolah berbagai data. komputer juga dapat digunakan untuk operasi yang lebih kompleks, seperti penganggaran, penelitian, pengembangan, dan perencanaan.

Tanpa adanya komputer, suatu bisnis tidak akan berkembang pesat. Selain itu ada juga perusahaan-perusahaan bisnis yang menggunakan sistem komputerisasi. Sistem komputerisasi adalah suatu sistem yang dibuat khusus untuk membantu mengerjakan pekerjaan tertentu. Contohnya, perusahaan pabrik otomatif menggunakan sistem komputerisasi untuk mengendalikan operasi jalur produksi. Informasi dalam berbagai hal, menjadi amat penting bagi semua bentuk perusahaan. Kegagalan suatu perusahaan untuk mencerna informasi akan berakibat kepada melemahnya daya saing perusahaan tersebut, baik badan pemerintahan maupun swasta. Maka dari itu banyak  Mereka berani mengeluarkan dana yang besar untuk komputer, mungkin hanya didasarkan kepada pengharapan, bahwa komputer dapat meningkatkan mutu pelayanan dan efisiensi kerja mereka. Ternyata komputer di samping memiliki kemampuan besar untuk mengolah data, juga membawa masalah-masalah baru, seperti misalnya penyediaan tenaga ahli, pendidikan staf atau karyawan.


Disusun Oleh :
Kasriana
15212015

Diploma III Ekonomi
Universitas Islam Indonesia
Tahun Akademik 2015/2016


Referensi :
http://dokumen.tips/search/?q=Manfaat+Komputer+Dalam+Dunia+Bisnis
https://linadepooh.wordpress.com/2012/12/13/manfaat-komputer-dalam-dunia-bisnis/
http://www.scribd.com/doc/64234637/Manfaat-Komputer-Di-Bidang-Bisnis-Dan-Perbankan#scribd

https://www.google.com/search?q=kegunaan+komputer+dalam+dunia+bisnis&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=0ahUKEwjMlveGvK3JAhWTBY4KHYvaCXkQ_AUICCgC&biw=1366&bih=640#imgrc=nqR6sbrwqUP2pM%3A

Artikel Terkait