Keuntungan Menggunakan Komputer dalam Bisnis

Tags

Mencari penggunaan komputer dalam dunia bisnis.

KEGUNAAN KOMPUTER DALAM DUNIA BISNIS
Pada saat ini, manfaat komputer sudah banyak dirasakan oleh banyak orang. Komputer pada umumnya bermanfaat untuk membantu kegiatan atau aktivitas manusia. Misalnya, membuat berbagai laporan , presentasi, chart dan diagram, membuat berbagai animasi, berkomunikasi, sharing data dsb.
Masyarakat kini mudah dalam melakukan bisnis baik secara individu maupun kelompok.
Kegunaan Dalam Bidang Bisnis
Dalam bidang bisnis komputer berguna untuk kegiatan transaksi baik rutin , periodik, maupun insidentil dan menyediakan informasi dengan cepat dan tepat tanpa harus menggunakan perhitungan manual. Sistem Informasi Manajemen, merupakan sistem informasi yang sudah banyak diterapkan pada perusahaan yang bergerak pada bidang perdagangan barang maupun jasabaik pada perusahaan besar, menengah, dan kecil.
Di department store, telah menggunakan mesin kasir yang telah dilengkapi dengan control computer sehingga mesin tersebut dapat dikontrol oleh pihak manajer hanya dari ruang kerjanya secara cepat dan tepat, untuk scanning barcode kode barang dagangan dan menghitung laba ruginya.

Gambar mesin kasir.
Kehadiran computer di dalam dunia bisnis juga sangat membantu di dalam penyimpanan data. Tanpa ada computer, akan sangat sulit untuk memeriksa banyaknya stok barang yang dimiliki perusahaan retail. Namun dengan adanya computer dan aplikasinya, memeriksa kondisi stok barang dan juga keuangan perusahaan akan lebih mudah dan praktis untuk dilakukan.
Untuk penggunaan computer dalam dunia bisnis secara pribadi atau individu, kita dapat memanfaatkan blog untuk membuka sebuah bisnis baru. Karena sudah menjadi suatu keharusan untuk melambungkan atau meningkatkan usaha atau bisnis.

Dampak Keuntungan Komputer dalam Dunia Bisnis
Keuntungan untuk Perusahaan/ Perdagangan:
1.            Semakin maraknya penggunaan TIK akan semakin membuka lapangan pekerjaan.
2.            Bisnis yang berbasis TIK atau biasa disebut e-commerce dapat mempermudah transaksi bisnis suatu perusahaan atau perorangan.
Keutungan yang diperoleh konsumen:
1.            Konsumen tidak perlu ke took untuk mendapat barang.
2.            Pembeli dapat menghemat waktu dan biaya perjalanan.

Disusun oleh:
Nowiyanti Ayuningtyas (15212023)


Diploma III Ekonomi
Universitas Islam Indonesia
Tahun Akademik 2015/2016 

SUMBER REFERENSI :
http://masteg03.blogspot.co.id/2011/03/peranan-komputer-dalam-dunia-usaha.html
https://asonbasoni.wordpress.com/2013/06/28/kegunaan-komputer-dalam-bidang-bisnis-dan-perbankan/
http://dokumen.tips/documents/manfaat-komputer-dalam-dunia-bisnis.html
http://chalouiss.blogspot.co.id/2012/09/manfaat-komputer-dalam-bidang-lain.html



Artikel Terkait