Manfaat Komputer di Berbagai Bidang Bisnis

Tags

KEGUNAAN KOMPUTER DALAM BIDANG BISNIS
DALAM DUNIA BISNIS
Dalam bidang bisnis computer berguna untuk kegiatan transaksi baik rutin, periodik, maupun insidentil dan menyediakan informasi dengan cepat dan tepat tanpa harus menggunakan perhitungan manual. Sistem Informasi Manajemen (SIM)/ Managemen Informatika System (MIS), merupakan system informasi yang sudah banyak diterapkan pada perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan barang dan jasa baik pada perusahaan besar, menengah, bahkan perusahaan kecil. Deperusahaan dagang seperti departemen store, telah dipergunakan mesin cash register (mesin kasir) yang dilengkapi dengan control komputer sehingga mesin tersebut dapat dikontrol oleh pihak manajer hanya dari ruang kerjanya secara cepat dan tepat, untuk scanning barcode kode barang dagang dan menghitung rugi labanya,.
Kehadiran computer dalam dunia bisnis juga sangat membantu di dalam penyimpanan data. Tanpa computer, akan sangat sulit sekali untuk memeriksa banyaknya stok barang yang dimiliki perusahaan retail. Namun dengan adanya computer dan aplikasinya, memeriksa kondisi stok barang dan juga keuangan perusahaan akan dapat mudah dan praktis untuk  dilakukan.

DALAM BIDANG BISNIS DAN PERBANKAN
Dalam dunia perbankan, perkembangan teknologi dan informasi membuata para perusahaan mengubah strategi bisnis dengan menepatkan teknologi sebagai unsur utama dalam proses inofasi produk dan jasa seperti:
•              Adanya transaksi berupa Transfer uang via mobile maupun via teller
•              Adanya ATM pengambilan uang secara cash secara 24 jam
•              Pengunaan database di bank-bank
•              Sinkrinisasi data- data pada kantor cabang dengan Kantor Pusat Bank

Dengan adanya jaringan computer hubungan atau komunikasi kita dengan klien menjadi lebih hemat, efesien dan cepat. Contohnya ; email, teleconference. Sedangkan dirumah dapat berkomunikasi dengan penggunaan lain untuk menjalin silahturahmi (chatting), dan sebagai hiburan dapat digunakan untuk bermain game online, sharing file. Apabila kita mempunyai lebih dari satu computer, kita bias terhubung dengan internet melalui satu jaringan.
Pada dunia perbankan, perkembangan teknologi informasi membuat para perusahaan mengubah strategi bisnis dengan menepatkan teknologi sebagai unsur utama dalam proses inovasi produk dan jasa seperti halnya pelayanan elektronik.


DALAM BIDANG INDUSTRI DAN MANUFAKTUR
Di bidang industry dan manufaktur computer dipergunakan untuk mengontrol mesin-mesin produksi dengan ketetapan tinggi, misalnya CNC pengawasan numeric dan perhitungan , CAM,CAD yaitu untuk untuk merancang untuk disain sebuah produk yang akan dikeluarkan pada sebuah industry atau pebrik, misalnya munculnya sebuah mesin serba guna dalam mesin industry mental. Banyak pula dalam mesin-mesin industry garmen delengkapi dengan control computer, misalnya melakukan pewarnaan, membuat border, dan sebagainnya. Selain itu industri modern saat ini juga memanfaatkan robot yang secara otomatis melakukan kerja-kerja tertentu dalam sebuah industri yang dikontrol oleh komputer yang tidak mungkin dikerjakan manusia. Contohnya adalah merakit kendaraan, mobil, motor, atau alat-alat berat lain telah dikontrol melalui komputer. Hal tersebut terjadi, karena dengan dengan pemanfaatan tekonologi komputer pekerjaan di bidang industri akan lebih cepat terlaksana dan praktis, sehingga manusia hanya bertugas menjalankan komputer yang telah dirancang untuk mempermudah dalam proses pekerjaanya.

DALAM BIDANG TEKNIK DAN ILMU PENGETAHUAN
Dalam bidang teknik dan ilmu pengetahuan komputer sangat bermanfaat untuk perhitungan-perhitungan yang sulit dan membutuhkan presisi tinggi yang tidak mungkin dilakukan oleh manusia. Ini biasanya digunakan untuk keperluan penelitian dan riset yang dilakukan oleh para ahli. Para ahli biasanya akan mengadakan simulasi dengan komputer sebelum menguji coba sesungguhnya dari hasil temuannya, misalnya membuat model reaktor nuklir, membuat model-model atom dan molekul. Komputer juga bisa digunakan untuk bidang ilmu pengetahuan alam misalnya mempelajari keadaan struktur tanah, keadaan angin, cuaca, dan sebagainya. Dalam bidang bioteknologi, peralatan-peralatan kultur telah banyak yang dilengkapi dengan kontrol komputer untuk mengusahakan ketelitian kerja pada ruang steril. Pada bidang pekerjaan teknik sipil komputer juga sangat dibutuhkan untuk menghitung presisi dan kekuatan kunstruksi bangunan, bidang arsitektur komputer digunakan untuk mensimulasi gambar-gambar ruang secara tiga dimensi.

Disusun oleh:
Anes Fitra Maliha
15212104
Diploma III Ekonomi
Universitas Islam Indinesia
Tahun Akademik 2015/2016


Artikel Terkait