Penggunaan Komputer Untuk Bisnis

Tags

Kegunaan Komputer Dalam Bidang Bisnis
                Dalam bidang bisnis komputer berguna untuk kegiatan transaksi baik rutin, periodic, maupun insidentil dan menyediakan informasi dengan cepat dan tepat tanpa harus menggunakan perhitungan manual. Sistem Informasi Manajemen (SIM) / Management Information System (MIS), merupakan system informasi yang sudah banyak diterapkan pada perusahaan yang bergerak dibidang perdagangan barang dan jasa baik pada perusahaan besar, menengah bahkan perusahaan kecil. Di perusahaan dagang seperti department store, telah dipoergunkan mesin cash register (mesin kasir) yang dilengkapi dengan control komputer sehingga mesin tersebut dapat dikontrol oleh pihak manajer hanya dari ruangan kerjanya secara cepat dan tepat, untuk scanning barcode kode barang dagangan dan menghitung rugi labanya.
                Kehadiran komputer di dalam dunia bisnis juga sangat membantu di dalam penyimpanan data. Tanpa komputer, akan sangat sulit sekali untuk memeriksa banyaknya stok barang yang dimiliki perusahaan retail. Namun dengan adanya komputer dan aplikasinya, memeriksa kondisi stok barang dan juga keuangan perusahaan akan dapat sangat mudah dan praktis untuk dilakukan.
                Di bidang bisnis maupun jasa computer akan sangat penting untuk kegiatan transaksi baik rutin, periodic, maupun incidental dan menyediakan informasi dengan cepat dan tepat. Di perusahaan dagan seperti department store, telah dipergunakan mesin cash register (mesin kasir) yang dilengkapi dengan kendali komputer sehingga mesin tersebut dapat dikendalikan oleh pihak manajer hanya dari ruanagan kerjanya dengan cepat dan tepat, untuk scanning barcode kode barang dagangan, menghitung laba rugi, inventaris dan sebagainya.
                Pada bidang bisnis komputer tidak hanya digunakan untuk menyelesaikan tugas-tugas harian, seperti memonitor persediaan stok barang, tetapi komputer juga dapat digunakan untuk operasi yang lebih kompleks, seperti                                                                           
•             Penggaran
•             Penelitian
•             Pengembangan
•             Perencanaan
Dalam dunia bisnis, komputer memang sanagat membantu sekali. Hampir semua jenis pekerjaan dalam dunia bisnis dilakukan dengan komputer. Namun, komputer yang digunakan bukanlah sembarang komputer. komputer yang digunakan pada perusahaan telepon menggunakan  komputer yang canggih.

 Sedangkan untuk usaha kecil, seperti toko-toko rata-rata menggunakn kompuetr biasa.
        
Bank, toko eceran, penerbangan, keretas api, hotel, percetakan dan lain sebagainya dalam hal melakukan segala jenis aktivitas masih bergantung pada komputer.
Komputer memang sangat berperan penting dalam kemajuan suatu bisnis. Tanpa adanya komputer, suatu bisnis tidak akan berkembang pesat. Selain itu ada juga perusahaan-perusahaan bisnis yang menggunakan system komputerisasi. System komputerisasi adalan suatu system yang dibuat kusus untuk membantu mengerjakan pekerjaan tertentu. Contonya, perusahaan pabrik otomotif menggunakan system komputerisasi untuk mengendaliakan operasi jalur produksi.

Selain itu salah satu penggunaan komputer adalah bisa dimanfaatkan sebagai sarana untuk mencari uang. Dengan memanfaatkan system informasi berbasis e-commerce, dapat memprmudah proses penjualan dan pembelian barang. Tak hanya dibidang perkantoran ataupun lembaga saja, di bidang pemasaran dan penjualanpun telah memanfaatkannya. Selain mempermudah, juga meneliti dari kesalahan serta meningkatkan keuntungan dibanding perdagangan manual. Dengan sistem e-commerce, proses penjualan dan pembelian barang lebih praktis, sehingga orang–orang yang akan melakukan transaksi dapat lebih nyaman dan tidak perlu repot pergi ke tempat jauh hanya untuk membeli keperluan pakaian. Hal ini juga bergantung pada pelayanan yang disediakan oleh toko yang bersangkutan, bagaimana toko menjaga kepercayaan dan keamanan pelangan.


Masyarakat kini mudah dalam melakukan perdagangan atau bisnis baik secara individu maupun perusahaan-perusahaan , tentunya melalui penggunaan teknologi internet.Internet pada prinsipnya merupakan contoh sebuah jaringan komputer. Jaringan ini menghubungkan jutaan komputer yang tersebar di seluruh dunia. Yang menarik, siapapun dapat terhubung ke dalam jaringan ini. Kehadiran internet telah memberikan pengaruh yang cukup besar dalam berbagai aktifitas manusia, terutama dalam hal kemudahan memperoleh informasi. Internet memungkinkan siapapun mengakses berita-berita terkini melalui koran-koran elektronis. Bahkan internet juga mampu mendukung aktifitas bisnis suatu perusahaan. Aplikasi pendukung bisnis ini kemudian dikenal dengan sebutan e-Business.


Disusun Oleh:
Endang Ayu Fitriya
15212103

Diploma III Ekonomi
Universitas Islam Indonesia
Tahun Akademik 2015/2016

Artikel Terkait