Anatomi Panggul Wanita

Tags



A.      Bagian Lunak Panggul
Bagian lunak pada panggul terdiri dari otot, jaringan lunak dan ligamen.
1.         Otot
Otot-otot yang menyusun kerangka penopang organ-organ di dalam pelvis
-     Musculus sfingter ani ekternus
Otot ini merupakan cincin otot yang melingkari anus. Otot ini terbentuk dari gabungan serabut otot dari lapisan superficial dan profundal commisurra posterior dan kulit perineum sebagian menutupi musculus sfingter ani ekternus.

-    Muskulus Stingfer uretra
Otot ini merupakan muara dari uretra. Sfingter ini analog dengan sfingter pada pria, dan mempunyai nama yang sama.  Namun di bandingkan dengan pria sfingter pada wanita lebih lemah dan merupakan struktur yang kurang penting. Ostium ini harus di bedakan dari klitoris yang harus diidentifikasi terlebih dahulu.
-     Muskulus Pubokoksigeus
Merupakan otot yang paling pentingdi antara semua otot dasar pelvis. Otot ini merupakan otot yang mengelilingi dan memperkuat uretra, vagina dan rectum. Otot ini juga merupakan penentu miksi, defekasi serta fungsi seksual yang normal.
-    Muskulus iliococcygeus
Otot ini berasal dari linea alba faciae pada permukaan dalam masing-masing os. Illium dari masing-masing spina isciadika, serta berjalan ke belakang ke os. Coccygi.
-    Musculus ischiococcygeus
Berasal dari masing-masing spina isciadika kemudian berlanjut ke bagian atas coccygi dan tepi bawah sakrum. Dilanjutkan ke posterior, sehingga diaphragma pelvis hampir tertutup. Otot-otot ini membantu menstabilkan articulatio sacroiliaca dan articulatio sacrococcygea.


-   Muskulus Bulbokavernosus
Otot ini merupakan otot yang berasal dari pusat perinium dan memberikan serabut-serabut longitudinal pada kesua sisi uretra dan vagina. Muskulus Bulbokavernosus mengelilingi vulva yang bertujuan untuk membantu kontraksi dinding vagina saat melakukan koitus. Serabut ini juga mengelilingi ostia sebelum berinsersi pada corpus clitoridis. Serabut-serabut anterior memungkinkan terjadinya ereksi klitoris pada saat aktivitas seksual.
Otot ini juga sebagai penunjang muskulus levator ani yang terletak lebih dalam dari otot ini.
-      Muskulus Transversus parinea profundus.
Para transversus perinei profunda (atau perineal melintang dalam) muncul dari rami inferior iskium dan berjalan ke garis tengah, di mana ia interlaces dalam tendon raphe dengan sesama dari sisi yang berlawanan.
Itu terletak pada bidang yang sama sebagai sfingter uretra membranaceae ; sebelumnya dua otot digambarkan bersama-sama sebagai uretra Constrictor

-    Muskulus Transversus parinea suferfisialis
Otot ini berasal dari permukaan dalam masing-masing tuber isciadika dan berjalan transversal melintasi pintu keluar pelvis. Serabut-serabut dari masing-masing otot akan menyatu dan menyilangdengan jaringan superfisial corpus perinei.
Musculus  Transversus parinea suferfisialis sama halnya seperti musculus bulbokavernosus berfungsi untuk menopang muskulus levator ani yang terletak lebih dalam.

Artikel Terkait