Tablet tambah darah

Tags

Pengertian Tablet tambah darah

Tablet tambah darah adalah suplemen yang mengandung zat besi.
Zat besi adalah mineral yang dibutuhkan untuk membentuk sel darah merah (Hemoglobin) (Soebroto, 2009)
Tablet Fe merupakan unsur kelumit (trace element) terpenting bagi manusia. Besi dengan konsentrasi tinggi terdapat dalam sel darah merah, yaitu sebagai bagian dari molekul hemoglobin yang menyangkut oksigen dari paru–paru. Hemoglobin akan mengangkut oksigen ke sel–sel yang membutuhkannya untuk metabolisme glukosa, lemak dan protein menjadi energi (ATP). Besi juga merupakan bagian dari sistem enzim dan mioglobin, yaitu molekul yang mirip Hemoglobin yang terdapat di dalam sel–sel otot. Mioglobin akan berkaitan dengan oksigen dan mengangkutnya melalui darah ke sel–sel otot. Mioglobin yang berkaitan dengan oksigen inilah menyebabkan daging dan otot–otot menjadi berwarna merah. Di samping sebagai komponen Hemoglobin dan mioglobin, besi juga merupakan komponen dari enzim oksidase pemindah energi, yaitu: sitokrom paksidase, xanthine oksidase, suksinat dan dehidrogenase, katalase dan peroksidas (NN, 2008).
Tablet Fe adalah sebuah nutrient esensial yang diperlukan oleh setiap manusia. Sebagai logam transisi (nomor atom 26, berat atom 55,85), dapat berperan sebagai pembawa oksigen dan electron serta katalisator untuk oksigenasi, hidroksilasi dan proses metabolik lainnya, melalui kemampuannya berubah bentuk abtara Fero (Fe2+) dan fase oksidasi Fe3+ ( NN, 2008).
Tablet Fe adalah elemen biokatalitik yang paling penting dalam enzymologi manusia, dengan peran utamanya dalam metabolism oksidatif, proliferasi dan pertumbuhan sel serta penyimpanan dan transportasi oksigen ( NN, 2008).
Tujuan Pemberian Tablet Fe
Tujuan pemberian tablet Fe adalah untuk memperbaiki status besi ibu (NN, 2008).
Indikasi Pemberian Tablet Fe
Indikasi pemberian tablet Fe adalah ibu hamil, balita, anak usia sekolah, dan wanita usia subur termasuk remaja putri dan pekerja wanita dengan kurangnya asupan zat besi.
Kontraindikasi Pemberian Tablet Fe
Kontraindikasi pemberian tablet Fe adalah jangan diberiakn pada pasien yang mengalami tranfusi darah yang berulang atau anemia yang tidak disebabkan oleh kekurangan besi, pasien dengan ulcus peptikum, hemokromatosis, colitis ulseratif, enteritis, serta penderita yang hipersensitif terhadap salah satu atau kedua zat aktif.


Artikel Terkait