4 Manfaat Penting Jamur Untuk Diet Anda

Jamur atau mushroom adalah sejenis tumbuhan spora (jamur) yang tumbuh di atas tanah atau menumpang pada inang seperti sisa tumbuhan atau bagian tumbuhan yang telah membusuk dan menyerap zat-zat gizi darinya. Selain dari tumbuh alami dan sekarang ada beberapa jenis jamur yang bisa ditanam dan diperbanyak. Bentuk jamur adalah berbagai tetapi umumnya ia memiliki batang atau tangkai dan tudung yang berbentuk seperti payung.

Jamur memasok banyak khasiat untuk kesehatan dan dikatakan ada beberapa jenis jamur yang memiliki nilai dan permintaan yang sangat tinggi di pasar. Ada berbagai jenis jamur dan antara jenis yang cukup populer adalah seperti Jamur Tiram Kelabu, Jamur Tiram Putih, Jamur Abalon. Jamur Enokim jamur Ganoderma lucidum, jamur Tombol, Shitake, Jamur kukur dan banyak lagi.


KENAPA JAMUR PENTING Untuk Diet?

Kenapa jamur harus ada dalam menu diet Anda? Periksa 4 manfaat yang Anda peroleh dengan mengkonsumsi jamur secara konsisten.



1. Kaya dengan Vitamin D

Fenomena jerebu yang melanda negara kita mencatat penurunan kadar vitamin D yang penting untuk sistem tubuh. Jadi, jika tidak ada makanan tambahan (suplemen) atau cahaya matahari yang suram, konsumsi jamur adalah cara yang terbaik untuk meningkatkan tingkat vitamin D. Hal ini karena, jamur merupakan satu-satunya sumber makanan berunsurkan sayuran yang lezat dan kaya dengan vitamin D (reaksi yang terjadi dalam jamur mampu mengkonversi ergosterols kepada vitamin D saat terkena cahaya).

2. Perbaikan sistem kekebalan tubuh

Selain itu, jamur juga merupakan sumber vitamin B yang baik dan memainkan peran penting dalam sistem saraf serta dapat membantu memberikan energi dengan memecah protein, lemak dan karbohidrat. Betaglucans yang hadir dalam jamur juga dikatakan dapat meningkatkan sistem imunitas seseorang terutama bagi mereka yang alergi terhadap sesuatu makanan. Sedangkan zat selenium dan ergothioneine pula membantu dalam melindungi sel-sel kita dari kerusakan yang disebabkan oleh penyakit kronis.



3. Katakan tidak pada obesitas

Siapa yang tidak ingin tubuh kurus, ramping, bugar dan sehat, bukan? Malaysia dikatakan antara negara yang memiliki populasi obesitas yang paling tinggi di Asia. Mungkin ada di antara kita yang telah mencoba berolahraga dan mengontrol nafsu makan, tetapi berat tidak juga turun-turun.

Nah, ini ada berita baik! Mungkin dengan konsumsi jamur dapat membantu Anda mengatasi masalah ini. Menurut penelitian, ekstrak jamur dapat membantu melawan obesitas. Sebenarnya ekstrak ini telah lama digunakan dalam praktek medis tradisional Asia lebih 2000 tahun yang lalu. Ini dikatakan memiliki kemampuan untuk melindungi tubuh dari peningkatan berat badan yang ekstrim, di samping menghindari radang yang disebabkan oleh obesitas dan sistem metabolisme yang tidak berfungsi dengan baik (metabolisme yang sangat rendah). Penelitian yang dilakukan pada tikus gemuk ini memberikan hasil yang sangat mengesankan.

Jamur juga memiliki rasa yang seakan-akan daging ayam. Jadi, bagi Anda yang sedang dalam proses menurunkan berat badan dianjurkan untuk menggantikan daging ayam dengan jamur.

Bagi penggemar jamur, tanaman spora ini enak jika dicampur ke dalam masakan gorengan, kue maupun yang berkuah seperti sup. Kalau menyukai varietas, dengan mencampurkan jamur ke dalam kerabu atau salad juga nampak lebih menarik, bukan?

4. Kulit lebih anjal

Jamur mengandung pelembab yang dapat melindungi kulit Anda dari radikal bebas. Konsumsi secangkir jamur dikatakan mengandung 25 persen dari zat mineral dan menjadi agen antioksidan yang mampu membantu menyelamatkan kulit Anda dari sengatan matahari (sunburn), menjaga elastisitas kulit, di samping membantu mencegah dari kanker kulit.

kesimpulan

Justeru, jangan pandang ringan pada tumbuhan jamur ini. Meskipun nampak kecil tapi khasiatnya sangat berguna bagi sistem tubuh terutama bagi Anda yang dalam proses mengelola berat badan. Jadikan jamur sebagian dari makanan diet Anda dan jika bosan dengan cara penyediaan yang sama, belajar-belajar google resepi karena rasa jamur yang enak sesuai cara apapun masakan. Itulah 4 Manfaat Penting Jamur Untuk Diet Anda. Semoga Bermanfaat :)

Artikel Terkait