Cara Ampuh Mengatasi Stress (Tekanan)

Tags

Seorang wanita pada satu benaman matahari.Stres adalah respon tubuh seseorang dalam menghadapi berbagai tuntutan dalam kehidupan. Klaim-klaim tersebut mungkin merupakan hal-hal yang datang dari luar (misalnya: surat pinjaman bank yang tertunggak, teman, pekerjaan, atau hubungan dengan pasangan), atau mungkin juga datang dari pikiran sendiri (misalnya: bagaimana penilaian terhadap diri sendiri). Stres seringkali dicap sebagai sesuatu hal yang buruk. Namun sesungguhnya setiap orang memerlukan sedikit tekanan agar mereka memiliki hidup yang lebih baik.

Teknik atasi stress yang sehat, antara lain:

tidur Sejenak
Tidur sejenak selama 30 - 45 menit akan menyegarkan tubuh kembali. Orang-orang ternama yang memanfaatkan tidur siang untuk menangani stres adalah John F. Kennedy, Thomas Edison dan Salvador Dali.

pengurutan
Anda dapat mengunjungi seorang ahli pijat profesional atau meminta pasangan atau seorang sahabat untuk memijat otot-otot leher dan bahu Anda.

Mengekspresikan diri secara artistik
Jadi orang yang kreatif dan alihkan energi anda secara positif. Anda dapat mencoba untuk belajar akting, atau memainkan alat musik, mengambil gambar, melukis, menulis puisi atau menyanyi. Musik adalah media pereda stres yang sangat baik. Memainkan alat musik atau cuma sekadar mendengar musik sangat membantu untuk meredakan stres.

sering tertawa
Cara ini bukan rahasia lagi. Tertawa bisa menyebabkan stres yang ada hadapi menjadi lebih ringan. Selalu tunjukkan ekspresi yang menyenangkan diwajah Anda.

Bersikap lembut terhadap diri sendiri
Baik disadari atau tidak, sebenarnya kita secara terus-menerus berbicara kepada diri kita sendiri. Berbicara kepada diri sendiri menunjukkan perilaku dan citra diri. Anda dapat mengubah kedua hal tersebut melalui pembicaraan yang positif kepada diri Anda sendiri. Malahan pembicaraan tersebut dapat menyebabkan perubahan terhadap proses kimiawi tubuh yang menguntungkan, dengan cara mengaktifkan sistem saraf yang menimbulkan relaksasi. Sebaliknya, pembicaraan yang negatif kepada diri sendiri akan menyebabkan rangsangan terhadap sistem saraf simpatik dan menyebabkan tubuh merasa kelelahan.
Atasi stres Anda. Hidup dengan sehat dan ceria.

Artikel Terkait