Kota paling Banyak pemeluk Islam di Thailand

KANGAR: Rakyat Thailand paling banyak memeluk Islam melalui Organisasi Kesejahteraan Islam Malaysia (PERKIM) Perlis seperti yang didaftarkan sejauh akhir tahun lalu.

Pegawai PERKIM Perlis, Abd Rahim Abdullah, mengatakan sebanyak 693 warga negara tetangga itu, yaitu 621 wanita dan 72 pria didaftarkan pihaknya dari 1,572 saudara baru.

"Tahun lalu saja, sebanyak 20 wanita dan seorang pria warga Thailand memeluk Islam," katanya di sini hari ini, namun tidak menyebutkan sejak kapan pendaftaran itu dibuat.

Abd Rahim mengatakan, faktor banyak wanita Thailand memeluk Islam adalah karena menikah dengan pria lokal, terutama di Perlis.


Katanya, kaum Tionghoa yang memeluk Islam dalam periode sama pula menduduki tempat kedua, yaitu sebanyak 19 orang, diikuti India (4), Siam Malaysia (2), Eropa (1) dan lain-lain kaum (16).

Dia mengatakan, PERKIM Perlis memberi bimbingan dasar tentang Islam, khususnya ibadah wajib, seperti shalat, puasa, zakat dan fardu haji kepada saudara baru.

Selain itu, katanya, mereka turut dibimbing membaca al-Quran, sementara 128 orang diberi bantuan modal tanpa bunga untuk menjalankan bisnis dan biaya bulanan dibuat berdasarkan kemampuan.

Artikel Terkait