Shisha (Pipa Rokok)

Tags


pengenalan

Memperkatakan tentang shisha, Anda akan terbayang sekelompok teman yang berkumpul dan dengan gembiranya menghisap shisha di restoran atau kafe. Ini adalah tren masa kini terutama di kalangan orang muda. Kebanyakan anak-anak muda merasakan menghisap shisha adalah sesuatu perbuatan yang menarik, glamor, bergaya dan menyenangkan.



Apakah Shisha?

Mengisap Shisha mengacu kepada mengisap tembakau dibumbui menggunakan peralatan pipa rokok. Ini adalah metode tradisional untuk menghisap tembakau dan merupakan satu tradisi simbolis dalam kalangan budaya tertentu.

Ia diberi nama shisha (pipa rokok) untuk melambangkan fitur alat tersebut; yaitu asap dilewatkan ke pipa sebelum ia tersedot. Shisha tersedia dalam berbagai bentuk dan dikenal dengan berbagai nama tergantung pada negara dan budaya. Antaranya nama lainnya shisha adalah Hookah, Huqqa, Arghile, Narghile, Hubble Bubble, Goza, dan Boori.

Shisha datang dalam bentuk dan ukuran, dan warna yang berbeda-beda. Struktur dasar shisha terdiri dari mangkuk, badan, selang, dan gromet. Ada berbagai jenis tembakau shisha. Tembakau direndam dalam konsentrat buah-buahan seperti anggur, stroberi, apel atau madu. Tembakau jenis manis dan gurih disebut moassel. Tembakau yang dinyalakan akan mengeluarkan aroma buah atau sirup yang dibakar. Ia populer di kalangan pemuda.

Tembakau moasselis ditempatkan dalam mangkuk yang ditutup dengan aluminium foil yang memiliki lubang-lubang kecil. Sepotong arang panas diletakkan atas aluminium foil tersebut untuk memanaskan tembakau. Asap yang dihasilkan akan disalurkan ke pipa (yang bertindak sebagai sebagai filter). Akhirnya, kombinasi uap air dan asap akan disedot melalui selang.

Mangkuk: wadah keramik yang menempatkan tembakau saat terbakar. Ini memiliki lubang di bagian bawah untuk udara / asap melaluinya.

Plat / Baki: Tempat untuk mengundurkan arang panas untuk menampung abu yang jatuh.

Host: Tabung yang dapat dibengkokkan untuk menyalurkan asap dari bawah ke penghisap shisha.

Jar / Balang: Menampung asap pada satu tingkat untuk memungkinkan akses ke batang pipa dan ke seluruh bagian alat tersebut.

Badan / Gasket: Bagian yang paling kompleks. Merupakan logam statis yang mengatur campuran hisap udara / asap.



Apakah shisha cara modern mengisap tembakau?

Menghisap shisha telah dipraktekkan sejak lebih 300 tahun yang lalu. Beberapa mengatakan ia berasal dari Turki dan beberapa pula mengatakan ia berasal dari Suriah atau India. Ia diperkenalkan sebagai metode lain untuk merokok setelah tembakau diperkenalkan. Di India, shisha merupakan simbol status bagi golongan orang kaya dan bangsawan karena itu populer dalam golongan tersebut. Dalam kalangan bangsa Arab, mengisap shisha adalah bagian dari budaya dan tradisi mereka.



Apakah menghisap shisha aman dibandingkan menghisap rokok?

Bahaya mengisap shisha adalah sama dengan bahaya merokok. Produk tembakau baik itu berupa shisha atau rokok serta apapun yang lain mengandung nikotin. Nikotin menyebabkan ketagihan. Pada setiap sesi mengisap shisha, Anda menelan 100 sampai 200 kali lipat lebih asap dan hingga 1,7 kali lipat nikotin dibandingkan menghisap sebatang rokok. Pipa yang dianggap sebagai filter tidak dapat menyaring semua bahan kimia penyebab kanker.



Efek buruk menghisap shisha termasuk:

Kecanduan mengisap shisha
Nikotin tiba ke otak dalam waktu sekitar 10 detik setelah hisap. Jadi, kecanduan dapat terjadi bahkan setelah beberapa sesi shisha. Gejala gian karena berhenti menghisap shisha termasuk rasa resah, letih, sakit kepala, berdenyut-denyut dan murung.
Tembakau mengandung nikotin dan nikotin menyebabkan ketagihan. Satu sesi mengisap shisha mengambil waktu sekitar 60 menit, dan ini setara dengan jumlah nikotin yang ada dalam satu kotak rokok. Nikotin tidak larut di pipa. Jadi, pipa ini tidak mengurangi jumlah nikotin yang dihirup.
Keracunan karbon monoksida
Pembakaran arang menghasilkan karbon monoksida serta logam berat lain yang bersifat karsinogenik.
Kanker paru-paru dan kanker mulut
Penyakit menular seperti tuberkulosis dan hepatitis, herpes, aspergillus dan infeksi Helikobakter.
Kemitraan pipa pengisap shisha memiliki resiko penyebaran penyakit-penyakit ini.
Aspergillus menyebabkan infeksi paru-paru yang parah
Helikobakter menyebabkan radang perut.
Penyakit kronis seperti penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) dan penyakit jantung.


alt

Wanita hamil yang merokok berisiko melahirkan bayi kurang berat badan.
Berbahaya bagi perokok pasif.
Individu yang terdekat yang tidak mengisap tetapi terhirup asap shisha disebut perokok pasif. Mereka memiliki risiko yang sama seperti penghisap shisha.


Apa yang bisa saya lakukan?

Anda mungkin ingin mencoba sesuatu yang baru. Namun jangan biarkan rasa ingin tahu tersebut membahayakan diri Anda. Dapatkan informasi yang benar tentang hal baru yang ingin Anda jelajahi. Dapatkan informasi dengan browsing internet atau nasihat dari guru, orangtua atau klinik kesehatan terdekat.

Anda telah mulai merokok? Belum terlambat untuk berhenti merokok. Risiko efek buruk akibat rokok akan berkurang setelah setiap tahun Anda berhenti merokok. Jika Anda tidak dapat melakukannya sendirian, dapatkan bantuan dari klinik kesehatan terdekat. Mereka dapat membantu Anda berhenti merokok.

Artikel Terkait