100 bisnis kecil yang bisa jadi bisnis besar

Tags

lupakan dahulu bisnis besar dan mari kita berikan fokus pada daftar ide bisnis kecil di bawah yang bisa dilakukan oleh Anda di luar sana yang tertarik untuk menjadi pengusaha kecil yang bisa berhasil.

Berikut adalah daftar ide bisnis kecil yang dapat dipertimbangkan:

Bisnis kopi - banyak jenis atau model bisnis kopi ni. Bisa buat toko kopi, bisa buat bubuk kopi tradisi goreng kat rumah dan lain-lain. Pencinta kopi memang banyak, ada yang suka kopi original dan ada yang suka kopi ala-ala Malaysia. Ada satu toko di Taman Tun Dr Ismail yang saya minum dengan teman menjual semua jenis minuman kopi ... hanya kopi. Mereka siap anjurkan kelas mengajar ilmu mengenai kopi dan bagaimana merasa kopi. Menarik bisnis kopi ini.

Bisnis teh - Sebut teh, semua akan terbayangkan Teh BOH atau Teh Lipton. Mereka dah besar sangat dan ada peternakan sendiri. Tapi jika kita kreatif, bisa cari Teh menarik buatan luar atau lokal dan jadi ajen. Kalau kena strategi tentu dapat dijual. Saya pernah pertimbangkan nak jadi distributor Teh Mekah satu masa dulu. Kalau yang pernah ke Mekah tentu kenal Teh Rabia, memang terkenal kat sana. Tapi proyek tu terhenti sekerat jalan. Tak tau pulak siapa yang jadi ajen Teh Rabia kat Malaysia sekarang.

Bisnis milo - Minum milo anda jadi sehat dan kuat !, semua pernah dengar moto tersebut. Sebenarnya Milo adalah merek dan bisnis sebenarnya adalah minuman kakao. Ada orang yang tahu teknik pencampur kakao ini sampai sedap diminum macam air milo. Kalau kita ada ilmu pencampur tersendiri, kita bisa buat merek sendiri dan pasarkan kecil-kecilan minuman kakao. Kenalah cari nama yang sesuai. Tapi susah rasanya nak buang kata Milo dari pikiran rakyat kita.

Bisnis susu kambing - Ini bisnis yang dah mulai populer sekarang. Ini lebih terkait dengan kesehatan. Ada pedagang susu kambing besar di Indonesia yang tawarkan pada saya untuk jadi ajen susu kambing keluaran mereka untuk dipasarkan di Malaysia. Tapi rasanya kat Malaysia juga ada merek susu kambing yang sukses dan besar bisnis mereka, Higoat. Cari produsen susu kambing dan cipta merek sendiri dan pasarkan secara kecil-kecilan di sekitar pemukiman. Kalau kena tekniknya tentu dapat tumbuh dan berhasil. Tak payah bela kambing pun untuk itu.

Bisnis minuman botol rasa - bisnis kecil minuman botol memang ada potensi untuk menjadi bisnis besar. Lihat saja Coca-Cola, Pepsi, F & N, Red Bull dan banyak lagi. Mereka berhasil ke tingkat dunia. Banyak pengusaha kecil di desa berhasil naik dengan mulai membotolkan minuman rasa. Ini industri mudah untuk dipasarkan jika kita rajin. Ada banyak pabrik yang dapat kita outsource untuk membotolkan merek minuman kita sendiri. Mulailah dengan mengirim ke toko-toko makan dekat dan seterusnya mengorak langkah lebih jauh.

Bisnis air mineral - Ini bisnis yang terkadang aneh. Bayangkan jika diceritakan pada tok nenek kita ada orang jual air kosong untuk diminum, tentu mereka heran. Tapi minuman mineral atau air minum biasa yang kosong ini menjadi hal biasa di seluruh dunia. Masih ada banyak ruang untuk siapa saja masuk dalam industri ini. Tak perlu keluarkan duit untuk sedut air dari bumi, cukup sekadar outsource pada pabrik produsen air minum dan pembangun merek kita sendiri. Mulailah dengan kirim ke toko-toko ritel dekat sebelum negorak langkah lebih jauh.
Bisnis air buah-buahan - Di bulan ramadan, bisnis air buah-buahan ini sangat laris. Orang yang sedang puasa akan terliur melihat bagaimana proses air buah dilakukan di bazar ramadan. Industri ini juga sangat besar. Siapa tak kenal Marigold, sedap air buah limaunya yang berpulpa. Anda juga bisa mulai buat merek sendiri samada proses sendiri secara kecil-kecilan di rumah atau outsource pada pabrik yang ada.

Bisnis air bertenaga - Ada seorang teman yang buat sendiri formula air bertenaga dengan mereknya sendiri. Takmsilap saya dia namakan sebagai "Charge". Dia berhasil edarkannya ke rata tempat, tapi dek kesalahan manajemen bisnis, dia tewas. Tapi dia masih belum berakhir, dia turun dan mulai kembali dan kali ini dengan outsource pada pabrik lain. Anda juga bisa buat hal sama. Bukan formula yang utama, tapi ilmu dagang dan ilmu manajemen bisnis yang lebih penting. Mulai kecil-kecilan untuk belajar sebelum pergi jauh.

Bisnis kue - Dulu jarang kita lihat orang jual kue di pasar malam. Bahkan tak terfikirpun orang nak beli kue dan makan hari-hari macam sekarang. Sekarang kue ada dijual melaui internet, di pasar malam dan juga di toko-toko. Ada yang buat kue sendiri dan pasarkan sendiri. Ada juga yang ambil kue orang buat dan pasarkan dengan merek sendiri. Yang pentingnya ilmu bisnis, dan bukan ilmu buat kue. Jika ditambah dengan minat dalam bab kue ini, bisnis ini ada potensi tinggi untuk pergi jauh.

Bisnis biskuit homemade - Ini juga sama macam bisnis buat kue di atas. Ada yang punya formula turun temurun buat biskuit. Ada yang mampu buat biskuit kalah Chipsmore, tapi tak reti pasarkannya. Ada juga yang tak reti kelola produksi secara besar-besaran. Kalau Anda ada ilmu dan kesungguhan untuk berbisnis, cari saja orang yang ada resep rahasia sebegini dan suruh dia buat produksi dan Anda buat pemasaran.

Bisnis roti bun homemade - Semua orang dah bisa buat roti bun sendiri sekarang. Kena ada modal sikit untuk sediakan peralatan dan alat pemanggang roti. Saya kenal teman yang investasikan sedikit uang untuk belajar dan beli peralatan untuk buat roti bun, kemudian mulai jual secara kecil-kecilan sampai mampu menghasilkan uang yang cukup baik. Ada banyak cara untuk pasarkan roti bun ini, termasuk dengan menempatkan di kantin sekolah, restoran dekat dan sejenisnya. Bila pasar dah besar, bisa memesan di pabrik buat roti bun yang besar untuk dipasarkan dengan merek sendiri pula.

Bisnis coklat homemade - Ini satu lagi bisnis yang menarik. Ramai dah pandai buat coklat sendiri dan kalau tak pandai bisa beli vcd ebook yang menurunkan ilmu buat coklat. Pasarkan di FB atau bawa ke kantor untuk dijual secara kecil-kecilan. Banyak orang suka coklat ini. Di Langkawi, pasarayanya banyak menjual berbagai jenis cokelat dan jika Anda kreatif bisa tiru mana yang sedap dan buat merek Anda sendiri.

Bisnis kue frozen - Satu lagi bisnis yang dapat dimulai secara kecil-kecilan. Samada dengan suruh orang lain buat dan Anda pasarkan atau buat sendiri dan pasarkan sendiri juga. Ada emak seorang teman saya yang mulai buat sendiri kue frozen dan pasarkan pada kawan-kawan. Kemudian anak-anaknya pula pasarkan pada teman-teman mereka dan seterusnya bisnis itu membesar. Jika Anda ada minat, ada ide besar untuk majukan bisnis ini, bisa mulai sekarang secara kecil terlebih dahulu

Bisnis roti canai frozen - Di kampung saya roti canai frozen sering dijual di tempat pengajian di mana banyak orang tua-tua yang pergi belajar agama di sana. Antara penawaran unik yang penjual itu tawarkan adalah roti canai buatan Melayu Muslim dan dijamin suci bersih. Orang tua di situ tak suka makan roti canai di kedai mamak, oleh itu roti canai frozen yang bersih itu mendapat sambutan hangat. Orang beli bawa balik rumah dan panaskannya kalau nak makan. Simpan dalam lemari es kalau tak naka makan lagi. Ini juga satu bisnis yang dapat dimulai secara kecil.

Bisnis pizza frozen - Banyak juga orang yang dah mulai jual pizza di pasar malam. Pizza dan jadi makanan biasa bagi masyarakat kita. Biasanya pizza yang ditawarkan adalah jenis pizza Amerika yang tebal rotinya. Jarang saya lihat pizza Italia yang tipis dan lezat. Tak kisah samada pizza ala Amerika atau ala Italia, Anda bisa buat pizza frozen dan dapat edarkan di pasar malam atau pasarkan sendiri pada kontak atau di internet.

Bisnis murtabak frozen - Murtabak ada berbagai jenis, ada jenis mamak, ada jenis Melayu dan lain-lain lagi. Kalau di pasar malam, orang mencoba perkenalkan merek murtabak mereka dengan berbagai merek. Ada satu murtabak frozen yang saya lihat cukup populer satu masa dulu. Mereka namakan sebagai murtabak Singapura. Tapi proses buat murtabak ini cukup menantang karena Anda tak ada pilihan selain harus memasaknya terlebih dahulu. Kalau ramuan urtabak Anda sedap dan tahan lama, insyaallah bisa mendapat sambutan.

Bisnis burger - Ini bisnis yang senag sangat untuk ditekuninya oleh sesiap saja di negara kita. Dari Johor sampai ke Perlis, kita bisa lihat ada ratusan ribu pedagang burger yang menggunakan konsep stall burger. Mereka mulai berdagang di tepi jalan, tepi restauran tepi taman bila menjelang malam. Industri ini anyak membantu perkembangan daging burger Ramly satu masa dulu. Anda juga dapat memulai bisnis burger dengan mudah. Bahkan jauh lebih mudah dari bisnis roti canai.

Bisnis popia - Ini bukan satu industri kecil. Popia sangat terkenal di negara kita dan kalau kena gayanya popia Anda dapat menjadi pilihan banyak. Kalau di Giant Shah Alam, saya lihat satu kios popia yang dijual oleh orang muda. popia mereka mendapat sambutan mendorong meskipun dijual dengan harga RM1 satu. Kalau Anda lewat, semua popia akan habis terjual.

Bisnis putu piring - Pedagang putu piring di pasar malam Puchong tak pernah berhenti buat kerja sejak gerainya dibuka sampailah habis semua putu piringnya. Begitulah larisnya bisnis putu piring di pasar malam Puchong. Pedagang putu piring di kampung saya di Pekan Penanti Bukit Mertajam dah dua keturunan melanjutkan bisnis yang sama sampai sekarang. Artinya pasar putu piring selalu ada kalau Anda ada keterampilan buat putu piring. Mulailah dengan kecil-kecilan dan pikirkan bagaimana nak besarkan bisnis putu pirng tersebut.

Bisnis putu bambu - Dulu putu bambu agak jarang dibandingkan dengan putu piring dijual di tepi jalan dan pasar malam. Tapi sekarang tampaknya ada bermacam merek putu bambu samada di Port Dickson, Melaka, Gombak, Ulu Langat dan banyak tempat lagi. Ini juga satu bisnis unik menarik yang dapat dimulai secara kecil-kecilan. Jangan lupa bagaimana bisnis dapat dikembangkan sampai ianya membesar.

Bisnis putu mayam - Biasanya putu mayam hanya dijual oleh orang India pun dengan naik sepeda motor atau naik sepeda. Sekarang banyak sudah orang Melayu yang jalankan bisnis putu mayam di pasar-pasar malam. Cuma saya jarang lihat orang Melayu naik sepeda motor atau van pick-up pasarkan putu mayam mereka secara mobile. Ini satu bisnis menarik yang memang ada pasar dan dapat dimulai secara kecil-kecilan dan bisa dibayangkan bagaimana nak dibesarkan.

Bisnis tahu - Seingat saya tahu halal yang dibuat oleh orang Melayu hanya populer ketika organisasi Al-Arqam berusaha melakukannya dan memasarkannya. Kini dah banyak orang Melayu pandai buat tahu. Ada banyak penjaja sayur menjual tahu di pasar-pasar malam. Kalau Anda bisa buat tahu, ada potensi yang mudah untuk menjualnya secara grosir pada para penjaja dan juga toko-toko ritel di daerah dekat tempat Anda tinggal.

Bisnis tau fu fa - Dulu Tau Fu Fa ni orang Melayu tak berapa kenal. Tapi sekarang banyak yang menjualnya di pasar-pasar malam. Ada yang buat sendiri dan menjualnya menggunakan truk pick-up, ada juga yang hanya ambil dari orang lain dan memasarkannya secara kecil-kecilan. Makanan ini tak menjemukan bahkan anak-anak sangat menggemarinya. Jika Anda memulai bisnis ini, insyaallah tak ada masalah terhadap pasarnya. Dapat mencoba selalu.

Bisnis buah-buahan - Dari zaman saya anak-anak sampai sekarang ada berbagai model bisnis buah ini telah saya lihat. Ada yang jual buah secara longgok dan ada pula yang jual buah secara dikupas dan dimasukkan dalam plastik. Bahkan sekarang ada yang jual kedua konsep di atas. Pasarnya tetap ada baik di tepi jalan atau tumpang disebelah toko makan orang. Pastikan buahnya segar dan bisa menghilangkan dahaga. Mungkin bisa gabungkan sekali buah kupas, buah longgok dan air buah, tentu manarik. Atau paling mudah tanam pohon buah dan jual pada distributor. banyak konsep dalam penjualan bah ini. Jadi creative dong!

Bisnis makanan pasar malam - Tempat hal paling laris tak menang tangan di pasar malam ada bisnis makanan. Lihat gerai jual mee, mihun, nasi goreng dan sejenisnya, harus ada lebih dari satu taukeh. Siapa buat sedap dan cepat servisnya dia akan dikerumuni orang banyak. Pikirkan apa saja makanan rutin, jual di pasar malam insyaallah ada jalan.

Bisnis jual air minum pasar malam - Ini satu lagi gerai yang selalu laris. Kecuali di hari hujan, gerai jual air ini sering sibik. Cara presentasi airnya sangat menarik sekarang dibandingkan cara dulu. Orang suka kalau ada berbagai jenis air pilihan. Lagi banyak lagi meriah. Saya kenal banyak pengusaha sukses dengan menjadi taukeh besar restoran sekarang ini dimulai dengan hanya menjual air di pasar malam atau situs keramaian.

Bisnis baju kurung - Orang perempuan banyak yang bisa buat baju kurung. Tapi tak banyak yang ada ilmu pemasaran dan tak ada strategi untuk kembangkan keterampilan itu jadi satu bisnis. Biasanya mereka hanya sibuk pada musim raya sampai tak menang tangan dan banyak potensi penjualan terbuang begitu saja. Jika Anda kreatif, coba mulai tempa baju kurung sedikit demi sedikit dan mencoba pikirkan design yang bakal mendapat sambutan dengan buat sample dan pasarkan di internet. Mana yang laku itu bakal jadi top produk Anda.

Bisnis pakaian anak-anak - Tak payah pandai buat pakaian anak-anak sendiri, cari saja dari negara Cina. Utamakan kenyamanan dan kemudian baru gaya. Ada banyak design pakaian anak-anak hanya canggih dari segi penampilan gaya sedangkan anak tersiksa memakainya sebab gatal atau menyulitkan gerakan. Orangtua harus beli pakaian anak-anak ini lebih sering karena proses pembesaran mereka yang cepat. Pakaian anak-anak bukanlah satu bisnis musiman.

Bisnis pakaian perempuan - Pakaian perempuan lebih umum dibandingkan pakaian baju kurung. Ada banyak desain pakaian sekarang dan antara yang tegah hot adalah jubah dan pakaian muslimah berkain cotton. Orang perempuan lebih sering membeli dari orang pria, jadi berbisnis saja barang untuk orang perempuan memang ada potensi besar.

Bisnis pakaian dalam perempuan - Ini satu lagi bisnis ang cukup besar pasarnya. Ada berbagai jenis pakaian dalam perempuan jika kita selidiki. Ada berbagai pasar untuk berbagai kelompok sasaran ang berbeda. Jual online pakaian dalam seksi untuk para istri melelehkan airliur suami tentu salah satu ide yang menarik untuk dicoba.

Bisnis tudung - Siapa sangka bisnis jilbab wanita muslimah dapat cecah jutaan ringgit sebulan. Tapi tudung Fareeda telah membuktikannya. Mereka ada strategi tersendiri untuk modelkan kembali bisnis jilbab dengan suntikan ide dunia mode ke dalamnya. Bisnis jilbab ini sangat menarik dan dapat dimulai dengan segera secara kecil-kecilan dan dapat dijual secara online. Selami dunia model dan pikirkan semua model bisnis jilbab yang ada dan bina satu model yang Anda rasa cocok dan menarik.

Bisnis pakaian muslimah - Busana Muslimah ada pasarnya tersendiri. Dalam bahasa business kita panggil Niche market, sebab hanya khusus untuk para muslimah yang berjilbab. Untuk pastikan bisnis niche membuat Anda jadi kaya raya, pastikan bisnis Anda menjadi leader dalam niche tersebut. Dapat dimulai dengan kecil-kecilan secara trading dan tetapkan satu konsep yang Anda rasa ada permintaan yang cukup. Bisnis ini juga dapat dimulai secara online yang membuat biaya awal tidak berapa tinggi.

Bisnis pakaian sekolah - Ini satu bisnis musiman. Biasanya bila tiba musim nak masuk sekolah, bisnis ini akan meledak dan mereka yang bijak dapat buat duit dengan banyak. Tapi butuhkan modal yang tinggi untuk buat banyak duit. Kalau tak ada modal, dapat mulai secara kecil-kecilan dan babak bila tiba musimnya.

Bisnis sepatu sekolah - Sama seperti bisnis di atas, ia merupakan satu bisnis musiman. Tapi sepatu sekolah biasanya akan dibeli tidak peduli musim sangat. Anak-anak kecil sekolah rendah biasanya sangat kuat penggunaan sepatu mereka. Jadi jika Anda bisa sediakan satu penawaran sepatu murah dan dijual secara online terutama untuk para orangtua yang banyak anak lelaki, ada potensi untuk pergi jauh.

Bisnis sepatu sandal - Lihat Asadi, merek sepatu yang semua orang kenal sekarang di negara kita. Dia mulai secara low profile dan buat sepatu-sepatu yang murah untuk konsumsi massa. Jika Anda ada modal sedikit dan ada ide untuk branding sepatu sandal Anda sendiri, dapat memulai bisnis ini secara online dan kemudian mulai distribusikan pada toko-toko sepatu di daerah luar kota terlebih dahulu. lama-lama ia akan jadi lebih besar jika ide sepatu Anda mendapat sambutan.

Bisnis pakaian olahraga - Toko olahraga ada di mana-mana pekan atau kota di negara kita. Pakaian olahraga juga merupakan salah satu bisnis favorit para pengusaha kecil yang mulai bisnis dengan sistem pembekalan. Mereka bekalkan pada organisasi seperti sekolah, asosiasi atau klub olahraga. Jika Anda ada kekuatan untuk pembangun jaringan dan ada lubang pemesanan pakaian olahraga yang kompetitif, Anda juga dapat memulai bisnis ini. Bisa juga pasarkan sesuai musim olahraga di negara kita dengan kenal pasti tim bola atau lain-lain yang mendapat sambutan.

Bisnis seprai dan selimut - Bisnis seprai dan selimut mudah dan ada pasar tinggi sebab ia merupakan salah satu barang yang orang perempuan suka beli. Meskipun seprai yang ada masih elok, orang perempuan akan beli juga satu yang baru dan menarik hatinya. Ini bukan bisnis musiman. Asalkan Anda ada ide bagaimana menawarkan pilihan yang unik, Anda dapat memesan design tersebut dan mulai pasarkan. Juga dapat dimulai secara online. Ada teman saya yang pasarkan seprai menarik dan sekali buat tawarn mendapat permintaan ratusan ribu.

Bisnis tudung meja - satu lagi bisnis yang menargetkan orang perempuan sebagai pembeli. Tudung meja mudah dibuat samada dari bahan plastik maupun dari kain. Jika Anda tahu menjahit, bisa design tudung meja yang menarik dan datangkan sekali dengan paket plastik putsinar. Pemasaran dapat dilakukan melalui FB atau media sosial lainnya. Jika ada pesanan banyak, bisa mulai outsource ke pabrik yang mampu keuarkan secara besar-besar. Anda harus ada ide hebat dan tahu kehendak pasar.
Bisnis kain handuk - Banyak orang Pakistan mulai berdagang kain handuk di negara kita. Mereka bawa banyak kain handuk dan menjajanya toko swalayan. Mereka sewa sedikit ruang untuk bisnis mereka. Sekarang saya lihat orang Melayu dah mulai jual kain handuk, mungkin mereka ambil dari Pakistan, atau dari Pabrik lokal. Ada juga yang ambil dari lelang kain handuk hotel.
Bisnis ambil upah menjahit - Saya kenal seorang teman berkebangsaan Palistan yang bermigrasi ke London. Mulanya dia kerja di pabrik buat pakaian ambil upah tetap menjahit. Kemudian dia minta upah berdasarkan jumlah jahitan. Kemudian dia jahit kat rumah dan akhirnya dia buka pabrik hingga bisnis membesar sampai dia jadi multi millionaire. Sekarang anak-anaknya berhijrah ke Malaysia dan punyai tinggalan warisan jutaan dolar.

Bisnis ambil upah memasak - Coba tanya tetangga yang Anda yang ingin tawaran Anda untuk tolong masak. Tentu ada banyak yang ingin tawaran itu dengan harga terjangkau. Bermula dari satu keluarga akan menjadi dua dan akhirnya akan jadi besar.

Bisnis jasa pengiriman - Ini satu lagi bisnis yang cukup potensial tinggi. Bisnis online tumbuh macam jamur sekarang. Mereka tentu menginginkan layanan pengiriman. Perusahaan pengiriman besar juga butuhkan perusahaan kecil dan perseorangan untuk support kegiatan mereka. Anda bisa mulai dengan ambil sub dari perusahaan besar tersebut secara pribadi. Lama-lama akan jadi besar ler!

Bisnis layanan memijat - Kalau Anda pandai memijat, ini satu keterampilan yang ada permintaan tinggi. Kalau tak tahu bisa pergi belajar secara formal sampai pandai. Buat marketing melalui internet pasti akan ada saja pelanggan yang ingin datang. Saya kenal seorang tukang pijat dari Jelebu yang punyai teknik tersendiri. Dia mulai secara parttime sampailah dah jadi fulltime.

Bisnis layanan baiki peralatan listrik - Kalau kita perasan kerja layanan baiki peralatan listrik ini dikuasai oleh imigran Bangladesh dan Pakistan sekarang. Kerja ini bukannya sulit sangat tapi memang agak renyah. Jika ada keterampilan Anda dapat Hemat publik untuk baiki peralatan dari terpaksa beli peralatan baru. Lama-lama bisnis itu akan membesar.

Bisnis jasa pest control - Sebenarnya ini satu bisnis yang besar. Membutuhkan banyak lisensi sebelum Anda layak menawarkan layanan pest control pada publik. Untuk dapatka lisensi sebenarnya mudah saja. Ambil ujian Pesticide Applicator Licensed dan Anda sudah sah menjadi praktisi hama dengan menggunakan racun. Mulailah dengan ambil pelanggan pribadi di rumah-rumah sekitar tempat Anda tinggal.

Bisnis jasa potong rumput - Bisnis ini juga sudah diambil alih oleh pendatang asing yang cari makan di negara kita terutama dari Bangladesh. Mereka rajin dan jadikan bisnis ini sebagai sumber penghasilan tambahan mereka. Anda bisa mulai dengan hanya membeli mesin potong rumput. Tawarkan layanan ini pada tetangga Anda. Lama-lama Anda bisa merekrut karyawan bila pelanggan bertambah.
Bisnis layanan menjaga tanaman perhiasan - Ini juga satu bisnis besar sebenarnya. Perusahaan seperti Rent a Pot adalah perusahaan internasional yang menawarkan layanan selenggara tanaman hias kantor. Anda dapat mulai tawarkan layanan memelihara tanaman hisan pada para tetangga Anda. Anda dapat juga sewa pokok pada mereka dan kerja selanggara Anda yang lakukan setiap minggu. Ini bisa menjadi besar bila pelanggan Anda bertambah. Asalkan Anda minta bercocok tanam pohon perhiasan.

Bisnis baiki pipa dan kebocoran rumah - bisnis ini sedikit demi sedikit telah diambil alih oleh para imigran terutama dari Indonesia. Orang kita malas atau mungkin tak ada waktu. Banyak usahawanbberbangsa Cina yang dah buat duit dengan bisnis ini sejak lama dulu. Dengan jumlah perumahan yang selalu bertambah, ia meningkatkan permintaan. Anda bisa tawarkan pada tetangga-tetangga di sekitar Anda untuk selesaikan masalah pipa dan kebocoran.

Bisnis modifikasi rumah atau bangunan - Ini juga bisnis yang telah diserang ole para pendatang baik dari Indonesia maupun dari Bangladesh. Mereka tawarkan harga yang murah. Tapi Anda bisa dapatkan kerja ubahsuai rumah dengan kualitas dan jaminan yang bermutu tinggi. Pergi ke arah pasar mewah sehingga Anda tidak perlu bersaing dengan pendatang dalam industri ini.

Bisnis interior - Ini satu bisnis yang dah lama terbentuk. Permintaannya semakin tinggi ketika jumlah penduduk berpendapatan menengah semkain meningkat di negara kita. Jika Anda minat kerja interior, Anda ada keuntungan untuk tawarkan pada pelanggan atau kontak Anda. Tujuan pelanggan mewah dan jangan fokus pada pasar yang ekonomi.

Bisnis layanan cuci rumah dan kantor - Saya pernah bertemu dengan sekelompok warga Arab yang berimigrasi ke Swedia. Mereka mulai bisnis kecil dengan menyediakan layanan cuci rumah dan kantor di Swedia. Kini mereka semua jadi jutawan dengan kerja-kerja selenggaraan kantor dan perumahan.

Bisnis layanan kemas rumah dan memasak - Ada dumping pendatang asing dari Indonesia yang efisien dalam kerja-kerja kemas rumah dan memasak. Gunakan pembantu yang ada untuk kembangkan penawaran kerja pada semua tetangga Anda. Bila pelanggan bertambah, tambah pembantu rumah Anda.

Bisnis layanan kirim makanan - Pernahkah Anda dengar satu perusahaan Dawabbala dari India. Kerja mereka hanya kirim makanan yang diambil dari istri di rumah pelanggan untuk dikirim pada suami mereka yang bertugas di kantor. Bisnis ini dikagumi oleh dunia internasional karena akurasi dan efisiensi mereka melaksanakan tugas. Kalau Anda seorang pengirim surat, Anda dapat lakukan tugas ini dengan dimulai dari kecil.

Bisnis layanan kirim budak sekolah - Ini bisnis yang sangat mudah dan semua orang yang ada anak tahu kepentingannya. Jika Anda ada anak yang menggunakan layanan bus sekolah tentu Anda tahu di mana kelemahan yang dapat diperbaiki. Kelemahan itu adalah peluang dan tentu saja orang lain juga mengharapkan ada pengusaha bus sekolah yang mampu selesaikan amsalah tersebut. Beli satu van atau bus sekolah dan cari driver yang pensiun yang ingin tambah penghasilan. Anda dah mulai bisnis ini ...

Bisnis layanan kirim pekerja pabrik - Kalau di negara yang industri perkilangannya hebat, ada anyak peluang untuk bisnis ini. Teman saya di Penang mulai dengan menggunakan sebuah van kirim karyawan pabrik. Sekarang dia ada 30 buah bus dan 70 buah van pabrik ... semuanya dimulai dari kecilan-kecilan dan akhirnya dia kaya raya bahkan kelulusannya hanya sejauh tingkatan 3.

Bisnis layanan jaga anak - Banyak kekecewaan di kalangan orang tua yang terpaksa kirim anak kecil mereka ke pusat perawatan anak. Macam-macam hal ada terjadi sekarang, ada yang anak mereka diberikan pil penenang, anak mereka diikat dan disiksa dan macam-macam lagi. Jika Anda minat jaga anak kecil, Anda lemah lembut penyabar, tawarkan layanan ini pada orang tua yang sedang risau di luar sana.

Bisnis layanan menjaga binatang peliharaan - bisnis ini mungkin cocok hanya di pusat kota. Bila orang kota kesunyian, mereka bela binatang. Bila mereka kerja, binatang mereka perlu diawasi. Begitu juga bila mereka outstation harus ada orang yang jaga binatang mereka. Permintaan terhadap layanan ini secara profesional mulai bertambah. Ini sangat niche dan tidak semua orang mampu melakukannya. Jika Anda ada keterampilan, suka binatang dan tahu macam mana nak bela binatang dengan baik, dapat memulai bisnis ini.

Bisnis layanan potong atau trim pohon - pohon Magga depan rumah saya selalu besar dan rindang kembali setiap kali dipotong. Bila jadi begitu, tetangga tak suka sebab pohon terlalu besar dan rendang banyak keluarkan daun dan kotorkan rumah mereka. Saya terpaksa umah pekerja Bangladesh untuk potong dan trim pohon mangga tersebut. Banyak lagi orang macam saya yang butuhkan layanan ini. Ini satu peluang bisnis parttime yang dapat dilakukan hanya pada waktu libur. Mulai secara kecil-kecilan dulu ...

Bisnis kumpul barang buangan daur ulang - Rasanya ramai dah mulai bisnis ini. Banyak warga India yang buat kerja ini dan banyak juga warga Bangladesh yang kaut melebihi seribu bulan hanya dengan kegiatan kumpul barang terbuang. Mungkin Anda akan terkejut jika saya katakan bahwa industri kumpul barang daur ulang ini lahirkan banyak jutawan ...!

Bisnis perbaikan barang lama - Kalau Anda ada Astro, Anda tentu suka tengok bagaimana kelompok pulihkan barang lama ini berikan layanan mereka pada pelanggan. Memang hebat dan pasarnya ada terutama dari mereka yang ada duit. Negara kita ada banyak penggemar barang antik dan lama, artinya bisnis ini bisa saja dimulai jika Anda ada minat dan keterampilan.

Bisnis perbaikan barang antik - Ini macam kerja d atas juga, tapi lebih menjurus pada hasil koleksi yang mahal. Kalau barang lama pasarnya lebih luas, barang antik pasarannya lebih fokus. Bukan semua orang suka barang antik untuk dibuat koleksi tapi pasar itu tetap ada dan mewah sebenarnya. Teman saya beli barang antik, pulihkannya dan jula kembali dengan harga berpuluh kali lipat dari asal.

Bisnis layanan hukum - Kalau Anda lawyer, Anda bisa buka bisnis ini. Kalau Anda ada pengalaman kerja di perusahaan peguan, Anda juga dapat memulai bisnis ini dengan menggunakan lisensi peguan yang terakreditasi. Tak perlu masuk pengadilan, Anda hanya buat kerja beli rumah dan urusan berkenaan pengacara saja .., hasilnya agak mewah seenarnya.

Bisnis sewa rumah atau kontrak - Banyak jadi pengusaha properti dengan memulai bisnis ini secara kecil-kecilan. Terutama yang tak ada kerna seperti ibu rumah, Anda bisa jadi ajen pada tuan rumah kosong yang tinggal berjauhan dari rumahnya. Ada banyak orang yang beli rumah tapi tak duduk alasan pindah tempat kerja di luar daerah. Hubungi mereka dan sewa rumah mereka. Sewakan balik pada orang lain dan Anda kelola pemeliharaan rumah tersebut. Bila ada modal beli dan sewakan ...

Bisnis jual barang lama - Kalau di atas tadi lebih kepada layanan perbaikan, kali ini lebih ke trading. Anda beli dan kirim pada kewan yang tahu perbaikan barang lama. Bila dah ok, pasarkan pada siapa yang sudi membelinya. Buat blog atau gunakan FB. Antara barang lama menarik untuk dijual adalah seperti perabotan rumah atau kantor. Banyak yang lebih suka berhemat terutama orang bujang atau keluarga yang susah.

Bisnis jual barang antik - Sama juga dengan barang lama, tapi kali ini adalah barang antik. Barang lama murah, sebaliknya barang antik sangat mahal. Jadi sasarannya adalah mereka yang kaya dan ada minta buat koleksi barang antik. Pastikan Anda tahu di mana dapat baiki barang antik. Kirim baiki dan pulihkan kembali dan dalam pada itu cari pembeli. Sama juga, gunakan blog atau FB.
Bisnis kuliah budak sekolah - Ada banyak cikgu yang mulai buat kelas tambahan atau kuliah secara kecil-kecilan akhirnya berhenti kerja cikgu dan buat kuliah penuh waktu. pendapatan jauh lebih tinggi dari karir cikgu. Bukan cikgu juga bisa buat bisnis ini. Asalkan Anda belajar tinggi, bisa saja. Atau sediakan tempat dan cari cikgu untuk kerja dengan pusat pendidikan Anda.

Bisnis urus rekening perusahaan - Ini kerja terampil. jika Anda ada persetujuan akun, pernah kerja atau sedang kerja dengan perusahaan audit, Anda dapat mulai buat secara paruh waktu jaga rekening perusahaan kecil. Mulailah dengan satu perusahaan dan tambah dan akhirnya bisa buat fulltime.

Bisnis ajar orang masak - Jika Anda suka masak, pandai masak dan ada keterampilan ajar orang masak. Buat kelas ajar memasak. Banyak orang kaya dengan ajar orang masak dan dia tak buka restoranpun. Chef Li yang populer dengan buku jutawan senyap itupun kerjanya ajar orang masak. Cari dapur, sewa dan pasarkan penawaran Anda di FB ... bisnis Anda dah dimulai. Bisa buat secara parttime.

Bisnis ajar orang masak - Jika Anda suka masak, pandai masak dan ada keterampilan ajar orang masak. Buat kelas ajar memasak. Banyak orang kaya dengan ajar orang masak dan dia tak buka restoranpun. Chef Li yang populer dengan buku jutawan senyap itupun kerjanya ajar orang masak. Cari dapur, sewa dan pasarkan penawaran Anda di FB ... bisnis Anda dah dimulai. Bisa buat secara parttime.

Bisnis ajar orang menjahit - Sama seperti ajar orang masak, kalau Anda ada keterampilan menjahit, ada keterampilan mengajar, maka bisa mulai bisnis ajar orang menjahit. Tak perlu ajar semua keterampilan menjahit dengan berbagai jenis pakaian. Cari jenis pakaian apa yang Anda paling terampil dan tawarkan mengajar bab itu saja. Lebih fokus dan mudah. Pasarkan di FB dan blog, sewa PSAT menjahit pada akhir pekan dan bisnis Anda sudah mulai.

Bisnis ajar orang berbisnis - Ini juga satu jenis bisnis yang besar pasarnya. Seeloknya Anda ada keterampilan mengajar dan ada bisnis yang terbukti mampu sara kehidupan Anda. Ajar orang apa yang harus dilakukan dan tidak bisa dilakukan kalau nak berbisnis. Saya buat testing dengan penawaran ajar orang berbisnis ini, dan sambutannya sangat mendorong.

Bisnis perbaikan bisnis - Jika Anda ada kerajinan dan daya analisis yang tinggi. Dan ada juga ada banyak kontak dari berbagai keterampilan dalam berbagai industri. Anda bisa buat penawaran untuk pulihkan bisnis orang. Biasanya taukeh akan sesat dan hilang arah di dalam bisnisnya sendiri. Bila ada orang luar membantu pulihkan bisnisnya, adalah lebih mudah karena ide segar dan baru akan disuntik.


Bisnis ajar orang bertani - Banyak juga yang dah lemas hidup di kota. Mereka ada tanah dan nak bertani, tapi tak ada ilmu. Jika Anda ada keterampilan dan pengalaman bertani, banyak yang ingin belajar. Pastikan ada sekali latihan praktis dan pilih tanaman yang terbukti berhasil mampu jana uang. Ada seorang teman yang tanam nangka madu dan pendapatan yang dihasilkan sebulan tak kurang dari RM25 ribu!.

Bisnis ajar orang memimpin - Negara kita kekurangan mereka yang mampu memimpin dengan baik. Banyak yang teringin nak jadi pemimpin tapi tak tahu mana nak mula. Di luar negeri, ilmu kepemimpinan mendapat permintaan tinggi dari mereka yang ingin melontarkan karir. Jika Anda ada keterampilan memberikan ceramah, memberi motivasi dan berpengalaman memimpin, bisa anjurkan penawaran kelas pelatihan baik secara berkelanjutan atau sesekali.
Bisnis ajar orang jaga kesehatan - Ini dah jadi satu bisnis yang semakin populer. Ada banyak pembimbing kesehatan pribadi muncul untuk membimbing mereka yang ingin jaga dan pertahankan kesehatan. Pastikan Anda sendiri seorang yang sehat dan amalkan gaya hidup yang sehat. Diri Anda sendiri dapat dijadikan sebagai kesaksian keberhasilan teknik jaga kesehatan yang Anda amalkan.
Bisnis ajar seni pertahanan diri - Saya suka tonton cerita Ip Man, mantan guru Bruce Lee yang terampil dalam seni Win Chun. Jika Anda pandai seni silat atau mana-mana seni pertahankan diri lain, Anda ada keuntungan untuk buka kelas secara kecil-kecialan.
Bisnis ajar orang beli saham atau berinvestasi - Ini dah banyak yang disponsorinya. Ada banyak kelas yang mengajarkan orang macam mana nak main saham dan jadi kaya. Jika Anda jadikan kaya sebagai daya tarik, pastikan Anda sendiri kaya dengan main saham. Jika tidak, cukup sekadar berikan ilmu penting dasar bagaimana nak mula dan main saham. Tentu banyak yang ingin belajar.
Bisnis ajar orang ilmu properti - Ini pun dah banyak yang disponsorinya. Biasanya mereka yang dah buktikan diri mereka sukses dengan ilmu properti dan jadi kaya akan mulai anjurkan kelas properti. Mereka ingin ajar teknik yang dah mereka amalkan dan terbukti efektif. Dalam waktu yang sama mereka ingin kembangkan lagi jaringan kontak pemain properti. Jika Anda ada ilmu tersebut, bolah buat kelas paruh untuk mereka yang baru nak mula.
Bisnis ajar orang menulis - Sejak dunia internet berkembang, semakin banyak orang yang ingin mengasah bakat menulis mereka. Banyak kegunaannya, terutama untuk kembangkan bisnis menggunakan teknologi internet. Ada juga yang teringin nak tulis buku, ada yang nak luahkan pemikiran agar dapat dibagikan oleh orang lain dengan lebih banyak. Jika Anda cikgu atau ada pengalaman dalam dunia penulisan, bisa mulai buat bisnes ajar orang menulis secara sambilan dan kecil-kecilan. Insyaallah ada respon.
Bisnis ajar orang berkomunikasi - Tak guna otak cerdas, tapi tak mampu sampaikan pada orang lain meskipun hal yang dasar. Banyak orang yang sukses walaupun tak berapa hebat prestasi akademiknya adalah karena kemampuan berkomunikasi dengan baik. Banyak pemimpin yang ada di atas juga banyak dibantu oleh kemampuan berkomunikasi. Banyak yang dah sadar kepentingannya dan jika Anda ada keterampilan dalam bab ini, buka kelas dan ajarlah orang banyak. Tentu banyak yang ingin.
Bisnis ajar orang berenang - Waktu kecil dulu, hanya anak-anak nakal saja yang akan tahu berenang. Sebab mereka curi-curi mandi sungai. Sekarang, tak ada sungai dalam kota. kalau adapun kotor. Banyak yang tak ada keterampilan untuk berenang sedangkan ianya adalah latihan yang sangat baik. Jika Anda ada keterampilan ajar berenang, tawarkan saja pada tetangga dan teman. Ajar mereka dan anak-anak mereka secara pribadi setiap minggu. Banyak yang berminat nak belajar berenang.
Bisnis ajar orang hias rumah - dah banyak yang jual barang perhiasan rumah. Banyak juga yang usahakan bisnis layanan hias rumah. Jika Anda ada keterampilan dalam industri interior, buka saja kelas untuk ajar mereka samada surirumah atau individu pinus yang nak ceburkan diri dalam dunia perhiasan internal. Sambil ajar hias rumah Anda juga bisa jual produk yang terkait.
Bisnis jual buku online - Anda tentu tahu tentang Amazon.com yang dimulai hanya dengan ide untuk menjadikan internet sebagai platform menjual buku. Memang susah kalau nak lawan amazon yang dah berubah menjadi ogre besar dalam dunia penjualan berbagai produk. Tapi masih ada ruang sebenarnya jika Anda minat pada buku. Apalagi jika Anda mampu menulis buku atau ada kemampuan kumpulkan buku lama dan pasarkannya di internet.
Bisnis jual ebook online - Ini satu lagi peluang bisnis yang masuk dalam kategori buku juga, tapi bukan secara cetak. Ada pengusaha yang jadikan bisnis e-book ini sebagai bisnis dengan memasarkan judul-judul tulisan yang menarik dalam bahasa melayu. Saya dengar pendapatannya mencapai RM20 ribu sebulan hasil dari penjualan ebook saja. Jika Anda ada waktu belajarlah buat ebook dan jual sendiri secara online.
Bisnis ajar orang perbaikan kendaraan - Bisnis yang berhubungan dengan ilmu selenggara peralatan ini memang ada potensi. Bukan saja untuk mereka yang minat nak baiki kendaraan mereka sendiri, bahkan juga untuk mereka yang nak dapatkan kerja dalam bidang baiki kendaraan ataupun nak buka bengkel kendaraan.
Bisnis jual sepeda - Sekarang sangat mudah untuk Anda beli sepeda dari negara Cina atau negara lain. Bisa order secara online, buat biaya dan sepeda akan dikirim pada Anda. Anda bisa mencoba buat yang sama dengan mengkombinasikannya parts sepeda berkualitas dari berbagai sumber, pasang sendiri sebagai prototype dan pasarkan melalui internet. Semua ini bisa terjadi dengan fasilitas teknologi dan jaringan logistik yang hebat.
Bisnis toko ritel - Tak perlu nak cerita panjang tentang bisnis ini. Banyak orang melayu dah pandai buka dan mengelola toko ritel. Kalau ada modal RM100 ribu, Anda bisa dapatkan barang bernilai setidaknya RM200 ribu sebagai permulaa untuk isi para di toko ritel Anda.
Bisnis layanan jaga orang tua - Ini satu masalah besar yang dihadapi oleh masyarakat dalam zaman ini. Kedua pilar utama keluarga yaitu suami istri bekerja dan hampir semua orang sibuk dengan urusan dunia masing-masing. Bila ibu tua di kampung semakin lemah, tak ada orang nak jaga dengan baik segala kebajikan makan dan minum ibu tua tersebut. Jika Anda jenis suka bela orang tua, ada kenal teman-teman yang begitu dan ada waktu, tawarkan layanan jaga orang tua macam sistem nursery anak. Tapi bukan untuk anak-anak sebaliknya untuk orang tua .. ada faham? buatlah!
Bisnis beli dan jual barang (Trading) - Jika Anda ada kontak banyak dari kalangan pembuatan barang, Anda ada keuntungan untuk bincang kredit dan harga yang baik. Gunakan kesempatan itu untuk buat trading baik dengan pemerintah atau dengan pihak swasta. Atau beli saja barang dari negeri Cina.
Bisnis jual produk herbal - Anda mungkin jenis awet muda sebab kuat makan herbal atau makan ulam. Anda pula asal dari kampung dan banyak mendapat ilmu dari orang tua desa mengenai keajaiban herbal dan kegunaannya untuk kesehatan. Jika ada semua itu, jangan pendamkan saja ilmu bermanfaat itu, kembangkannya jadi bisnis secara kecil-kecialan terlebih dahulu. Lama-lama akan membesar dan maju sampai anak cucu.
Bisnis jual parfum - Ini bisnis yang dah terlalu biasa. Banyak yang dah tahu dan banyak yang dah berhasil. Parfum ada berbagai jenis sekarang ini. Ada yang sasarkan pengguna berorientasi keagamaan dan ada juga yang sasarkan pengguna biasa untuk ketrampilan. Walau apapun target Anda, bisnis ini masih tetap relevan. Mulailah secara kecil-kecilan tapi jangan lupa untuk pergi ke pasar mewah atau parsial mewah dengan dapatkan hak pemasaran dan distribusi parfum baru merek luar negeri atau dalam negeri.
Bisnis jual ikan kering - Kalau tak salah saya, Pekan Bukit Mertajam punyai pasokan ikan kering yang sangat murah dibandingkan negara lain di semenanjung. Kalau ada akses di Sabah, mungkin bisa dapat pasokan murah dan banyak juga. Kalau ada keterampilan buat ikan kering sendiri lagi bagus dan ketengahkan ikan kering buatan orang Islam yang halal serta toiyiba.
Bisnis jual keripik - Ini salah satu bisnis yang paling awal saya libatkan diri ketika belajar. Matapelajaran kewirausahaan yang saya ambil menjadikan bisnis krepek sebagai latihan praktis yang harus saya buat. Ianya banyak memberikan saya pengalaman menghindari perasaan malu. Jika Anda pandai menjual dan pandai membangun branding, bisnis keripik ini dapat dimulai dalam skala kecil dan ada potensi untuk tambah penghasilan dan paparan awal dalam dunia kewirausahaan.
Bisnis jual kerupuk leko mentah - Siapa tak kenal kerupuk leko. Saya tak yakin hasil usaha siapa yang membuat kerupuk leko menjadi sangat terkenal di seluruh Malaysia terutama di sekitar Lembah Kelang. Tapi di negara lain saya lihat masih ada banyak ruang untuk dipopulerkan. Tak payah nak buat sendiri, ambil saja dari Pantai Timur dan pasarkan ke negara selain dari Selangor atau Lembah Kelang.
Bisnis jual ikan bilis - Ada cerita seorang pemuda yang jadi kaya raya ketika memasarkan bisnis ikan bilisnya melalui internet. Ia mendapat pesanan besar dari negara Jepang dan membuat bisnisnya jadi besar. Orang Sabah ada kelebihan untuk jalankan bisnis ini. Mulailah dengan mencari pasar di Semenanjung dan kemudian ke luar negeri. Jangan lupa gunakan internet, mana tahu Anda juga bisa jadi Jutawan Ikan Bilis.
Bisnis jual mee mentah - Ada teman saya yang kirim istrinya belajar buat mee kuning. Bila dah pandai dia balik Terengganu dan mulai usahakan bisnis memasok mie mentah ini di Kualau Terengganu. Permintaan sangat tinggi dan masalah nak cari pekerja pulak datang. Akhirnya dia tutup toko sebab tak ada daya tahan selesaikan masalah untuk besarkan dan mudahkan bisnisnya. Artinya bisnis ini selalu ada pasar, jika Anda tipe nekad untuk selesaikan masalah sampai berhasil, buat mee dan jual secara kecil-kecialan terlebih dahulu.
Bisnis cuci kendaraan - Rasanya bisnis ini telah menjadi satu bisnis instan yang tumbuh macam cendawan lepas hujan. Banyak yang menjalankannya dan kebanyakan karyawan adalah dari kalangan warga bangladesh. Ada juga toko cuci mobil yang taukehnya sendiri adalah warga bangladesh. Kalau Anda ada daerah strategis, ada citarasa tinggi untuk cuci mobil, apa lagi? mulai saja ...
Bisnis jual theme wordpress - Ada seorang pemuda dari India yang pandai buat template untuk website dan blog dengan menggunakan wordpress. Dia reka dengan baik dan menjualnya secara online. Hasil dari satu theme saja dia terus jadi jutawan. Anda ada keahlian? ada keinginan baik dalam desain template? bisa mencoba-coba reka atau biarkan orang reka dan Anda menjualnya.
Bisnis barang kosmetik wanita - Industri bisnis barang kosmetik kaum wanita ini melahirkan banyak jutawan di negara kita dan juga di seluruh dunia. Barang kosmetik berbasis herbal mendapat tempat yang baik di seluruh dunia sekarang. Jika Anda ada ilmu mengenai industri ini dan ada kenal produsen kosmetik yang berkualitas, bisa mulai segera untuk pasarkannya pada publik. Lama-lama bisa buat merek Anda sendiri, insyaallah.
Bisnis mengelola wanita bersalin - Di kota agak sulit untuk cari bidan yang datang kerumah untuk jaga wanita yang baru lepas bersalin. Dulu kat kampung agak mudah, tapi sekarang kalau adapun, banyak yang tak ada ilmu bagaimana nak jaga wanita setelah melahirkan agar kembali stabil seperti sediakala bila sehat nanti. Anda yang ada keterampilan, dapat tawarkan pada yang berminat, buka pemesanan dan gunakan konsep pemesanan online.
Bisnis bawa orang mengembara - Ini satu bisnis khusus untuk mereka yang memang kaki mengembara dan dah banyak pengalaman bepergian. Elok tawarkan saja pada yang berminat untuk turut serta trip petualangan Anda setelah ini. Mengelola semua kebutuhan untuk pelanggan yang tertarik dan rangka petualangan berdasarkan minat pelanggan samada santai, kasar, anggaran, sederhana mewah dan sebagainya.
Akhirnya dapat juga saya daftar 100 ide bisnis kecil berdasarkan apa yang sering saya lihat di sekeliling kita. Tentu saja semua pembaca dapat menambah 100 lagi ide bisnis kecil yang tidak saya daftar di atas.

Peringatan untuk mereka yang nak memulai ide bisnis kecil!

Untuk memulai bisnis, jangan tunggu sempurna. Jangan tunggu produk Anda sempurna. Setelah produk atau layanan dapat dilaksanakan dan dapat diterima, Anda dapat terus memulai ide bisnis kecil Anda tersebut.

Urusan memperbaiki ide bisnis atau produk Anda hanya perlu dilakukan selama mengarungi perjalanan bisnis Anda setelah itu.

Artikel Terkait