6 Tips Marketing Online yang Efektif

Tags

Kunci dalam berkomunikasi dengan seorang pengunjung dan menjadikannya seorang pelanggan adalah dengan membangun kepercayaan. Mungkin produk Anda adalah yang terbaik di dunia atau peralatan kantor yang paling membosankan, keduanya dapat dijual secara online jika pengunjung tahu yang kamu adalah distributor terbaik untuk produk atau layanan tersebut.
Kita selalu memberi nasihat tentang bagaimana untuk mendapatkan kepercayaan melalui review situs web, dan saya telah mencantumkan nasihat-nasihat yang kami telah beri selama ini. Tentu saja kepercayaan dapat juga dibangun melalui cara-cara lain yang tidak tercantum di sini, tetapi kami akan bagikan tujuh terlebih dahulu.
1. Menggunakan bahasa yang jelas dan biasa
Hal yang lazimnya diabaikan ini seringkali menyebabkan kekecewaan para pengunjung. Anda harus berbicara 'bahasa' mereka, bukannya membanjiri mereka dengan pengunaan spesifikasi teknis yang Anda sendiri tidak cukup pahami. Gunakan gaya penulisan yang jelas dan ringkas. Selalu pikirkan tentang para pembaca. Jangan terlalu fokus dalam memberitahu mereka apa yang Anda ingin beritahukan, tetapi fokuskan lebih dalam memberi sebanyak mungkin alasan mengapa kualitas hidupnya akan menjadi semakin baik setelah membeli produk tertentu.
2. Kesaksian
Jangan memuji produk Anda sendiri. Jika produk atau layanan Anda betul-betul bagus, saya yakin Anda akan dapat menemukan orang lain untuk memuji-mujinya. Pastikan para pengunjung mengerti tentang kesaksian yang ditulis oleh pengguna yang sebenarnya, dengan mencantumkan minimal nama dan perusahaan, bahkan gambar pengguna tersebut. Video juga merupakan cara yang baik untuk merekam kesaksian. Menurut pendapat saya, video kesaksian harus ditampilkan sekali dengan kesaksian tertulis.
3. Tanda konfirmasi (Verified Sign)
Semua orang dapat membuat satu tanda konfirmasi, jadi jangan biarkan diri Anda tertipu dengan tanda-tanda pengesahan. Tapi mayoritas dari pengunjung memang percaya akan pernyataan seperti "Penata rambut paling dihargai di Mississippi" atau "Tukang Pipa Terbaik 2006". Wah, saya sangat tidak menyukainya. Tapi ketika tanda-tanda ini adalah dari perusahaan-perusahaan ternama, ia memang akan menambah nilai ke sebuah toko web.
4. Sertakan Alamat Fisik
Ini hal yang sangat mudah: orang ingin tahu bahwa adanya tempat untuk dikunjungi jika masalah terjadi (jika ada). Memiliki toko nyata selain dari toko web adalah lebih baik, lebih-lebih lagi jika banyak pelanggan lokal.
Di Belanda, digitalstreet.nl telah mensukseskan konsep ini, walau pun mereka berlokasi di barat daya Belanda, orang-orang datang dari seluruh Belanda karena mereka lebih senang membeli produk dari gedungnya. Ada banyak lagi kisah yang sama, tetapi jika Anda tidak ingin melakukannya, hanya dengan menyertakan alamat Anda pada situs check out akan menambah kepercayaan pelanggan.
5. Apa yang terjadi setelah keluar?
Seringkali timbul perasaan ragu dalam semua keputusan pembelian: tepat sebelum Anda mengklik tombol "Bayar Sekarang". Apa akan terjadi setelah ini? Apakah saya dikenakan biaya pajak, impor, dan apa lagi? Dapatkah saya memilih kertas pembalut? Jelaskan apa yang akan terjadi setelah menekan tombol ini. Dengan itu pelanggan diberitahu dalam proses pemesanan dan tidak akan terjadi kejutan. Ini dapat dilakukan hanya dengan beberapa baris ayat:
6. Tampilkan yang Anda peduli dalam mencari keuntungan
Yang paling penting adalah website Anda mencerminkan kepercayaan Anda terhadap produk atau layanan yang Anda berikan. Hanya memberi daftar produk tidak mencukupi. Informasikan juga kepada pelanggan tentang perusahaan Anda, nilai-nilai utama dan pernyataan misi (mission statement). Selain menunjukkan keterlibatan Anda, juga menyebabkan faktor simpati dan kepercayaan.

Artikel Terkait