Strategi Pemasaran Menggunakan Brosur (Brochure)

Tags


Mengadakan kegiatan promosi merupakan komponen penting dalam memperluas dan memajukan sesbuah bisnis.
Bentuk kegiatan promosi yang biasa dibuat adalah iklan layanan atau produk melalui berbagai media iklan seperti radio, televisi, surat kabar, internet, spanduk dan juga melalui distribusi brosur (brochure). Tujuan mengadakan kegiatan promosi adalah untuk menyebarkan informasi tentang bisnis yang ditawarkan untuk menarik minat banyak orang.
Bagi perusahaan kecil, jenis kegiatan promosi atau iklan yang biasa dilakukan adalah melalui iklan koran atau menggunakan media cetak brosur. Bentuk promosi sebegini melibatkan biaya yang lebih murah.
Untuk mengadakan periklanan melalui distribusi brosur yang efektif, Anda harus berhati-hati supaya brosur-brosur itu nanti tidak menjadi limbah dan sampah murni.
Berikut adalah beberapa tips mempromosikan bisnis dengan menggunakan brosur dengan efektif:
1. Membuat Desain Brosur yang Menarik
Desain sesuatu brosur harus disesuaikan dengan jenis bisnis atau produk yang dijual, dari segi komposisi warna, pilihan gambar, jenis jenis huruf (font), jenis kertas dan tema yang digunakan.
Misalnya, bisnis benih tanaman sesuai menggunakan kertas berlatar hijau cerah; bisnis mencari jodoh sesuai dengan tema romantis menggunakan kertas merah jambu muda; brosur untuk pendidikan biasanya menampilkan desain eksklusif dan disertai gambar-gambar yang inovatif dan sebagainya.
2. Isi Risalah
Isi atau kata-kata yang dicetak dalam brosur harus menjelaskan hal yang akan dipromosikan. Isi yang dimuat sebaiknya singkat agar mudah dipahami serta mampu menarik perhatian.
Hindarkan dari melebih-lebihkan penjelasan tentang produk sehingga para pelanggan tidak merasa kecewa atau tertipu, karena ini dapat mempengaruhi nama baik bisnis.
3. Lakukan Evaluasi
Sebelum lembaran-lembaran brosur Anda dicetak dalam jumlah besar, ada baiknya Anda melakukan penilain dan tes terhadap efektivitas risalah tersebut. Minta pendapat teman Anda tentang efektivitas risalah tersebut.
4. Tentukan Sasaran
Dalam mengadakan promosi menggunakan brosur, hal utama yang perlu Anda buat adalah menentukan target pelanggan. Misalnya untuk mengiklankan kursus komputer, distribusi brosur sesuai dilakukan dekat dengan pusat-pusat pendidikan, ketika para siswa pulang dari sekolah; brosur layanan kredit dapat didistribusikan di daerah pasar; brosur bisnis makanan dapat didistribusikan di daerah pariwisata. Jadi, edarkan brosur Anda pada orang dan tempat yang sesuai.
Kadangkala ada pedagang yang mendistribusikan brosur dengan membuangnya begitu saja di jalan raya. Cara ini kurang efektif karena tidak banyak yang ingin memungut selebaran di jalanan dan membacanya. Selain itu, cara ini juga mempengaruhi kebersihan dan merusak pemandangan.
Beberapa pedagang memiliki taktik tertentu sehingga iklan brosur mereka lebih efisien, salah satunya dengan menugaskan karyawan-karyawan yang berpenampilan menarik untuk mendistribusikan brosur-brosur promosi kepada sasarannya.
Meskipun biaya membuat brosur cukup murah jika dibandingkan dengan media promosi lain, tetapi jika sasarannya mengena, itu umpama tidak menghabiskan apa-apa.
5. Menyatakan Alamat dan Nama Dengan Lengkap
Anda harus memastikan bahwa nama dan alamat bisnis Anda dinyatakan dengan benar. Hal ini seringkali dipandang remeh oleh banyak pedagang sehingga distribusi brosur tidak membuahkan hasil yang optimal malahan gagal sama sekali.
Sebagai contoh, jika ada pembaca atau pelanggan yang ditargetkan merasa tertarik dengan layanan atau produk yang ditawarkan, mereka tidak akan tahu bagaimana untuk menghubungi Anda jika selebaran yang didistribusikan tidak berisi alamat dan informasi bisnis Anda dengan lengkap. Jadi, Simaklah sebelum Anda mencetak brosur layanan dan produk Anda.

Artikel Terkait