DISTRIBUSI DAN PROMOSI

Tags


—Distribusi adalah perpindahan barang dan jasa dari produsen kepemakai industri dan konsumen
—Bauran distribusi merupakan kombinasi saluran distribusi yang dipakai perusahaan untuk menyampaikan produk kepada konsumen akhir.

—Dalam proses distribusi produk secara umum dikenal perantara(middlemen/ intermediaries). —Adapun perantara yang digunakan oleh perusahaan secara umum terdiri dari:
   1.Pedagang grosir: perantara yang menjual produk kepihak lain untuk dijual kembali.
   2.Pengecer: perantara yang menjual produknya langsung kekonsumen.

—Standar pelayanan konsumen
—Standar pelayanan merupakan tujuan yang spesifik dan harus dapat diukur, yang ditetapkan perusahaan berkaitan dengan kegiatan distribusi fisik mereka
—Transportasi, yaitu pengiriman barang kepada konsumen dengan menggunakan sarana angkutan tertentu

—Pergudangan, yaitu berkaitan dengan kegiatan-kegiatan dalam distribusi fisik yang meliputi penerimaan, penyimpanan dan pengiriman barang
—Pemrosesan pesanan, merupakan proses penerimaan pesanan dan persiapan pengirimannya
—Penanganan bahan atau produk, ialah penanganan secara fisik suatu produk selama pengangkutan dan pada saat disimpan di gudang
—Pengelolaanpersediaan, merupakan proses dalammengembangkandan mempertahankanjumlahprodukagar sesuaidenganpermintaanpelanggan. —Distribusibidangjasa, pelayananlangsung kepadapelanggantanpamelaluiperantara karenajasadihasilkandandikonsumsi padasaatyang bersamaan.

SaluranDistribusi
—Saluran distribusi merupakan jalur atau keseluruhan perantara pemasaran yang dilalui barang dan jasa dari produsen ke pemakai industri dan konsumen, termasuk di dalamnya transportasi dan pergudangan.



Distribusi Produk Konsumsi
1. —Distribusi langsung
—Distribusi eceran
—Distribusi grosir
—Distribusi melalui agen khusus atau broker

2.   Distribusi Produk Bisnis
—Distribusi langsung produk bisnis
—Distribusi grosir produk bisnis

Manfaat Perantara Pemasaran
—Manfaat waktu
—Manfaat tempat
—Manfaat kepemilikan
—Department stores
—Discount stores
—Specialty stores
—Supermarkets
—Hypermarkets
—Convenience stores
—Catalog stores
—Chain stores

Kategori pengecer

Strategi Distribusi
—Strategi distribusi tergantung pada kelas produk dan tingkatan keterpapasan pasar (market exposure) yang paling efektif dalam menyampaikan produk kepada pelanggan terbesar. —Tujuan strategi distribusi adalah menjadikan suatu produk dapat dicapai dalam jumlah lokasi yang cukup untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.



—Strategi Distribusi intensif Pendistribusian suatu produk melalui sebanyak mungkin saluran dan anggota saluran distribusi
—Strategi Distribusi eksklusif Perusahaan memberikan hak ekslusif kepada pihak lain untuk mendistribusikan atau menjual suatu produk pada sejumlah grosir atau pengecer yang terbatas
—Strategi Distribusi selektif Distribusi selektif merupakan gabungan antara distribusi ekslusif dan intensif dimana perusahaan hanya memilih grosir atau pengecer yang akan memberikan perhatian khusus pada suatu produk mereka



Konfli ksaluran
—Konflik saluran merupakan ketidaksepakatan antara anggota saluran distribusi terkait dengan peran dan imbalan yang diperoleh.
—Konflik saluran terjadi apabila tidak adanya kesepahaman antara pihak-pihak dalam jaringan distribusi Macam konflik:
     —Horizontal: terjadi antar perusahaan pada tingkat saluran sama.
     —Vertikal: terjadi antar perusahaan pada tingkat saluran yang berbeda



Perdagangan partai besar
1. —Pedagang besar (merchant wholesaler) Pedagang grosir merupakan badan independen yang menjual berbagai jenis barang konsumsi atau bisnis yang diproduksi oleh berbagai perusahaan. Jenis pedagang grosir:
a.Pedagang grosir penuh
b.Pedagang grosir terbatas —Agen/Broker



Perdagangan eceran
2. —Pengecer lini produk-Toko serba ada(department store)-Swalayan-Supermarket danhypermarket-Specialty store-Factory outlet



Distribusi fisik
3. Distribusi fisik merupakan semua kegiatan yang dibutuhkan untuk memindahkan produkdari manufaktur ke konsumen Macam kegiatan:
—Pergudanganyaitudistribusifisikyang berhubungan denganpenyimpananbarang-barang —Transportasi produk yaitu kegiatan memindahkan produk dari satu tempat ketempat yang lainnya
—Pengecertanpatoko-Mail-order (catalog) marketing-Telemarketing-Direct selling-Electronic Retailing (internet based stores, electronic catalogs, storefronts and cybermalls)



Promosi
—Promosi adalah usaha yang dilakukan pemasar untuk mempengaruhi pihak lain agar berpartisipasi dalam kegiatan pertukaran
—Memberikan informasi —Meningkatkan penjualan —Menstabilkan penjualan —Memposisikan produk —Membentuk citraproduk


Tujuan Promosi
Menurut Griffin dan Egbert (2003) promosi bertujuan untuk menyampaikan empat hal kepada calon pelanggan :
 —Membuat pelanggan sadar terhadap produk
—Membuat pelanggan banyak mengetahui tentang produk
—Membujuk pelanggan untuk menyukai produk
—Membujuk pelanggan untuk melakukan pembelian



Strategi Promosi
—Push strategy Perusahaan memasarkan produknya secara agresif kepada grosir dan pengecer yang kemudian akan membujuk konsumen untuk membelinya. Perusahaan secara aktif melakukan promosi untuk mendekati konsumen sehingga konsumen tertarik untuk melakukan pembelian.



—Pull strategy Promosi perusahaan yang langsung menarik pelanggan untuk meminta produknya kepada pengecer. Strategi ini lebih menekankan pada permintaan konsumen akan produk yang kita tawarkan.



Bauran Promosi
—Bauran promosi merupakan kombinasi empat tipe alat promosi yang terdiri dari pemasangan iklan, penjualan pribadi, promosi penjualan, dan publisitas dan hubungan masyarakat dalam menyampaikan informasi kepada piha kluar.



Bauran Promosi —Iklan —Personal selling —Public relations —Publisitas —Promosipenjualan —Promosi dari mulut kemulut(word of mouth)



Faktor-faktor yang penting dalam pelaksanaan bauran promosi yaitu:
—Produk yang dijual: sifat produk yang dijual sangat mempengaruhi bauran promosi karena merupakan satu kesatuan dalam bauran pemasaran. —Target pasar: kesesuaian bauran promosi yang dipilih dengan target pasar akan menentukan tingkat efektifitas dan efisiensi promosi yang dilakukan —Anggaran promosi: ketersediaan anggaran promosi yang disediakan perusahaan mempengaruhi variasi pilihan alat promosi yang digunakan oleh perusahaan.



Iklan
—Iklan adalah komunikasi nonpersonal yang dibiayai sponsor (organisasimaupunindividu) melalui berbagai media Kategoriiklan:
   —Retail advertising, yaitu iklan yang dilakukan oleh pengecer untuk mempengaruhi konsumen akhir
   —Trade advertising, yaitui klan yang dilakukan oleh produsen untuk mempengaruhi perantara pemasaran: pedagang besar dan pengecer



   —Industrial advertising, yaitui klan yang dilakukan oleh produsen untuk mempengaruhi produsen lain yang mungkin menggunakan produknya.
   —Institutional advertising, yaitu periklanan yang ditujukan bukan untuk menjual produk namun untuk lebih memperkenalkan institusi atau organisasi perusahaannya.



Tujuan iklan:
—Iklanpersuasif, yaitu iklan dilakukan untuk mempengaruhi konsumen dalam mengambil keputusan untuk membeli produk perusahaan daripada produk pesaingnya.
—Iklan perbandingan, yaitumembandingkan dua produk secara langsung untuk menonjolkan kelebihan produk yang dimiliki, sehingga mampu mencuri perhatian konsumen dan penjualan produk dari pesaing.
—Iklan pengingat, yaitui klan yang dilakukan untuk menjaga image dan nama produk dalam benak pelanggan sehingga akan terus diingat dalam referensi pembelian produk oleh pelanggan,



Personal Selling
—Personal selling atau penjualan personal adalah komunikasi tatap muka langsung untuk mempromosikan barang dan jasa, menemukan prospek penjualan dan memberikan layanan pasca penjualan.



Karakteristik khusus penjualan personal:
—Melibatkan hubungan yang hidup, cepat dan interaktif
—Memungkinkan semua jenis hubungan berkembang menjadi lebih mendalam sehingga meningkatkan minat pelanggan
—Membuat pembeli merasa berkewajiban untuk mendengar wiraniaga dan memberikan respon balik.



Langkah-langkah penjualan personal: —Prospect and quality —Pre-approach —Approach —Make presentation —Answer objections —Close sale —Follow up



Tugas dasar yang dilakukan penjualan pribadi:
—Pengolahan pesanan / order processing yaitu penjual menerima pesanan dan mengantar pemesanannya
—Penjualan kreatif/Creative selling yaitu penjual menjelaskan secara kreatif produk yang belum dikenal secara jelas oleh konsumen sehingga dapat menonjolkan keunggulan produk yang adadi banding konsumen
—Penjualanutusan/Missionary selling yaitu mempromosikandirinyadanproduknyakepada penggunaproduk, Contohnyaadalahmedical representative yang mempromosikanproduk perusahaankepadadokteruntukdigunakandalam resepnya.



Promosi Word of Mouth
Untuk mengurangi efek negatif:
—Menumbuhkan cerita yang positif dengan membuat hal yang biasa menjadi tidak biasa
—Melonggarkan kebijakan pengembalian produk, periksa produk lebih teliti sebelum produk meninggalkan pabrik, gudang atau  toko.
—Memberikan pelayanan yang lebih dari yang diharapkan konsumen
—Mendengarkan keluhan konsumen dan membantu menyelesaikan masalah
—Memperhatikan lingkaran pengaruh promosi dari mulut kemulut



Public Relations
—Public relations adalah fungsi manajemenyang mengevaluasi sikap masyarakat, mengambil kebijakan-kebijakan sesuai dengan kepentingan publik dan mengambil tindakan yang diperlukan agar publik dapat memahami dan menerima produk perusahaan.



Publisitas
—Publisitas merupakan segala bentuk informasi tentang individu, produk, organisasi yang mengalir kemasyarakat melalui mass media tanpa membayar dan di luar kontrol sponsor.



Promosi Penjualan
—Promosi penjualan adalah usaha untuk mempengaruhi konsumen dan pihak lain melalui aktivitas2 jangka pendek, misalnya pameran dan pemberian contoh produk.

—Promosi penjualan:

1.Untukkonsumen: kupondiskon, rabat, sampel gratis, hadiah, kuponditukarhadiah, kontes, undian 2.Untukperantarapemasaran: outlet, pinjaman, pameran dagang, kontes, premium (kompensasi tambahan)

Artikel Terkait