Tanda dan Gejala Ibu Hamil

Tags

Tanda dan Gejala

Tanda dan gejala ibu hamil dengan anemia adalah keluhan lemah, pucat, mudah pingsan, sementara tensi masih dalam batas normal, mengalami mal nutrisi, cepat lelah, sering pusing, mata berkunang-kunang, nafsu makan turun, konsentrasi turun, nafas pendek (pada anemia parah), dan keluhan mual, muntah hebat pada hamil muda (Soebroto, 2009).
e. Akibat Anemia pada kehamilan

Akibat yang akan terjadi pada ibu hamil yang mengalami anemia menurut Proverawati (2009) yaitu :
1) Hamil Muda (trimester pertama) : abortus, missed abortus, dan kelainan kongenital.
2) Trimester kedua : perdarahan antepartum, persalinan premature, gangguan pertumbuhan janin dalam rahim, asphiksia intra utrin sampai kematian, berat badan lahir rendah, mudah terkena infeksi.
3) Saat Inpartu: Gangguan his primer dan sekunder, janin lahir dengan anemia, persalinan dengan tindakan tinggi, ibu cepat lelah, gannguan perjalanan persalinan perlu tindakan operatif.
4) Pasca partus : perlukaan sukar sembuh, mudah terjadi febris peurperalis, gangguan involusi uteri, kematiaan ibu tinggi (perdarahan, infeksi puerperalis).
f. Etiologi

Anemia dalam kehamilan sama seperti yang terjadi pada wanita yang tidak hamil. Semua anemia yang terdapat pada wanita usia reproduktif dapat menjadi penyulit dalam kehamilan, penyebabnya antara lain yaitu:
1) Makanan yang kurang bergizi
2) Gangguan pencernaan dan malabsorpsi
3) Kurangnya zat besi dalam makanan
4) Kebutuhan zat besi yang meningkat
5) Kehilangan darah banyak seperti persalinan yang lalu,haid
6) Penyakit-penyakit kronik seperti TBC paru, cacing usus, malaria (Proverawati, A , 2009).
g. Pencegahan Anemia

Untuk mencegah terjadinya anemia, ibu hamil disarankan untuk menambah jumlah darah melalui pasokan makanan yang mengandung zat besi, asam folat, dan vitanim B12. Oleh karena itu ibu hamil dianjurkan mengkonsumsi makanan yang dapat membentuk sel-sel darah merah seperti hati, ikan teri, daging merah, kacang-kacangan, sayuran berwarna hijau, kuning telur (Soebroto, 2009).

Artikel Terkait