Cara Mencegahan Radang Eksim

Tags



Ahli dermatologi menyarankan individu yang mudah menderita eksim, sehingga melindungi kulit mereka dari terkena faktor penyebab penyakit itu dengan menggunakan pelembab yang sesuai.

Eksim adalah penyakit terkait genetik yang mana sistem kekebalan individu bertindak keterlaluan terhadap alergen (bahan penyebab alergi) dan menyebabkan kulit mengalami peradangan, iritasi dan pembengkakan. Dalam kondisi sederhana, eksim menyebabkan kulit menjadi kering, pedih dan gatal. Untuk kasus yang lebih parah, kulit bisa merekah, lecet dan berdarah.

Konsultan senior dematologi, Dr Steven Chow, mengatakan di beberapa negara maju seperti Inggris dan Amerika Serikat penelitian yang dilakukan terhadap dampak eksim menunjukkan peningkatan kasus eksim memiliki dampak besar pada biaya kesehatan.

"Kecuali mereka yang memiliki risiko seperti anak-anak memiliki rencana manajemen jangka panjang, permintaan untuk perawatan akan terus meningkat oleh karena kemungkinan pengulangan peradangan, bahkan setelah dewasa. Jadi, orang tua perlu menyadari akan pentingnya penggunaan pencuci sederhana dikombinasikan dengan pelembab terhadap anak mereka yang memiliki kulit sensitif. Perawatan mudah dan biaya efektif berguna ini akan membantu mengurangi pengulangan peradangan, "katanya.

Pengamatan menunjukkan permintaan untuk pengobatan eksim di Malaysia meningkat 20 persen sejak 2001 yang mana sebagian besarnya mempengaruhi anak-anak.

Eksim atopi diprediksi akan mempengaruhi sampai 14 persen anak-anak yang menunjukkan risiko terkait dengan atopi seperti demam dan asma. Beberapa faktor utama yang berkontribusi pada peningkatan jumlah kasus adalah seperti peningkatan suhu dan kelembaban disebabkan perubahan cuaca.

Lain-lain faktor termasuk pencemaran lingkungan, berbagai bahan tambahan kimia, bahan cuci kasar, logam dan kosmetik yang dapat mendatangkan efek alergi pada individu yang mudah menderita eksim.

Dr Chow mengatakan, survei yang dilakukan di Amerika Serikat menunjukkan bahwa 23 persen dari individu yang menderita dermatitis atopi tidak menggunakan pelembab dan 29 persen tidak menggunakan pencuci yang sesuai. Berdasarkan survei itu, hasil yang sama juga diharapkan terjadi di negara ini.

"Dengan mengidentifikasi dan menghindari penggunaan produk perawatan kulit yang tidak sesuai, anggota keluarga dan individu dapat mencapai pengawalan eksim dalam jangka waktu panjang yang juga bisa mengurangi pengeluaran mereka dalam perawatan kesehatan," katanya.

Sementara itu, konsultan dermatologis, Dr Mardziah Alias, mengatakan penggunaan sabun dan deterjen kasar adalah penyebab umum eksim karena mengandung bahan kimia yang dapat menghilangkan kelembaban kulit.

"Produk makanan yang tidak sesuai akan mengikis lapisan pelindung alami pada kulit yang sensitif. Ini mengakibatkan siklus yang menghasilkan tindakan kritik yang menyebabkan peradangan," katanya.

Dia mengatakan, menggunakan pelembab adalah elemen yang diabaikan dalam perawatan kulit dan itu sangatlah penting bagi orang tua yang prihatin terhadap anak mereka yang memiliki sejarah eksim dalam keluarga mereka.

Demikianlah bagaimana cara mencegah radang eksim


Artikel Terkait