Cara Menjaga Kebersihan makanan saat hamil

Tags

Mengapakah kebersihan makanan begitu penting?
Ketika Anda hamil, sistem kekebalan tubuh Anda tidak berfungsi dengan baik seperti biasa, jadi Anda lebih mudah untuk terinfeksi kuman-kuman yang menyebabkan keracunan makanan.

Gejala keracunan makanan yang paling umum adalah diare dan muntah-muntah, dan di Malaysia, kuman yang paling sering bertanggung jawab adalah kelompok bakteri termasuk salmonella typhi (yang menyebabkan demam tifoid), vibrio cholerae (yang menyebabkan kolera), escherichia coli, Campylobacter, staphylococcus aureus, baccilus cereus dan vibrio parahaemolyticus.

Baca selanjutnya untuk mengetahui cara Anda dapat menyimpan makanan dan dapur Anda aman dari bakteri ini.

Bagaimana saya bisa mengelola makanan dengan aman?
Bila Anda menyediakan makanan di rumah, mencuci tangan dengan benar adalah satu cara penting untuk mencegah kuman menyebar. Tangan Anda dapat menyimpan kotoran dan bakteri dari toilet, tempat sampah, atau dari berbagai sumber lain di luar rumah Anda. Ini kemudian dapat ditransfer ke dalam makanan dan menyebabkan keracunan makanan.

Berikut adalah cara-cara untuk mencuci tangan Anda dengan benar:
Gunakan air hangat dan sabun. Adakan busa yang banyak dan pastikan Anda mencuci pergelangan tangan, punggung tangan, jari, ibu jari, kuku dan di celah-celah jari Anda. Kemudian bilas efek sabun dari tangan Anda dengan air bersih.
Keringkan tangan dengan benar setelah membasuhnya, karena bakteri akan menyebar dengan lebih mudah jika tangan Anda basah. Gunakan handuk yang bersih atau handuk dapur, bukan kain lap piring.
Cuci dan keringkan tangan Anda sebelum dan setelah persiapan makanan. Basuh juga tangan setelah memotong daging mentah dan ikan, sebab Anda dapat menyebarkan bakteri dari tangan ke makanan lain. Ini dikenal sebagai pencemaran kritik (lihat di bawah, Bagaimana saya bisa menghindari polusi balik antara makanan?).

Berjaga-jagalah saat memegang makanan tambah lagi ketika Anda mengalami masalah sakit perut, seperti diare atau muntah-muntah. Pada waktu-waktu Anda sakit, gunakan handuk dapur untuk mengering tangan Anda, atau gunakan handuk yang terpisah dari anggota keluarga, dan basuhlah dengan sering. Dan jika Anda mengidapi kudis atau luka-luka di tangan Anda, pastikan itu bersih dan ditutup dengan perban tahan air.

Apakah suhu yang sesuai untuk menyimpan makanan?
Menyimpan makanan pada suhu yang tepat akan membantu untuk mencegah bakteri menyebar. Ikuti langkah berikut:
Ketika Anda membeli makanan yang dingin dan beku dari supermarket, bawa pulang terus dan menempatkannya ke dalam lemari es atau freezer.
Pastikan lemari es dan freezer berada pada suhu yang sesuai. Kulkas harus berada di bawah 5 derajat C. Pendinginan beku harus di bawah -18 derajat C. Anda dapat membeli termometer untuk memantau suhu lemari es atau freezer Anda jika Anda tidak yakin berapa sejuknya itu.
Kuman yang dibawa oleh makanan menyukai kondisi hangat, jadi pastikan makanan panas itu benar-benar panas dan makanan dingin itu benar-benar dingin sehingga Anda siap untuk memakannya.
Jika Anda mengadakan prasmanan, pastikan makanan berada di luar kulkas dalam waktu sesingkat mungkin. Ini harus tidak lebih dari dua jam.
Jika ada sisa makanan dari prasmanan atau barbekyu, buangnya atau menempatkannya di dalam lemari es selama dua jam. Ketika Anda mengambil makanan berlebihan dari lemari es, makannya langsung atau panaskan kembali dengan baik dengan serta merta. Jangan biarkan menganggur di luar pada suhu kamar.
Adalah sangat penting untuk memastikan makanan berikut disimpan tepat dingin:
makanan yang mengandung krim, seperti trifel, kue krim dan kue-kue pencuci mulut;
daging dan unggas;
makanan yang mengandung telur mentah.

Bagaimana saya harus menyimpan makanan?
Ketika meninggalkan makanan dalam lemari es atau gerobok, ambil beberapa langkah pencegahan untuk memastikan bakteri tidak menjangkitiya:
Tutup makanan yang berada dalam kulkas, dan simpan terpisah makanan yang mentah dan yang telah dimasak. Tempatkan makanan mentah di bagian bawah lemari es dan makanan yang telah dimasak di bagian atas, dan sayuran mentah terpisah dari daging mentah.
Pastikan semua makanan tertutup seberapa bisa. Ini akan melindunginya dari serangga, burung dan binatang peliharaan, yang mungkin membawa kuman.
Periksa tanggal kadaluarsa atas barang-barang dan gunakan makanan dalam waktu yang disarankan.
Bagaimana saya bisa masak makanan dengan aman?
Masak semua makanan sampai panas mendidih sehingga uap keluar darinya. Dengan makanan tersedia dingin atau beku, jangan selalu menganggap bahwa petunjuk pada paket itu tepat, sebab oven biasa dan microwave adalah berbeda-beda.

Untuk memastikan daging dimasak dengan benar, bagian tengah tidak harus berwarna merah muda, kecuali Anda memasak daging seperti steak daging sapi. Cairan darinya juga harus keluar jernih ketika Anda menusuk daging itu dengan tusuk sate.

Pastikan sate itu bersih setiap kali Anda menggunakannya, dan cucuk pertengahan daging atau bagian tengah di tempat yang paling tebal. Sebagai contoh, bagi ayam seekor, umumnya, ini adalah bagian dada atau paha. Ketika membarbeku daging, Anda mungkin perlu lebih berhati-hati untuk memastikan itu benar-benar masak di dalam.

Bila Anda memanaskan makanan, pastikan itu panas sampai ke bagian dalam, dan jangan perangatkan lebih dari sekali.

Jika menggunakan microwave, ikuti petunjuk pada kemasan untuk periode waktu untuk memasak dan saat itu dicairkan dari beku. Aduk makanan yang telah dimasak dalam microwave untuk memeriksa bahwa bagian tengahnya tepat panas, sebelum Anda memakannya.

Untuk lebih aman, pastikan makanan beku dicairkan sebelum Anda memasaknya. Nyah bekukan makanan di tempat yang dingin, sebaiknya di dalam lemari es. Jangan nyah bekukannya dalam kamar yang panas.

Bagaimana saya bisa menghindari polusi balik antara makanan?
Pencemaran kritik adalah ketika kuman dipindahkan dari satu makanan (biasanya mentah) kepada yang lain. Kuman dapat ditransfer secara langsung, ketika seorang menyentuh makanan itu atau sesuatu makanan itu menetes ke yang lain. Kuman juga bisa menginfeksi makanan Anda secara tidak langsung, dari tangan, peralatan dapur, permukaan kerja, pembuka botol, pisau dan peralatan lainnya.

Pencemaran kritik merupakan penyebab utama keracunan makanan. Berikut adalah cara-cara untuk mencegahnya:
Bersihkan permukaan kerja dengan air sabun panas, sebelum Anda mulai menyiapkan makanan dan setelah permukaan itu disentuh oleh daging mentah atau ayam. Anda juga dapat menggunakan semprotan anti-bakteri dan kain basah yang bersih.

Lap tumpahan segera.
Cuci tangan Anda dengan rapi setelah menyentuh makanan mentah.
Simpan daging mentah dan makanan yang tersedia, seperti buah-buahan dan salad, secara terpisah.
Gunakan lain-lain papan cencang atau permukaan kerja untuk makanan mentah dan makanan tersedia.
Setelah menggunakan pisau dan peralatan lainnya untuk menyediakan makanan mentah, basuhkan bersih-bersih dengan air sabun hangat.
Simpan daging mentah dalam wadah yang tertutup pada bagian bawah kulkas sehingga tidak dapat menitik ke atas makanan lainnya.
Cuci kain lap piring Anda dengan teratur dan gunakan handuk tangan yang terpisah untuk mengeringkan tangan Anda.
Mesin cuci piring adalah sangat berguna untuk mencuci papan cencang dan alat lainnya betul-betul bersih pada suhu yang tinggi. Anda dapat juga membasuhnya dengan menggunakan air panas dan cairan pencuci.

Bagaimana saya bisa mengetahui apakah makanan restoran atau makanan dibawa pulang itu aman?
Berikut adalah beberapa tanda-tanda bahaya untuk terdeteksi ketika memilih tempat untuk makan luar atau membeli makanan bawa pulang:

Pusat jajanan atau area perdagangan sudah dikenal memiliki masalah hama.

Tempat umum yang kotor (jika tempat yang terlihat tidak dikelola dengan baik, apalagi kondisi kebersihan tempat-tempat yang tidak terlihat!).

Meja kotor, juga piring, sendok garpu dan gelas.

Pekerja yang memiliki tangan atau kuku kotor, celemek kotor atau rambut panjang yang tidak diikat ke belakang.

Tong sampah yang melimpah atau kantong sampah di luar tempat (ini dapat menarik lalat dan lain-lain perusak).

Toilet dan area untuk mencuci tangan yang kotor.

Makanan mentah yang diletakkan bersebelahan makanan yang siap sedia untuk dimakan, atau alat hidangan yang sama digunakan untuk keduanya.

Makanan yang dipamerkan yang tanggal "gunakan sebelum" telah berlalu.

Rambut, serangga ada di dalam makanan atau benda asing lainnya.

Kios penjaja atau tempat makan luar yang terletak di daerah-daerah di mana terdapat arus lalu lintas yang berkelanjutan atau binatang berkeliaran.

Sebuah restoran, kafe atau kedai makan, atau toko menjual makanan bawa pulang yang memiliki standar kebersihan yang baik, mungkin menampilkan penghargaan kebersihan yang diperoleh oleh staf mereka atau memamerkan instruksi keamanan makanan pada dinding.

Anda juga mungkin melihat toko-toko itu mengikuti praktek-praktek kebersihan sama baik seperti yang Anda lakukan di rumah, termasuk menyajikan makanan panas tepat panas, makanan dingin betul-betul dingin dan menyediakan makanan atas permukaan kerja yang bersih menggunakan alat dan papan cencang khusus untuknya.

Artikel Terkait